Apa saja hal yang sebaiknya tidak dimiliki wirausahawan jika ingin sukses? Berikut adalah beberapa hal yang dapat menghalangi Anda menjadi wirausahawan yang sukses.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

Ingin Menjadi Wirausahawan yang Sukses?

Setiap wirausahawan pasti memiliki satu cita-cita yang sama yaitu untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Jika Anda berpikir sukses bisa diraih dengan seketika, Anda salah besar. Untuk menjadi wirausahawan yang sukses Anda perlu usaha keras. Tetapi sebesar apapun usaha Anda tidak akan pernah berhasil jika masih memiliki mindset penghambat kesuksesan.

8 Mitos Cara Mengelola Keuangan Para Miliarder dan Wirausaha Muda Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Mitos Cara Mengelola Keuangan Para Miliarder & Wirausaha Kaya]

 

Berikut adalah 5 mindset yang harus dihindari jika Anda ingin menjadi wirausahawan yang sukses:

 

#1 Berpikiran Sempit

Dalam dunia wirausaha Anda tidak akan pernah berhasil jika memiliki pikiran yang sempit. Sebagai seorang pemilik usaha Anda harus menciptakan sebuah ‘sistem’. Berbeda halnya dengan karyawan yang hanya mengikuti ‘sistem’ yang telah dibuat oleh pemilik perusahaan. Salah satu kunci sukses wirausaha adalah memiliki competitive advantage atau nilai tambah yang menjadi keunggulan dibanding kompetitor Anda.

Bagaimana mungkin Anda memiliki competitive advantage jika masih memiliki pemikiran yang sempit? Jika tidak memiliki pemikiran terbuka, Anda hanya akan terus berpikir seperti orang lain atau biasa disebut mainstream. Orang yang hanya mengikuti arus akan sulit untuk menjadi sukses dalam berwirausaha. Jadilah orang yang open minded atau berpikiran secara terbuka. Dengan begitu ada banyak peluang yang dapat Anda manfaatkan dalam praktek berwirausaha.

Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Wirausaha Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

Menjadi open minded bukan berarti harus menerima semua ide atau masukan. Kadangkala Anda harus menolak hal-hal negatif yang tidak bermanfaat. Karena itu Anda tetap harus menyaring informasi. Gunakan hal-hal yang positif untuk memajukan usaha Anda dan buanglah hal-hal negatif yang tidak berguna.

 

#2 Pasif

Orang yang pasif biasanya hanya diam dan menunggu sesuatu terjadi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seorang wirausahawan harus menciptakan sistem. Bagaimana mungkin Anda dapat berhasil jika hanya diam dan menunggu? Justru disinilah letak perbedaan karyawan dengan wirausahawan. Anda harus lebih aktif daripada karyawan pada umumnya.

Inilah alasan mengapa menjadi seorang wirausahawan jauh lebih sulit daripada menjadi karyawan. Anda harus bergerak aktif untuk menciptakan sesuatu. Setiap hari kompetitor Anda akan mencari cara yang lebih baik untuk mengalahkan Anda. Jika tidak aktif berinovasi dan terus memperbaiki usaha, cepat atau lambat Anda akan kalah dengan para kompetitor yang bergerak sangat aktif.

 

#3 Gampang Menyerah

Berwirausaha adalah sebuah proses yang panjang dan sangat rumit. Tidak ada satu wirausahawan pun yang berhasil tanpa pernah gagal sekalipun. Ada kalanya Anda pasti mengalami kegagalan dalam berwirausaha. Ketika dihadapkan dengan kegagalan, mental Anda diuji. Banyak wirausahawan yang gulung tikar karena menyerah di tengah jalan setelah mengalami satu kegagalan. Padahal siapa yang tahu jika besok usaha Anda akan berjalan lancar.

Pengertian Wirausaha Tidak Sama Dengan Memulai Usaha Sendiri - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pengertian Wirausaha Berbeda Dengan Mulai Usaha Sendiri]

 

Memang ada kalanya sebuah usaha sudah sangat mentok dan terlalu merugikan sehingga tidak layak dilanjutkan. Tetapi tanamkanlah pemikiran bahwa untuk mencapai titik ‘mentok’ tersebut Anda harus mencoba ribuan kali terlebih dahulu. Jika memang sudah merasa mentok, mungkin Anda harus membuat inovasi baru atau beralih ke usaha lain yang lebih sesuai dengan kemampuan Anda. Tetapi jangan sampai Anda berhenti dan menyerah begitu saja.

 

#4 Terlalu Ambisius

Sifat ambisius dalam berusaha adalah hal yang baik, selama masih berada pada batasan wajar. Ambisi yang berlebihan pada akhirnya dapat menjadi bumerang untuk Anda. Tidak ada yang salah dengan berambisi dalam berusaha. Ambisi tersebut seharusnya digunakan pada batas wajar untuk membuat Anda terus berusaha dan mencapai kesuksesan berwirausaha. Tetapi jika ambisi ada di ambang batas kewajaran, Anda bisa menghalalkan segala cara. Termasuk hal-hal yang melanggar norma dan hukum.

5-kota-di-dunia-yang-menjalankan-bisnis-startup-terbaik

[Baca Juga: 5 Kota Di Dunia Yang Menjalankan Bisnis Startup Terbaik]

 

Anda mungkin bisa mendapatkan ‘kesuksesan’ mendadak, tetapi kesuksesan itu hanya bersifat sementara. Hal yang bisa didapatkan dengan instan biasanya juga dapat hilang secara instan. Kalaupun dapat bertahan lama, biasanya ada konsekuensi yang harus ditanggung. Karena itu lebih baik Anda berwirausaha dengan cara-cara yang jujur. Sifat ambisius harus menjadi hal yang positif, jangan sampai Anda terbawa nafsu karena terlalu berambisi dan akhirnya malah buta terhadap hal-hal yang benar.

 

#5 Negative Thinking

Seringkali seorang wirausahawan berpikir negatif terhadap hal-hal yang dilihat. Misalnya ketika menemukan sebuah peluang baru, Anda terlalu berpikir negatif sehingga memandang hal tersebut tidak akan berhasil. Tunggu dulu, siapa tahu pemikiran Anda salah. Ada kalanya negative thinking dapat melindungi Anda dari hal-hal yang merugikan. Tetapi pikiran negatif yang terlalu berlebihan justru dapat ‘melindungi’ Anda dari peluang-peluang besar.

Mulailah menyeimbangkan pikiran negatif dengan pikiran positif. Dengan begitu Anda tetap terus waspada tetapi juga terbuka akan peluang-peluang positif. Jika Anda terlalu banyak mengeluarkan aura negatif, hal yang positif pun akan terasa memberi pengaruh buruk pada diri Anda.

Cara Bagi Hasil Keuntungan Usaha untuk Investor - Partner - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Memilih Partner Bisnis! Inilah Solusinya!]

 

Tidak Ada Sukses yang Instan

Sebagai seorang wirausahawan Anda perlu mengingat bahwa berwirausaha adalah proses yang pelik. Tetapi proses itu dapat menjadi hal yang menyenangkan jika Anda menjalankannya dengan pikiran yang positif dan terbuka. Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih dengan instan. Kalaupun ada, kesuksesan itu juga dapat hilang secara instan. Permasalahan yang menghalangi Anda untuk sukses berwirausaha seringkali bukan berasal dari luar melainkan dari diri Anda sendiri. Hindari mindset penghambat yang telah dibahas agar Anda dapat segera menjadi wirausahawan yang sukses.

 

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan bagikan pengalaman dan kiat sukses wirausaha Anda pada kolom dibawah ini! Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda boleh hubungi tim Finansialku.com. Terima kasih.

 

Sumber:

  • Tifanny. 10 Okt 2016. Jangan Harap Bisa Jadi Orang Sukses Kalau Masih Punya 5 Hal Ini. https://goo.gl/7ToshM

 

Sumber Gambar:

  • Sukses – https://goo.gl/h33Bln

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang