Dalam memulai sebuah usaha, keberadaan modal menjadi poin yang penting, khususnya jika modal yang Anda miliki tidak terlalu besar. Ketahui cara memulai usaha modal kecil lewat artikel ini yuk!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bagaimana Caranya Memulai Usaha Modal Kecil?

Jika mendengar kata “usaha modal kecil”, apa bentuk bisnis yang pertama kali Anda pikirkan?

Seiring perkembangan teknologi, banyak orang yang sangat terbantu dan menjalankan usaha jadi sesuatu yang jauh lebih mudah dan murah.

Bahkan, Anda juga bisa membangun usaha dengan modal yang sangat sedikit atau tanpa modal lho. Misalnya dengan menjadi dropshipper dari produk orang lain.

Tips Sederhana Dalam Memulai Usaha Modal Kecil 3 Finansialku

[Baca Juga: Mau Rupiah Mengalir? Kenali Dulu 4 Ciri Usaha yang Menguntungkan]

 

Akan tetapi, semakin bisnis yang Anda miliki berkembang, keberadaan toko offline jadi semakin dibutuhkan.

Dengan memiliki toko offline, kepercayaan pelanggan terhadap Anda bisa semakin meningkat dan dampaknya kepada bisnis Anda juga akan semakin baik.

Sayangnya, banyak juga para pemilik toko online yang khawatir atau tidak yakin untuk membuka toko offline.

Ada banyak pertimbangan yang menjadi dasar kekhawatiran tersebut, yang pada intinya adalah kebutuhan akan dana yang cukup besar jika dibandingkan dengan pembukaan toko online.

Saat Anda memutuskan untuk memiliki toko offline, maka Anda juga harus mempertimbangkan berbagai biaya.

Mulai dari biaya pengadaan barang, biaya sewa toko, biaya listrik, air, dan kebutuhan dasar lainnya, dan juga biaya pegawai jika nantinya Anda membutuhkan pegawai untuk usaha Anda.

Tapi sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa memiliki toko offline dengan biaya yang tidak terlalu besar. Ingin tahu apa saja cara yang bisa Anda lakukan?

Sebelum memulai usaha dengan modal kecil, hitung dulu modalnya dengan aplikasi Finansialku!

Segera unduh Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik tautan berikut ini. Nikmati juga setiap fitur lainnya, seperti kemudahan dalam merencanakan dana liburan atau membeli barang.

 

#1 Menawarkan Sistem Bagi Hasil

Membuka toko offline seorang diri memang akan terasa sekali besaran biaya yang harus Anda keluarkan untuk kebutuhan ini itu.

Jika Anda bisa memiliki partner usaha, beban modal ini tidak perlu Anda tanggung sepenuhnya sendirian.

Dengan menemukan partner usaha, maka biaya modal yang perlu Anda keluarkan jadi lebih sedikit dan terasa lebih ringan.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan partner usaha, tentu saja Anda harus bisa menjelaskan bagaimana peluang dan juga keuntungan apa yang akan mereka dapatkan jika bergabung dengan Anda.

Salah satu sistem pembagian keuntungan yang bisa Anda gunakan adalah sistem bagi hasil.

 

#2 Berbagi Tempat Usaha

Cara lain yang bisa Anda gunakan agar bisa memulai usaha modal kecil adalah dengan berbagi tempat usaha.

Dengan cara ini, Anda bisa menekan biaya sewa tempat dan biaya dasar seperti listrik dan air sehingga modal usaha yang harus Anda keluarkan bisa jauh lebih ringan.

Anda bisa mencoba berbagi tempat usaha dengan kerabat atau kenalan Anda yang telah memiliki toko di suatu tempat.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak pengusaha lain yang sama-sama ingin membuka toko offline di tempat yang sama dengan yang Anda inginkan.

Akan tetapi, untuk menjalankan cara ini, sebaiknya Anda mencari partner yang memiliki usaha yang berbeda dengan usaha Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik dagang ke depannya.

Mau Buka Bisnis? Ini Dia Tipe Mitra Bisnis 2 Finansialku

[Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Dia 10 Usaha Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba Sekarang!]

 

Selain membuat biaya sewa tempat jadi berkurang jauh, berbagi tempat sewa juga dapat memberikan Anda banyak manfaat.

Karena, dengan berbagi tempat sewa, Anda jadi memiliki teman untuk diajak bertukar pikiran, bertukar pengalaman, berdiskusi, dan bahkan membicarakan keuntungan Anda dan bagaimana cara-cara yang mungkin dilakukan untuk meningkatkan bisnis Anda.

Oh iya, sebagai penjual Anda juga bisa membaca ebook Finansialku untuk membantu Anda meningkatkan bisnis Anda.

Lewat ebook ini, Anda akan dituntun untuk memisahkan cashflow pribadi dan cashflow bisnis sehingga Anda bisa merencanakan pertumbuhan bisnis Anda ke depan agar menjadi semakin baik.

Unduh ebook-nya sekarang juga, gratis lho!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#3 Membuka Toko di Pasar Modern

Salah satu tempat yang dianggap strategis untuk membuka toko offline adalah di sebuah mall atau pusat perbelanjaan besar.

Sayangnya, membuka toko offline di tempat tersebut membutuhkan biaya sewa toko yang sangat mahal.

Jika dana Anda terbatas, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk membuka toko di dua tempat tersebut.

Sebagai alternatif, Anda bisa membuka toko Anda di pasar modern. Sebenarnya, memiliki toko di pasar modern tidak akan mengurangi gengsi dari usaha Anda.

Ada banyak pengunjung yang datang ke pasar modern, sehingga penjualan Anda juga akan tetap mungkin menjadi ramai.

Selain itu, pengunjung pasar modern juga sangat variatif. Berbagai pembeli baik dari kalangan bawah hingga kalangan atas juga mendatangi tempat ini. Sehingga peluang bisnis yang Anda miliki juga cukup besar.

Dan sisanya adalah bagaimana cara yang akan Anda lakukan agar bisa menarik hati pelanggan Anda bahkan menjadikannya konsumen loyal toko Anda.

 

#4 Cari Mall yang Sepi

Cara lain yang bisa Anda lakukan jika tetap ingin memiliki toko offline di mall adalah dengan memilih mall yang sepi. Tentu saja karena biaya sewa mall yang sepi akan jauh lebih murah dibandingkan biaya sewa mall yang mahal.

Ini mungkin terdengar cukup aneh bagi Anda. Bagaimana membuka toko offline di mall yang sepi bisa terdengar menguntungkan bagi bisnis yang Anda jalankan?

Karena meskipun menawarkan biaya sewa yang jauh lebih murah, toko di mall yang sepi terdengar tidak memiliki peluang yang cukup oke.

Tips Sederhana Dalam Memulai Usaha Modal Kecil 2 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Kylie Jenner, Pengusaha Muda yang Kaya Raya]

 

Tapi hal ini tidak perlu Anda khawatirkan jika Anda memiliki pembeli loyal dari toko online Anda. Keberadaan toko offline ini akan lebih berpusat kepada kenyamanan dari pelanggan online Anda.

Dengan adanya toko offline, pelanggan dari toko online Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman karena jika mereka mau, mereka bisa datang ke toko offline Anda dan melihat secara langsung bagaimana barang yang mereka inginkan.

 

#5 Buka Toko di Tempat yang Tidak Strategis

Siapapun tahu bahwa membuka toko di tempat yang strategis membutuhkan biaya sewa yang sangat mahal. Karena itu, jika Anda ingin menekan biaya sewa tempat, maka Anda bisa mencari lokasi yang tidak strategis sebagai lokasi toko offline Anda.

Sama seperti membuka toko di mall yang sepi, membuka toko di tempat yang tidak strategis juga sebenarnya cukup riskan. Karena itu, sebelum membuka toko di tempat yang tidak strategis, sebaiknya Anda memastikan dulu bahwa toko online Anda sudah memiliki pelanggan yang banyak dan penjualan yang stabil.

 

Raih Kepercayaan Konsumen dengan Modal Kecil

Itulah beberapa cara memulai usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan.

Meskipun membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan toko online, memiliki toko offline atau toko fisik juga akan memberikan Anda banyak keuntungan. Khususnya dalam meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan berbelanja kepada konsumen toko Anda.

 

Apakah artikel ini informatif dan inspiratif? Jika Anda ingin lebih banyak artikel seperti ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Fiki Ariyanti. 5 September 2018. Ingin Buka Toko Offline Tapi Modal Kecil? Coba 5 Tips Ini. https://goo.gl/rEuNx8

 

Sumber Gambar:

  • Usaha Modal Kecil – https://goo.gl/6t8f4q
  • Usaha Modal Kecil 2 – https://goo.gl/diiQSp