Apa saja bisnis rumahan yang cocok untuk pensiunan? Memulai bisnis di saat usia pensiun, bukanlah hal yang mustahil. Banyak pebisnis yang memulai usahannya saat mereka memasuki masa pensiun. Berikut ini  6 bisnis rumahan yang cocok untuk pensiunan.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Tahapan Saat Memasuki Masa Pensiun

Masa pensiun seharusnya bukan akhir dari segalanya. Setiap orang memang memiliki beberapa fase pensiun yang harus dilewati, mulai dari fase HoneymoonDisenchantmentReorientation dan fase selanjutnya. Nah jangan sampai Anda terlalu senang di fase honeymoon atau terlalu sedih di fase disenchantment. Segeralah masuk ke fase reorientation dengan cara menjalani rutinitas baru, termasuk menjalankan usaha rumahan. Usaha rumahan ini selain dapat menambah teman-teman baru, menambah pengalaman juga dapat mendatangkan pemasukan

[Baca Juga: 3 Fase Penyesuaian Diri Saat Seseorang Memasuki Masa Pensiun]

 

Berikut ini ada 6 peluang bisnis rumahan yang dapat dijalankan oleh para pensiunan:

#1 Bisnis Rumah Kos atau Kontrakan

Tempat tinggal (rumah, rumah kos, ruko, rukan) adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Jika Anda memiliki cukup dana (bisa dana sendiri, patungan sama teman-teman pensiunan plus tambahan pinjaman bank), Anda dapat mempertimbangkan bisnis rumah kos. Bisnis ini hariannya tidak terlalu rumit, seperti bisnis lainnya plus Anda berpeluang mendapat penghasilan yang berulang (recurring atau repeat order). Contoh setiap bulannya Anda menerima uang kos atau setiap tahunnya mendapat uang sewa. Bisnis rumah kos ini termasuk dalam penghasilan pasif. 

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

#2Menjadi Pengajar, Dosen atau Guru Les

Para pensiunan umumnya memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam bidang pekerjaannya. Contoh jika Anda sebelumnya bekerja di bidang pemasaran, Anda dapat mengajar ilmu pemasaran berdasarkan teori dan pengalaman Anda. Mengajar bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit untuk dijalankan, asalkan Anda menguasi materinya. Anda dapat mengajar sebagai dosen, guru les atau menjalankan kurus online. Jika Anda ingin tahu cara membuat kursus online, mulailah dengan belajar membuat kursus online (menyiapkan materi, presentasi, video dan lain sebagainya). 

[Baca juga: Membuat Kursus Online, adalah Model Bisnis yang Menjanjikan]

 

#3 Penyewaan Kendaraan : Mobil / Motor

Menyewakan kendaraan seperti mobil atau motor adalah salah satu cara untuk mendatangkan pendapatan pasif. Terlebih jika Anda menyewakan kendaraan di daerah-daerah tempat wisata, misal Bali. Jika Anda perhatikan di Bali ada banyak sekali wisatawan (baik wisatawan domestik maupun manca negara) yang membutuhkan kendaraan untuk berkeliling kota Bali. 

 

 #4 Bisnis Sesuai Hobi atau Minat

Ada banyak ahli yang mengatakan jalankan bisnis yang sesuai dengan hobi atau minat (passion) Anda. Salah satu alasannya adalah selain mendapatkan penghasilan bisnis, Anda juga dapat menyalurkan hobi. Tapi ingat pastikan hobi atau minat Anda memiliki pasar, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup. 

Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Menjalankan Hobi atau Minat untuk Berbisnis]

 

#5 Bisnis Kuliner atau Makanan

Salah satu bisnis yang tidak ada matinya atau everlasting adalah bisnis makanan. Mulai dari makanan sehari-hari (daily foods), cafee, tempat makan tematik sampai dengan restaurant. Anda dapat memulai bisnis makanan Anda sendiri atau membeli franchise. Masing-masing memiliki plus minusnya sendiri. Jika Anda memiliki modal cukup besar dan tidak mau repot, franchise adalah pilihan yang tepat. 

6 Bisnis Rumahan untuk Pensiunan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Ini Sebelum Membeli Waralaba Makanan]

 

#6 Buka Toko

Terakhir adalah buka toko, baik toko offline maupun toko online. Sama seperti bisnis makanan, buka tokopun dapat membuat toko sendiri atau membeli waralaba. Biasanya jenis toko yang dijalankan para pensiunan adalah toko kelontong atau toko sembako. Jika Anda memiliki modal cukup besar, Anda dapat mempertimbangkan waralaba mini market.

 

Menurut Anda bisnis rumahan apalagi yang dapat dijalankan oleh para pensiunan? Tuliskan pendapat Anda atau ide Anda di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber gambar:

  • Coffee shop – http://goo.gl/vr4I5w

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang