Apakah Anda pernah menimbang untung ruginya memulai bisnis waralaba? Ternyata memulai bisnis waralaba itu tidak seindah yang dibayangkan. Tantangan tersebut jangan sampai mengecilkan hati, melainkan sebagai cara untuk membuat Anda lebih termotivasi dan kreatif.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Memulai Bisnis Waralaba? Baca Dulu Plus Minusnya

Kata franchise berasal dari bahasa Perancis kuno yang berarti bebas. Di Indonesia,  franchise lebih dikenal dengan bisnis waralaba, yaitu kegiatan pemberian lisensi dari pemegang usaha (franchisor) kepada pembeli merek usaha (franchisee). Pembelian lisensi ini selanjutnya akan memberi hak pembeli untuk berusaha dibawah nama dagang franchisor berdasarkan kontrak dan pembayaran royalti.

mau-memulai-bisnis-waralaba-timbang-untung-ruginya-dulu-finansialku

[Baca Juga : Ternyata Waralaba Bisa Menjadi Wahana Bisnis yang Menguntungkan]

 

Waralaba merupakan hubungan kemitraan antara pengusaha yang telah sukses dalam merk dagang, dengan pengusaha  yang relatif baru dengan tujuan saling menguntungkan khususnya dalam bidang usaha penyediaan produk dan jasa langsung kepada konsumen. Menurut badan waralaba Inggris the companywarehouse.co.uk, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba. Mari kita bahas satu persatu.

 

Ingin Memulai Bisnis Waralaba, Ini Dia Kelebihan Bisnis Waralaba

Banyak sekali keuntungan memulai bisnis waralaba, dibandingkan memulai usaha sendiri. Banyak sekali kemudahan yang akan kita dapat sebagai pembeli waralaba, seperti:

 

#1 Manajemen Bisnis Telah Terbangun

Salah satu keuntungan memulai bisnis waralaba adalah, Anda tidak perlu pusing dengan prosedur bisnis, mulai dari menangani pembeli, menjual produk atau layanan hingga proses bisnis lainnya. Ketika Anda membeli waralaba, Anda sebenarnya membeli sebuah sistem bisnis yang sudah rapi dan memiliki SOP yang jelas.

Ternyata, Waralaba Dapat Menjadi Wahana Ekspansi Bisnis yang Menguntungkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Ternyata Waralaba Bisa Jadi Wahana Ekspansi Bisnis yang Menguntungkan]

 

#2 Merk Dagang Sudah Terkenal

Dari segi pemasaran, bisnis waralaba cenderung lebih sederhana. Dengan merk dagang yang sudah memiliki nama dan konsumen secara konstan, biaya dan tenaga untuk membangun reputasi bisnis tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru. Merk dagang yang terkenal juga membantu meningkatkan jumlah konsumen yang sudah mempercayai suatu produk atau layanan jasa yang diwaralabakan.

 

#3 Kemudahan Manajemen Finansial

Ketika Anda membeli waralaba, Anda akan disodori prospektus yang berisi mengenai gambaran bisnis waralaba. Salah satu informasi di dalamnya adalah informasi mengenai manajemen finansial, seperti berapa modal yang dibutuhkan, berapa fee yang harus dibayarkan, potensi pemasukan, pengeluaran bulanan dan keuntungan bulanan. Dari situ Anda dapat menghitung dan menyiapkan modal yang dibutuhkan serta dana untuk membesarkan bisnis waralaba Anda. Terkait dengan hal keuangan, Anda juga dapat mengajukan kredit investasi pada bisnis waralaba.

Kenali Kredit Waralaba Sebelum Memulai Bisnis Waralaba  - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Kenali Kredit Waralaba Sebelum Memulai Bisnis Waralaba]

 

#4 Kerjasama Bisnis

Karena terikat pada SOP, franchisee harus mengikuti standar termasuk dalam hal penyediaan bahan baku, tenaga dan sebagainya. Bisnis waralaba yang dijalankan pasti telah menjalin kerjasama bisnis dengan perusahaan lain untuk mempertahankan kualitas produk maupun layanan jasanya. Oleh karena itu, keuntungan kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh franchisor dapat dimanfaatkan oleh franchisee.

 

#5 Dukungan dan Keamanan

Beberapa  Franchisor pada umumnya akan memberikan pelatihan kepada franchisee. Berbagai pelatihan yang dapat diberikan antara lain  seperti manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain lain. Hal – hal seperti ini biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian waralaba.

 Awas! 8 Ciri Perusahaan Waralaba yang Bakal Merugikan Anda - Finansialku

[Baca Juga : Awas! 8 Ciri Perusahaan Waralaba yang Bakal Merugikan Anda]

 

Kekurangan dalam Bisnis Waralaba yang Perlu Dipertimbangkan

Selain memiliki beberapa kelebihan, bisnis waralaba juga memiliki beberapa kekurangan. Jika tidak berhati-hati, franchisee dapat mengalami kerugian hingga harus gulung tikar. Kekurangan bisnis waralaba adalah sebagai berikut

 

#1 Modal Investasi Tinggi dan Royalti

Salah satu kendala dalam memulai bisnis waralaba adalah modal investasi yang tinggi. Setidaknya Anda membutuhkan modal mencapai Rp 10 juta bahkan lebih untuk mulai menjalankan bisnis waralaba. Beberapa bisnis waralaba dengan merk terkenal, ditawarkan dengan modal investasi yang sangat tinggi. Modal investasi untuk sebuah rumah makan cepat saji (fast food) ternama bisa mencapai ratusan juta Rupiah.

 

#2 Biaya Bahan Baku

Selain modal awal, franchisor juga harus sanggup membeli bahan baku sesuai dengan SOP. Bahan baku yang dibeli harus sesuai dengan ketentuan agar agar produk yang dihasilkan benar-benar sama seperti aslinya. Dengan kualitas produk yang terjaga, harga bahan baku tidak  murah apalagi jika franchisee wajib membeli bahan baku lagi dari pihak franchisor. Oleh sebab itu, keuntungan yang diperoleh franchisee akan semakin kecil ditambah adanya potongan dengan berbagai komisi lainnya. Supaya Anda tidak menyesal dikemudian hari, baca kembali prospektusnya, baca aturan main mengenai biaya bahan baku dan biaya lainnya.

mau-beli-waralab-kenali-perjanjian-waralaba-dan-prospektus-waralaba-finansialku

[Baca Juga : Mau Beli Waralaba? Kenali Perjanjian Waralaba dan Prospektus Waralaba]

 

#3 Kurang Kendali

Karena semua sistem telah ditentukan oleh franchisor, salah satu kekurangan dari bisnis waralaba adalah kurangnya kendali dari franchisee terhadap bisnisnya sendiri. Hal ini memberikan efek negatif berupa pembatasan ruang gerak franchisee yang menjadi sangat terbatas. Anda hanya dapat mengajukan ide kepada manajemen atau pemilik waralaba. Tentunya keputusan akan kembali kepada pemilik waralaba.

 

#4 Keterikatan yang Tinggi dengan Supplier

Sesuai prinsip ekonomi, setiap pengusaha menginginkan modal yang kecil dengan tetap mendapatkan keuntungan yang tinggi. Salah satu caranya adalah mencari supplier yang murah. Namun, hal ini akan sulit dilakukan franchisee karena  pihak pemasok barang pun telah ditentukan dalam SOP untuk menjaga hubungan kerja sama yang baik antara merk dagang dan supplier, serta mempertahankan kualitas tiap outlet sesuai SOP. Akibatnya,  franchisee tidak dapat memilih lagi supplier yang lebih murah.

kenapa-cabang-waralaba-perlu-dibatasi-jumlahnya-finansialku

[Baca Juga : Kenapa Cabang Waralaba Perlu Dibatasi?]

 

#5 Ketergantungan Usaha Terhadap Reputasi Waralaba Lain

Reputasi merk dagang merupakan hal kompleks yang sangat abstrak dan mempunyai pengaruh kuat dalam perjalanan bisnis suatu waralaba. Jika waralaba yang lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi, seluruh outlet akan terkena imbasnya.

 

Memulai Bisnis Waralaba Perlu Pertimbangan Bisnis

  • Jangan beli atau memulai bisnis waralaba hanya karena murah
  • Jangan beli atau memulai bisnis waralaba hanya karena Anda suka produknya
  • Belilah sebuah bisnis waralaba karena bisnis yang menguntungkan, memiliki SOP dan prosedur yang jelas.

Memulai bisnis sendiri atau memulai bisnis waralaba sama-sama memiliki untung ruginya. Ketika akan memulai bisnis waralaba, kita perlu bijak mencari perusahaan yang menguntungkan dan dikelola dengan professional. Untuk mencari perusahaan waralaba yang benar, kita memerlukan pengetahuan dan pengalaman.

 

Menurut Anda, apa permasalahan utama atau hal yang menjadi pertimbangan utama saat Anda mau memulai bisnis waralaba?

 

Sumber Referensi:

  • Denny Bagus. September 2009. Definisi Franchise (Waralaba). Jurnal-sdm.blogspot.co.id – https://goo.gl/q3TVMB
  • 20 Juni 2016. Tantangan dalam Menjalankan Bisnis Franchise. Koinworks.com – https://goo.gl/6q9Ron
  • Franchise Expo. Tanpa nama dan tanggal posting. Keuntungan Dan Kekurangan Bisnis Waralaba. https://goo.gl/IYraEo

 

Sumber gambar:

  • Alex Robert. Vancouver, Canada. Unsplash.com – https://goo.gl/RxcgU5

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]