Membuat Rencana Bisnis atau Business Plan

Rencana bisnis atau business plan adalah tahapan awal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang calon entrepreneur atau wirausaha. Finansialku akan membahas mengenai hal-hal yang harus ada dalam sebuah rencana bisnis atau business plan.

Biz Plan

 

Definisi Rencana Bisnis atau Business Plan

Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Kenyataannya banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis disaat akan melakukan bisnis. Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja.

Setujukah Anda dengan pernyataan ini?

 Menurut pendapat pribadi penulis, saya sangat setuju ketika berbisnis salah satu hal yang penting adalah jalankan atau just do it. Tetapi jalan tanpa rencana adalah perbuatan yang kurang bijak. Apakah dengan membuat rencana bisnis atau business plan dapat menggaransi bisnis akan sukses? Tentu saja tidak ada kepastian. Jadi mengapa Kita harus membuat rencana bisnis atau business plan? Beberapa alasan mengapa Kita memerlukan sebuah rencana bisnis atau business plan adalah:

 

Blue Print

Rencana bisnis atau business plan dapat dijadikan blue print bisnis Anda. Perusahaan yang akan dibuat memiliki tujuan apa (visi)? Bagaimana cara mencapai tujuan tersebut? Siapa saja anggota tim yang terlibat? Kapan bisnis dapat memulai memenuhi tujuannya?

Berikut ini 8 alasan, Anda perlu membuat rencana bisnis atau business plan:

  1. Kejelasan bisnis yang akan dikerjakan.
  2. Mengenal struktur dan strategi perusahaan.
  3. Mendapatkan penjelasan detil mengenai pasar.
  4. Mengetahui cara memasarkan bisnis.
  5. Menggali ide atau pemikiran awal.
  6. Mengetes perhitungan bisnis.
  7. Mempertajam sistem operasional.
  8. Mengenal pesaing

 

Sumber pendanaan

Sumber pendanaan dari pihak ketiga misal perbankan, investor atau modal ventura memerlukan dokumen tertulis untuk mengetahui bisnis yang akan dibuat. Oleh sebab itu tantangan pertama seorang calon entrepreneur adalah membuat rencana bisnis atau business plan yang menjual.

Ada banyak versi yang menjelaskan mengenai bisnis dan rencana bisnis. Salah satunya adalah pendapat dari Garret Sutton seorang pakar dalam hukum bisnis dan penulis buku The ABC’s of Writing Winning Business Plan, disebutkan bahwa “Bisnis adalah sebuah rencana, bukan produk atau prosedur.” Perencanaan bisnis harus menjawab 3 pertanyaan penting bagi investor atau kreditur:

  1. Apakah saya dapat menghasilkan uang dengan berinvestasi di bisnis ini? Pertanyaan ini ingin berusaha menyakinkan kepada investor atau kreditur mengenai risiko dan imbal hasil, jika mereka berinvestasi di bisnis Kita.
  2. Apakah saya menyukai dan mengerti bisnis tempat saya berinvestasi ini?
  3. Apakah saya mempercayai orang-orang dengan siapa saya berinvestasi?

 

Berkomunikasi dengan Seluruh Pemilik Saham

Bisa jadi dalam bisnis yang Kita buat, melibatkan beberapa pihak, misal ada beberapa rekan bisnis. Oleh sebab itu business plan dapat digunakan untuk memberikan persepsi yang sama mengenai bisnis.

 

Dasar-Dasar Rencana Bisnis atau Business Plan

Apa saja yang perlu ditulis atau harus ada dalam sebuah rencana bisnis atau business plan. Berikut ini Penulis akan menyertakan beberapa hal yang harus ada. Penjelasan detil dari masing-masing bagian akan dibahas pada artikel berikutnya.

 

how to write a business plan

 

Ringkasan Ekesekutif

Ringkasan eksekutif bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis. Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis atau business plan. Salah satu trick membuat rencana bisnis atau business plan yang menjual adalah buat ringkasan eksekutif yang menjual.

 

Latar belakang perusahaan

5850.WorkingSocial Membuat Rencana Bisnis atau Business Plan

[Baca juga : Apa Aja yang Anak Muda Harus Ketahui Tentang Investasi Reksadana]

 

Latar belakang perusahaan bercerita mengenal data perusahaan, orang-orang dibalik bisnis Kita, struktur organisasi, konsultan atau ahli yang mendampingi, susunan pemilik saham (berlaku jika bisnis berbadan hukum Perseoran Terbatas).
 

Analisis Pasar dan Pemasaran

hero-dm-ht Membuat Rencana Bisnis atau Business Plan

[Baca juga : Belajar Investasi itu Mirip dengan Belajar Berenang]

 

Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi Kita melakukan pemasaran produk. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detill atau strategi pemasaran.

 

Analisis Produksi

Analisis produksi menjelaskan sistem operasi bisnis Kita. Misal bisnis Kita adalah jenis produksi atau manufaktur, perlu diketahui bagaimana proses dari penerimaan pesanan, produksi, distribusi barang-barang dan penagihan. Jika bisnis Kita adalah bisnis jasa, Kita harus menuliskan dengan jelas bagaimana cara Kita menyalurkan jasa kepada pembeli.

 

Analisis Sumber Daya Manusia

human-resources Membuat Rencana Bisnis atau Business Plan

[Baca juga : Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengemabangan sumber daya manusia. Bagi sebagian calon entrepreneur bagian ini biasanya dianggap remeh, tetapi hal inilah yang salah satunya penentu kecepatan dalam bisnis.

 

Analisis Keuangan

Financial Plan

Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.

 

Rencana Pengembangan Usaha

Rencana pengembanagn usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting bagi sorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan Kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana keluar atau exit strategy dari bisnis Kita.

 

Risiko Usaha

Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait risiko atas bisnis Kita, misal risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan dan lainnya. Risiko usaha tidak hanya berhenti pada identifikasi risiko, tetapi juga strategi Kita menghadapi atau mengurangi dampak dari risiko tersebut.

 
Kesimpulan

Sebelum memulai usaha luangkan waktu untuk menulis atau membuat sebuah rencana bisnis. Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika Kita menulis rencana bisnis atau business plan, Kita akan mengetahui seberapa besar keinginan Kita untuk membuat menjadi pemenang dan kesiapan mental untuk memiliki bisnis Kita sendiri.

 

Kami akan sangat senang sekali, jika Anda mau berbagi pengalaman Anda atau pendapat Anda mengenai rencana bisnis atau business plan. Semoga kami dan para pembaca dapat belajar dari pengalaman atau pendapat Anda. Terima kasih.

 

 

 Artikel-artikel Finansialku terkait dengan topik investasi:

finansialku5 Peluang Bisnis Sampingan untuk KaryawanBaca
finansialkuIde Bisnis Online untuk Calon EntrepreneurBaca
finansialkuTips Memulai Bisnis Waralaba atau Bisnis FranchiseBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku8 Faktor yang Memperkecil Risiko Investasi ReksadanaBaca
finansialkuInvestasi di ORI (Obligasi Ritel Indonesia)Baca
finansialku6 Pertimbangan sebelum Mengambil PinjamanBaca
By | 2017-07-17T10:50:42+00:00 November 21st, 2013|Categories: Bisnis|Tags: , , |30 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

30 Comments

  1. Setiabudi Almed 6 April 2015 at 01:34 - Reply

    Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling Rp29,000,000 karena saya butuh modal besar Rp50.000.000 ribu, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, saya bisnis hancur dalam proses saya kehilangan anak saya .. saya tidak bisa berdiri again..all hal ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik Mrs Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda.
    Terima kasih.

    • Finansialku
      Finansialku 6 April 2015 at 09:00 - Reply

      Terima kasih atas sharingnya pak Setiabudi. Sebagian komen Anda kami hapus, karena aturan penggunaan comment kami. Kebijakan Finansialku, comment Anda tidak diperkenankan untuk merefer produk keuangan apapun (kredit, investasi, asuransi apapun). Terima kasih atas pengertian dan sharingnya.

  2. Prodonesia 28 August 2015 at 15:02 - Reply

    Terimakasih sangat bermanfaat sekali, rencana memang sangat penting dengan seluruh proses perencanaan, kita dapat memiliki pola pikir jangka panjang, dan akan terus berpikir, apakah efek yang dilakukan sekarang ini akan berpengaruh pada masa depan atau tidak

    http://www.prodonesia.com

  3. Paket Tour Toraja 27 October 2015 at 07:38 - Reply

    Kadang plan bisnis menentukan masa depan perusahaan. Terima kasih atas infonya, sekarang bisa menambah wawasan tentang pentingnya bisnis plan.

    • Finansialku
      Finansialku 27 October 2015 at 09:21 - Reply

      Thank you infonya, Yup betul sekali terkadang bisnis jalannya tidak sesuai plan. Setidaknya kalau punya plan kita jadi ada gambaran apa yang harus dilakukan, bagaimana cara mencapainya. Semoga sukses.

  4. ahmad robianto 11 March 2016 at 19:10 - Reply

    8 hal penting rencana bisinis it maksudnya ap ya kata2nya membingungkan saya
    Bisa minta tolong penjelasannya.?

    • Finansialku
      Finansialku 13 March 2016 at 09:07 - Reply

      Hi Pak Ahmad Robianto,
      Terima kasih atas masukkannya, kami sudah perbaiki pemilihan kalimatnya.

      Maskud kami adalah: Mengapa seorang entrepreneur perlu memiliki rencana bisnis atau business plan?
      Jawabannya karena 8 alasan tersebut.

  5. agus fit 31 March 2016 at 16:25 - Reply

    terima kasih artikelnya

    • Finansialku
      Finansialku 3 April 2016 at 09:08 - Reply

      Hi Pak Agus, terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga artikel-artikel kami dapat berguna.

  6. Ade Endang 3 May 2016 at 09:59 - Reply

    Saya berencana membuat usaha atau bisnis tahun depan! dari sekarang saya harus membuat blue printnya! oh iya rencana sya akan membuat usaha distributor atk!

    • Finansialku
      Finansialku 14 June 2016 at 16:29 - Reply

      Hallo Ade Endang, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga usaha Anda berhasil sesuai yang diharapkan.
      Semoga artikel kami dapat membantu.

  7. Firdaus 24 May 2016 at 10:40 - Reply

    Waduh, mungkin saya terlambat mengetahui dan mengenai Finansialku.com. Tapi sangat bermanfaat dalam pengayaan wawasan bisnis saya pribadi. Namun tetep perlu skill dan pengalaman serta pendampingan dalam penyusunan binsis plan untuk semua disiplin. bagaimana menyikapi kekurang PEDE an saya tersebut ? Please masukannya.

    • Finansialku
      Finansialku 1 June 2016 at 16:06 - Reply

      Hi Pak Firdaus,
      Terima kasih Pak, sudah berkunjung ke website Finansialku.com
      Percaya diri dalam bisnis. biasanya tumbuh karena seseorang telah belajar (menambah pengetahuan) dan pengalaman.
      Dan berita baiknya tidak ada kata terlambat untuk belajar. Plus belajar itu tidak pernah ada selesainya.
      Kami di Finansialku.com senantiasa belajar dan update pengetahuan. Saran Saya Bapak lakukan seperti yang kami lakukan yaitu: tetap belajar dan berlatih. Semoga jawaban kami dapat membantu Bapak.

  8. Citra Dewi Utami 5 November 2016 at 15:51 - Reply

    Saya Citra Dewi Utami, saya masih usia 20 th sdg bekerja berniat buat usaha, saya berterima kasih dgn postingan ini saya merasa tercerahkan, namun saya blum paham bagaimana mengaplikasikan teori ini ke dlm aksi.
    Jika boleh min semoga segera d buat postingan “contoh busines plan” untuk lebih banyak gambara.
    Terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 10 November 2016 at 15:58 - Reply

      Hi Ibu Citra, terima kasih sudah berkunjung ke Finansialku.com
      Untuk contoh business plan, memang kami tidak ada bu.
      Kami sarankan untuk coba mengunjungi website : http://www.bplans.com
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

  9. ra 8 November 2016 at 21:04 - Reply

    saya ingin membuat sebuah bisnis aplikasi yakni kita membuat aplikasi dimana terdapat pihak A (pemberi materi) memasukkan materi ke dalam aplikasi dan pihak B(konsumen) yang ingin melihat materi tersebut akan membayar. dimana bayaran dari konsumen akan di bagi hasil antara pihak C (kita,pemilik aplikasi) dengan pihak B. 30%:70%.

    jika dengan penjelasan ide bisnis plan saya , apa saja aspek yang harus saya masukan untun bagian financial planning? mohon bantuan secepatnya, saya tunggu balasannya terimakasih. sungguh ini web yang sangat bermanfaat

    • Finansialku
      Finansialku 10 November 2016 at 16:01 - Reply

      Hi Ibu Rara, terima kasih sudah berkunjung ke Finansialku.com
      Untuk financial plan saat membuat business plan,
      Ibu Rara perlu memberikan gambaran mengenai ramalan (forecast) penjualan selama 5 tahun,
      biasanya Anda perlu melampirkan forecast sales, forecast income statement dan forecast balance sheet.
      Semoga jawaban kami dapat membantu.

    • doni rohman 13 July 2017 at 12:04 - Reply

      saya memberi sedikit masukan boleh dipertimbangkan/boleh tidak untuk ibu rara ,, dijaman super modern yang banyak sekali materi yang bisa didapat secara online lewat internet apakah prospek aplikasi yang ibu planing itu akan berjalan dan mendapatkan banyak sasaran konsumen ??,, dilihat dari segi ekonomi .. terimaksih

      • Finansialku
        Finansialku 25 July 2017 at 20:25 - Reply

        Hi Pak Doni, terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
        Semoga jawaban Bapak dapat bermanfaat.

  10. Azka Rizka 28 December 2016 at 11:32 - Reply

    Terimakasih atas infonya, tulisan ini bermanfaat untuk orang orang
    yang ingin melakukan planning untuk berbisnis, dimana disini di sarankan untuk menanamkan modal, berkomunikasi dengan pemilik usahanya dan juga cara cara menganalisa bisnis dengan baik. Tulisan ini mungkin bisa dipublikasikan ke http://ejournal.gunadarma.ac.id/ sebagai referensi kami.

    • Finansialku
      Finansialku 28 December 2016 at 17:00 - Reply

      Hi Pak Azka Rizka, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Silakan ambil artike di atas, dan tuliskan sumber referensinya untuk keperluan edukasi.
      Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  11. Bina Sukses Mandiri Tourism 25 January 2017 at 16:10 - Reply

    Mengesankan dan memberi pencerahan tentang Bussines Plan
    Terima Kasih

    • Finansialku
      Finansialku 26 January 2017 at 09:19 - Reply

      Hi, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Semogar artikel di atas dapat berguna dan membantu.

  12. riduan 9 March 2017 at 13:40 - Reply

    assalamualiakum bos. saya punya uang 3 juta, tapi saya ragu mau buat usaha apa dan memulainya bagaimana bos

    • Finansialku
      Finansialku 15 March 2017 at 17:13 - Reply

      Hi Pak Riduan terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Bapak, kami sarankan agar Bapak membuat riset pasar dan rencana bisnis.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  13. agus subagyo 17 July 2017 at 09:57 - Reply

    hi kawan
    saya pengin ber bisnis ttg hasil makanan olahan ( belut dan Lele ) mau di kaleng kan
    apa saja yg hrus saya siapkan ?
    dan adakah yg mau berbagi utk memodal i
    trims
    agus s

    • Stacia E. H. Sitohang CFP®
      Stacia E. H. Sitohang CFP® 17 July 2017 at 10:00 - Reply

      Hi Agus, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com. Wah, ide bisnis yang sangat menarik. Bapak bisa mulai dengan membuat seluruh persiapan konsep, perencanaan biaya, serta seluruh kebutuhan bisnis secara detail. Business Plan sangatlah penting, sebaiknya dimatangkan terlebih dahulu sebelum mengeksekusi bisnis. Ada berbagai sumber modal yang bisa Bapak gunakan. Silakan membaca artikel berikut ini untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat. https://www.finansialku.com/cara-mendapatkan-dana-modal-bisnis/

  14. Asta Protek Jiarsi 25 July 2017 at 09:16 - Reply

    Terima kasih infonya, sangat bermanfaat

    • Finansialku
      Finansialku 25 July 2017 at 19:37 - Reply

      Hi Asta terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga penjelasan kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download