5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Peluang bisnis sampingan adalah hal yang dicari-cari bagi banyak orang. Hal ini disebabkan banyak orang sudah mulai memikirkan cara untuk meningkatkan pendapatan alih-alih mengurangi biaya atau menurunkan gaya hidup.

Peluang Bisnis Pasif untuk Karyawan Business Opportunity

 

Ada sebagian orang yang mengatakan peluang bisnis sampingan datangnya hanya sekali, tetapi ada sebagian lain yang mengatakan peluang bisnis sampingan selalu ada, menurut Anda manakah yang benar? Finansialku akan berbagi mengenai cara melihat peluang bisnis sampingan di sekitar Anda dan 5 peluang bisnis sampingan untuk karyawan.

 

Syarat untuk Melihat Peluang Bisnis

Menurut pendapat pribadi Penulis, peluang bisnis selalu ada dan datang disekitar Kita. Hal yang membedakan adalah kemampuan Kita untuk dapat melihat atau tidak.

Sebagai contoh pada era tahun 1990an, ketika orang membeli es teh manis atau air putih dingin apa yang dilakukan? Orang akan pergi ke warung dan membeli minumannya dalam sebuah plastik. Peluang bisnis tersebut ditangkap oleh orang-orang tertentu dan mulai menjual air putih dalam kemasan dan es teh manis dalam kemasan. Nah bagaimana caranya agar mata Kita terbuka untuk dapat melihat peluang bisnis di sekitar Kita?

Syarat yang paling utama agar Kita dapat melihat peluang bisnis disekitar Kita adalah Kita harus sudah mengerjakan segala pekerjaan rumah Kita. Apa maksudnya mengerjakan pekerjaan rumah (PR) Kita? PR seorang calon wirausaha adalah:

 

Pola Pikir atau Mindset yang Baik dan Benar

Hard work

[Baca juga : Apakah Karyawan Bisa Memiliki Pendapatan Pasif dengan Bisnis Online?]

 

Pola pikir adalah awal dari segalanya dan merupakan factor yang fundamental bagi seorang calon pebisnis. Pertanyaan yang harus dijawab seputar pola pikir adalah: “Mengapa Anda mau memulai bisnis?” Ketika motivasi Anda Cuma berada untuk mendapatkan uang, biasanya hal ini tidak dapat bertahan lama. Ketika menjalankan sebuah bisnis, termasuk bisnis sampingan hal yang terjadi adalah banyak tantangan yang datang, terlebih di awal usaha.

 

Metode

business-mindset 5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

[Baca juga : Karyawan Juga Bisa Jadi Kaya dengan Cara Ini]

 

Tahapan selanjutanya adalah tahapan taktikal mengenai metode. Kita dapat mempelajari metode-metode dalam mencari peluang bisnis sampingan. Bisnis baru memiliki beberapa tingkatan.

  1. Tingkatan yang paling dasar adalah meniru yang sudah ada, contoh Kita buka sebuah warung makan, tanpa ada perbedaan yang cukup signifikan dengan warung makan lainnya. Biasanya bisnis model ini cukup berat dijalani, terlebih jika competitor sudah memiliki pasar yang cukup kuat.
  2. Tingkatan tengah yaitu meniru dan melakukan perbaikan. Nah tahapan ini dilakukan oleh sebagian besar orang dalam melakukan bisnis. Alasannya sangat sederhana, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal dan masih memiliki perbedaan dibanding kompetitor. Kita cukup lebih baik sedikit dibanding dengan kompetitor itu sudah lebih dari cukup. Contoh sama berbisnis warung makan dan memiliki menu dengan tingkat kepedasan yang berbeda, dari level 1 sampai level 5.
  3. Tingkatan yang paling tinggi adalah inovasi. Tingkatan ini adalah yang paling tinggi dan paling susah, karena Kita harus melakukan suatu penemuan baru. Contoh masih berbisnis warung, Kita menciptakan menu makanan baru yang orang lain belum ada.

 

Money Management atau Pengaturan Uang

money-management 5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

[Baca juga : Karyawan Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa pengaturan uang atau money management yang baik. Prinsip sederhana dalam pengaturan uang adalah:

  1. Keseimbangan, antara pendapatan dan pengeluaran.
  2. Kurangi pengeluaran tetap (fix cost), ubah pengeluaran menjadi variable (variable cost).
  3. Sebisa mungkin manfaatkan uang orang lain (other people money) dengan baik, benar dan sopan. Contohnya melakukan kerja sama dengan system konsinyasi untuk memenuhi barang dagangan, dll.

 

6 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Berikut ini adalah 5 peluang bisnis sampingan untuk karyawan:

Waralaba Makanan

5007_enam_jurus_usaha_waralaba_ala_baba_rafi_ 5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

[Baca juga : Tips Memulai Bisnis Waralaba atau Bisnis Franchise]

 

Salah satu peluang bisnis sampingan yang paling mudah adalah waralaba makanan. Kenapa waralaba? Pemilik waralaba biasanya menjual sebuah sistem. Waralaba memiliki interval modal awal mulai dari 2 jutaan – 200 jutaan Rupiah.

 


Menyewakan Tempat / Properti 

large_Enerspace_Coworking_Room1-1024x682 5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

[Baca juga : Mengapa Banyak Orang Suka Bisnis Properti ?]

 

Punya rumah atau tempat yang tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkan untuk dikontrakan, contohnya: rumah kos, sewa untuk tempat kerja (coworking space) dan lainnya.
 

Bisnis Online – Jualan Online

memulai-bisnis-online-_110701131908-232 5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

[Baca juga : Ide Bisnis Online untuk Calon Entrepreneur]

 

Bisnis online adalah peluang bisnis sampingan yang sangat menjanjikan. Banyak online shopping di Indonesia yang berhasil meraup omzet di atas 50.000.000 per bulannya. Selengkapnya mengenai bisnis online:

 

 

Bisnis Hobi atau Passion

booking-Photographer 5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

[Baca juga: 7 Jenis Hobi yang Dapat diBisniskan]

 

Bisnis sesuai hobi contoh, bagi orang yang suka renang menjadi pelatih renang, orang yang suka fotografi menjadi fotografer untuk pernikahan, bagi yang suka desain menjadi desainer freelance. Bisnis sesuai hobi atau passion boleh dikata double keuntungan, yaitu dari uang dan kesenangan.

 

Agen Freelance

car-insurance-agent-bill 5 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

[Baca juga : Cara Kelola Keuangan Freelancer yang Penghasilan Bulanan Tidak Tetap]

 

Peluang bisnis sampingan berikutnya adalah agen freelance, seperti agen property,agen asuransi atau MLM. Pekerjaan berat karena harus mengalami penolakan. Ada keuntungan besar dari menjadi seorang agen freelance, Kita akan mendapat sebuah ilmu baru yang sangat berharga yaitu Sales atau Penjualan.
 

Online Trading

To match feature MARKET/CURRENCIES

[Baca juga : Apa Bedanya Investasi Saham dan Trading Saham?]

 

Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mudah-mudah gampang. Kebanyakan orang akan mulai dengan mulai menyuntik sejumlah dana dan melakukan online trading dengan membabi buta. Syarat sukses menjadi seorang online trader adalah dengan melakukan pendidikan, menambah pengalaman dan tentu saja management uang. Online trading berbeda dari investasi di saham, online trader akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.
 

 

Apakah Anda memiliki ide atau pengalaman seputar peluang bisnis sampingan? Silakan share ide atau pengalaman Anda dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Kami akan sangat senang sekali, jika Anda mau berbagi pengalaman Anda untuk kami dan tentunya para pembaca lainnya. 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuCara Mendanai Uang KuliahBaca
finansialkuKredit Mikro untuk UMKMBaca
finansialkuGagal Merencanakan berarti Merencanakan untuk GagalBaca
finansialkuHati-Hati dengan Strategi Buy MoreBaca
finansialku5 Alasan Kita Harus Belajar Keuangan PribadiBaca
By | 2016-12-15T17:09:07+00:00 November 12th, 2013|Categories: Bisnis|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download