facebook_pixel

5 Tips Penting untuk Anda yang Akan Memulai Bisnis Saat Pensiun

Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis saat pension? Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Anda memulai di usia yang senior. Berita baiknya tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis, termasuk untuk Anda yang akan memulai bisnis saat pensiun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Tidak Ada Kata Terlambat : Memulai Bisnis saat Pensiun

Anggapan bahwa orang yang sudah berumur tidak mampu lagi menghasilkan uang telah lama ditinggalkan. Banyak dari mereka yang malah menginginkan pekerjaan atau usaha agar otak mereka dapat terus bekerja, ini dinilai sebagai kebutuhan untuk masa tua yang lebih produktif. Tetapi sebagian dari mereka bekerja karena tuntutan kebutuhan, ada yang tidak memiliki tabungan pada masa pensiun atau dana mereka tidak cukup.

 5-tips-penting-untuk-anda-yang-akan-memulai-bisnis-saat-pensiun-finansialku

[Baca Juga : 6 Bisnis untuk Pensiunan yang Menguntungkan]

 

Keinginan masyarakat yang sudah berumur untuk menggunakan pengalaman dan keahlian mereka demi membuat dunia lebih baik berdampak pada tingginya tingkat kewirausahaan yang dimulai pada masa tua. Mungkin saja Anda adalah salah satu orang yang memiliki ketertarikan demikian. Masa tua juga dapat dijadikan sebagai momen Anda untuk melakukan hal yang tidak dapat Anda lakukan sebelumnya, seperti melakukan usaha sesuai dengan kegemaran Anda.

 

Memulai bisnis memang bukanlah hal yang sulit, terutama karena Anda telah memiliki keahlian dan pengalaman yang banyak, belum lagi kecanggihan teknologi yang membantu Anda untuk memiliki bisnis tanpa ruangan kantor. Tetapi Anda tetap membutuhkan strategi bisnis serta perencanaan yang matang, untuk itu terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti jika ingin memulai bisnis pada saat pensiun.

 

#1: Rencanakan Bisnis Dengan Matang

Bisnis harus dimulai dengan pondasi yang benar, langkah awal adalah jenis dan ide bisnis yang akan Anda lakukan. Mungkin ide dapat datang bermunculan dan tidak terbatas, tetapi tidak berarti seluruh ide yang cemerlang dapat dijadikan bisnis. Sesuaikanlah ide Anda dengan fakta yang ada di pasar, apakah memang ide tersebut dapat dijalankan atau tidak.

 5 Langkah yang Harus Anda Lakukan untuk Menangkan Bisnismu 2 - Perencana Keuangan Indpenden Finansialku

[Baca Juga : Membuat Rencana Bisnis yang Matang]

 

Jika Anda ingin memulai bisnis sesuai dengan kegemaran atau hobi, maka Anda harus memikirkan untung ruginya. Kemudian, setelah ide bisnis, Anda harus memikirkan tahap selanjutnya, yaitu sumber daya, manusia dan finansial. Sumber daya manusia berarti keahlian yang dibutuhkan untuk kesuksesan dan kelangsungan bisnis tersebut, walaupun Anda menyenangi bisnis tersebut belum tentu Anda mahir dalam melakukannya. Sumber daya manusia yang berkualitas adalah kunci untuk keberhasilan operasional sebuah bisnis.

Setelah mempertimbangkan kualitas diri, Anda harus memikirkan modal bisnis, sumber pendanaan dan cara memanfaatkan uang tersebut untuk membesarkan perusahaan. Memang kecanggihan teknologi telah memungkinkan calon pebisnis untuk memulai bisnis dengan biaya investasi yang sangat rendah, Perhatikan kondisi keuangan Anda, apakah cukup untuk dipakai bisnis dan menghitung seberapa besar risiko yang dapat diterima.

 

#2: Manfaatkan Teknologi dan Koneksi Anda

Salah satu kekurangan dari para senior adalah ketinggalan dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi. Padahal teknologi sangat membantu operasional bisnis terutama jika Anda tidak mempunyai waktu atau modal yang banyak. Anda dapat mengatur kerja usaha anda hanya dengan sentuhan jari atau mouse click. Jika Anda berencana akan memulai bisnis pada saat pensiun, ada baiknya untuk mulai memperbarui pengetahuan tentang teknologi.

Tidak berarti usia senior membawa kerugian, usia senior juga membawa keuntungan dengan bertambahnya koneksi. Tentu sepanjang perjalanan karier, Anda telah bertemu dengan banyak profesional atau klien-klien yang memiliki potensial untuk bisnis. Tidak ada salahnya meminta bantuan mereka untuk meningkatkan performa bisnis Anda.

 

#3: Bekerja SENDIRI VS. BERSAMA

Orang-orang pada masa pensiun pasti banyak yang sudah lelah mengatur karyawan dari awal, apalagi pegawai yang tidak berpengalaman. Tetapi di sisi lain, jika Anda bekerja sendiri sebagai solopreneur, berarti Anda akan bekerja mandiri dengan tanpa (atau sedikit) bantuan orang lain dan hal itu juga tidak baik untuk Anda.

 8 Cara Menjadi Solopreneur yang Sukses - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 8 Cara Menjadi Solopreneur yang Sukses]

 

Bisnis tentunya akan memakan waktu, terlebih ketika Anda sudah pensiun. Mungkin energi Anda tidak sehebat pada usia produktif. Sebelum memulai bisnis, sebaiknya pertimbangkan masak-masak plus minus dari bekerja sendiri dan mempekerjakan orang lain. Sesuaikan rencana dengan target bisnis Anda, dan buatlah keputusan berdasarkan fakta yang ada (jangan terlalu banyak berasumsi).

 

#4: Investasi Besar-Besaran Tidak Berarti Sukses

Jika Anda masih berpikir bahwa investasi adalah segalanya dalam melakukan bisnis, maka Anda masih memiliki pola pikir yang salah. Tidak sedikit orang yang berinvestasi besar-besaran seperti pada alat-alat tercanggih atau ruang kantor yang besar agar bisnis mereka ‘dipandang’ tinggi oleh pelanggan mereka. Padahal sebenarnya, banyaknya kepunyaan suatu bisnis atau barunya teknologi mereka berpengaruh sangat kecil pada cara memulai bisnis dan menjalankannya.

Membangun suatu bisnis lebih bergantung pada cara pikir serta pengorbanan yang Anda rela lakukan demi kelangsungan bisnis tersebut. Pada saat memulai bisnis mungkin Anda akan merasa lebih bersemangat dan pekerjaan-pekerjaan tampak mudah. Permasalahannya adalah semangat yang sama atau bahkan semangat yang lebih hebat untuk mempertahankan dan memajukan bisnis.

 

#5: Selalu sediakan rencana B

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus siap dengan kemungkinan yang akan datang. Tidak hanya kemungkinan terbaik, tetapi juga kemungkinan terburuk seperti kekurangan modal, kesulitan dalam pemasaran, kesulitan dalam mengelola keuangan, kesulitan dalam produksi dan lain sebagainya. Anda harus selalu mempersiapkan rencana lain dan mental yang kuat untuk mengantisipasi hal tersebut.

 Bagaimana Cara Pensiunan  Punya Bisnis dan Bisa Kerja dari Rumah  - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Mulai Menjalankan Bisnis Waralaba saat Pensiun?]

 

Layaknya seluruh aktivitas bekerja, tidak semua orang sesuai untuk memulai atau menjalankan bisnis. Anda memerlukan uang, waktu, kesabaran, energi dan keahlian untuk suskes. Ada kemungkinan dimana anda harus mencoba banyak hal dan membuat perubahan yang radikal terhadap rencana awal bisnis Anda sebelum menemukan titik terang.

 

Tidak mudah memang, oleh karena itu, lebih baik fokus pada usaha dan perjalanan bisnis dibandingkan pada angka-angka. Fokus pada hal-hal positif dan menjalankan bisnis dengan cara yang benar. Jika Anda sudah menjalankan bisnis dengan cara yang benar, diharapkan profit akan menyertai bisnis Anda.

 

Perlu Kreatifitas, Koneksi dan Modal untuk Memulai Bisnis Saat Pensiun

Banyak orang yang takut memulai bisnis saat pensiun, karena tenaga dan kondisi kesehatan yang kurang mendukung. Namun hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk diam tak bertindak. Jika Anda tahu Kolonel Sanders pendiri KFC, Beliau sukses diusia pensiunnya. Pelajari kunci suksesnya dan ikuti jalannya. Jangan menyerah.

 

Sumber Referensi

  • Teresa Mears. 11 Juni 2015. 11 Tips for Starting a Business in Retirement. https://goo.gl/qwTMpr
  • Robert Laura. 25 Februari 2014. Are You Thinking about Starting a Business in Retirement?. https://goo.gl/f1TfBg

 

Sumber Gambar :

  • Old man business – https://goo.gl/vqF3Cq

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By | 2016-11-23T15:13:42+00:00 November 23rd, 2016|Categories: Bisnis, Dana Hari Tua, Entrepreneur, Waralaba (Franchise)|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download