Ide Bisnis Online untuk Calon Entrepreneur

Bisnis online menjadi hal yang menarik untuk dicoba, karena modal yang relatif murah, pendapatan yang kurang lebih mirip atau bahkan lebih dibanding toko-toko konvensional. Finansialku kali ini akan membahas ide-ide bisnis online dan kesalahan umum yang dilakukan oleh calon entrepreneur ketika menjalankan bisnis online.

bisnis online Different-Types-Of-Online-Businesses-You-Can-Start-From-Home1

 

 

5 Kesalahan dalam Bisnis Online

Berikut ini 5 kesalahan dalam bisnis online:

fc-newsmain-mistake bisnis online

[Baca juga : Menjadi Entrepreneur melalui Bisnis Online]

 

Terlalu Lama Meluncurkan Produk atau Layanan

Pada saat awal membuat website, kebanyakan orang akan membuat banyak alasan untuk menunda peluncuran atau launching produknya. Hal ini murni disebabkan karena kebanyakan orang takut kalau tidak ada yang mau membeli produk yang mereka tawarkan.

Terlalu lama meluncurkan produk atau layanan adalah kesalahan yang fatal dalam bisnis online. Ketika seseorang telah memiliki komitmen untuk menjadi entrepreneur, Kita wajib menghadapi risiko-risiko yang ada di depan, termasuk risiko terbesar yaitu tidak ada orang yang mau membayar produk yang Kita tawarkan di bisnis online.

Semakin cepat Kita meluncurkan produk atau layanan, semakin sering melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut. Hal ini adalah membuat Kita semakin dekat dengan kesuksesan, yaitu pendapatan yang berkelanjutan.

 

Memecahkan Permasalahan yang Tidak Penting

Dalam menjalankan sebuah bisnis ada istilahnya urgent (genting) dan important (penting). Nah kesalahan dalam mengidentifikasikan masalah atau disebut dengan istilah false positive alarm.

urgent dan important bisnis online

Kesalahan dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dapat menyebabkan kesalahan dalam mengambil tindakan perbaikan. Ketika menjalankan bisnis online pasti aka nada banyak permasalahan dan disisi lain Kita memiliki sumber daya (resources) yang terbatas. Oleh sebab itu perlu sebuah prioritas dan selesaikan permasalahan sesuai dengan prioritasnya.

 

Tutup Telinga dengan Kata-Kata Pembeli

Permasalahan yang ada dalam bisnis baik bisnis online maupun bisnis konvensional adalah kemampuan untuk mendengar apa yang dikatakan oleh pembeli.

Listen-Understand-Act bisnis online

[Baca juga : Solusi Kredit: Take Over Kredit]

 

Dalam berbisnis online. Banyak orang hanya mau mendengar testimonial yang bagus dan menghapus kritik-kritik. Terkadang entrepreneur pebisnis online juga memanfaatkan standar SOP untuk menjawab semua kritik. Hal ini adalah kesalahan yang umum dan harus dirubah. Dahulu ada ahli bisnis yang mengatakan:

  1. Aturan nomor satu adalah pembeli.
  2. Aturan nomor dua jika ada kesalahan maka lihat aturan nomor satu.

Pertanyaannya: Mengapa pembeli selalu benar? Dalam berbisnis, baik bisnis online atau bisnis konvensional pembeli selalu benar karena tanpa pembeli Kita tidak akan memiliki bisnis.

 

Tidak Memiliki Perbedaan dengan Kompetitor

Apa yang terjadi jika bisnis Kita tidak berbeda dengan kompetitor? Pembeli merasa pilihan yang terbatas dan tentu saja akan sangat membosankan.

thumb bisnis online

[Baca juga : Mengatur Keuangan Rumah Tangga: Mulai dari Tabungan]

 

Sebuah website atau bisnis online harus memiliki perbedaan atau dalam istilah bisnisnya harus memiliki POD – Point of Difference. Perbedaan dapat dibuat dari model bisnisnya, dari metode pembayaran, dari strategi pemasaran dan lainnya.

 

Menjadi Sempurna

Permasalahan ini adalah sering terjadi dalam bisnis online, ingin menjadi sempurna. Dalam berbisnis online akan banyak sekali perubahan dan perubahan itu terjadi dalam waktu yang singkat. Tidak ada kata sempurna dalam berbisnis online. Hal yang harus dilakukan adalah terus mengikuti perubahan bisnis online dan berada satu atau dua langkah didepannya.

 

5 Ide Bisnis Online untuk Calon Entrepreneur

Berikut ini 5  contoh bisnis online untuk calon entrepreneur

 

Jasa Pendukung Bisnis Online

DATAMAYA CONSULTING Jasa SEO Indonesia Melayani SEO Untuk Web dan Toko Online bisnis online

www.datamaya.com

Konsultan SEO – search engine optimization

Contoh jasa pendukung bisnis online: jasa penulis blog, jasa desain website, jasa pembuatan website, penjual hosting dan domain, jasa konsultan sosial media dan online marketing, konsultan SEO (search engine optimization), jasa jual follower atau like, jasa public relation online, penulis konten, pengembang aplikasi-aplikasi berbasis Android atau iOS, penulis eBook, penyedia jasa webinar, pembuatan direktori online dan sebagainya.

 

 

Jasa Penjual Makanan dan Minimuman Online 

Sosis Sapi Bockwurst Ball BULAF Delivery Online Makanan Siap Saji Kue dan Oleh oleh Khas Yogyakarta PesanSaja.com bisnis online

www.pesansaja.com

Toko online makanan

Contoh bisnis catering, toko daging, toko online makanan, toko kopi online.

 

 

Jasa Keuangan Online

KDB Daewoo Securities Indonesia 1 Online Stock Trading Indonesia bisnis online 

www.daewoo.jsxpro.com

Investasi saham atau pasar modal

Contoh money changer, pinjaman mikro, perusahaan pendanaan, investasi saham atau pasar modal.

 

Jasa Pelayanan atau Konsultasi 

Finansialku Membantu Mengatur Keuangan Keluarga Pribadi bisnis online

www.finansialku.com

Solusi Keuangan Keluarga dan Keuangan Pribadi

Jasa pembukuan dan akuntansi, jasa audit keuangan, jasa penyedia sumber daya manusia, konsultan pajak, jasa call center dan customer service, jasa pelatihan bisnis, konsultan bisnis, konsultan pemasaran, jasa hukum dan lainnya.

 

 

Jasa Perjalanan atau Travelling

TIKET2 INDONESIA. Temukan penerbangan murah di Indonesia dan pesan tiket pesawat online. bisnis online

www.Tiket2.com

Jasa Penjualan Tiket

Jasa travel dan penjemputan di bandara, stasiun kereta api atau pelabuhan, pemandu wisata, agen perjalanan, kantor tiket, klub-klub petualang, jasa akomodasi, peyewaan alat-alat petualangan, kemah dan lainnya.

 

 

Semoga ide bisnis online di atas dapat menambah pengetahuan dan inspirasi untuk memulai bisnis online. Silakan tinggalkan komentar Anda di kolom comment. Sharing Anda akan sangat bermanfaat bagi Penulis dan Pembaca lainnya.

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku

Harga 1 Buah Smartphone = 5 Buah Rumah

Baca
finansialku

Profesi Pengemis Jalanan yang Menggiurkan

Baca
finansialku

Perencanaan Keuangan: Paduan Ilmu Keuangan dan Seni

Baca
finansialku

Mengatur Keuangan Rumah Tangga: Mulai dari Tabungan

Baca
finansialku

Solusi Kredit: Take Over Kredit

Baca
By | 2016-12-16T09:03:50+00:00 November 4th, 2013|Categories: Bisnis|Tags: , , , |5 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

5 Comments

  1. toko online 4 November 2013 at 09:28 - Reply

    Benar juga! sampai saat ini saya masih terpaku di poin 5. padahal kenyataannya tidak ada sesuatu pun didunia ini yang sempurna. Nice info…

  2. Update Bisnis 30 November -0001 at 00:00 - Reply

    mas bisnis yang cocok bagi saya mahasiswaan gni pa y mas heheh?? mhon d bantu

    • finansialku
      finansialku 5 December 2013 at 17:03 - Reply

      Banyak mas, bisnis online yang dapat dijalankan oleh mahasiswa. Paling mudah jalankan aja bisnis online yang sesuai dengan passion mas.

  3. gista 11 April 2016 at 18:57 - Reply

    Kak, bagaimana cara menghilangkan rasa minder dan malu untuk memulai usaha yang hampir sama dengan usaha teman sendiri? Mohon jawabannya

    • Finansialku
      Finansialku 14 June 2016 at 09:51 - Reply

      Hi Gista, terima kasih sudah mengunjungi website Finansialku.com
      Rasa minder dan malu adalah efek karena seseorang kurang percaya diri.
      Kenapa seseorang bisa kurang percaya diri? Tentu saja banyak hal kan, misal tidak percaya diri dengan kemampuannya, pengetahuannya, permodalannya, koneksinya dan lain sebagainya.

      Dalam ilmu manajemen ada sebuah alat yang disebut analisis SWOT, Nah coba pelajari:
      apa Strengths (kekuatan atau kelebihan) Anda?
      apa Weaknesses (kelemahan) Anda?

      Setelah Anda tahu kelebihan dan kelemahan, usahakan untuk memperbaiki kelemahan, contoh dengan belajar lebih banyak, menambah teman dan koneksi. Jika memang tidak bisa, cari rekan kerja yang dapat mengimbangi weaknesses Anda.

      Semoga jawaban kami dapat membantu.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download