Mengapa teman-teman calon entrepreneur tidak boleh menyerah? Banyak calon entrepreneur yang berhenti sebelum memulai, karena satu lain hal. Jika Anda saat ini sedang menghadapi masalah, baca 8 alasan berikut ini agar Anda calon entrepreneur, tidak boleh menyerah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

8 Alasan yang Membuat Anda Tidak Boleh Menyerah Sekarang

Ketika memulai bisnis, banyak calon entrepreneur yang menghadapi masalah dan mulai kehilangan tenaga. Alhasil banyak entrepreneur yang tumbang atau menyerah. Jika Anda saat ini sedang menghadapi permasalahan, jangan lesu dulu. Salah seorang penemu dunia, bernama Thomas Alpha Edison mengatakan bahwa kegagalan itu letaknya berdekatan dengan kesuksesan.

8-alasan-mengapa-anda-calon-entrepreneur-tidak-boleh-menyerah-finansialku

[Baca Juga: 5 Usaha Sampingan Anak Muda yang Perlu Ditekuni]

 

Ada 8 alasan yang membuat Anda tetap kuat, dan tidak boleh menyerah. Berikut ini penjelasannya:

 

#1 Anda Tidak Boleh Menyerah, Jika Anda Belum Mencoba

Anda calon entrepreneur, jangan pernah menyerah sebelum Anda mencoba. Dahulu ada istilah yang mengatakan, jangan sampai Anda kalah sebelum berperang. Banyak orang (mantan karyawan, mahasiswa/i) takut untuk memulai berbisnis, bukan karena tidak ada modal, melainkan takut karena gagal. Mereka tidak percaya diri dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki.

Apa Alasan Utama Anda Tidak Segera Memulai Bisnis Anda - Finansialku

[Baca Juga: Apa Alasan Anda Menunda Memulai Bisnis?]

 

#2 Anda Tidak Boleh Menyerah, Karena Sebenarnya Anda Sudah Dekat dengan Kesuksesan

Beberapa orang menyerah, padahal jalan yang dilalui sudah dekat denagn kesuksesan. Apakah Anda tahu fakta unik, beberapa penemu dunia pernah mengalami kegagalan. Dan kegagalan tersebut tidak datang 1 atau 2 kali, tetapi puluhan kali hingga ribuan kali.

  • Thomas Alpha Edison melakukan percobaan sebanyak lebih dari 500 kali sebelum berhasil menyalakan sebuah bohlam lampu.
  • Albert Einstein tidak bisa bicara pada usianya yang keempat, dan beberapa universitas tidak menerimanya. Saat ini Beliau dikenal sebagai salah satu orang jenius yang pernah hidup di dunia.
  • Walt Disney dipecat dari pekerjaannya sebagai jurnalis karena tidak kreatif, dan Beliau sempat mengalami kebangkrutan finansial. Pada akhirnya Beliau berhasil menciptakan tokoh-tokoh kartun yang legendaris.
  • Colonel Sanders harus berkeliling lebih dari 100 rumah makan, untuk menawarkan resepnya.
  • Bagaimana dengan Anda, sudah berapa kegagalan yang Anda alami? Baru satu? Atau belum pernah melakukan kegagalan?

 

#3 Jika Anda Tidak Menyelesaikannya, Pasti Ada Orang Lain yang Menyelesaikannya

Orang bijak mengatakan di atas langit pasti ada langit yang lebih tinggi. Jika Anda mampu berpikir dan menciptakan sebuah ide bisnis, pasti ada orang lain yang memikirkan hal serupa. Jika Anda tidak mengambil kesempatan ini untuk memulainya, pasti ada orang lain yang mengambil kesempatan tersebut dan menyelesaikan dengan baik. Anda dapat belajar dari kisah sukses Aaron Patzer.

Kisah Sukses Aaron Patzer pendiri Mint dan Serial Entrepreneur - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Aaron Patzer pendiri Mint.com]

 

#4 Satu Tahapan, Sebelum Menemukan Kesuksesan Selalu Hadir Masa Kegelapan

Ada teori yang mengatakan the power of kepepet atau pada saat-saat menghadapi masalah dan menyangkut hidup mati, seseorang akan belajar dan melakukan hal-hal yang luar biasa. Tony Robbins, seorang motivator di Amerika mengatakan bangkitkan raksasa yang ada di dalam diri Anda. Pada saat bisnis mengalami kesulitan, kita secara naluri akan berusaha mati-matian untuk mempertahankan.

 

#5 Jika Anda Menyerah Sekarang, Selanjutnya Bagaimana?

Apakah Anda pernah terpikir, bagaimana kelanjutannya jika Anda sudah menyerah pada tahap ini. Padahal tahapan yang sedang Anda lewati ini masih tahap awal. Banyak orang takut melakukan kesalahan dan takut menghadapi kegagalan, karena dari kecil setiap orang diajarkan untuk tidak melakukan kesalahan dan tidak belajar dari kesalahan. Padahal pebisnis sukses adalah pebisnis yang tidak takut melakukan kesalaahan dan mau belajar dari kesalahan yang dibuat.

7 Cara Menghadapi Kegagalan Ala Bos Starbuck, Howard Schultz - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Kegagalan ala Bos Starbuck, Howard Schultz]

 

#6 Kegagalan Masa Lalu Bukan Berarti Kegagalan yang Akan Datang

Satu hal yang harus Anda ingat, kegagalan yang pernah terjadi di masa lalu bukanlah tolak ukur hasil di masa yang akan datang. Belum tentu Anda yang pernah gagal di masa lalu, juga akan gagal di masa yang akan datang. Tergantung bagaimana Anda menyikapi kegagalan tersebut, apakah Anda berani mengakui (atau malah mencari kambing hitam) dan apakah Anda belajar dari kesalahan masa lampau.

 

#7 Anda Tidak akan Pernah Menyesal Mencoba dan Berjuang Sampai Akhir

Apakah Anda pernah mendengar kata-kata motivator yang mengatakan, saya tidak menyesal melakukan kesalahan, saya akan menyesal jika saya tidak pernah mencoba? Kami meyakini bahwa kesempatan selalu ada, namun tidak semua orang bisa melihat kesempatan tersebut. Hanya orang-orang yang sudah siap dan sudah mengerjakan pekerjaan rumah yang mampu melihatnya. Misal Anda mungkin melihat orang gelisah menunggu taxi atau ojek bukanlah peluang bisnis. Namun dimata Nadiem Makarim, permasalahan tersebut adalah kesempatan dan peluang bisnis.

Kisah Sukses Nadiem Makarim Pendiri Gojek - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Makarim, Pendiri Go-Jek]

 

#8 Selama Anda Mencoba, Kemungkinan Selalu Ada

Segala kemungkinan akan selalu ada, selama kita tidak berhenti mencoba dan tidak berhenti berjuang. Permasalahan yang seringnya terjadi adalah Anda mulai takut, meragukan kemampuan diri sendiri dan akhirnya menyerah. Padahal selalu ada jalan untuk menuju sukses, pertanyaannya apakah Anda masih mau mencari jalan tersebut? Dan memperjuangkan bisnis Anda?

 

Tidak Boleh Menyerah, Karena Menyerah = Kalah

Ada seorang penulis yang mengatakan dalam bukunya, kalau entrepreneur tidak boleh memusuhi kata risiko. Entrepreneur harus mampu bersahabat dan mengelola risiko. Ketika menghadapi permasalahan dan mengalami kegagalan, entrepreneur harus tetap tenang, mencari segala cara untuk dapat keluar dari permasalahan. Setiap kali Anda keluar dari masalah atau melewati masalah, Anda akan naik tingkat. Ketika Anda menyerah, berarti Anda 100% kalah. Jika Anda tidak mau kalah, pastikan Anda tetap berjuang. Jangan menyerah teman.

 

Apakah Anda sedang atau pernah menghadapi permasalahan bisnis yang sangat susah? Apa yang biasanya Anda hadapi untuk membuat Anda tetap yakin bisa melewati kesulitan tersebut?

 

Sumber Gambar:

  • Alejandro Escamilla. Unsplash – https://goo.gl/EMEdNS

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang