Ingin sukses dengan menjalankan bisnis pribadi? Kenali tokoh Aditya Lugina, pemilik tas kulit Gammara yang bisa memotivasi Anda untuk sukses!

Simak artikel Finansialku Berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Menuai Kesuksesan dari Langkah Sederhana

Bisnis yang menguntungkan tentu bisa dilakukan melalui berbagai cara tergantung minat Anda memilih berbisnis di bidang tertentu.

Beberapa tokoh yang sukses menuai karir sesuai dengan bidang yang diminatinya mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis yang sedang berjalan.

Salah satunya seperti Aditya Lugina. Perempuan tersebut memiliki minat berbisnis di bidang kerajinan tas kulit.

Mengenal Aditya Lugina, Sosok Di Balik Kesuksesan Tas Kulit Gammara 02 Aditya Lugina - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Sederhana Dalam Memulai Usaha Modal Kecil]

 

Meskipun bidang akademis tidak mendukung satu minat uniknya tersebut, pada akhirnya ia tetap memilih untuk menjalankan bidang yang disukainya.

Aditya Lugina tidak serta merta dapat memproduksi tas kulit yang berkualitas demi memajukan usahanya. Ia memulai langkah tersebut dari hal yang sederhana, dan dilakukannya secara otodidak.

Langkah tersebut pun dilakukan secara bertahap melalui banyak kendala dan hambatan selama proses produksi tas kulit idamannya.

 

Mengenal Potensi Diri Untuk Sukses Berbisnis

Aditya Lugina memiliki minat besar untuk menjadi seorang pengusaha tas kulit, mengingat sejak kecil ia terbiasa mengetahui banyak koleksi tas kulit unik yang dimiliki oleh ayahnya.

Minatnya tersebut kemudian benar-benar menjadi mimpi yang ingin dicapainya melalui bisnis. Bahkan pengalaman akademisnya dikesampingkan demi mewujudkan ketertarikannya kepada tas kulit.

Dari situ ia mengetahui bahwa passion atau minatnya dalam berkarier terdapat pada bidang usaha atau bisnis.

Mengenal Aditya Lugina, Sosok Di Balik Kesuksesan Tas Kulit Gammara 03 Aditya Lugina - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Sukses Memulai Bisnis Dengan Tim Baru]

 

Potensi yang dikenalinya tersebut akhirnya mulai dikembangkan dengan berbagai dukungan dari orang-orang terdekat, seperti suami dan keluarga, sehingga ia bisa memaksimalkan usaha yang sedang dijalaninya.

Begitu pun dengan Anda, yang seharusnya mengenali potensi pada diri sendiri sejak awal sebelum Anda mengorbankan potensi berharga dengan suatu hal yang belum tentu diminati.

Mengapa demikian? Karena jika bisnis atau usaha dijalankan sesuai dengan bidang yang diminati pasti hasilnya sangat memuaskan, selain memperoleh keuntungan ekonomis, tentu Anda juga mendapatkan kepuasan batin.

Jika Anda sudah mengenali potensi diri sejak awal, maka jangan ragu untuk memilih dan mengungkapkan kepada orang-orang terdekat yang bisa memberikan dukungan untuk sukses.

 

5 Kiat Sukses Berbisnis Ala Aditya Lugina Pemilik Tas Kulit Merek Gammara

Salah satu tokoh yang berhasil mengembangkan dan menuai keuntungan dari potensi diri secara personal adalah Aditya Lugina.

Besarnya kesuksesan yang diperoleh Aditya membuat langkahnya bisa dijadikan sebagai pembelajaran semua orang yang ingin memulai bisnis.

Seperti dalam 5 kiat sukses ala Aditya Lugina yang telah dirangkum di bawah ini.

 

Kiat 1: Mempelajari Cara dan Peluang Memulai Usaha Baru

Ketika Anda sudah mengenali potensi, kemudian menggalinya lebih dalam, serta mengembangkannya sebagai sebuah usaha. Maka tahap selanjutnya, yakni Anda harus mencari cara untuk mengawali langkah bisnis pertama kali.

Selain itu mengetahui perbandingan besarnya peluang pasar dengan minat pribadi Anda juga harus diperhitungkan untuk menghindari kerugian pada langkah awal.

Aditya Lugina mengawali langkahnya dengan cara mempelajari cara produksi tas kulit, mulai dari mencari bahan berkualitas hingga diolah menjadi tas.

Ia juga mampu melihat peluang pasar yang masih memiliki banyak minat untuk mengkonsumsi tas kulit, karena selain desainnya elegan, bahan kulit juga membuat tas menjadi tahan lama.

 

Kiat 2: Berani Mengambil Langkah Berisiko

Setelah cara dan peluang emas saat berbisnis telah diketahui, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan keberanian untuk mengeksekusi bahan-bahan yang sudah dikumpulkan.

Seperti yang dilakukan oleh Aditya Lugina, ia berani mengambil langkah untuk memproduksi tas kulit secara otodidak, disertai dengan modal kecil sebesar Rp2,5 juta saja.

Bahkan Aditya juga berani mengambil langkah dengan cara menitipkan bahan ke pengrajin untuk disulap menjadi tas kulit.

Tentu cara tersebut bisa berisiko penipuan dan penyelewengan bahan produk, namun jika langkah ini tidak diambilnya maka ia akan kehilangan kesempatan emas meskipun peluangnya sangat kecil.

 

Kiat 3: Selalu Meningkatkan Proses Produksi dan Kualitas Produk

Keberanian Aditya Lugina seperti dalam kiatnya di atas telah menuai keberhasilan.

Ia akhirnya mempunyai banyak kenalan yang merupakan pengrajin tas kulit, dengan bantuan mereka, Aditya pun mampu membuka workshop bagi para pengrajin.

Usahanya perlahan dan secara bertahap mulai berkembang, dari yang hanya memiliki pengrajin, kemudian bertambah dengan beberapa pegawai yang bisa membentuk sebuah tim.

Dari situ, Aditya beserta timnya mampu memproduksi tas kulit dengan jumlah sekitar 250 hingga 400 tas per bulan. 

Bahkan ia mampu mendapatkan keuntungan sebesar 70 persen dari penjualan tas tersebut yang harganya mencapai jutaan rupiah, yakni sekitar Rp2,5 juta.

Kunci sukses dari Aditya adalah selalu mengembangkan kualitas produk meski banyak risiko yang harus dihadapi.

 

Kiat 4: Mampu Menentukan Target Usaha

Kesuksesan yang diperoleh Aditya semakin meningkat, karena ia dengan tepat mampu menargetkan pasar penjualan produknya. Ia bahkan mampu mengikuti cara pemasaran populer di era digital, yakni melalui media sosial.

Selain dari media sosial, pemasaran juga sering dilakukan lewat pameran, dan hasilnya banyak pengagum tas kulit yang membeli karya Aditya sehingga pembeli yang ia dapatkan bisa berasal dari berbagai negara, seperti Dubai, Perancis, dan Taiwan. Dari situlah ia memulai bisnis ekspornya.

 

Kiat 5: Produk Lebih Baik Jika Disertai Asal Usul Pembuatannya

Kiat sukses dari Aditya Lugina selanjutnya, yakni menuliskan berbagai asal usul dari tiap produk yang dijualnya.

Hal itu mampu memberikan nilai lebih, serta dapat meningkatkan penjualan produk karena pembeli pasti tertarik jika sebuah barang seni memiliki sejarah di balik pembuatannya.

 

Menerapkan 5 Kiat Sukses Ala Aditya Lugina secara Bertahap

Kiat sukses ala Aditya Lugina tentu sangat bermanfaat bagi Anda, khususnya yang sedang mengawali usaha atau bisnis yang sesuai dengan minat masing-masing.

Anda bisa mengambil sisi positif kiat di atas sesuai dengan kapasitas usaha yang sedang atau akan dijalankan. Jangan terlalu memaksakan diri Anda untuk memilih sesuatu yang tidak sesuai dengan potensi diri sendiri.

Apabila tidak memiliki minat berbisnis tas kulit, tentu Anda bisa mencoba berbisnis di bidang lain, namun dengan sedikit meniru kiat sukses dari Aditya Lugina.

Mempelajari situasi ekonomi dan bisnis di lingkungan sekitar Anda adalah hal yang sangat penting dalam memulai bisnis sukses sebelum meniru kiat-kiat yang disebutkan di atas.

Anda perlu mengelola keuangan pribadi Anda dengan baik. Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda.

Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika kelima kiat sukses dari Aditya Lugina seperti yang telah dijelaskan di atas sudah dipahami dan dilakukan dengan baik, maka jangan lupa untuk berbagi informasi tersebut kepada sesama rekan bisnis Anda.

Tentunya dengan artikel Finansialku di atas Anda akan lebih mudah dalam menempuh satu bidang bisnis tertentu. Selamat mencoba, terima kasih.

 

Sumber Referensi

  • Reynette Fausto. Kisah Sukses Aditya Lugina, Pemilik Bisnis Tas Kulit Lokal Gammara. Wanitawirausaha.com – https://goo.gl/vY2CiV

 

Sumber Gambar

  • Aditya Lugina 1 – https://goo.gl/ci4RG6
  • Aditya Lugina 2 – https://goo.gl/tx64tP
  • Aditya Lugina 3 – https://goo.gl/RBW322