Apakah mungkin seseorang dapat memulai bisnis dengan modal hanya Rp1 juta? Tentu bisa. Memulai bisnis tidak harus selalu dengan modal besar. Kali ini Finansialku akan membahas langkah-langkah untuk memulai bisnis dengan modal Rp 1 juta.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Membangun Bisnis Baru

Bagi kebanyakan orang yang telah merasakan beratnya dunia pekerjaan, pasti pernah muncul keinginan untuk memiliki bisnis sendiri. Tidak jarang ada karyawan yang lelah menghadapi beratnya tekanan pekerjaan, apalagi ketika harus menghadapi atasan. Begitu juga bagi para ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan. Seringkali waktu luang terasa terbuang percuma jika tidak mengerjakan apa-apa, tetapi di satu sisi Anda harus siap siaga mengurus keluarga, sehingga tidak mungkin menjadi karyawan dengan waktu kerja yang tidak fleksibel.

Karena itu bisnis selalu didamba-dambakan untuk menjadi jawaban dari permasalahan-permasalahan tersebut. Namun tidak semua orang dapat langsung menjalankan bisnis karena berbagai kendala. Mulai dari bingung memilih bisnis apa, siapa target pasarnya serta kekurangan modal. Jika hanya memiliki modal sebesar Rp1 juta apakah mungkin seseorang dapat memulai bisnis? Tentu saja bisa.

Memulai Bisnis dengan Modal Rp1 juta, Apakah Mungkin 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tipe Bisnis Anda ‘Hiu dalam Akuarium’ atau ‘Paus dalam Samudera’?]

 

Bisnis mencakup aspek yang sangat luas. Ada berjuta-juta ide dan peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Mulai dari modal terkecil hingga modal terbesar. Untuk memulai bisnis dengan modal kecil Anda perlu melakukan langkah-langkah awal berikut ini:

 

#1 Kenali Potensi Diri Sendiri

Mulailah dengan mengenali potensi diri Anda sendiri. Anda perlu mencari tahu apa hal yang dapat Anda lakukan dengan sangat baik dan lebih baik daripada orang lain pada umumnya. Setiap orang pasti memiliki suatu keahlian dalam bidang tertentu. Jangan meremehkan kemampuan diri Anda sendiri. Hal-hal yang terlihat kecil sekalipun bisa saja sebenarnya dibutuhkan oleh orang lain. Karena itu kenali potensi diri sendiri.

Wirausahawan, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membuka Bisnis Baru #Part 1 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memaksimalkan Potensi Diri Saat Usia Muda?]

 

Jadikan potensi tersebut sebagai sumber keuntungan Anda. Akan lebih baik lagi jika potensi tersebut adalah hal yang sangat Anda sukai. Pekerjaan terbaik adalah yang dapat Anda lakukan dengan sangat baik dan sangat disukai hingga Anda rela melakukannya tanpa bayaran. Fokuslah pada potensi ini sebelum memikirkan modal. Hal yang bernilai paling mahal dalam sebuah bisnis adalah inti konsep dari bisnis itu sendiri. Ketika Anda sudah memiliki konsep yang sangat kuat dan didukung dengan keahlian yang sangat dikuasai, maka akan selalu ada cara untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya. Tetapi dengan modal yang sangat besar pun Anda tidak akan bisa menjalankan sebuah bisnis dengan baik jika tidak memiliki inti konsep dan keahlian yang jelas.

 

#2 Buat Konsep Bisnis Skala Kecil

Setelah memiliki sebuah ide bisnis yang dikuasai dan digemari, barulah Anda perlu memikirkan modal. Dengan modal Rp1 juta Anda harus menghemat segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Buatlah konsep bisnis kecil. Dengan modal kecil biasanya Anda belum bisa memiliki sendiri semua peralatan yang digunakan untuk mendukung bisnis tersebut. Jika Anda memerlukan peralatan yang harganya mahal, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa sementara peralatan tersebut. Sebisa mungkin minimalisasi pengeluaran untuk membeli peralatan pendukung bisnis. Hal ini berlaku bagi segala jenis bisnis. Mengapa?

7 Cara Mudah Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap Mengurus Surat Izin Usaha Mikro Kecil 2020]

 

Memang jika diakumulasi biasanya biaya sewa akan lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli sendiri peralatan tersebut. Tetapi jika Anda berada pada kondisi modal terbatas, tidak ada yang bisa dipaksakan. Menyewa adalah satu-satunya solusi agar bisnis tetap dapat berjalan. Selain karena modal terbatas, Anda juga dapat meminimalisasi risiko. Bisnis yang sukses tidak dapat diraih dengan instan. Butuh waktu dan proses yang panjang untuk terus memperbaiki berbagai kekurangan dalam bisnis tersebut. Bahkan orang tersukses dalam bisnis sekalipun pasti pernah mengalami kegagalan yang harus terus diperbaiki.

Membeli peralatan untuk mendukung bisnis apapun pasti membutuhkan modal yang lebih besar di awal daripada menyewa. Bagaimana jika ternyata peralatan yang ingin dibeli tersebut kurang efektif? Selain itu bagaimana jika Anda telah salah memilih bisnis sejak awal sehingga hasil dari bisnis tersebut bukannya menguntungkan justru merugikan? Jika sudah terlanjur membeli peralatan maka Anda harus menanggung kerugian karena uang akan diam dalam bentuk peralatan yang tidak dibutuhkan dan tidak menghasilkan keuntungan. Sementara depresiasi terus berjalan sehingga harga aset tersebut terus menurun.

Selain peralatan, Anda juga harus mempertimbangkan lokasi usaha dan karyawan. Pengeluaran bulanan yang paling mahal dalam bisnis biasanya adalah biaya sewa tempat dan gaji karyawan. Dengan modal Rp1 juta Anda pasti akan kesulitan untuk menyewa tempat dan menggaji karyawan. Karena itu buatlah konsep bisnis yang dapat Anda kerjakan sendiri dan tidak membutuhkan biaya sewa tempat. Misalnya Anda dapat memasarkan produk secara online sehingga tidak perlu menyewa tempat. Jika sulit untuk menjalankan bisnis ini sendirian, Anda dapat mencari partner bisnis yang memiliki visi dan misi yang sama. Dengan begitu Anda memiliki orang lain yang dapat membantu untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Wirausahawan, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membuka Bisnis Baru #Part 2 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Memilih Partner Bisnis! Inilah Solusinya!]

 

#3 Mulailah Saat Ini Juga

Begitu banyak orang yang ingin memulai sebuah bisnis. Mungkin saat ini Anda sudah memiliki ide yang menjanjikan dan konsep yang matang, tetapi jika tidak segera dijalankan ide tersebut hanya akan menjadi teori belaka. Pebisnis yang gagal bukanlah mereka yang mengalami kerugian, tetapi mereka yang tidak pernah mencoba.

Jangan menunda untuk mencoba. Banyak orang yang merasa terlambat menjalankan bisnis yang akhirnya dapat menguntungkannya dan menyesali “mengapa saya tidak mulai dari dulu”. Jika Anda terus menunda untuk memulai bisnis yang telah direncanakan, Anda akan menjadi salah satu dari orang-orang tersebut. Jika saat ini Anda tidak Walaupun Anda memiliki modal yang terbatas, akan selalu ada cara untuk menjalankan bisnis tersebut jika Anda benar-benar menjalankannya dengan tekad yang kuat.

5-tips-penting-untuk-anda-yang-akan-memulai-bisnis-saat-pensiun-finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Anda yang Akan Memulai Bisnis Saat Pensiun]

 

#4 Evaluasi dan Revisi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bisnis adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Tidak ada kesuksesan yang instan dalam membangun sebuah bisnis. Jangan takut untuk salah dalam menjalani bisnis Anda. Justru dengan melakukan kesalahan, Anda bisa mengetahui apa yang seharusnya dilakukan dan membuat bisnis Anda menjadi lebih baik lagi. Biasanya orang yang tidak pernah mengalami kegagalan akan sulit untuk berkembang. Hadapi kegagalan dalam bisnis dengan pikiran yang positif untuk terus maju dan memperbaikinya. Jangan sampai mental Anda jatuh hanya karena satu kesalahan yang merugikan dalam bisnis.

 

Jangan Takut untuk Mencoba

Tahukah Anda apa permasalahan terbesar ketika akan memulai sebuah bisnis? Bukan modal kecil yang menjadi penghalang, tetapi pikiran dan ketakutan calon wirausahawan itu sendiri. Jika Anda terlalu takut untuk mencoba, banyak peluang yang sebenarnya Anda lewatkan. Bisa jadi Anda sebenarnya telah memiliki peluang bisnis yang menjanjikan dan keahlian yang mendukung. Tetapi karena terlalu takut mencoba Anda justru kehilangan kesempatan tersebut. Berhenti mengeluh ketika orang lain berhasil memulai bisnisnya dengan segala keterbatasan modal. Modal besar sekalipun tidak akan pernah membawa seseorang untuk menjadi wirausahawan sukses jika tidak diikuti dengan kesiapan mental untuk berani mencoba.

 

Menurut Anda, apakah mungkin memulai bisnis dengan modal Rp1 juta di Indonesia? Berikan jawaban dan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Martin. Can You REALLY Start a Business With $100? Studenomics.com – https://goo.gl/m7EyHf

 

Sumber Gambar:

  • Young Businessman – https://goo.gl/XX4osD
  • Businessman – https://goo.gl/6FJ8iG

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang