Apa saja waralaba industri kreatif yang dapat dibeli? Saat ini ada banyak jenis waralaba yang dapat Anda beli, salah satunya dari sektor industri kreatif. Berikut adalah beberapa waralaba industri kreatif yang dapat Anda beli.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Bisnis Waralaba

Ada dua cara untuk menjalankan bisnis. Anda dapat memilih membangun bisnis sendiri atau menggunakan sistem waralaba dari perusahaan yang sudah ada. Bisnis waralaba merupakan cara berusaha yang menarik jika Anda tidak ingin repot membangun bisnis sendiri. Hanya saja ada biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dari perusahaan pemiliknya.

Salah satu sektor yang memiliki banyak peluang bisnis waralaba adalah Industri Kreatif. Ada 15 subsektor yang terkait dalam Industri Kreatif, yaitu:

  1. Periklanan
  2. Arsitektur
  3. Pasar Barang Seni
  4. Kerajinan
  5. Desain
  6. Fashion/Mode
  7. Film, Video, dan Fotografi
  8. Permainan Interaktif
  9. Musik
  10. Seni Pertunjukan
  11. Penerbitan dan Percetakan
  12. Layanan Komputer dan Peranti Lunak
  13. Radio dan Televisi
  14. Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
  15. Kuliner

Beberapa subsektor tersebut telah berhasil dikembangkan dalam mode bisnis waralaba. Berikut adalah beberapa subsektor Industri Kreatif dengan peluang bisnis waralaba yang dapat memberi peluang keuntungan:

mau-memulai-bisnis-waralaba-timbang-untung-ruginya-dulu-finansialku

[Baca Juga: Mau Memulai Bisnis Waralaba? Timbang Untung Ruginya Dulu]

 

#1 Kuliner

Subsektor ekonomi kreatif kuliner adalah segala usaha yang berkaitan dengan produksi makanan dan minuman, jasa penyajian makanan dan minuman melalui restoran, rumah makan, warung, kedai, gerai, kafe, bar, hotel, dll. Subsektor ini dapat berkembang pesat karena didukung oleh pangsa pasar di Indonesia yang besar. Ada 240 juta jiwa penduduk Indonesia yang setiap hari pasti mengkonsumsi produk-produk kuliner.

Selain pangsa pasar yang besar Indonesia juga memiliki keragaman kuliner yang luas. Mulai dari rendang, nasi goreng, sate ayam, soto ayam, dodol garut, es kelapa muda, dan ribuan kuliner lainnya. Beberapa produk tersebut sudah mampu menembus pasar mancanegara. Karena itu peluang bisnisnya semakin besar.

lebih-menguntungkan-bisnis-waralaba-atau-bisnis-sendiri-1-finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut]

  

Beberapa perusahaan waralaba kuliner Indonesia telah berhasil menembus pasar internasional seperti California Fried Chicken (CFC), Kebab Turki Baba Rafi, Es Teler 77, Ayam Bakar Mas Mono, Pecel Lele Lela, Bumbu Desa, JCO Donuts & Coffee.

 

#2 Musik & Seni Pertunjukan

Subsektor musik dan seni pun dapat menggunakan format waralaba. Saat ini sudah banyak waralaba musik dan seni pertunjukan yang ditayangkan di televisi Indonesia. Misalnya saja Indonesian Idol, Indonesia’s Got Talent, Eat Bulaga, The Voice, X-Factor, Akademi Fantasi, Raising Star, Master Chef, Hell’s Kitchen, Iron Chef, dll.

Apakah Bisnis Waralaba Aman Ini Regulasi Bisnis Waralaba di Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

#3 Fashion

Industri fashion nasional telah berkembang sangat pesat dan telah diakui kualitasnya di pasar dunia. Ada beberapa perancang busana dan perhiasan dari Indonesia yang telah berhasil mengembangkan bisnis hingga ke mancanegara. Subsektor Industri Kreatif ini mencakup usaha yang berkaitan dengan pakaian, sepatu, tas, dll. Peminat sektor usaha ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu sektor yang sedang tumbuh pesat saat ini adalah busana muslim. Ada banyak sekali perusahaan fashion baik konvensional maupun busana muslim yang menawarkan bisnis waralaba.

 

#4 Seni Kerajinan

Sistem bisnis waralaba dapat dipraktekkan pada sektor seni kerajinan. Salah satu contoh usaha waralaba seni kerajinan yang telah berhasil adalah De Tanjung. Seorang anak muda bernama Dewi Tanjung mengembangkan usaha pembuatan kartu pernikahan, souvenir dan pernak-pernik pernikahan. Ia memulai usaha mandiri sejak tahun 2003 dengan modal awal hanya Rp50.000. Saat ini dirinya telah berhasil mengembangkan bisnisnya hingga memiliki omzet Rp 1 Miliar per tahun. Jika ingin memiliki waralaba De Tanjung Anda harus merogoh kocek sebesar Rp60.000.000 dan Rp90.000.000 untuk membeli lisensi waralaba.

pa-kita-perlu-menambah-investasi-kita-lho-karena-mau-beli-waralaba

 [Baca Juga: Pa Kita Perlu Menambah Investasi Kita Lho, Karena Mau Beli Waralaba]

 

#5 Percetakan

Pelaku ekonomi kreatif di bidang percetakan juga bisa mengembangkan usaha waralaba. Besarnya kebutuhan percetakan untuk segala perusahaan dan kebutuhan pribadi membuat sektor ini juga terus berkembang. Misalnya saja Saptuari Sugiharto, pemilik waralaba Kedai Digital yang berasal dari Yogyakarta. Usaha waralaba ini sudah berhasil memiliki 60 gerai yang tersebar di 36 kota di Indonesia.

 

#6 Fotografi

Fotografi merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif. Sistem bisnis waralaba juga dapat diterapkan pada sektor ini. Walaupun terlihat seperti hobi yang remeh, fotografi ternyata dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan. Bagi anak-anak muda yang kreatif dan inovatif, fotografi dapat dikembangkan menjadi usaha waralaba. Salah satu usaha waralaba fotografi yang telah berhasil dilakukan adalah Malibu 62 Studio. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1994 di Jakarta dan telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi seperti rekor MURI, Franchise Top of Mind, Top Brand, UKM Terbaik di Indonesia, dll. Selain Malibu, ada juga beberapa waralaba jasa fotografi lain seperti M Photo Kios dan Bornis Studio.

mau-nambah-penghasilan-bulanan-pertimbangkan-8-bisnis-waralaba-ini-finansialku

[Baca Juga: Mau Nambah Penghasilan Bulanan, Pertimbangkan 6 Bisnis Waralaba Ini]

 

#7 Permainan Interaktif

Sektor permainan interaktif mencakup permainan melalui jaringan internet atau biasa disebut ‘game online’. Anak muda masa sekarang pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Permainan ini biasanya memiliki efek ‘candu’ bagi anak muda. Karena peminatnya yang banyak dan efek ‘candu’ yang dibuat maka sektor ini dapat terus berkembang di Indonesia. Beberapa waralaba permainan interaktif yang telah berkembang di Indonesia adalah Warnet Gue dan Wiz Game Center & Internet Cafe.

 

#8 Penelitian & Pengembangan

Sektor Penelitian dan Pengembangan atau yang biasa disebut Litbang pun dapat dikembangkan menjadi usaha waralaba. Seringkali litbang hanya diasosiasikan dengan penelitian dan kegiatan-kegiatan ilmiah. Hal ini memang tidak salah, tetapi hasil dari penelitian tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis. Salah satu waralaba litbang yang sudah berjalan saat ini adalah waralaba bibit kelapa sawit yang dimiliki oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Medan, Sumatera Utara.

8 Keunggulan dan Manfaat Waralaba untuk Franchisor dan Franchisee - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisnis Waralaba Aman? Ini Regulasi Bisnis Waralaba di Indonesia]

 

Waralaba tersebut menawarkan tiga model kerja sama yaitu waralaba varietas, waralaba benih dan waralaba bibit. Untuk waralaba varietas, pemilik usaha mereproduksi pohon induk hasil pemuliaan, kemudian hasilnya digunakan oleh penerima waralaba untuk memproduksi kelapa sawit. Sementara untuk waralaba benih perusahaan menyerahkan benih hasil persilangan untuk dikecambahkan di Seed Processing Unit milik penerima waralaba. Untuk waralaba bibit perusahaan menyerahkan kecambah untuk dibibitkan oleh penerima waralaba.

 

Waralaba Industri Kreatif Sangat Beragam

Saat ini bisnis waralaba sudah dapat diterapkan di berbagai macam sektor. Salah satu sektor yang menarik adalah Industri Kreatif. Jika Anda ingin membeli bisnis waralaba, cobalah mempertimbangkan beberapa subsektor di atas. Jika telah memiliki usaha yang terkait, cobalah mulai mengembangkan sistem waralaba dalam bisnis Anda. Siapa tahu Anda dapat bergabung dengan perusahaan waralaba lainnya yang sudah terlebih dahulu sukses.

 

Menurut Anda, jenis waralaba industri kreatif seperti apa yang terbaik? Berikan opini Anda pada kolom di bawah ini. Silakan bagikan ke pasangan Anda, 1 orang keluarga Anda atau 1 orang teman terdekat Anda bahwa ada waralaba industri kreatif yang dapat dibeli. Indahnya berbagi.

 

Sumber:

  • Serfiyani, C. Y., Purnomo, R. S. D., Hariyani, I. 2015. Franchise Top Secret : Ramuan Sukses Bisnis Waralaba Sepanjang Masa. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

 

Sumber Gambar:

  • Pebisnis Asia – https://goo.gl/rsDs3I

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang