Para kreator dan influencer nantinya bisa dapat cuan dari iklan di IGTV asal kontennya ramah iklan, berikut skemanya.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

IGTV Bakal Beriklan

Kabar baik datang dari Instagram yang akan memasang iklan di IGTV. Pendapatan dari iklan tersebut nantinya akan dibagi dengan para kreator dan influencer yang membuat konten video dengan platform milik Facebook tersebut.

Oh iya, sebelumnya Instagram telah mendengungkan bahwa iklan akan datang ke IGTV sejak tahun lalu dan mengatakan bahwa video jangka panjang akan menjadi tempat yang paling mungkin menghasilkan revenue.

Adanya iklan di IGTV bisa dijadikan cuan baik itu untuk perusahaan ataupun para konten kreator.

Melansir dari bebera sumber, Jumat (29.05) Instagram akan membagi setidaknya 55% pendapatan yang didapat dari iklan tersebut.

Kebijakan anyar ini diharapkan akan mendorong kreator untuk membuat konten di IGTV yang kurang populer dibanding fitur Instagram lainnya.

“Kami berkomitmen untuk membuat IGTV tempat yang efektif dan aman untuk brand beriklan, jadi kita bisa membantu kreator mendapatkan uang dan menghubungkan orang-orang dengan produk bagus,” tulis Instagram dalam blog post.

Instagram Bagi-bagi Duit Dengan Freelancer Lewat Ads IGTV 02

[Baca Juga: Bisnis Tanpa Modal di Instagram Ini Menghasilkan Banyak Uang Lho!]

 

Perlu dicatat, Sobat Finansialku iklan ini akan muncul mulai minggu depan dan durasinya tidak akan lebih panjang dari 15 detik. Iklan ini akan muncul jika pengguna klik untuk lanjut menonton IGTV dari feed utama mereka.

Selain itu juga, kabarnya Instagram sedang menguji coba fitur lain seperti melewati iklan. COO Instagram, Justin Osofsky mengatakan bahwa pesan promosi hanya akan muncul di konten yang ramah iklan.

Itu artinya, kreator atau influencer harus mematuhi kebijakan monetisasi IGTV yang disebut Osofsky berbeda dengan kebijakan konten biasa di Instagram.

Contohnya, menurut Osofsky, kreator boleh mengumpat di dalam video mereka tapi tidak diizinkan jika mereka ingin melakukan monetisasi.

Sementara untuk saat ini Instagram akan membatasi iklan untuk beberapa pengiklan dan influencer di Amerika Serikat.

Menilik sejarahnya, Facebook meluncurkan IGTV pada Juni 2018 sebagai sumber penghasilan tambahan (spin off) dari Instagram. Melalui fitur IGTV pengguna dapat menonton video yang lebih lama.

Bukan hanya itu, pengguna dapat mengakses video IGTV secara langsung melalui Instagram atau aplikasi IGTV yang berdiri sendiri.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Cuan Lewat Live Badges

Selain dari iklan, kreator juga bisa mendapat cuan dari penjualan badges alias lencana saat melakukan Instagram Live. Badges alias lencana ini akan mulai diuji coba bulan depan dengan sebagian kecil kreator.

Lencana bisa muncul berbentuk simbol hati kecil di sebelah nama seseorang. Komentar orang tersebut akan terlihat lebih jelas, dan kreator akan melihat daftar semua pemegang lencana yang telah menyumbang kepada mereka.

Ada beberapa kategorisasi lencana yang akan dikenakan biaya 99 sen (sekitar Rp 14.500), US$ 1,99 (sekitar Rp 29.200) atau US$ 4,99 (sekitar Rp 73.300), dan pada awalnya semua uang akan diberikan kepada influencer.

 

Cara Mengunggah Video Lewat Aplikasi IGTV

Seperti yang kita ketahui, video di Instagram hanya dapat diunggah dengan batas waktu yang hanya beberapa menit saja.

Hadirnya Instagram TV atau IGTV ini para pengguna dapat mengunggah video dengan durasi lebih dari satu menit.

Berbeda dengan Stories, tidak ada batas waktu 24 jam untuk video-video yang diunggah ke dalam IGTV ini.

Untuk mengunggah video menggunakan fitur IGTV, Sobat Finanasialku dapat cara seperti ini dilansir dari tirto.id;

  1. Ketuk di bagian bawah dan pilih video yang ingin diunggah, lalu ketuk Berikutnya.
  2. Pilih Video Panjang untuk membagikan video yang berdurasi minimal 60 detik ke IGTV.
  3. Video yang durasinya kurang dari 60 detik bisa dibagikan ke beranda dan profil dengan memilih Video Pendek > Lanjutkan.
  4. Ketuk dan geser gambar di bagian bawah layar untuk memilih gambar sampul atau ketuk Tambahkan dari Rol Kamera (iPhone) atau Tambahkan dari Galeri (Android). Ketuk Berikutnya.
  5. Tambahkan judul dan deskripsi.
  6. Jika Sobat Finansialku ingin menambahkan video ke serial IGTV, ketuk Tambahkan ke Serial. Ingat, jika ini pertama kalinya membuat serial, kamu harus membuat nama serial.
  7. Sobat Finansialku bisa memilih untuk memposting cuplikan video ke beranda Instagram dan profil Kamu atau membagikan video ke Halaman Facebook. Jika Sobat Finansialku memilih untuk memposting cuplikan bisa mengetuk Edit Sampul Profil untuk menyesuaikan tampilan foto sampul IGTV di grid profil. Sobat Finansialku juga bisa mengetuk Edit Cuplikan untuk menyesuaikan cuplikan video IGTV di beranda (opsi ini hanya untuk video berukuran 9:16. Jika berukuran 16:9, video Anda akan ditampilkan secara penuh).
  8. Ketuk Posting

 

Perlu diingat, Sobat Finansialku Ingat, jika kamu membagikan video berdurasi lebih dari 60 detik ke beranda dan profil kamu dengan memilih Video Pendek, video akan dipotong menjadi 60 detik.

 

Yuk, tonton video berikut yang ngomongin tentang keuangan bareng Influencer kece Naila Fahrana.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Cindy Mutia Annur. 28 Mei 2020. Instagram akan Hadirkan Iklan di IGTV, Selebgram Dapat Bagi Hasil. Katadata.co.id – https://bit.ly/2yHej82
  • Wahyunanda Kusuma Pertiwi. 28 Mei 2020. Instagram Akan Mulai Tayangkan Iklan di IGTV. Kompas.com – https://bit.ly/3cc0o7Q
  • Virgina Maulita Putri. 28 Mei 2020. Instagram Bakal Bagi Cuan untuk Influencer dengan Iklan di IGTV. Detik.com – https://bit.ly/2X6w4qJ
  • Bernadinus Adi Pramudia. 28 Mei 2020. Instagram Akan Mulai Bagi Pemasukan dari IGTV dengan Pembuat Konten, Ini Skemanya… Warta Ekonomi – https://bit.ly/3deQHXk

 

Sumber Gambar:

  • IGTVads 01 – https://bit.ly/2TLgX3W
  • IGTVads 02 – https://bit.ly/2XdwZWq