Tahukah Anda mengenai modal ventura untuk usaha startup? Kenali dahulu sebelum Anda memulai usaha startup, siapa tahu dapat menolong Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut ini ulasannya akan dibahas oleh tim Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pengertian Perusahaan Modal Ventura

Merupakan lembaga keuangan bukan bank yang berani melakukan investasi dimana investasi tersebut mengandung risiko yang tinggi. Keputusan ini dibuat dengan berbagai pertimbangan tentunya dan hal ini sesuai pula dengan maksud dan tujuan didirikannya perusahaan tersebut, yaitu melakukan penanaman modal dalam suatu usaha yang mengandung risiko tinggi.

Kenali Modal Ventura Sebelum Memulai Usaha Startup 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Entrepreneur Mempersiapkan Sukses Bisnis Keluarga dan Menuju Pensiunnya?]

 

Peter Thiel menuliskan dalam bukunya yang berjudul “Zero to One” menyatakan bahwa para pemodal ventura berusaha mengidentifikasi, mendanai dan mendapatkan laba dari perusahaan-perusahaan baru yang menjanjikan.

Mereka mengumpulkan uang dari lembaga-lembaga dan orang-orang kaya, kemudian menaruhnya dalam suatu wadah dan menginvestasikan uang itu dalam perusahaan-perusahaan teknologi yang menurut keyakinan mereka akan bertambah nilainya.

Keuntungan yang biasanya mereka ambil adalah 20%. Sebuah dana ventura akan menghasilkan keuntungan ketika perusahaan-perusahaan dalam portofolionya menjadi lebih berharga, kemudian go public atau dibeli oleh perusahaan-perusahaan besar.

 

Perbedaan Bank dengan Perusahaan Modal Ventura

Perbedaan antara bank dengan modal ventura adalah pada jenis kegiatannya, dimana Bank membiayai suatu kegiatan, tetapi tidak masuk ke dalam perusahaan yang dibiayainya, sedangkan modal ventura memberikan pembiayaan dengan cara melakukan penyertaan langsung ke dalam perusahaan yang dibiayainya.

Oleh karena, perbedaan modal ventura dengan bank tersebut dalam hal penyertaannya secara langsung maka modal ventura merupakan pembiayaan yang memiliki risiko yang tinggi.

Umumnya, pembiayaan modal ventura hampir selalu disertai dengan persyaratan keterlibatan dalam manajemen Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) yang biasanya disepakati dalam perjanjian. Namun demikian, jangka waktu penyertaan bersifat sementara antara 3-10 tahun.

4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah 02 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Ide Bisnis Rumahan yang Tidak akan Lesu Seperti Rupiah]

 

Landasan Hukum dalam Modal Ventura

Memiliki landasan hukum mengenai kegiatan yang berkaitan dengan modal ventura di Indonesia. berbagai peraturan yang menjadi landasan hukum tersebut antara lain:

  1. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 469/KMK.017/1995 tanggal 3 Oktober 1995 tentang Pendirian dan Pembinaan Perusahaan Modal Ventura.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1995 Tentang Pajak Penghasilan bagi Perusahaan Modal Ventura.
  3. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 227/KMK.01/1994 tanggal 9 Juni 1994 tentang Sektor-Sektor Usaha Perusahaan Pasangan Usaha atau Perusahaan Modal Ventura.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 1992 tentang Sektor-sektor Usaha Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) Perusahaan Modal Ventura.
  5. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1251/KMK.013/1998 tanggal 20 Desember tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Lembaga Pembiayaan.
  6. Keppres Nomor 61 Tahun 1998 tentang Lembaga Pembiayaan.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Tujuan Pendirian Modal Ventura

Secara garis besar, maksud dan tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk pengembangan suatu proyek tertentu, misalnya proyek penelitian, dimana proyek ini biasanya tanpa memikirkan keuntungan semata, akan tetapi bersifat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
  2. Pengembangan suatu teknologi baru, atau pengembangan produk baru. Pembiayaan untuk usaha ini baru memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.
  3. Pengambilalihan kepemilikan suatu perusahaan. Tujuan pembiayaan dengan pengambilalihan kepemilikan usaha perusahaan lain lebih banyak diarahkan untuk mencari keuntungan.
  4. Kemitraan dalam rangka pengentasan kemiskinan, dengan tujuan untuk membantu para pengusaha lemah yang kekurangan modal, tetapi tidak punya jaminan materiil sehingga sulit memperoleh pinjaman. Dengan adanya penyertaan modal dari modal ventura akan dapat membantu menghadapi kesulitan keuangannya.
  5. Alih teknologi yang dilakukan ke perusahaan yang masih menggunakan teknologi lama sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan mutu produksinya.
  6. Membantu perusahaan yang sedang kekurangan likuiditas.
  7. Membantu pendirian perusahaan baru, dimana tingkat risiko kerugiannya sangat besar.

 

Lakukan 3 Cara Ampuh Ini dalam Memperbaiki Bisnis Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 3 Cara Ampuh Ini dalam Memperbaiki Bisnis Anda]

 

Keunggulan:

  1. Merupakan dana jangka pendek dan menengah yang relatif murah dan dengan sistem repayment yang cukup fleksibel.
  2. Merupakan sumber dana bagi perusahaan baru yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan dana dari sumber pembiayaan lain.
  3. Bantuan manajemen yang diberikan oleh perusahaan Modal Ventura terhadap perusahaan pasangan usaha biasanya ikut menambah majunya perusahaan.
  4. Biasanya perusahaan Modal Ventura sangat terfokus terhadap maju mundurnya perusahaan, sehingga jalannya perusahaan pasangan usaha selalu dimonitor.
  5. Tambahan modal baru dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh pinjaman/bantuan modal dalam bentuk lainnya
  6. Pamor perusahaan pasangan usaha ikut naik mengingat Perusahaan Modal Ventura biasanya mudah mempunyai reputasi yang baik
  7. PPU (Perusahaan Pasangan Usaha) dapat memperluas jaringan usaha lewat partner baru yang dimiliki oleh Perusahaan Modal Ventura.
  8. Karena pembiayaan ini umumnya diberikan kepada perusahaan yang masih kecil, hal ini menjadi salah satu upaya untuk mengangkat dan melindungi pengusaha kecil dan memperluas kesempatan kerja.

 

Kelemahan:  

  1. Apabila dilihat dari segi jangka waktu yang panjang pembiayaan lewat modal ventura dapat menjadi sangat mahal karena sistem bagi hasil yang diterapkannya. Pengembalian yang diperoleh perusahaan modal ventura dari perusahaan pasangan usaha sangat besar terutama jika bisnisnya sukses.
  2. Bantuan pembiayaan lewat modal ventura hanya dapat diberikan kepada perusahaan tertentu secara efektif. Perusahaan yang berprospek super bagus saja yang dapat dilayani dalam praktiknya lebih banyak perusahaan yang ditolak dari pada yang diterima.
  3. Para pendiri perusahaan pasangan usaha yang dibiayai oleh perusahaan modal ventura dapat kehilangan control dan kepemilikan atas perusahaannya karena manajemen dan saham yang dipegang oleh perusahaan modal ventura.

 

Ada-ada Aja Penipuan Pakai Skema Bisnis Agrobisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ada-ada Aja Penipuan Pakai Skema Bisnis Agrobisnis]

 

Jenis Pembiayaan Perusahaan Modal Ventura

Jenis-jenis pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan modal ventura antara lain:

  1. Equity financing, merupakan jenis pembiayaan langsung. Dalam hal ini melakukan penyertaan langsung pada Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) dengan cara mengambil bagian dari sejumlah saham milik PPU.
  2. Semi equity financial, yaitu merupakan pembiayaan dengan membeli obligasi konversi yang diterbitkan oleh Perusahaan Pasangan Usaha.
  3. Mendirikan perusahaan baru. Dalam hal ini perusahaan modal ventura bersama-sama dengan PPU mendirikan usaha yang baru sama sekali.
  4. Bagi hasil, pembiayaan jenis ini merupakan pembiayaan kepada usaha kecil yang belum memiliki bentuk badan hukum Perseroan Terbatas (PT), namun tidak tertutup kemungkinan dengan yang berbadan hukum PT, apabila kedua belah pihak saling menginginkannya.

 

Modal Ventura dapat Menjadi Pilihan Anda

Peter Thiel menyatakan bahwa rahasia paling besar dalam modal ventura adalah bahwa investasi terbaik di sebuah lembaga pendanaan yang sukses, sama besarnya bahkan mengalahkan gabungan semua lembaga pendanaan yang lain. Apabila Anda sedang dalam usaha mendirikan dan mengembangkan perusahaan startup, tidak ada salahnya untuk mendapatkan bantuan dana dari modal ventura.

 

Menurut Anda, apakah memiliki dan menggunakan modal ventura menguntungkan? Berikan komentar dan tanggapan Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Peter Thiel. 2014. Zero To One (Notes on Startups, or How to Build the Future). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  • Annisa Wally. 17 April 2017. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MODAL VENTURA. – https://goo.gl/H4Yolb
  • Ensikloblogia. 21 April 2016. Pengertian Perusahaan Modal Ventura Sebagai Lembaga Keuangan Bukan Bank. Ensikloblogia.com – https://goo.gl/JeNRCQ
  • Crazz88. Modal Ventura. Wattpad.co.id – https://goo.gl/F2jptg

 

Sumber Gambar:

  • Modal Ventura – https://goo.gl/lo7PAG
  • Kerja Sama – https://goo.gl/eWTeTu

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang