Bagaimana cara memaksimalkan potensi diri saat usia muda? Jangan biarkan potensi diri yang Anda miliki hanya terpendam dan tidak tersalurkan.  

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

5 Tips Cara Memaksimalkan Potensi Diri saat Usia Muda

Masa-masa yang paling indah dalam kehidupan manusia adalah masa remaja dan muda. Disaat ini, banyak dari kita yang memulai berusaha menemukan jati diri, memaksimalkan potensi diri yang dimiliki. Mulai menentukan jalan hidup dan lain sebagainya. Sungguh sangat disayangkan jika ada anak muda yang menyia-nyiakan masa mudanya. Oleh sebab itu ada baiknya Anda memaksimalkan potensi diri terlebih di saat usia muda.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Potensi Diri Saat Usia Muda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 90+ Mindset yang Menyebabkan Anda Sulit Menjadi Kaya]

 

Berikut ini 5 hal yang dapat Anda lakukan, untuk dapat memaksimalkan potensi diri pada saat usia muda:

 

Langkah 1: Sadari, Temukan dan Gali Kompetensi Diri

Langkah pertama dan yang paling dasar adalah meniyadari dan menemukan apa kompetensi diri yang Anda miliki? Tentu saja Anda dapat memulai dari hobi, minat (passion) atau keahlian yang Anda miliki. Setelah itu tingkatkan kapasitas diri Anda, dengan belajar dan bekerja keras. Anda perlu meningkatkan pengetahuan, perilaku (attitude) dan juga keahlian soft skill serta hard skill. Anda dapat mengembangkan bisnis apapun yang Anda miliki, denganmeningkatkan kemampuan dan kompetensi diri.

Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jadikan Tujuan Hidup dan IKIGAI Anda sebagai Sumber Pemasukan]

 

Langkah 2: Kerja, Kerja dan Kerja!

Apa yang Anda lakukan setelah Anda memiliki niat dan impian, menentukan tujuan, strategi, kemampuan dan potensi diri? Ya betul, sudah saatnya Anda bekerja. Jangan NATO (Not Action Talk Only). Perubahan besar selalu dimulai dari sebuah gerakan, oleh sebab itu, Anda harus berani bergerak. Beranikan diri Anda untuk mengambil sikap, belajar dari pengalaman, jangan takut salah dan jadilah pemenang. 

[Baca juga: 10 Tanda Kamu Harus Resign dan Memulai Bisnis Sendiri!]

 

Langkah 3: Berorientasi Pada Proses

Ada perdebatan seru dikalangan pebisnis yaitu apakah sebaiknya seseorang berorientasi pada proses atau oreientasi pada hasil? Sebagai anak muda, disarankan agar Anda berorientasi pada proses. Lakukan proses yang benar, cara kerja yang benar dan hasil yang baik akan mengikuti Anda.

[Baca Juga: 90+ Mindset yang Membuat Anda Susah Menjadi Pebisnis] 

 

Misal, Anda ingin menjadi orang kaya, maka Anda perlu bekerja dengan cara benar, belajar dari pengalaman dan kesalahan. Dari situ diharapkan hasil yang lebih baik. Apakah ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menjadi kaya dengan cara cepat? Banyak, ada yang korupsi, menyuap, datang ke peramal dan lain sebagainya. 

 

Langkah 4: Jangan Lupa Lakukan Evaluasi

Melakukan EVALUASI adalah sebuah kebiasaan yang bagus dalam menjalani hidup. Mengevaluasi disini, berarti: melakukan pengecekan bagian-bagian apa yang sudah benar, masih salah, masih bisa dioptimalkan dan lain sebagainya. Entrepreneur sukses adalah orang – orang yang melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan dari kesalahannya.

[Baca juga: 8 Tips Entrepreneur Yang Akan Buat Kamu Jadi Biliuner!]

 

Langkah 5 : Hargai Setiap Apa yang Anda Lakukan

Berikah penghargaan terhadap kesuksesan dan kegagalan yang sudah Anda dapatkan. Kenapa perlu menghargai kegagalan? Disetiap kesuksesan dan kegagalan selalu ada pembelajaraan (lesson learn). Setidaknya Anda sudah pernah mencoba melakukan hal tersebut. Ada kata-kata bijak yang mengataka: Kegagalan adalah sukses yang tertunda!

 

Anda Perlu Memaksimalkan Potensi Diri

Banyak anak muda yang masih bingung mengenai potensi diri yang dimiliki. Setidaknya Anda sudah tahu, tidak pernah ada ruginya mencoba hal-hal baru terlebih jika dapat memaksimalkan potensi diri.

 

Apakah Anda sudah mengenali potensi diri yang Anda miliki?

 

Sumber Gambar

  • Achievement – goo.gl/NU6qRQ4

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang