Apakah Anda pernah mendengar istilah rat race? Mungkin istilah rat race adalah istilah yang asing, tetapi bisa jadi Anda melakoni setiap hari. Kerja – dapat gaji – bayar cicilan – buat hidup dan beli kebutuhan – tidak bisa menabung – utang – kerja lagi dan seterusnya. Bagaimana caranya menjadi manusia yang merdeka dan bebas dari jebakan rat race.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Keluar dari Jebakan Rat Race dan Menjadi Manusia yang Merdeka secara Keuangan

Seperti penjelasan sebelumnya, istilah rat race cycle adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi keuangan seseorang yang belum bebas keuangan (financial freedom). Kita harus bangun pagi, berangkat kerja, mendapatkan gaji, bayar cicilan, beli ini itu untuk gaya hidup kita, diakhir bulan sudah tidak ada tabungan dan akhirnya berutang. Apakah Anda masih mau hidup dalam jebakan rat race terus menerus? Berapa lama lagi Anda masih mau dijebakan yang sama?

[Baca Juga: Cara Menjadi 1% Orang di Dunia yang Bisa Bebas Keuangan]

 

Jebakan Rat Race Membuat Kita Tidak Pindah Kemana-Mana dan Bahkan Makin Lelah Menjalaninya

Berikut ini ilustrasi seseorang yang berada dalam jebakan rat race :

Ternyata, Jebakan Rat Race yang Membuat Manusia Tidak Bisa Merdeka 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Coba perhatikan baik-baik, gambar di atas. Bagaimana cara orang tersebut bisa keluar dari jebakan atau lingkaran rat race? Ketika seseorang bisa keluar dari jebakan rat race orang tersebut dapat merdeka dan bebas keuangan.

Istilah rat race pertama kali kami dengar dari seorang penasehat keuangan Amerika bernama Robert T. Kiyosaki. Beliau menggambarkan seseorang yang berlari di roda mainan (seperti di kandang hamster). Orang tersebut akan terus berlari, tetapi orang itu tidak akan pindah. Alih-alih dapat lebih sukses, malah orang tersebut kian lelah. Lelah dengan utang yang ada, lelah dengan gaji yang tidak pernah bisa memuaskan kebutuhannya dan lain sebagainya.

 

Bebas Keuangan adalah Solusi untuk Keluar dari Jebakan Rat Race

Solusi yang dapat menyelesaikan masalah jebakan rat race adalah bebas keuangan (financial freedom). Tidak semua orang bisa keluar dari masalah uang dan menjadi manusia yang merdeka. Kami pernah menuliskan 10 cara yang dapat kita lakukan, untuk mulai berjalan ke arah kebebasan keuangan (financial freedom), antara lain:

  1. Mulai dengan mindset atau cara pikir yang benar
  2. Mulai mempelajari cara-cara untuk mencapai kebebasan keuangan
  3. Memprioritaskan Penghasilan untuk Ditabung dan Diinvestasikan
  4. Mulai Membuat Rencana Keuangan
  5. Mengurangi Pengeluaran yang Kosumtif
  6. Mulai Memiliki Anggaran, Catatan Keuangan dan Dana Darurat
  7. Mulai Memiliki Proteksi yang Cukup, Sesuai Kebutuhan
  8. Mulai Berinvestasi sesuai dengan Tujuan Keuangan Anda
  9. Mulai Membangun Penghasilan Pasif melalui Waralaba
  10. Mulai Membangun Penghasilan Pasif melalui Bisnis

 

[Baca Juga: 10 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom #1]

 

Sebelum berpikir untuk menambah sumber pemasukan, sebaiknya mulailah dengan mengelola keuangan dengan benar dan merencanakan keuangan. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mengelola keuangan dan merencanakan keuangan. Coba Gratis.

 

Multiple Streams of Income adalah Salah Satu Jawaban untuk Menuju Kebebasan Keuangan

Banyak orang berfokus pada satu sumber penghasilan, yaitu penghasilan kerja (active income). Contoh:

  • Karyawan mengandalkan dari gaji.
  • Profesional mengandalkan dari professional fee atau penghasilan praktek.
  • Pemilik toko mendapatkan hasil dari hasil penjualan
  • dan lain sebagainya.

 

Ada beberap ahli keuangan di Amerika, seperti Robert T. Kiyosaki dan Robert G. Allen yang menyarankan agar seseorang memiliki lebih dari satu sumber pemasukan (multiple streams of income). Jadi hidup kita tidak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan. Harus diakui memang kebebasan keuangan (financial freedom) bukanlah hal yang mudah untuk dicapai atau diwujudkan, tetapi kebebasan keuangan itu bukan hal yang mustahil. Dan kebebasan keuangan tersebut sangat layak untuk diperjuangkan.

 

[Baca Juga: Kapan Mau Jadi Manusia yang Merdeka, Lepas dari Masalah Uang]

 

Jadi jangan mau terjebak terus dengan masalah keuangan, toh kita juga punya pilihan. Kenapa tidak memilih untuk hidup bebas, menjadi apa yang kita mau, melakukan apa yang kita mau tanpa harus dipusingkan dengan masalah uang.

 

Apakah Anda juga mau menjadi manusia yang bebas dari masalah keuangan dan keluar dari jebakan rat race? Apa yang akan Anda lakukan dalam waktu dekat untuk keluar dari jebakan rat race? Tinggalkan komentar Anda di bawah ini ya, terima kasih.

 

Sumber

  • Rate race – http://goo.gl/DGz4AV
  • Man running – http://goo.gl/ByBz1D
  • Freepik.com

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang