Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan

Bagaimana menjadi seorang pengusaha yang kreatif sehingga mencapai kesuksesan dan keberhasilan dalam usaha? Tim Finansialku akan memaparkan berbagai cara untuk mendapatkan ide kreatif bagi Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kreatif adalah Tuntutan Zaman

Dunia usaha menuntut kita untuk terus berpikir kreatif dan dinamis ditambah lagi perkembangan teknologi dan zaman semakin modern. Apabila tidak mengembangkan berbagai ide kreatif, maka kita akan ketinggalan zaman dan malah berdampak pada usaha kita yang mungkin tidak akan berkembang.

Namun, untuk mendapatkan berbagai ide yang kreatif tidaklah mudah. Melalui artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana membuat setiap ide kita yang kreatif dapat terus mengalir dan berkembang.

Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8+ Industri Kreatif yang Dapat Anda Beli Waralabanya]

 

#1 Berikan Waktu untuk Istirahat

Pikiran yang lelah dan terlalu dituntut untuk banyak berpikir membuat otak jadi “ngebul”. Istirahatkan sebentar pikiran Anda dengan memejamkan mata sejenak atau berbaring hanya untuk me-refresh pikiran Anda.

 

#2 Meditasi

Tenangkan pikiran Anda sejenak dan atur nafas Anda, usahakan untuk duduk tegak. Ada yang menyarankan untuk melakukan yoga agar pikiran menjadi tenang sehingga setiap ide yang bahkan tidak terpikirkan sebelumnya akan mengalir begitu saja.

 

#3 Melihat Tanaman Hijau

Menurut sebuah penelitian di Jerman, otak kita mengasosiasikan warna dengan alam dan pertumbuhan, yang memacu inovasi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk meluangkan waktu sejenak untuk pergi ke taman atau sekedar melihat tanaman hijau di pot.

 

#4 Cari Jalan Lain

Saat berkendara, seringkali kita mengambil jalan yang sama sehingga membuat kita merasa bosan. Ubahlah rute berkendara Anda dengan menggunakan jalan yang lain untuk menuju tempat yang Anda tuju.

 

#5 Mandi dan Basahi Kepala

Air yang mengalir saat kita mandi ternyata selain membuat badan kita segar, bahkan setiap ide kreatif dapat muncul. Lakukanlah ritual ini apabila Anda sedang mengalami kebuntuan mencari ide yang kreatif.

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karir]

 

#6 Jalan-jalan Seputar Rumah atau Kantor

Saat sedang penat dan merasa tidak dapat berpikir dengan jernih, ambil waktu untuk berjalan-jalan sejenak dapat membantu meringankan dan menjernihkan pikiran. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar komplek taman rumah atau di sekitar kantor Anda.

 

#7 Brainstorming dan Berpikir Positif

Melakukan brainstorm dapat menolong Anda untuk membuka pikiran dan tidak terjebak di suatu pola pikir yang sama. Berikan motivasi dan penguatan pada diri Anda bahwa Anda dapat menemukan solusi dan tidak ada yang tidak mungkin. Ubah setiap pikiran yang negatif kepada pola pikir yang positif.

 

#8 Belajar dari Orang Lain dan Keluar dari Zona Nyaman

Kelilingilah diri Anda dengan orang-orang kreatif karena dengan siapa Anda bergaul akan menentukan diri Anda dan pencapaian dalam diri Anda. Apabila Anda ingin semakin kreatif, sangat disarankan untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang kreatif.

Sangat penting untuk berada di luar zona nyaman, karena disanalah Anda akan bertemu dengan orang yang akan menantang dan menginspirasi kreativitas dalam diri Anda. Selain itu, belajarlah untuk mendengar saran dari orang lain dan menerima berbagai masukan bahkan kritikan. Saring setiap ide yang ada untuk mendapatkan ide kreatif yang Anda inginkan.

 

#9 Keluar dari Rutinitas

Apabila Anda sudah mengalami kejenuhan saat bekerja, mungkin sudah waktunya Anda untuk mengambil waktu liburan beberapa hari setelah melakukan berbagai rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

Anda dapat pergi ke tempat-tempat yang baru, makan makanan yang belum pernah Anda makan sebelumnya dan lakukan beberapa hal yang belum pernah Anda coba. Terkadang ide datang dengan begitu saja melalui berbagai hal baru yang kita rasakan.

 

#10 Hindari Sikap Perfeksionis

Tidak ada seorangpun yang sempurna, kita harus menyadari hal ini sehingga tidak terus menerus memaksakan pikiran kita untuk berpikir begitu keras sehingga malahan menyiksa tubuh kita sendiri. Hindari sikap perfeksionis dan menuntut segala sesuatu harus sempurna.

 

#11 Hang Out Bersama Sahabat

Luangkan waktu Anda untuk bermain bersama teman-teman Anda dengan makan bersama di café, nonton bioskop atau sekedar berkumpul bersama untuk bercakap-cakap sambil “ngopi” di rumah. Anda juga dapat mengundang mereka untuk makan bersama di rumah saat weekend atau waktu libur.

Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis]

 

#12 Membaca Buku atau Kisah Sukses (Biografi)

Ada kalanya hobi membaca dapat menolong untuk me-refresh pikiran kita. Selain menambah wawasan, kita juga menikmati hobi tersebut. Berbagai buku tentunya akan bermanfaat bagi kita karena dapat membuka jendela berpikir kita lebih luas terutama saat membaca buku-buku biografi dari kisah-kisah nyata orang sukses.

 

#13 Mendengarkan Musik atau Menggambar

Sekedar mendengarkan alunan musik terutama jenis musik yang menjadi kegemaran Anda dapat membuat telinga Anda merasa dimanjakan yang akan berpengaruh kepada pikiran kita.

Tak heran banyak orang yang saat bekerja, mereka memperdengarkan alunan musik yang dapat membantu mereka bekerja lebih efektif. Apabila Anda memiliki hobi menggambar, lakukanlah selama itu adalah positif. Hanya sekedar oret-oretan saja dapat mengakomodasi ide-ide kreatif mengalir.

 

#14 Lakukan Olahraga

Dengan bergerak, selain membuat tubuh Anda bugar, hal ini juga menstimulus cara kerja otak kita. Lakukan olahraga kesukaan Anda seperti berenang, bermain bola bersama teman-teman kantor atau pergi ke gym.

Olahraga yang murah pun ada, seperti jalan santai atau lari kecil di taman dekat rumah bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

 

#15 Pergi ke Tukang Pijat

Mungkin Anda membutuhkan pijatan yang dapat menenangkan tubuh Anda. Selain itu, berbagai wewangian aromaterapi dan alunan instrumen musik yang menyejukkan dan menghilangkan kelelahan serta kepenatan Anda.

Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Ciptakan Ide Kreatif

Untuk mendapatkan ide-ide yang kreatif ternyata tidak perlu untuk merogoh kocek hingga dalam. Ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya agar setiap ide-ide kreatif Anda dapat mengalir. Lakukan berbagai tips di atas dan rasakan setiap ide kreatif Anda terus mengalir dan berdampak positif bagi perkembangan usaha Anda.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam mendapatkan ide-ide kreatif melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 Cara Untuk Lebih Kreatif. Akuinginsukses.com – https://goo.gl/YBfifQ
  • Ryan Robinson. 7 April 2017. 37 Powerful Ways for Entrepreneurs to Be More Creative. Thebalance.com – https://goo.gl/k6mTpF
  • Wiki How. Cara Berpikir Kreatif. Wikihow.com – https://goo.gl/s8wyzc

 

Sumber Gambar:

  • Creative Entertainment – https://goo.gl/mhW2nB
  • Buku – https://goo.gl/CP1yWv

 

Free Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment