Ringkasan Eksekutif bisa menjadi langkah pertama untuk memperoleh kepercayaan calon investor atau partner kerja. Bagaimana cara membuatnya?

Finanasialku akan memaparkan cara membuatnya dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Membuka Pintu Kerja Sama dengan Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif merupakan ringkasan berkas prastudi kelayakan yang berfungsi sebagai highlight dalam business plan yang dapat menentukan pengambilan keputusan dalam melakukan mitra.

Fungsinya agar pembaca tertarik dengan rencana bisnis yang kamu buat. Hal ini sejalan dengan kesan pertama yang menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil calon mitra.

5 Alasan Mengapa Anda Perlu Membuat Bisnis Plan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis]

 

Dalam merancang ringkasan eksekutif, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Ringkasan eksekutif memuat ringkasan gagasan dan pesan kamu. Artinya, ringkasan eksekutif ditulis dengan singkat, padat, jelas, serta memiliki nilai jual. Bagian ini berisi identitas kamu, jenis bisnis yang akan kamu buat, jenis produkmu nanti, masalah yang tengah dihadapi berikut problem solving-nya, rincian modal yang diperlukan, tenggat waktu pengembalian modal, dan sebagainya. Cara ini ditujukan agar pembaca mau berinvestasi waktu dan modal untuk kamu.
  • Menuliskannya di akhir. Beberapa orang kebingungan saat menulis ringkasan eksekutif, karena mereka membuatnya di awal. Seharusnya, tulis semua bagian dalam business plan kamu, kemudian buat ringkasan eksekutif di akhir. Perhatikan, ringkasan eksekutif hanya berkisar 1 atau 2 halaman.

 

Apa Saja Isi Ringkasan Eksekutif?

Biasanya, isi ringkasan eksekutif disesuaikan dengan tujuan business plan. Tetapi, ada bagian yang harus ada jika kamu membuat rencana bisnis untuk ditujukan kepada investor.

 

#1 Permasalahan

Kamu harus menuliskan dengan lugas apa saja masalah yang dihadapi. Sebaiknya, ide bisnismu mampu memecah masalah yang ada saat ini. Jika tidak, maka ide bisnismu tidak terlalu menarik.

Contoh:

Paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara terus-menerus dapat menyebabkan masalah pada kulit. Memburuknya lapisan atmosfer serta daya dukung lingkungan yang menurun makin membuat banyak penyakit kulit bermunculan.

Hal itu diperparah dengan gaya hidup masyarakat modern yang enggan bergerak hingga timbul masalah di kemudian hari.

 

#2 Solusi

Setelah pemaparan masalah sudah diidentifikasi dengan baik, selanjutnya kamu menjelaskan bagaimana bisnismu kelak memberikan solusi. Penjelasan disusun dengan baik agar kamu fokus pada solusi.

Contoh:

PT Kulit Berseri sebagai anak perusahaan PT Sehat Sehati menjawab masalah itu dengan menggabungkan materi dari alam dikombinasikan dengan sains modern dalam produk lotion anti sinar UV.

Dengan kandungan bengkuang, sari rumput laut, air mawar, serta SPF 75, produk ini mampu mencegah kulit dari radikal bebas dan sinar UV. Bahan-bahan yang diambil langsung dari petani Indonesia menjadi jaminan mutu perusahaan dalam meracik produk berkualitas.

 

#3 Tim

Tim adalah salah satu bagian penting dalam bisnis. Tim yang solid dan mumpuni akan melahirkan produk khas. Pastikan kamu memiliki tim yang solid.

Contoh:

Produk kami dikreasikan bersama dokter kecantikan dan ahli kulit dunia….

 

#4 Segmentasi Pasar

Saat ini, ada dua model utama dalam berbisnis, yaitu bisnis yang didorong pasar (market driven) dan mendorong pasar (market driver). Bisnis reservasi tiket online merupakan contoh bisnis yang didorong pasar.

Sementara bisnis aplikasi perencanaan keuangan merupakan contoh bisnis yang mendorong pasar. Agar kamu lebih paham selera pasarmu, sebaiknya kamu melakukan survei. Survei itu bisa kamu lakukan dengan cara manual atau atau internet, lho.

 

#4 Pesaing

Dalam bisnis, biasanya akan muncul kompetitor. Tapi, ada juga beberapa bisnis yang belum memiliki kompetitor di awal berdirinya (pionir), misalnya ketika Apple inc meluncurkan produk iPad beberapa tahun silam.

Tapi, jangan terlalu yakin bahwa kamu betul-betul tidak punya kompetitor. Siapa tahu kamu kurang riset atau malah bisnismu tidak menarik. Dalam ringkasan eksekutif, kamu harus secara jelas memaparkan

  • Siapa kompetitor kamu?
  • Apa keungggulan dan kelemahan produkmu dibanding kompetitor?

 

#5 Ringkasan Keuangan

Tentu saja bagian paling menarik bagi investor adalah keuangan. Pastikan kamu mempunyai rencana keuangan yang jelas, target penjualan yang jelas, target laba, dan tenggat balik modal, besaran ROI, kerugian maksimal, dan sebagainya.

 

#6 Pencapaian (Traction)

Kamu harus ingat satu hal, investor bukan hanya membeli ide kamu, melainkan apa yang sudah kamu kerjakan. Sebaiknya kamu memiliki purwarupa dari bisnismu. Atau, jika kamu memiliki produk online, sebaiknya kamu punya fanbase, subscribers, atau jumlah pengunjung website resmi.

9 Tahap Membuat Model Bisnis Panduan - Perencana Keuangan Finansialku - Netizen Consultant

Baca Selengkapnya

 

Berhasil Menarik Investor dengan Ringkasan Eksekutif yang Baik

Ringkasan eksekutif bisa disebut sebagai pintu untuk memperluas kesempatan kerja sama. Dengan penulisan yang tepat, pembaca akan paham bagaimana rencana brilianmu.

Bagian yang harus ada dalam rencana eksekutif antara lain:

  1. Permasalahan
  2. Solusi
  3. Tim
  4. Segmentasi pasar
  5. Kompetitor
  6. Ringkasan keuangan
  7. Pencapaian (traction)

 

Apakah Anda pernah membuat rencana bisnis? Bagian apa yang paling sulit untuk dibuat? Tuliskan komentar Anda di bawah ini.

Jangan lupa untuk selalu berbagi informasi pada rekan-rekanmu. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pitch Shadow – http://goo.gl/RXOphP
  • How to Write an Executive Summary – http://goo.gl/7z4heH