Formula MONEYTREE dibuat oleh Robert G. Allen untuk mencapai kesejahteraan keuangan. Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai MONEYTREE Formula.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

FORMULA MONEYTREE

Formula MONEYTREE atau Pohon Uang (dalam Bahasa Indonesia) adalah formula yang dibuat oleh Robert G. Allen, mengenai cara mencapai kesuksesan keuangan. Kali ini Finansialku.com akan membahas bagian pertama yaitu MONEY. Formula MONEY terdiri dari 5 bagian yaitu:

 

M – Multiple Streams of Income

Rumusan pertama dalam MONEYTREE adalah Multiple Streams of Income atau memiliki beberapa sumber pendapatan. Robert G. Allen menyarankan agar kita idealnya memiliki beberapa sumber penghasilan, misal dari gaji, jualan online, investasi di reksa dana, investasi saham, uang sewa bulanan, royalti dari menulis buku, royalti dari music, royalti dari membuat software dan lain sebagainya. Intinya usahakan seseorang memiliki lebih dari satu sumber pendapatan.

 

 Ikuti Rumus MONEYTREE dan Anda akan Sejahtera - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Tingkatkan Pendapatan Residual untuk Bebas Keuangan]

 

Hal ini sejalan dengan ide atau konsep mengelola keuangan yang diajarkan Finansialku.com. Kami selalu menyarankan agar Anda mengikuti cara mengelola keuangan seperti gambar di atas. Selalu investasi terlebih dahulu, sebelum melakukan pengeluaran yang lain. Hasil investasi tersebut, nantinya akan menjadi sumber pendapatan kita (lihat anak panah yang keluar dari nomor 4, akan menuju ke kotak pendapatan nomor 1).

 

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

O – Outstanding

Rumusan kedua dalam MONEYTREE adalah outstanding atau memiliki perbedaan dengan produk atau layanan yang sudah ada di pasaran. Menurut Robert G. Allen, ternyata tidak mudah membuat dan memasarkan sebuah produk dan layanan. Ingat lho tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Tujuan utama, dari Formula MONEYTREE adalah melakukan sebuah pekerjaan dan mendapatkan uang secara berkesinambungan. Contoh seorang penyanyi membuat sebuah lagu dan mendapatkan royalti atas lagu tersebut. Tetapi tidak semua lagu bisa laku keras kan, pasti ada pembedanya donk.

 

[Baca Juga: Perbedaan Business dan Busyness]

 

N – Nothing Down

Rumusan ketiga dalam MONEYTREE adalah Nothing Down atau jangan menggunakan uang muka. Banyak pekerjaan yang bisa kita mulai dengan modal yang sangat-sangat terbatas. Sebisa mungkin ciptakan sumber pendapatan baru dengan modal yang minimum.

 

[Baca Juga: 5 Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan]

 

Misal Anda seorang yang menyenangi dan menekuni fotografi. Anda dapat mulai membuat website, blog atau e-book dengan modal di bawah Rp 10juta. Buat website Anda menjadi salah satu sumber pemasukan baru untuk Anda.

 

E – Employee Resistant

Rumusan keempat dalam MONEYTREE adalah Employee Resistant atau sebisa mungkin jangan mulai dengan banyak karyawan. Saran dari Robert G. Allen ini cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis. Salah satu pengeluaran yang cukup besar dalam bisnis adalah gaji karyawan.

 

[Baca Juga: Memulai dan Membesarkan Bisnis Rumahan]

 

Sebagai gambaran, jika Anda memulai bisnis dengan dua orang karyawan. Keduanya dibayar dengan gaji sebesar UMR, maka Anda harus mengeluarkan uang sebesar 2 x Rp 2.500.000 x 14 bulan = Rp 70.000.000 (belum termasuk bonus, tunjangan, iuran untuk BPJS dan lainnya). Pengusaha selalu menghitung minimum gaji 14 bulan, yang terdiri dari: gaji 12 bulan kerja, 1 bulan THR dan 1 bulan bonus akhir tahun. Cukup besar kan untuk memulai bisnis? Bagaimana jika bisnis saya membutuhkan bantuan orang lain? Sebisa mungkin freelance saja pekerjaan-pekerjaan yang bukan pekerjaan inti.

 

Y – Yield

Rumusan terakhir dalam MONEYTREE adalah Yielding atau persentase pendapatan. Formula MONEYTREE dari Robert G. Allen fokus untuk membentuk penghasilan yang berulang dan diusahakan agar pendapatan tersebut makin besar setiap tahunnya.

Dalam bukunya Robert G. Allen menceritakan salah seorang rekannya menjalankan bisnis rumahan. Awalnya bisnis rumahan tersebut menghasilkan pendapatan sebesar Rp 100.000.000. Setelah enam tahun, bisnisnya makin besar dan menghasilkan mencapai lebih dari Rp 1.000.000.000. Nah itulah yang dimaksud dengan Yielding. Bisnis atau sumber pendapatan yang baru memiliki potensi untuk menjadi semakin besar

 

Kesimpulan

Jadi dalam bagian ini, kita membahas lima bagian dari MONEYTREE formula ciptaan Robert G. Allen. Rumusan pertama adalah penghasilan dari berbagai sumber (Money Streams of Income), penghasilannya harus berbeda (Outstanding), sebisa mungkin jangan ada uang muka (Nothing Down), minimalkan jumlah karywan (Employee Resistant) dan terakhir potensi pertumbuhan pendaptan (Yield). Semoga rumusan ini dapat membantu Anda menjadi lebih sejahtera dalam keuangan.

 

Menurut Anda: Apakah seseorang masih bisa fokus dalam bekerja dengan semakin banyaknya sumber pendapatan?

 

Sumber Buku:

  • Robert G. Allen. 2005. Multiple Income of Streams. John Wiley & Sons  – New Jersey.

 

Image Credit:

  • Streams – http://goo.gl/ALmwMp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku