Bisnis Tanpa Modal di Instagram Ini Menghasilkan Banyak Uang Lho!

Mau tahu apa saja bisnis tanpa modal di Instagram?

Apakah betul semua bisnis membutuhkan modal berbentuk uang? Banyak pebisnis yang beranggapan demikian dan mengutamakan uang sebagai modal usahanya. Padahal masih banyak modal usaha penting yang harus Anda miliki, salah satunya kreativitas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kreativitas juga Merupakan Modal Usaha

Saat Anda ingin memulai suatu bisnis, tentunya hal pertama yang dipikirkan adalah modal bisnisnya. Berapa modalnya? Dari mana uangnya? Dan bagaimana pembiayaannya?

Kebanyakan orang langsung mengacu pada uang, padahal modal bisnis bukan hanya berupa uang. Anda juga perlu berbekal pengetahuan dan kreativitas. Modal bisnis lainnya bisa saja berupa ide yang cemerlang, keahlian khusus, pengalaman, koneksi, keberanian mengambil risiko, dan masih banyak lagi.

Bisnis Tanpa Modal di Instagram 01 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja?]

 

Sebelum masuk ke tahap selanjutnya, bekali diri dengan modal ilmu bisnis melalui e-book bisnis Finansialku. Jangan khawatir, Anda bisa men-downloadnya secara GRATIS hanya dengan klik tautan berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Selanjutnya, mulailah menilik peluang bisnis yang sesuai dengan pengetahuan dan kreativitas Anda. Jangan khawatir soal uang, karena kini sudah banyak bisnis tanpa modal di Instagram atau media sosial lainnya.

Nah, melalui artikel ini Finansialku akan menjabarkan mengenai beberapa bisnis tanpa modal di Instagram yang bisa Anda gunakan untuk menyalurkan kreativitas Anda:

 

Bisnis Tanpa Modal? Siapa Bilang itu Mustahil!

Berdasarkan sebuah survei ditemukan bahwa 81% pegawai dulunya pernah bercita-cita menjadi pengusaha. Namun mengapa hanya sedikit yang merealisasikan mimpinya?

Jawabannya adalah karena semuanya cenderung memikirkan risiko dan keterbatasan modal usahanya. Padahal siapa bilang bisnis tanpa modal itu mustahil?

Buktikan sendiri dengan melihat bisnis tanpa modal di Instagram berikut ini:

 

#1 Bisnis Online

Bisnis online merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Anda bisa memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja Anda.

Bisnis online memberikan tawaran yang menarik dengan risiko rendah dan potensi keuntungan yang tinggi.

Meskipun sebenarnya tidak ada patokan tentang apa yang benar dan apa yang salah dalam memulai usaha, namun saya belajar banyak dari pengalaman tadi dan menemukan bahwa 4 cara ini sangatlah penting dalam memulai usaha online shop:

 

#1 Menentukan Produk Atau Jasa yang Ingin Anda Jual

Pikirkan dengan matang apakah yang menjadi passion Anda dan berpotensi untuk diperjualbelikan. Jangan langsung menentukan produknya.

Anda harus mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat sekitar terlebih dahulu. Kemudian melihat pengetahuan dan kemampuan Anda untuk meng-upgrade produk atau jasa menjadi lebih baik.

 

#2 Menentukan Sarana dalam Proses Jual Beli

Banyak sarana yang bisa digunakan secara online, misalnya:

  • Marketplace: Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan sebagainya
  • Media sosial: Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya
  • Aplikasi social chat: BBM, LINE, WhatsApp, dan sebagainya

 

#3 Memanfaatkan Sosial Media yang Anda Miliki

Anda bisa memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan sosial media yang sudah Anda miliki, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

 

#4 Lakukan Manajemen terhadap Keuangan Anda

Apabila Anda ingin sukses memulai usaha online shop, mulailah anggap penting manajemen keuangannya. Misalnya dengan memperlakukan bisnis dengan profesional seperti memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak pernah tercampur.

 

#2 Food Blogger/ Enthusiast

Jika Anda hobi makan, tidak ada salahnya menjadikan hobi ini sebagai bisnis tanpa modal. Apabila biasanya Anda menghabiskan banyak uang untuk makan, kini Anda malah bisa memperoleh uang dari makan.

Penasaran bagaimana caranya?

Bisnis Tanpa Modal di Instagram 02 Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Mudah saja, Anda bisa menjadi food blogger atau enthusiast. Anda bisa mengawali bisnis ini dengan beberapa langkah mudah berikut:

  1. Awali dengan mulai mengambil gambar makanan atau minuman Anda, belajarlah sedikit ilmu fotografi agar bisa menghasilkan gambar dengan angle yang bagus dan menarik.
  2. Upload foto-foto makanan tersebut secara konsisten. Jika pembaca menggemari blog Anda, maka pembaca akan mengunjungi blog Anda secara berkala. Diperlukan konsistensi dalam meng-upload ­konten pada blog Anda agar pembaca tidak meninggalkan Anda.
  3. Berilah keterangan lengkap pada caption, misalnya saja:
    • Nama jenis makanan atau minuman
    • Nama resto
    • Lokasi restoran atau kedainya
    • Harga atau range harga, dan sebagainya
  4. Berikan juga pendapat atau review jujur terhadap makanan tersebut. Kejujuran adalah hal yang utama, karena dapat menentukan kredibilitas Anda sebagai food blogger ke depannya.
  5. Jika konten Anda menarik, maka followers akan semakin bertambah, dan Anda akan mulai dilirik oleh para pemilik bisnis kuliner.
  6. Anda sudah bisa menikmati berbagai keuntungan dari blog tersebut, antara lain adalah pendapatan rutin dari endorse atau review dan Anda akan dikenal di kalangan foodies

Menarik sekali bukan?

 

#3 Traveler

Kalau hobi Anda justru jalan-jalan dan bertualang, jangan kira Anda tidak bisa menjadikannya bisnis layaknya hobi makan. Nyatanya banyak sekali traveler yang menjadikan hobinya ini sarana menghasilkan uang loh!

Langkah-langkahnya sama dengan food blogger atau food enthusiast, namun yang berbeda di sini adalah Anda akan mengambil foto dan me-review bukan dari segi makanannya. Ya, Anda bisa memulai dengan membuat review dari beberapa hal berikut:

  • Penginapan (hotel, hostel, apartemen sewaan, dan sebagainya)
  • Tempat wisata
  • Restoran, dan sebagainya

 

Anda bisa melihat contoh blogger lokal Ricky yang sudah berhasil melakukannya dengan konsep “Keliling Indonesia Gratis” berikut ini contoh videonya:

 

Anda bisa memulainya dengan foto dan meng-uploadnya di Instagram alih-alih membuat video.

 

#4 Selebgram

Pernahkah Anda melihat iklan hasil endorse oleh para artis di Instagram? Sekarang, Anda juga bisa menjadi salah satunya loh!

Bukan hanya artis atau selebriti, kini orang biasa pun bisa menjadi selebgram (selebriti instagram). Sudah sangat banyak sekali selebgram yang menjadi sukses, misalnya saja Anaz Siantar (Anastasia Siantar), Nikita Kusuma, lucedaleco (Claradevi Handriatmadja), dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menjadi selebgram, Anda bisa memulainya dengan beberapa langkah mudah berikut:

  1. Tunjukkan apa yang menjadi kelebihan atau keunikan Anda, sehingga Anda menarik dan diikuti banyak pengguna
  2. Tentukan bidang yang Anda minati, misalnya di bisnis fashion, kosmetik, makanan, atau alat elektronik.
  3. Tentukan karakter yang akan Anda tunjukkan, misalnya cantik, lucu, nyeleneh, dan sebagainya. Hal inilah yang akan membuat followers menunggu konten Anda.
  4. Mulailah membuat pendapat atau review jujur terhadap produk-produk tertentu, hingga Anda dilirik oleh para pebisnis di Instagram.
  5. Selanjutnya, Anda sudah mulai bisa menentukan tarif untuk open endorse. Selain memperoleh tarif, Anda juga memperoleh banyak produk gratisan.

Asik bukan?

 

#5 Menjual Foto

Perkembangan teknologi dalam fotografi dewasa ini semakin pesat. Bagaimana tidak? Kini hampir setiap orang memiliki kamera, misalnya pada smartphone mereka.

Dengan demikian, bagi Anda yang mencintai fotografi kini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menyalurkan hobi tersebut. Sudah banyak beredar kamera dengan kualitas baik dan harga yang bersahabat.

Namun nyatanya kecintaan Anda pada fotografi juga bisa menghasilkan uang loh!

Seperti quotes dalam film Batman: The Dark Knight mengatakan:

“If you’re good at something, never do it for free” – Joker

 

Nah, daripada hasil-hasil jepretan kamera Anda hanya dibiarkan menumpuk di harddisk atau sosial media, lebih baik Anda maksimalisasi hobi tersebut. Misalnya dengan menjual foto tersebut ke situs fotografi yang memberikan sejumlah uang sebagai gantinya.

Bisnis Tanpa Modal di Instagram 03 Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Adapun beberapa situs di mana Anda bisa menjual foto-foto hasil jepretan Anda, antara lain sebagai berikut:

StockFresh.com

Melalui situs StockFresh.com, hasil jepretan Anda bisa menghasilkan komisi minimal sebesar 50% sampai maksimal 62,5% untuk tiap foto yang diunduh.

Anda akan mendapat komisi sebesar US$0,35 atau setara dengan Rp4.938 per unduhan jika pembeli sudah berlangganan.

Alamy.com

Penjualan foto di situs Alamy akan memberikan royalti sebesar 50% untuk setiap foto yang terjual. Situs ini terkenal akan keadilan dan ramah bagi pemula karena memberikan royalti yang sangat besar.

Veer.com

Dalam situs Veer.com, Anda akan mendapatkan komisi sekitar US$0,35 atau setara dengan Rp4.938 untuk setiap foto anda yang diunduh pembeli. Harga ini juga bisa berubah-ubah tergantung dari ukuran dan kualitas foto.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

FreeDigitalPhotos.net

Situs yang satu ini menawarkan komisi sangat besar, bahkan hingga 70% untuk setiap foto yang terunduh. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan uang lebih cepat melalui situs FreeDigitalPhotos.net ini.

Istockphoto.com

Istockphoto.com merupakan situs jual beli foto online paling populer dan juga yang tertua, di mana Anda bisa menjual foto kalian dengan harga yang variatif. Anda bisa mendapatkan komisi hingga 15% untuk setiap foto yang di unduh.

 

Catatan: US$1 = Rp14.111

 

#6 Jasa Desain

Jika Anda punya hobi desain dan menginginkan usaha yang sukses, mengapa tidak mulai membuka jasa desain di Instagram sebagai bisnis kecil-kecilan?

Kenyataannya, mayoritas konsumen terfokus pada logo, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Missouri University of Science and Technology. Dengan demikian, banyak pebisnis yang mulai berbondong-bondong mencari jasa desain yang kreatif dan berkualitas.

Bisnis Tanpa Modal di Instagram 04 Finansialku

 [Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Anda bisa memulai dengan cara meng-upload beberapa desain Anda sebagai portfolio di Instagram, dan mulai memasarkannya secara digital maupun konvensional.

Setelah desain Anda mulai dilirik, Anda bisa menghasilkan keuntungan luar biasa dari talent tersebut loh!

 

Berbisnis Tanpa Modal di Instagram Nyatanya Mudah

Nah, kini Anda sudah mengetahui bahwa modal tidak melulu berupa uang. Anda bisa menjalani 6 bisnis tanpa modal di atas.

Mudah sekali bukan?

Buktikan bahwa Anda juga bisa berbisnis sukses tanpa modal di Instagram sekarang juga! Apabila berhasil, bagikan pengalaman Anda dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah. Semoga berhasil!

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai bisnis tanpa modal di Instagram lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Yoshi Nathania. 22 Januari 2018. Tanpa Modal, 6 Bisnis Ini Bakal Sukses Jika Kamu Lakukan di Instagram. Idntimes.com – https://goo.gl/JP3Jzx

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Tanpa Modal di Instagram 1 – https://goo.gl/cXpShQ
  • Bisnis Tanpa Modal di Instagram 2 – https://goo.gl/eNrn92
  • Bisnis Tanpa Modal di Instagram 3 – https://goo.gl/YPbj2r
  • Bisnis Tanpa Modal di Instagram 4 – https://goo.gl/oM865h
  • Bisnis Tanpa Modal di Instagram 5 – https://goo.gl/qYRUF5
Summary
Bisnis Tanpa Modal di Instagram Ini Menghasilkan Banyak Uang Lho!
Article Name
Bisnis Tanpa Modal di Instagram Ini Menghasilkan Banyak Uang Lho!
Description
Mau tahu apa saja bisnis tanpa modal di Instagram?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By |2018-06-22T16:32:50+00:00June 20th, 2018|Categories: Bisnis, Bisnis Online, Hobi, Lifestyle|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment