Apa saja bisnis untuk pensiunan yang menguntungkan dan tidak terlalu susah untuk dijalankan? Salah satu rekan Finansialku, akan membahas 6 bisnis untuk pensiunan yang menguntungkan. 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

6 Bisnis untuk Pensiunan yang Menguntungkan adalah …

Pensiun bukan berarti tidak dapat menghasilkan uang atau pendapatan lho. Banyak orang sukses yan memulai bisnisnya saat mereka pensiun, salah satunya Colonel Sanders (itu lho yang punya KFC). Kira-kira apa saja bisnis untuk pensiunan yang menguntungkan dan tidak terlalu repot?

6 Bisnis untuk Pensiunan yang Menguntungkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kenali Tipe-Tipe Peluang Bisnis di Indonesia]

 

Berikut ini 6 bisnis untuk pensiunan yang perlu Anda pertimbangkan:

 

Bisnis Rumah Kos atau Kontrakan

Salah satu bisnis yang dapat ditekuni untuk masa-masa pensiun adalah menyewakan property, bisa menyewakan rumah atau membuat rumah kos. Bisnis rumah kos atau kontrakan  tergolong dalam bisnis pasif (passive income). Bisnis ini relatif cukup mudah dan dapat diwariskan kepada anak-anak. Sayangnya bisnis penyewaan property membutuhkan modal yang cukup besar. Idealnya Anda sudah menyiapkan sejumlah uang untuk membeli rumah, pada saat Anda masih produktif atau bekerja.

[Baca Juga : Karyawan juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

Dosen atau Tenaga Pengajar

Profesi kedua yang dapat dijalankan seorang pensiunan adalah menjadi tenaga pengajar. Biasanya pensiunan memiliki banyak pengalaman di dunia kerja. Pengalaman-pengalaman tersebut dapat dibagikan kepada anak didik, untuk memperkaya wawasan. Menjadi dosen juga tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan modal besar. Tantangan menjadi seorang dosen adalah butuh komitmen dan kerja keras untuk mendidik anak-anak.

 

[Baca Juga: Pemilik Usaha Belum Tentu Wirausaha, karena …]

 

Penyewaan Mobil

Penyewaan mobil adalah salah satu jenis bisnis untuk pensiunan yang tidak terlalu sulit. Bisnis ini menawarkan keuntungan yang cukup oke, terlebih jika dipadukan dengan bisnis pariwisata atau bergabung dengan start up seperti Uber. Namun Anda perlu memikirkan risiko bisnis saat menjalankan bisnis penyewaan mobil, seperti: kerusakan mobil, depresiasi harga mobil, biaya operasional, kehilangan mobil dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Rekan Kerja?]

 

Bisnis Sesuai dengan Hobi atau Passion

Salah satu opportunity adalah menjalankan usaha yang berkaitan dengan hobi atau passion. Misal jika Anda gemar di bidang jurnalistik, Anda dapat membuat sebuah blog. Anda juga bisa menjalankan bisnis fotografi, pelukis dan lainnya. Asalkan Anda dapat menyalurkan hobi dan mendapat keuntungan, kenapa tidak?

[Baca Juga : Menjalankan Bisnis sesuai dengan Passion]

 

Buka Toko

Salah satu bisnis yang dapat dijalankan penisunan adalah membuka toko, baik toko konvensional maupun toko online. Sekarang ini kan sudah banyak website penyedia toko online gratis, seperti Tokopedia.com, BukaLapak.com atau OLX.com. Nah kalau bisa gratis, kenapa harus tunggu nanti? 

[Baca Juga: Seberapa Besar Peluang Bisnis Online di Indonesia?]

 

Bisnis Kuliner atau Makanan

Bisnis untuk pensiunan yang terakhir dan pantas dicoba adalah bisnis kuliner atau makanan. Anda dapat memulai bisnis kuliner dengan cara franchise atau membuka usaha rumah makan. Pasti ada plus minusnya, antara membuka bisnis sendiri atau franchise. Asalkan menguntungkan kenapa tidak dicoba?

[Baca Juga: Cek ini Sebelum Membeli Franchise Makanan

 

 

Apakah Anda pernah memikirkan kira-kira bisnis apa yang ingin Anda jalankan sebelum penisun? 

 

 

Sumber Gambar:

  • Retire Business – http://goo.gl/gXQ6yb

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

 

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang