Pasca bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Jokowi menandatangani kesepakatan  sebesar Rp315 triliun di Indonesia.

Simak berita selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Jokowi Teken 16 Perjanjian Kerjasama Strategis

Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) menyepakati berbagai kerjasama strategis untuk meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara.

Kunjungan kerja tersebut melahirkan kesepakatan investasi dengan nilai yang cukup besar, yakni sebesar US$22,89 miliar atau Rp314,9 triliun.

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Putra Mahkota UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) mengaku siap menjadi Ketua Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru.

Luhut pada hari Selasa (14/01/2020) mengatakan:

“MBZ akan menjadi ketuanya dengan dua orang anggota, yaitu Masayoshi Son dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Di atasnya ada Presiden Joko Widodo yang akan menjadi penanggung jawab.” 

 

Jokowi dan Putra Mahkota juga membahas rencana struktur dan finalisasi dana abadi, yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Januari 2020 di Tokyo.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, ikut ke Abu Dhabi untuk membahas kerjasama Arab dengan beberapa BUMN seperti PT Pertamina (Persero), dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero), dan Inalum meraih kerjasama.

Jokowi Bawa Pulang Rp315 Triliun dari Abu Dhabi 02

[Baca Juga: Dampak Aksi Demo RUU KUHP Terhadap Saham, Investor Asing Kabur?]

 

Pertamina bekerja sama dengan Adnoc, perusahaan migas yang sekarang menjadi perusahaan minyak dengan cadangan minyak terbesar nomor tujuh di dunia.

Pertamina juga bekerja sama dengan Mubadala Petroleum, perusahaan migas internasional terkemuka yang mengelola sumber daya migas di 10 negara.

PLN bekerjasama dengan Masdar, perusahaan energi terbarukan di Arab. Masdar akan terlibat dalam pembangunan PLTS terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat. Pembangkit listrik ini akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara.

“Saya akan pastikan kerjasama antara BUMN dengan Persatuan Arab Emirat berjalan dengan baik dan dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan. Di mana alih teknologi juga terjadi, sehingga hasilnya win-win bagi kedua belah pihak.”

 

Sebagai informasi, Erick Thohir ikut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi pada Minggu (12/01/2020).

“Saya senang tingkat kepercayaan mitra strategis luar negeri terhadap BUMN-BUMN Indonesia semakin meningkat hal ini karena Perusahaan yang dikelola dengan baik, transparan dan mengedepankan GCG.”

 

Tidak hanya Jokowi, kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, juga berjumpa sejumlah investor di Abu Dhabi. Salah satunya CEO Masdar, Mohamed Jameel Al Ramahi.

“Kepada Kepala BKPM, Jameel bilang akan menjadikan Indonesia sebagai hub dari investasinya di Asia Tenggara atau ASEAN”

 

Untuk diketahui, tempat hub dana investasi dari Timur Tengah ke Asia Tenggara selama ini hanya Singapura dan Malaysia.

Namun setelah diyakinkan kepala BKPM, Masdar siap menjadikan Indonesia menjadi hub investasi ke negara-negara Asia Tenggara.

Deputi bidang promosi penanaman modal, Farah Ratna Dewi Indriani, mengatakan bahwa para investor yang sudah bertemu BKPM siap meningkatkan investasi di Indonesia.

“Crowned Prince itu berulang kali mengatakan bahwa Indonesia adalah sahabat kami yang sangat dekat, dan berulang kali beliau mengingatkan bahwa Indonesia penduduk Islam terbanyak. Jadi mereka ingin berkontribusi bagi negara Indonesia.”

 

Tak hanya membangun ibukota baru dan investasi infrastruktur di beberapa wilayah penting, Arab pun menyatakan tertarik untuk berinvestasi di Aceh.

Pertemuan mengenai investasi Arab ke Aceh direncanakan akan dilaksanakan pada pekan depan.

 

Bagaimana tanggapan Anda mengenai artikel di atas? Berikan tanggapan Anda mengenai hal ini dalam kolom komentar.

Jika informasi ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan kembali pada rekan-rekan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Chandra Gian Asmara. 14 Januari 2020. Dari Abu Dhabi, Jokowi Bawa Pulang Oleh-oleh Proyek Rp 315 T. CnbcIndonesia.com – http://bit.ly/385799H
  • Hendra Kusuma. 14 Januari 2020. Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota. Finance.detik.com – http://bit.ly/2QPxHGg
  • Ade Miranti Karunia. 14 Januari 2020. Putra Mahkota Abu Dhabi Jadi Ketua Dewan Pengarah Ibu Kota Baru, Siapa Saja Anggotanya?. Money.kompas.com – http://bit.ly/2NpvLC4
  • Iwan Supriyatna. 14 Januari 2020. 3 BUMN Ini Dapat Proyek Kakap dari Putra Mahkota Abu Dhabi. Suara.com – http://bit.ly/2RirIsz
  • Admin. 13 Januari. 2020. Jumpa Bahlil, CEO Abu Dhabi ini akan ‘Singapura-kan’ RI. CnbcIndonesia.com – http://bit.ly/2ssc85i

 

Sumber Gambar:

  • Jokowi ke Abu Dhabi – http://bit.ly/35ONHMU
  • Investasi UAE ke Indonesia – http://bit.ly/2t9rufp