Ingin punya kerja sampingan tapi cuma punya waktu malam hari? Bisa banget! Kamu bisa lakukan ini di malam hari untuk menambah pemasukanmu.

Yuk simak 12+ kerja sampingan malam hari yang sudah dirangkum Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kerja Sampingan? Why Not!

Mencari pekerjaan sampingan memang susah-susah-gampang, apalagi untuk mereka yang sudah memiliki full time job namun ingin penghasilan tambahan.

Pastinya mereka harus lebih pandai membagi waktu antara pekerjaan tetap dengan sampingan.

Berhubung para pekerja full time biasa bekerja di hari Senin sampai Jumat atau Sabtu dan dimulai pada pagi hari hingga sore hari, bisa dikatakan malam hari adalah satu-satunya waktu yang tepat untuk melakukan pekerjaan sampingan.

Sebenarnya memang ada waktu luang selain waktu malam ini, yaitu di akhir pekan.

Tetapi untuk mereka yang sudah memiliki kesibukan di akhir pekan, seperti berkumpul dengan keluarga misalnya, pasti tidak bisa menaruh pekerjaan sampingan di akhir pekan ini.

 

Daftar Pekerjaan Sampingan Untuk Malam Hari

Nah, jika kamu saat ini membutuhkan info pekerjaan sampingan apa saja yang bisa dilakukan di malam hari, maka kamu harus menyimak topik bahasan ini.

Tapi sebelumnya, kamu harus ketahui terlebih dulu apakah sebenarnya kamu membutuhkan kerja sampingan atau tidak.

Memang memiliki kerja sampingan akan memberikan pemasukan yang lebih, namun semua harus dilakukan selama dirimu sanggup melakukannya.

Akan tetapi jika memang kerja sampingan tersebut memang harus kamu lakukan, kamu bisa melihat daftar berikut ini.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk mencatat dan mengalokasikan keuangan kamu sehingga pemasukan kerja sampinganmu bisa digunakan dengan baik dan terarah.

Kamu juga bisa mengecek kesehatan keuanganmu hingga berkonsultasi dengan Financial Planner melalui aplikasi Finansialku.

Nah, berikut merupakan daftar kerja sampingan yang bisa kamu coba. Semua pekerjaan sampingan di bawah ini cenderung tidak membutuhkan keterampilan tertentu.

Namun, tetap ada beberapa dari mereka yang membutuhkan keterampilan lebih. Tetapi tenang saja, kamu tetap bisa belajar terlebih dahulu.

 

#1 Menjual Koleksi 

Apa koleksi yang saat ini kamu miliki? Action figure? Album musik? Atau yang lain? Jika kamu sudah bosan dengan koleksimu ini, kamu bisa segera menjualnya untuk mengumpulkan rupiah.

Beberapa koleksi yang bersifat klasik dan sudah langka saat ini bisa kamu jual dengan harga yang tinggi. 

12+ Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Malam Hari 02

[Baca Juga: Ketahui Strategi-strategi Dasar Trading Komoditas]

 

Pekerjaan yang bisa kamu lakukan malam hari ini membuatmu harus bersabar karena produk yang kamu jual tidak harus laku seketika itu juga.

Pemasaran melalui sistem online yang rajin akan berpotensi produk yang kamu jual diketahui orang dan akhirnya mendatangkan pembeli.

 

#2 Menjual Foto

Selain barang koleksi, kamu yang hobi fotografi bisa menjual hasil jepretan kamera kamu.

Tak hanya hasil jepretan saja, bahkan jika kamu pintar dalam hal editing kamu bisa mengeditnya sebentar supaya semakin banyak yang tertarik dengan foto kamu.

Adapun foto yang bisa kamu jual adalah foto pemandangan alam, foto aktivitas, atau foto lain yang sekiranya dibutuhkan oleh website maupun kebutuhan lainnya.

12+ Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Malam Hari 03

[Baca Juga: Begini Cara Berhasil Memulai Bisnis Ternak Ayam Broiler yang Menguntungkan]

 

Menjual foto yang dimaksud kali ini adalah menjual foto secara online. Ya, ada beberapa situs website yang memang dibuat untuk menjembatani fotografer dengan orang yang membutuhkan foto.

Lalu, apakah situs website yang dimaksud? Misalnya saja ShutterStock dan iStock. Terdengar menarik bukan?

 

#3 Berjualan di Toko Online atau Marketplace

Siapapun bisa berjualan di toko online. Bahkan kini sudah ada banyak sekali marketplace yang bisa digunakan secara cuma-cuma dengan keefektifan yang tinggi.

Dibanding berjualan secara offline, sekarang ini berjualan secara online dinilai lebih efektif karena orang cenderung memenuhi kebutuhannya melalui internet.

Kamu bisa memanfaatkan marketplace yang sudah tersedia, namun kamu juga bisa memanfaatkan sosial media yang hampir sama kuatnya untuk berjualan.

 

#4 Menjahit Baju

Untuk kamu yang memiliki keterampilan di bidang tata busana, mestinya menjahit bukanlah hal yang sulit. Nah, manfaatkan saja kemampuan kamu ini untuk mencari uang lebih di malam hari. 

Kamu bisa membuka jasa jahit dan bisa kamu kerjakan malam hari sesaat setelah beristirahat usai pulang kerja. Lagi pula, pekerjaan sampingan ini dinilai cukup menguntungkan.

 

#5 Memberikan Kursus

Kamu yang memiliki keterampilan dan ingin menghasilkan uang lebih tak melulu harus bekerja dengan mempraktikkan keterampilan tersebut, namun kamu bisa membagikannya dengan orang lain atau istilahnya memberi kursus. 

Selain kursus, kamu yang saat ini berstatus mahasiswa bisa juga memberikan les privat di malam hari.

12+ Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Malam Hari 04

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Tidak perlu hingga larut malam, karena pastinya siswa yang kamu ajari nanti juga tidak mau belajar hingga larut malam.

Batas waktu les privat biasanya sudah berakhir pada jam sembilan atau sepuluh malam saja.

 

#6 Membuat Desain Grafis

Jika di SMA atau saat ini kamu bisa mengoperasikan Corel Draw atau software desain grafis lain, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari uang lebih.

Ya, kamu bisa membuat desain logo, desain kaos, membuat brosur, dan kebutuhan lainnya yang membutuhkan desainer grafis.

 

#7 Menjual Makanan

Kamu yang suka memasak boleh banget mencoba jual makanan di malam hari, apalagi jika makanan yang kamu jual ini bernuansa kuliner.

Bukalah usaha kuliner di tempat yang ramai supaya lebih berpotensi laku atau bahkan laris manis.

 

#8 Membuka Kedai

Kedai yang dinilai laris keras saat ini adalah kedai kopi. Pasti sebelum mengetahui hal ini kamu sudah menebak terlebih dahulu bukan?

Kopi memang digadang-gadang menjadi minuman favorit untuk saat ini, baik anak muda maupun orang dewasa rasanya semua suka kopi.

12+ Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Malam Hari (2) 05

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Manfaatkan fenomena dan tren ini untuk mencari pemasukan lebih. Apalagi kalau kamu mau sedikit lelah untuk menghias dan mendekorasi kedai tersebut, potensi untuk banyak disinggahi pecinta kopi lebih besar pastinya.

 

#9 Customer Service

Menjadi customer service tak selamanya mengharuskan datang ke kantor dan bekerja di kantor. Beberapa bisnis atau perusahaan ada yang membutuhkan customer service untuk melayani panggilan di malam hari.

Nah, jika kamu bisa menemukan lowongan ini maka beruntunglah kamu sudah bisa mendapat pemasukan lebih dengan hanya duduk di kamar pada malam hari dan melayani pelanggan.

 

#10 Penulis Lepas

Penulis lepas bisa juga menjadi pilihan selanjutnya yang bisa kamu pilih.

Jika kamu tidak memiliki keterampilan menulis, kamu tetap bisa belajar terlebih dahulu dengan sering-sering membaca artikel dan kemudian mencoba membuatnya.

Selain menjadi penulis lepas atau freelance content writer kamu juga bisa mencoba menjadi editor. Namun, untuk menjadi editor terlebih dahulu kamu harus bisa menulis.

 

#11 Membuat Kerajinan Tangan

Apapun jenis kerajinan tangan yang akan kamu buat, semuanya bisa kamu kerjakan di malam hari.

12+ Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Malam Hari (2) 06

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

 

#12 Memberi Feedback

Adalah website yang masih baru yang membutuhkan banyak feedback, kamu bisa menjadi jasa pemberi feedback untuk mereka dan mengumpulkan rupiah sedikit demi sedikit.

 

#13 Ojek Online (Mengantar Makanan)

Pekerjaan yang satu ini jelas merupakan pekerjaan sampingan yang cukup oke.

Beruntungnya, jika kamu melakukannya di malam hari maka akan semakin besar pendapatan kamu, karena mungkin hanya ada sedikit kompetitor dan kebutuhan akan makanan atau minuman tetap ada.

12+ Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Malam Hari (2) 07

[Baca Juga: Gimana Cara Mengatur Keuangan Orang yang Hobi Kuliner Supaya Keuangan Sehat?]

 

Ternyata, Banyak Jalan Menuju Roma dengan Kerja Sampingan

Tiga belas ide pekerjaan sampingan di atas bisa kamu coba semuanya atau jika ada salah satu yang terasa pas, kamu juga tetap bisa segera mencobanya. Pastikan kamu memiliki kemauan yang keras untuk mencari pekerjaan itu.

Yang paling penting, jangan sampai kamu menyerah ketika menemukan kesulitan, karena bukan hanya pekerjaan utama saja yang sulit untuk diperoleh. Namun juga pekerjaan sampingan.

Terlepas sudah mendapatkan penghasilan dari kerja sampingan atau belum, jangan lupa untuk selalu mencatat keuanganmu supaya arusnya terarah dan kamu tetap bisa hidup dengan uang yang ada.

Kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku yang memudahkan kamu untuk mencatat dan mengalokasikan uangmu. Selamat mencari penghasilan lebih! Kamu pasti bisa!

 

Kamu yang hobi terjaga di malam hari, pastinya akan tertarik untuk melakukan pekerjaan di atas? Jika ya, jangan lupa ajak teman-temanmu untuk ikut juga mencari tambahan uang untuk jadi lebih mandiri di usia muda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 September 2019. Modalnya Kecil, Ini 13 Peluang Kerja Sampingan Di Malam Hari. 99.co – http://bit.ly/2Y93wMa

 

Sumber Gambar:

  • Kerja Sampingan – http://bit.ly/2DF1euT
  • Menjual Koleksi – http://bit.ly/37Z4ijs
  • Menjual Foto – http://bit.ly/2OJcegZ
  • Memberikan Kursus – http://bit.ly/2LgJTga
  • Membuka Kedai – http://bit.ly/2YeMv39
  • Membuat Kerajinan Tangan – http://bit.ly/2DFVhxG
  • Ojek Online (Mengantar Makanan) – http://bit.ly/2rNzBgB