Terdapat 4 ide bisnis rumah yang tidak akan lesu seperti rupiah. Bisnis rumahan ini dapat dilakukan oleh pria dan wanita dan dilakukan pada saat waktu senggang. Finansialku akan membahas lebih lanjut 4 ide bisnis tersebut beserta modal serta alasan bisnis tersebut akan terus menguntungkan.

 

Rubrik Finansialku

 

Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan adalah sebuah jenis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang mana bisnis tersebut diawali dan dilakukan melalui sebuah rumah. Oleh karena itu, bisnis tersebut dinamakan bisnis rumahan. Bisnis rumahan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh uang tanpa modal yang besar.

Bahkan untuk pemasarannya, Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga kreativitas yang Anda produksi dapat dipasarkan dan dijual melalui internet. Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan memasang foto-foto barang jualan Anda serta review produk dari pembeli. Anda pun dapat melakukan endorsement atau pemasaran berbayar untuk meningkatkan kesadaran pembeli akan produk Anda.

[Baca Juga: 6 Bisnis Rumahan untuk Pensiunan yang Dapat Menambah Pemasukan]

 

Empat Ide Bisnis Rumahan

Berikut adalah beberapa ide bisnis rumahan dengan modal yang minimal dan hasil yang maksimal.

 

#1 Membuat Kue

(Modal: Rp100.000 – Rp10.000.000)

Jangan menganggap bahwa kue hanya identik dengan bolu panggang saja. Dengan kreativitas Anda, Anda dapat mencoba untuk membuat kue non-tradisional, seperti bolu gulung yang mana mempunyai bentuk mirip kulit harimau atau kulit sapi, atau roti dengan bentuk semangka.

Selain itu, Anda pun dapat mencoba membuat kue kering macaroon dan membuat setiap bentuk kue kering tersebut seperti wajah toko kartun. Selain kue kering atau kue basah, Anda pun dapat membuat makanan penutup seperti agar-agar yang berbentuk mawar dan lainnya. Anda dapat memasarkan hasil kue kering Anda di bazar atau bekerja sama dengan event organizer khusus acara anak-anak. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk mencari tempat.

Jika pelanggan Anda telah bertambah, Anda dapat mencari tempat untuk disewa dan untuk berjualan kue-kue-an hingga roti. Bahkan jika Anda menghasilkan kue yang cukup lezat, produk Anda dapat terkenal hingga ke luar kota.

[Baca Juga: Bagaimana Memulai dan Membesarkan Bisnis Rumahan?]

 

#2 Kerajinan Tangan

(Modal: Rp10.000.000 – Rp20.000.000)

Bisnis kerajinan tangan adalah salah satu jenis bisnis yang dapat terkenal di luar negeri, apalagi jika hasil kerajinan tangan tersebut berunsur Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh ide bisnis rumahan berbasis kerajinan tangan.

 

Merajut

Merajut dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, selain mengurangi stres, merajut juga dapat menghasilkan uang. Bagi ibu rumah tangga, merajut juga dapat membantu Anda menghilangkan kebosanan. Anda pun dapat merajut sambil menjaga anak. Anda dapat membuat aneka barang unik dengan merajut, misalnya Anda dapat membuat sepatu anak, syal, baju, atau sweater dari hasil rajutan Anda.

Selain hasil rajutan yang dapat dipakai, ternyata Anda juga dapat membuat hasil rajutan pajangan seperti boneka berbentuk hewan atau lukisan sederhana yang dapat dipajang. Hasil rajutan tersebut dapat Anda pasarkan mulai dari lingkungan sekitar Anda atau dengan memanfaatkan sosial media.

 

Membuat aksesori

Modal yang dibutuhkan untuk membuat aksesori tidak mahal, Anda dapat mengunjungi pusat grosir yang menjual manik-manik hingga pernak pernik kecil lainnya. Yang sangat Anda butuhkan adalah kreativitas dan kesadaran akan fashion yang tinggi. Aksesori juga bukan hanya untuk wanita. Anda dapat membuat aksesori untuk pria juga seperti kalung atau cincin.

Aksesori yang Anda bentuk harus selalu up to date, yang artinya, harus mengikuti musim. Jika musimnya adalah aksesori seperti kalung besar, maka Anda dapat membuat kalung bekas, tetapi jika sedang zaman gelang sederhana, maka Anda pun harus mengikuti zaman. Dengan selalu memproduksi aksesori yang terbaru, barang jualan Anda akan cepat terjual.

[Baca Juga: Peluang Bisnis Rumahan di Bulan Puasa]

 

#3 Menjahit

(Modal: Rp10.000.000 – Rp 20.000.000)

Banyak perancang busana terkenal memulai kariernya dari kegemaran mereka akan dunia fashion. Menghasilkan uang dari menjahit bukanlah hal yang tidak mungkin malah banyak sekali yang melakukannya. Anda dapat memulai dengan menggunakan modal untuk membeli beberap mesin jahit. Anda dapat mencoba membuat baju untuk anak-anak atau keluarga Anda. Anggaplah hal tersebut sebagai teknik pemasaran.

Ketika sudah mulai banyak orang yang menunjukkan ketertarikan, Anda dapat mulai memasarkan hasil jahitan Anda lainnya, seperti gaun untuk acara besar, pakaian sehari-hari hingga menjahit untuk tas atau sepatu. Perluas pengetahuan Anda akan dunia busana pakaian dengan sering membaca majalah.

[Baca Juga: Tips Mengajukan Kredit Usaha untuk Bisnis Rumahan dan UMKM]

 

#4 Berjualan Hijab

(Modal: Rp5.000.000 – Rp10.000.000)

Untuk berjualan hijab, Anda tidak perlu memproduksinya sendiri, Anda dapat mengambil dari pemasok yang biasanya berkumpul di Pusat Grosir Tanah Abang. Di Indonesia, mayoritas penduduknya beragama Islam. Pasti umat muslim banyak yang mengenakan hijab dan bisnis hijab tidak akan pernah lesu.

[Baca Juga: Bisnis Rumahan perlu Model Bisnis 3]

 

Kreativitas dan Konsistensi

Bisnis rumahan Anda akan berhasil jika Anda tetap mempertahankan kreativitas dan konsistensi kualitas produk Anda. Tentunya, pada awal Anda memulai bisnis Anda, tidak mudah untuk langsung menjual seluruh barang Anda sekaligus atau mendapatkan langganan, tetapi dengan keuletan dan kerja keras serta sabar, perlahan bisnis Anda pasti akan berhasil.

 

Apakah Anda memiliki ide lain mengenai bisnis rumahan yang dapat dilakukan? Berikan komentar dan saran Anda dan tulislah di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Tisyrin N. Ton. 31 Oktober 2016. Ibu Rumah Tangga Ingin Bantu Tambah Pemasukan? Ini Bisnis Modal Kreativitas yang Cocok untuk Kamu. Cekaja.com – https://goo.gl/clgSJI
  • 21 September 2015. 8 Ide Bisnis Rumahan yang Gak Bakal Ikutan Lesu Kayak Rupiah. Duitpintar.com – https://goo.gl/tLBSOT

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Rumahan – https://goo.gl/E7JrDX
  • Bisnis Katering – https://goo.gl/mDR4m1

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang