Bagaimana cara meningkatkan produktifitas untuk entrepreneur? Kali ini Finansialku akan membahas sebuah topik terkait dengan Meningkatkan Produktivitas untuk Entrepreneur.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Cara Meningkatkan Produktivitas untuk Entrepreneur

Salah satu tantangan terberat seorang entrepreneur adalah bekerja dengan produktif. Idealnya seorang entrepreneur harus bekerja lebih keras, lebih cerdas dan lebih produktif dibandingkan karyawan. Mengapa? Karena seorang entrepreneur harus mempertahankan dan membesarkan bisnisnya. Berikut ini 8 cara meningkatkan produktifitas menurut Sherrie Campbell.

 

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Mengubah Lingkungan

Menurut Sherrie, ternyata mendekorasi ulang tempat kerja akan membantu meningkatkan keinginan untuk bekerja. Suasana yang baru dapat membangun semangat baru untuk bekerja lebih produktif. Perubahan tersebut dapat dilakukan dengan mengubah dekorasi atau layout kantor, mengubah warna dan lain sebagainya.

 8 Cara Meningkatkan Produktifitas untuk Entrepreneur - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Terkait dengan saran pertama dari Sherrie, saya sendiri melakukan perubahan ruangan dengan cara merapikan barang-barang di kantor. Pada awalnya ruang kerja saya terlihat penuh, banyak kertas dan dokumen di meja. Untuk mencari sebuah dokumen bisa memakan waktu lebih dari 10 menit. Setelah dirapikan, sekarang saya punya ruang yang lebih lega dan waktu untuk mencari dokumen menjadi kurang dari 10 menit.

Selain tempat kerja, saya juga melakukan bersih-bersih pada komputer dan laptop. Saya berusaha membuat folder lebih rapi dan menghapus data-data yang sudah digunakan. Dengan merapikan tempat kerja dan laptop, saya dapat bekerja lebih cepat dan produktif.

 

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Berusaha Menjadi yang Terbaik

Menurut Sherrie, pola pikir (mindset) Kita, dapat meningkatkan produktifitas. Saran beliau agar kita selalu menjadikan “ideal successful self” (kondisi sukses yang ideal).  Kalau dalam bahasa para motivator adalah afirmatif positif. Kita bayangkan sebuah kondisi sukses yang ideal dan secara biarkan kita bekerja dan bergerak untuk mendapatkan kesuksesan tersebut.

 

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Mengubah Pola

Ketika seseorang keluar dari rutinitas, kita secara esensi menciptakan kehidupan yang baru. Seorang yang sukses harus mau keluar dari zona nyaman, berpikir kreatif dan berani. Perluas perspektif kita dengan mengubah pola dan keluar dari kebiasaan – kebiasaan buruk.

 5 Seni Memulai Bisnis Menurut Guy Kawasaki - Get Doing - Finansialku

 

Saya sendiri, selalu berusaha untuk memperbaiki kebiasaan buruk. Mengubah kebiasaan bukan hal yang mudah lho. Saya sendiri mampu merubah kebiasaan buruk sedikit demi sedikit. Jika Anda hobi membaca, saya sarankan Anda membaca buku 7 Habits Of Highly Effective People yang dikarang oleh Dr. Stephen Covey.

 

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Membuat Prioritas

Disadari atau tidak jadwal kegiatan kita sehari-hari itu menunjukkan prioritas kita dalam bekerja. Saya sendiri berusaha untuk membuat jadwal dan prioritas terhadap kegiatan-kegiatan yang saya lakukan. 

Jadwal itu ada sebagai panduan kita dalam melakukan pekerjaan, tanpa jadwal biasanya semuanya jadi lebih berantakan. Saya sendiri seorang yang workaholic, dan kerap kali tidak memiliki waktu untuk keluarga atau rekan. Permasalahan tersebut terselesaikan sejak saya berdamai dengan diri saya sendiri kemudian membuat jadwal dan prioritas.

 

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Mengembangkan Diri

Saran dari Sherrie ini saya pikir cukup relevan ya. Misal saya seorang entrepreneur di bidang konsultan. Saya harus mengembangkan diri saya dengan cara up to date ilmu-ilmu terbaru, informasi terbaru, meningkatkan kecepatan saya untuk mengetik, menghitung dan membuat presentasi, meningkatkan kemampuan saya agar lebih persuasive dan mampu menjual jasa yang saya tawarkan.

Begitu juga dengan Anda, usahakan untuk mengembangkan diri di area – area yang Anda perlukan. Finansialku memiliki sebuah aturan:

Anggarkan 5% dari pendapatan Anda untuk mengembangkan diri.

 

Investasi terbaik di dunia adalah investasi pada diri Anda sendiri. Dan masa depan Anda tergantung pada Anda sendiri. Jadi kenapa harus pelit? Kenapa harus malas?

 

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Memilih Kawan yang Tepat

Pergaulan ternyata memberikan efek terhadap produktifitas. Memilih orang-orang yang tepat dapat meningkatkan produktivitas. Saya teringat dengan pepatah lama yang mengatakan:

Jika Anda ingin melihat siapa Anda, lihatlah teman-teman Anda.

Berbisnis Properti dengan Utang - Bisnis Property - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Lingkungan dan pergaulan memiliki dampak yang signifikan terhadap proses pembentukan karakter dan diri seseorang.

 

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Mengubah Pola Pikir

Menurut Sherrie: Kita adalah apa yang Kita pikirkan. Kita tidak dapat berpikir negatif dan mendapatkan kesuksesan.

7 Kebiasaan Manusia yang Efektif - Membuat Prioritas - Finansialku

Jika kita berpikir negatif mengenai bisnis atau keuangan, kita cenderung akan berpikir subyektif dan menyampingkan fakta-fakta.

 

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Menjadi Autentik

Menjadi sukses, bukan berarti alasan untuk bisa sombong. Bisnis yang sukses dibangun atas dasar hubungan yang baik dengan stake holder (pembeli, supplier, karyawan, pemerintah dan lainnya). Menjadi autentik berarti Kita tidak berubah dari situasi ke situasi. Kualitas autentik ini akan membangun kepercayaan dalam hubungan Anda.

Menurut saya kesuksesan adalah sebuah ujian untuk seseorang. Dengan kesuksesan apakah kita diberi pilihan untuk menjadi manusia yang lebih baik atau malah lebih buruk.

 

Kesimpulan

Jadi 8 cara untuk meningkatkan produktivitas entrepreneur adalah:

  1. Mengubah Lingkungan
  2. Berusaha Menjadi yang Terbaik
  3. Mengubah Pola
  4. Membuat Prioritas
  5. Mengembangkan Diri
  6. Memilih Kawan yang Tepat
  7. Mengubah Pola Pikir
  8. Menjadi Autentik

 

Bagaimana cara Anda meningkatkan produktivitas Anda?

 

Sumber: 

  • Sherrie Campbell. 14 Mei 2015. 8 Ways to Radically Increase Your Productivity. Diakses pada 31 Agustus 2015. Sumber Entrepreneur : http://goo.gl/QazIqs

Image Credit:

  • Layout – http://goo.gl/UuJQmT

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang