Bagaimana Cara Membuat Ringkasan Eksekutif (executive summary) di Rencana Bisnis (Business Plan)? Finansialku akan membahasnya dalam artikel kali ini:

 

Ringkasan Eksekutif dalam Merencanakan Bisnis

Ringkasan eksekutif dalam sebuah rencana bisnis boleh dibilang pintu pembuka atau ringkasan dari isi rencana bisnis. Sobat Finansialku masih ingat istilah “Kesan Pertama sungguh menggoda”? Ringkasan eksekutif adalah kesan pertama para pembaca ketika melihat isi rencana bisnis Anda.

Bagaimana Cara Membuat Ringkasan Eksekutif - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Dua hal yang harus diingat dalam menyusun ringkasan eksekutif, yaitu:

  • Ringkasan Eksekutif adalah ringkasan dari pesan Anda, jadi harus ditulis dengan singkat, padat, jelas dan menjual. Idealnya bagian ini berisi siapa Anda, apa bisnis Anda, apa produk Anda, apa apa masalah yang Anda pecahkan, bagaimana solusi yang Anda tawarkan? Berapa modal yang Anda butuhkan? Berapa modal yang Anda butuhkan? Kapan pengembalian modal? Dan lain sebagainya. Business plan ada cara menjual ide dengan hard sell, jadi usahakan agar para pembaca Anda mau menginvestasikan waktu dan uangnya pada ide bisnis Anda.
  • Tulis di Akhir. Banyak orang bingung saat menulis ringkasan eksekutif, karena mereka menulis di awal. Harusnya tulis semua bagian dalam rencana bisnis Anda, baru terakhir tulis ringkasan eksekutif. Ingat namanya ringkasan itu hanya singkat 1 – 2 halaman.

 

 

Apa Saja Isi Ringkasan Eksekutif?

Isinya tergantung tujuan dalam pembuatan rencana bisnis, berikut ini bagian yang harus ada, jika Anda membuat rencana bisnis untuk diserahkan kepada investor.

 

Permasalahan

Bagian yang terpenting adalah identifikasi permasalahan yang harus diselesaikan. Jika produk atau jasa Anda tidak dapat menyelesaikan masalah, maka ide bisnis Anda tidak terlalu menarik.

  • Masalah yang dihadapi adalah …

 

Solusi

Setelah Anda dapat mengidentifikasi masalah, Anda harus dapat menjelaskan cara bisnis Anda memberikan solusi. Penjelasan permasalahan harus disusun dengan baik, agar Anda dapat fokus pada solusi. Coba deskripsikan produk atau jasa Anda dan solusi yang ditawarkan dari ide bisnis Anda.

  • Bagaimana bisnis Anda menyelesaikan masalah di atas?

  

 

Tim

Orang adalah bagian yang penting dalam sebuah bisnis. Ide luar biasa bagus jika tidak didukung tim yang mumpuni, sangat sulit untuk berkembang. Pastikan Anda memiliki tim yang solid untuk menumbuhkan bisnis Anda.

  • Siapa tim Anda?
  • Apakah mereka memiliki kompetensi dan pengalaman?

 

Target Pasar

Terdapat dua pendekatan dalam berbisnis, yaitu didorong oleh pasar (market driven) atau mendorong pasar (market driver). Contoh bisnis tiket pesawat online adalah bisnis yang didorong oleh pasar. Bisnis aplikasi perencanaan keuangan adalah bisnis yang mendorong pasar. Anda akan tahu lebih jelas jika Anda melakukan riset pasar. Tips dari Finansialku, lakukan riset pasar dengan cara tradisioinal dan melalui internet.

  • Siapa yang Akan membeli Produk Anda?

 

Kompetitor / Pesaing

Pesaing atau kompetitor sering kali muncul dalam suatu bisnis. Beberapa bisnis bisa jadi belum ada competitor di awalnya (disebut pionir), contoh ketika Apple pertama kali meluncurkan produk Ipad di pasar. Satu hal yang harus dipahami, jika bisnis Anda tidak ada competitor, lakukan cek kembali, siapa tahu Anda belum melakukan riset lebih dalam atau jangan-jangan bisnis Anda tidak terlalu menarik?

  • Siapa kompetitor Anda?
  • Apa keunggulan dan kelemahan dari bisnis Anda dibanding kompetitor?

 

 

Ringkasan Keuangan

Salah satu bagian yang menarik bagi investor adalah keuangan. Pastikan Anda memiliki rencana keuangan yang jelas, berapa target penjualan, berapa target keuntungan, kapan balik modal, berapa besar ROI, berapa kerugian maksimal saya dan lain sebagainya.

 

Pencapaian (Milestones)

Investor tidak hanya membeli ide, tetapi membeli apa yang sudah Anda lakukan. Pastikan Anda memiliki contoh produk (proptotype) atau jika bisnis Anda online, pastikan Anda memiliki jumlah fans tertentu di social media, memiliki jumlah subscriber, jumlah pengunjung website dan lain sebagainya. Dalam dunia digital, pencapaian ini disebut dengan istilah TRACTION.

Untuk mempermudah membuat rencana bisnis, Anda dapat membuta business model canvass (kanvas model bisnis).

9 Tahap Membuat Model Bisnis Panduan - Perencana Keuangan Finansialku - Netizen Consultant

 

 

Kesimpulan

Bagian yang harus ada dalam sebuah rencana eksekutif adalah:

  1. Permasalahan
  2. Solusi
  3. Tim
  4. Target Pasar
  5. Kompetitor / Pesaing
  6. Ringkasan Keuangan
  7. Pencapaian

 

Apakah Anda pernah membuat rencana bisnis? Bagian apa yang paling sulit untuk dibuat, tuliskan komentar Anda di bawah ini. Terima kasih 

 

Sumber:

  • Pitch Shadow – http://goo.gl/RXOphP
  • How to Write an Executive Summary – http://goo.gl/7z4heH

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku