6 Cara Meningkatkan Kreatifitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karir

Bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan kreatifitas untuk memperbaiki keuangan dan karir? Berikut ini 6 cara yang dapat Anda praketekkan.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

DuitPintar 

6 Cara Meningkatkan Kreatifitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karir

Namanya manusia selalu saja dihadapkan pada masalah, seperti keuangan dan karir. Terkadang kita merasa sudah kehabisan ide dan tidak menemukan jalan keluar lain dalam memperbaiki keuangan dan karir. Bagaimana ya caranya meningkatkan kreatifitas kita untuk memperbaiki keuangan dan karir?

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: Selain Berpikir Kreatif, Anda Juga Perlu 15 Skill Ini]

 

Banyak orang berkata untuk menjadi orang yang kreatif (creative person) harus sering berpikir berbeda (think out of the the box). Atau berpikir nyeleneh dan tidak seperti orang pada umumnya. Bukannya gila atau tidak waras, tetapi terkadang melihat segala sesuatunya dari sudut pandang yang berbeda. Jika Anda pernah menonton film Disney, Big Hero 6 ada sebuah quote dari Tadashi Hamada (kakak kandung Hiro) :

 

Bahasa Inggris

Use that big brain of yours to think your way out. Look for a new angle!

Tadashi Hamada – Big Hero 6

 

Menilai dari Sudut Pandang yang Berbeda

[Baca Juga: Melihat Uang dari Sudut Pandang yang Berbeda dari Sudut Pandang Anda Saat Ini]

 

Bahasa Indonesia

Gunakan otak yang Anda miliki untuk mecari jalan keluar Anda. Lihat dari sudut pandang yang baru.

Tadashi Hamada – Big Hero 6

 

Apakah ada cara-cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan atau meningkatkan kreatifitas untuk memperbaiki keuangan dan karir? Jawabannya ada dan banyak caranya, berikut 6 cara yang dapat langsung Anda praktekkan.

 

#1 Meniru dan Mengembangkan

Banyak pebisnis sukses yang melakukan strategi tiru dan kembangkan. Terkadang untuk mendapatkan pemikiran kreatif untuk memperbaiki keuangan dan karir, kita dapat meniru dan melakukan sedikit pengembangan. Coba saja tiru cara-cara orang-orang hebat disekitar Anda atau cara-cara yang dilakukan oleh para penulis.

Mungkin Anda pernah mendengar kabar bahwa produk-produk produksi Tiongkok dapat dijual dengan harga murah, karena mereka tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya di riset dan pengembangan (research and development cost).

 

#2 Keluar dari Rutinitas

Otak kreatif seseorang akan menjadi lemas dan tidak bertenaga jika seseorang telah menjalani rutinitas. Menjalani hari yang begitu-begitu saja, bangun pagi, berangkat kerja, kerja dan meeting seharian, pulang kerja, makan malam dan tidur. Setiap bulan terima gaji, bayar cicilan, beli kebutuhan ini itu, utang untuk bayar kekurangan dan kerja lagi. Manusia seringkali terkena jebakan rat race dalam mengelola keuangannya.

Ternyata, Jebakan Rat Race yang Membuat Manusia Tidak Bisa Merdeka - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ternyata Jebakan Rat Race yang Membuat Manusia Tidak Bisa Merdeka]

 

Oleh sebab itu Anda perlu cara-cara baru untuk menyelesaikan masalah lama. Jangan hindari tantangan, jangan hindari proses, jangan hindari pembelajaran. Lakukan hal-hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya, misal:

  • Berkonsultasi dengan perencana keuangan (financial planner).
  • Belajar tentang keuangan dan meningkatkan literasi keuangan (financial literacy).
  • Belajar berinvestasi untuk mencapai kebebasan keuangan.
  • dan lainnya.

 

#3 Melakukan Hal Baru dan Pengalaman Baru

Apakah Anda termasuk orang yang takut untuk melakukan hal baru? Takut mengambil risiko? Takut keluar dari zona nyaman?

Menjadi Seseorang yang Berani Keluar dari Zona Nyaman - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Menjadi Seseorang yang Berani Keluar dari Zona Nyaman]

 

Setiap manusia pada dasarnya diciptakan dengan rasa keingintahuan yang besar terhadap hal-hal baru. Perhatikan anak-anak kecil yang tidak ragu bertanya ini apa? kenapa begini? kenapa begitu? Sayangnya lingkungan kita terkadang membunuh rasa ingin tahu tersebut, mulai timbul rasa takut mengambil risiko, rasa takut untuk gagal dan akhirnya rasa keingin tahuan tersebut menjadi terhenti. Kalau kata orang Barat, terkadang kita perlu learn to unlearn (memahami untuk tidak memahami) hal-hal negative yang terlanjur sudah kita yakini.

 

#4 Amati dan Belajar dari Yang Terbaik

Mengamati sekitar dan menjadi orang yang lebih peka terhadap lingkungan sekitar ternyata banyak membantu otak kita untuk berpikir lebih kreatif. Banyak ide bisnis muncul ketika kita menjadi lebih peka terhadap sekitar dan dunia.

  • Tidak ada mobil, jika Henry Ford tidak peka terhadap masalah transportasi.
  • Tidak ada personal computer, jika Bill Gates tidak peka terhadap masalah operasional harian di kantor.
  • Tidak ada facebook, jika Mark Zuckerberg tidak peka terhadap kebutuhan manusia untuk bersosialisasi

 

#5 Bergaul dengan Orang-Orang Kreatif

  • Bagaimana cara pelawak mendapatkan ide-ide candaan terbaru?
  • Bagaimana cara pencipta lagu mendapatkan lirik bagus?

Terkadang dengan berkumpul dengan orang-orang yang kreatif, otak kita terangsang untuk juga melakukan hal-hal kreatif. Jadi jika Anda ingin dapat berpikir kreatif, bukalah diri Anda untuk bergaul dengan orang-orang yang kreatif. Mereka (teman-teman Anda) mungkin juga tahu solusi yang tepat untuk Anda.

 

#6 Waktu Pribadi (Me Time) dan Berkontemplasi

Waktu tenang untuk diri sendiri (me time), merenung dan berkontemplasi adalah salah satu cara untuk membersihkan otak kita. Ibarat komputer, CPU kita di-reset kembali agar menjadi lebih kosong dan dapat memuat hal-hal baru. Nikmati me time dengan cara bermidatasi, yoga dan berdiam diri.

 

Otak Manusia adalah Otak yang Kreatif, Anda Hanya Perlu Menyadarinya Saja

Manusia diciptakan sempurna oleh yang Kuasa, termasuk kemampuan untuk berpikir kreatif (creative thingking). Sayangnya sering kali kita sendiri yang membuat otak kita menjadi tidak kreatif dengan segala kemalasan, rutinitas, tidak mau repot, takut mencoba hal baru, takut risiko, tidak mau keluar dari zona nyaman, maunya yang itu-itu saja, takut tantangan dan lainnya.

Cobalah untuk memberikan waktu kepada otak, untuk lebih peka, kumpulkan keberanian untuk mencoba hal baru, tantangan baru, suasana baru, lebih peka dan keluar dari rutinitas. Anda akan menemukan diri Anda yang lebih kreatif untuk memperbaiki keuangan dan karir. Selamat mencoba.

 

Apakah Anda pernah merasa mentok dan baru mendapatkan ide saat kepepet atau due date? Menurut Anda apakah Anda kaitan antara due date dan kreatifitas?

 

Sumber Referensi

  • Fafa Khalifah. 8 September 2016. Ngerasa Gak Kreatif? Eits, Cobain Nih Cara Jadi Kreatif Buat Keuangan dan Karir. Blog DuitPintar – https://goo.gl/hzlHVk

 

Sumber Gambar

  • Creative – https://goo.gl/lBVxun

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

By |2016-12-01T15:36:45+00:00September 15th, 2016|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Duit Pintar
DuitPintar.com adalah Situs Perbandingan Produk-Produk Keuangan di Indonesia. Bandingkan semua kartu kredit, pinjaman dan asuransi yang ada di Indonesia. DuitPintar menyediakan informasi tentang berbagai produk keuangan dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menemukan semua informasi yang relevan dari semua produk yang tersedia di pasaran.

Leave A Comment