Kapan Saya Bisa Bebas Keuangan ( Financial Freedom )?

Kapan Saya bisa bebas keuangan (financial freedom) ? Apakah setiap orang bisa mencapai tahapan kebebasan keuangan (financial freedom) ?.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kapan Saya Bisa Bebas Keuangan?

Istilah bebas keuangan atau financial freedom adalah istilah yang menggambarkan kondisi seseorang yang tidak lagi bergantung pada pendapatan aktif. Jadi intinya seseorang bisa hidup dan menjaga gaya hidupnya (lifestyle) tanpa harus bekerja.

Kapan Saya Bisa Bebas Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

Sebelum kami membahas lebih dalam mengenai kondisi bebas keuangan, tidak ada salahnya kami menjelaskan kembali mengenai 3 jenis penghasilan. Seseorang pada dasarnya dapat memiliki 3 jenis penghasilan, yaitu:

  1. Penghasilan aktif (penghasilan kerja) : penghasilan yang didapat oleh seseorang karena menukarkan uang dengan waktu, tenaga, pikiran, ide, koneksi dan kerja keras.
  2. Penghasilan investasi : penghasilan yang didapat oleh seseorang karena investasinya bekerja, contoh deposito, hasil reksa dana, dividen saham, kupon obligasi dan lain sebagainya.
  3. Penghasilan pasif : penghasilan yang didapat oleh seseorang karena asetnya bekerja, contoh: rumah kos mendatangkan pendapatan bulanan, bisnis waralaba menghasilkan keuntungan, royalty atas tulisan, rekaman dan lain sebagainya.

 

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

Sederhanannya jika seseorang bisa hidup tanpa PENGHASILAN AKTIF, maka orang tersebut dalam kondisi BEBAS KEUANGAN (FINANCIAL FREEDOM).  Jika dirumuskan dalam bentuk matematika maka seseorang mencapai kondisi bebas keuangan jika:

Pendapatan Pasif + Hasil Investasi = Pengeluaran

 

Sepanjang berjalannya waktu, banyak ahli keuangan yang mulai mengoptimalkan rumus tersebut. Dalam kondisi-kondisi krisis ekonomi (dan resesi ekonomi), hasil investasi tidak semaksimal yang diharapkan. Oleh sebab itu beberapa ahli keuangan yang konservatif merumuskan, kondisi kebebasan keuangan adalah:

Pendapatan Pasif = 2 x Pengeluaran

 

Bagaimana Jika Saat Ini Saya Bekerja Sebagai Seorang Karyawan?

Kondisi bebas keuangan atau financial freedom tentu saja bukan kondisi yang mudah diraih. Tidak semua orang kaya berada dalam kondisi bebas keuangan. Oleh sebab itu jika Anda saat ini bekerja sebagai seorang karyawan, Anda perlu menciptakan kebebasan keuangan. Intinya adalah mengubah pendapatan aktif Anda menjadi pendapatan pasif. Caranya adalah:

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Versi 2.0 (Pendapatan) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Step 1 : Ubah Pendapatan Aktif menjadi Pendapatan Investasi

Untuk menjalankan step 1, Anda perlu memprioritaskan menabung dan berinvestasi. Jadi selalu prioritaskan minimal 50% penghasilan Anda untuk berinvestasi dan menabung. Ingat kami tidak menyarankan Anda untuk menyisihkan pendapatan untuk tabungan dan investasi. Selalu prioritaskan menabung dan berinvestasi.

[Baca Juga: Jangan Pernah Menyisihkan Penghasilan Untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

Step 2 : Ubah Pendapatan Aktif dan Pendapatan Investasi menjadi Pendapatan Pasif

Setelah itu Anda memiliki cukup pendapatan aktif dan pendapatan investasi, Anda dapat mulai membeli rumah atau bisnis waralaba. Usahakan pelajari dulu semua tentang Aset. Definisi Aset menurut Robert T. Kiyosaki adalah segala sesuatu yang dapat mendatangkan uang masuk ke rekening Anda.

[Baca Juga: Rumah Anda Belum Tentu Aset, Malah Bisa Jadi Liabilitas]

 

Perkembangan dari Rumusan Pendapatan Pasif

Berjalannya waktu, ternyata ada orang-orang yang memiliki penghasilan aktif (gaji, bonus dan tunjangan) besarnya bisa 3 kali (atau lebih) pengeluaran bulanan mereka. Lalu jika menggunakan rumus di atas, hasilnya kok dirasa kurang.

Contoh

Gaji + Bonus + Tunjangan = Rp 3.000.000.000 per tahun

Pengeluaran Tahunan = Rp 600.000.000 per tahun.

 

Kondisi di atas adalah Penghasilan jauh lebih besar daripada pengeluaran. Jika kita menggunakan definisi bebas keuangan di atas, maka

Pendapatan pasif = 2 x Pengeluaran

Orang-orang tersebut merasa cukup dengan penghasilan pasif Rp 1.200.000.000 per tahun.

 

Bagi orang-orang yang konservatif, kondisi tersebut bukanlah kondisi yang nyaman untuk mereka. Kemudian para ahli keuangan berpendapat, bahwa pendapatan pasif besarannya adalah

Pendapatan Pasif = 2 x Pendapatan Aktif

 

Jadi Rumusannya Apa?

Menurut Kami, berjalan menuju kondisi bebas keuangan atau financial freedom bukanlah hal yang mudah. Mulailah dengan tahapan yang paling mudah.

  • Step 1 : pengeluran Anda lebih kecil dari penghasilan Anda.
  • Step 2: mulailah berinvestasi dan membeli aset, agar investasi dan aset Anda segera bekerja. Paling tidak pendapatan pasif Anda besarnya 20% dari total penghasilan Anda.
  • Step 3: jika Anda sudah berhasil dengan kondisi kedua, mulailah mencapai: penghasilan pasif = 2 x penghasilan aktif Anda.

 

Apakah Anda sudah mulai memiliki pendapatan dari hasil investais dan pendapatan pasif? 

 

Sumber Gambar

  • Achievement – http://goo.gl/FUqq4S

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment