Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi bagian dari 1% orang di dunia yang bebas keuangan ? Berikut ini 2 hal utama menurut Manoj Arora.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

2 Hal yang Harus Dilakukan menurut Manoj Arora

Salah seorang penulis buku bernama Manoj Arora mengatakan hanya ada 1% dari penduduk dunia yang mencapai kebebasan keuangan. Kondisi dimana seseorang benar-benar bebas atau merdeka dari permasalahan keuangan. Jika kita ingin menjadi bagian dari 1% populasi tersebut, maka ada dua hal yang harus dilakukan, yaitu

 

English

To achieve what 1% of the worlds population has (Financial Freedom), you must be willing to do what only 1% dare to do, Hardwork and Perseverance of highest order.

Manoj Arora

 

Cara Menjadi Bagian dari 1% Orang di Dunia yang Bebas Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kapan Seseorang Dikatakan Bebas Keuangan?]

 

Bahasa Indonesia

Untuk mencapai yang dimiliki oleh 1 % populasi dunia (Kebebasan Finansial), Anda harus bersedia melakukan apa yang berani dilakukan oleh hanya 1% orang tersebut yaitu: Kerja keras dan Ketekunan.

Manoj Arora

 

Cara Mencapai Kebebasan Keuangan

Pada dasarnya kebebasan keuangan dapat diartikan sebuah kondisi dimana kita merasa bebas atau freedom dari urusan-urusan yang berhubungan dengan uang. Apakah bisa seseorang hidup tanpa gaji? Jawabannya bisa, karena seseorang sejatinya bisa memiliki beberapa sumber pemasukan: penghasilan investasi dan penghasilan pasif. Manoj Arora mengajarkan agar kita dalam bukunya untuk memaksimalkan hasil investasi.

 

Kebebasan Keuangan menurut Perencanaan Keuangan

Harus diakui kebebasan keuangan (financial freedom) adalah hal yang cukup sulit untuk kebanyakan orang. Seperti kata Manoj Arora, tidak semua orang bisa mencapai kebebasan keuangan. Hanya orang-orang yang mau tekun dan bekerja keras yang dapat mencapainya. Ada banyak step yang harus dilalui, seperti Mindset yang tepat, memiliki proteksi dan dana darurat, bebas dari kredit konsumtif, memperbaiki kondisi keuangan saat ini: berhemat dan menambah pemasukan. Terlebih pemasukan dari hasil investasi dan penghasilan pasif. Anda dapat mengecek penjelasan kami, mengenai cara mencapai kebebasan keuangan.

 

[Baca Juga: 10 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom]

 

Kebebasan keuangan memang bukan hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil. Dan kebebasan keuangan adalah hal yang pantas untuk diperjuangkan. Selamat mencoba.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai kebebasan keuangan? Apakah Anda juga mau mencapai kebebasan keuangan?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku