Anda memiliki hobi fotografi? Sudah tahukah Anda situs menjual foto dengan harga tinggi? Dengan demikian Anda bisa memperoleh uang yang cukup besar dari kegemaran tersebut. Menarik bukan?

Mari kita lihat situs untuk menjual foto dengan harga tinggi tersebut:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

If You’re Good at Something, Never Do It for Free

Perkembangan teknologi dalam fotografi dewasa ini semakin pesat. Bagaimana tidak? Kini hampir setiap orang memiliki kamera, misalnya pada smartphone mereka.

Dengan demikian, bagi Anda yang mencintai fotografi kini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menyalurkan hobi tersebut. Sudah banyak beredar kamera dengan kualitas baik dan harga yang bersahabat.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pekerjaan Hobi Travelling Ini Pas Banget Buat Kalian!]

 

Namun nyatanya kecintaan Anda pada fotografi juga bisa menghasilkan uang lho!

 

Seperti quotes dalam film Batman: The Dark Knight mengatakan:

“If you’re good at something, never do it for free” – Joker

 

Nah, daripada hasil-hasil jepretan kamera Anda hanya dibiarkan menumpuk di hard disk atau media sosial, lebih baik Anda memaksimalkan hobi tersebut. Misalnya, dengan menjual foto tersebut ke situs fotografi yang memberikan sejumlah uang sebagai gantinya.

Penasaran dimana Anda bisa menjual foto-foto hasil jepretan Anda? Finansialku sudah merangkum 11 situs penjualan foto dengan harga tinggi yang bisa Anda coba, yaitu sebagai berikut:

#1 Stockfresh.com

Melalui situs Stockfresh.com, hasil jepretan Anda bisa menghasilkan komisi minimal sebesar 50% sampai maksimal 62,5% untuk tiap foto yang diunduh.

Anda akan mendapatkan komisi sebesar US$0,35 per unduhan jika pembeli sudah berlangganan.

Namun, terdapat kompensasi sebesar 10% meskipun pengunjung tidak mengunduh foto Anda tapi membeli foto orang lain, dengan syarat pengunjung tersebut masuk ke situs Stockfresh dari link Anda.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 03 - Finansialku

[Baca Juga: 17 Cara Berpikir Positif di Kehidupan Anda yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Dengan kata lain, Anda juga memperoleh komisi dari affiliate.

Dengan demikian, Anda bisa memasukkan link foto Anda di website, blog, atau forum sebagai ajang promosi.

 

#2 Alamy.com

Alamy.com merupakan situs alternatif lain dalam menjual foto hasil jepretan Anda. Situs ini telah berkembang sangat pesat sehingga Anda bisa menemukan lebih dari 100 juta foto yang dijual dalam berbagai kategori foto mulai dari pemandangan, travelling, wildlife, hingga budaya.

Penjualan foto di situs Alamy akan memberikan royalti sebesar 50% untuk setiap foto yang terjual. Situs ini terkenal akan keadilan dan ramah bagi pemula karena memberikan royalti yang sangat besar.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Fotografi, Sekedar Koleksi atau Bisa Menghasilkan Uang?]

 

Selain itu, kelebihan lainnya adalah Anda masih diperbolehkan menjual foto yang sama ke situs jual beli foto yang lain. Luar biasa bukan?

 

#3 Veer.com

Dalam situs Veer.com, Anda akan mendapatkan komisi sekitar US$0,35 untuk setiap foto Anda yang diunduh pembeli. Harga ini juga bisa berubah-ubah tergantung dari ukuran dan kualitas foto.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

Sebagai contoh, jika foto berukuran besar, Anda bisa menerima sampai US$5,25 per unduhan. Namun, pembayaran baru bisa diperoleh setelah Anda mencapai threshold sebesar US$100.

 

#4 Freedigitalphotos.net

Situs Freedigitalphotos.net ini menawarkan komisi sangat besar, bahkan hingga 70% untuk setiap foto yang terunduh. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan uang lebih cepat melalui situs FreeDigitalPhotos.net ini.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 06 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memulai Karier MUA (Make Up Artist) dengan Modal KTA? Ini Cara Mengatur Keuangannya]

 

Harga yang berlaku untuk setiap foto mulai dari US$3 per unduhan. Bagaimana? Apa terdengar cukup menarik bagi Anda pecinta fotografi?

 

#5 Fotolia.com

Dengan mengunggah foto hasil jepretan Anda ke situs Fotolia.com, Anda bisa menyajikan foto tersebut bagi jutaan pencari foto online. Bagaimana dengan komisinya?

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 07 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Berburu Buku di Toko Buku Online Terpercaya Indonesia]

 

Untuk setiap foto yang terjual Anda akan menerima royalti sebesar 20% sampai 60% untuk penjualan setiap foto yang diunduh, dan komisi sebesar 0,25 sampai 0,40 kredit untuk unduhan oleh pelanggan.

Dengan demikian, besaran komisi yang diperoleh bergantung pada tipe pembeli.

 

#6 Bigstock.com

Melalui situs Bigstock.com, Anda akan mendapatkan uang dari hasil fotografi seperti layaknya mimpi. Namun jangan salah, kualitas dan ukuran foto juga terkadang mempengaruhi harganya loh. Dengan kata lain, Anda tidak bisa asal jual.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 08 - Finansialku

[Baca Juga: Benarkah Hobi Belanja Bisa Jadi Cara Mencapai Kebebasan Keuangan?]

 

Pendapatan Anda juga dipengaruhi oleh payment plan yang digunakan pembeli. Namun, secara umum Anda bisa mendapatkan komisi hingga 30% untuk setiap foto Anda yang diunduh dengan extended license, dan Anda akan menerima US$0,50 ketika menggunakan kredit.

 

#7 123rf.com

123rf.com merupakan salah satu situs jual beli foto yang juga sangat populer. Dengan penawaran komisi yang cukup tinggi layaknya situs-situs sebelumnya, 123rf.com berani memberikan komisi mencapai 60% dari harga yang dipasang.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 09 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Aulia Halimatussadiah pendiri Nulisbuku.com]

 

Selain komisi unggahan, Anda juga bisa memperoleh komisi juga ada komisi sebesar 0,43% untuk setiap unduhan pembeli dengan beragam jenis pembayaran.

 

#8 Istockphoto.com

Istockphoto.com merupakan situs jual beli foto online paling populer dan juga yang tertua, dimana Anda bisa menjual foto dengan harga yang variatif. Anda bisa mendapatkan komisi hingga 15% untuk setiap foto yang di unduh.

Bahkan situs ini memungkinkan Anda menjadi exclusive contributor, dengan komisi yang jauh lebih besar tentunya, yakni sebesar 45%.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 10 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2017 versi Majalah Forbes]

 

Anda juga bisa menggunakan layanan khusus di mana royalti minimal yang diterima adalah sebesar 25%. Apabila earning sudah mencapai US$100, Anda bisa meminta pembayaran.

Pembayaran yang tersedia yaitu melalui cek, PayPal, Money Bookers, deposit langsung, atau MasterCard.

 

#9 Dreamstime.com

Pada situs jual beli foto online ini, Dreamstime.com Anda bisa menjual foto Anda dan mendapat komisi berkisar antara 25% sampai 60% dari setiap foto yang terjual.

Royalti yang ditawarkan Dreamstime.com juga relatif tinggi yaitu berkisar antara 25% hingga 50%.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 11 - Finansialku

[Baca Juga: 70+ Cara Mengatasi Kesulitan Seperti Para Miliarder, yang Harus Anda Tiru]

 

Seperti halnya Istockphoto.com, jika menggunakan layanan kontrak khusus, Anda bisa mendapatkan royalti yang lebih besar lagi yaitu sekitar 60%.

Situs ini tergolong populer di kalangan para fotografer profesional, sehingga sangat disarankan bagi Anda yang berminat menjual foto hasil jepretan Anda.

 

#10 Shutterstock.com

Siapa sih yang belum pernah mendengar Shutterstock.com? Shutterstock.com merupakan situs populer yang kerap dijadikan pilihan utama sebagai sarana untuk mencari uang tambahan dari hasil jepretan.

Situs ini menawarkan komisi  sebesar 20% hingga 30% dari harga penjualan foto yang kalian unggah. Tetapi skema pendapatan berbeda-beda, misalnya langganan harian, on demand, dan enhanced license.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 12 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pebisnis Sukses yang Memulai Bisnis dari Garasi]

 

Oh ya, semakin banyak pendapatan Anda selama memanfaatkan layanan Shutterstock ini, maka tingkat keuntungan dari segi peningkatan pendapatan per foto yang diunduh juga akan meningkat loh. Menarik bukan?

 

#11 Smugmug.com

Smugmug.com merupakan salah satu situs populer lainnya bagi Anda yang ingin mencari pendapatan dari sebuah foto yang awalnya hanya bermula dari hobi.

Setiap Anda mengunggah foto hasil jepretan kalian secara online, Anda bisa mendapatkan royalti sebesar 85% dari setiap foto kalian yang diunduh oleh orang lain.

Cinta Fotografi Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi 13 - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Koleksi Sepatu? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatur Keuangan Anda]

 

Sayangnya, Smugmug.com mengharuskan biaya bulanan bagi Anda penjual foto sebesar US$12,5 (atau setara dengan Rp170 ribu). Namun, meskipun Anda terpaksa mengorbankan Rp170 ribu setiap bulan, Anda bisa memperoleh untung jika kerap mengunggah foto-foto berkualitas.

Menjadikan Hobi Sebagai Pekerjaan Sampingan

“Bagaimana saya bisa menjadikan hobi saya sebagai sumber penghasilan?”

 

Jawabannya adalah dengan memberikan totalitas baik dalam komitmen dan tindakan untuk mengembangkan hobi itu.

Anda bisa memberikan totalitas hanya jika menggemari apa yang dikerjakan, dan karena kegemaran itulah Anda akan memberikan hampir seluruh hidupnya untuk melakukannya.

 

Dengan kata lain, Anda akan terobsesi untuk melakukan apa yang digemari dan terus mencari cara untuk melakukannya dengan lebih baik lagi sehingga menghasilkan uang. Seperti sebuah pepatah dari Steve Jobs,

“The only way to do great work is to love what you do” – Steve Jobs

 

Jika Anda merasakan manfaat dari artikel ini, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman yang juga sedang menekuni hobi fotografinya. Dengan demikian bisa melangkah bersama menuju kesuksesan melalui hobi tersebut.

 

Disclaimer: Penyebutan situs pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai situs menjual foto dengan harga tinggi lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Esther Yudi. 1 April 2014. 10 Situs Fotografi Untuk Menjual Foto. Dee-nesia.com – https://goo.gl/nr2jHZ
  • Fajar Nurmanto. 5 Juli 2017. Kamu Hobi Fotografi? Jual Foto Jepretanmu di 10 Situs Ini. Idntimes.com – https://goo.gl/6KbCDp
  • Harley. 19 May 2017. Suka Fotografi? Ini 5 Situs Terbaik Untuk Menjual Foto Dengan Harga Tinggi. Jalantikus.com – https://goo.gl/EoXdU8

 

Sumber Gambar:

  • Situs Menjual Foto – https://goo.gl/yXXj9F
  • Fotografi – https://goo.gl/nbA5kr
  • Stock Fresh – Stockfresh.com
  • Alamy – Alamy.com
  • Veer – Veer.com
  • Free Digital Photos – Freedigitalphotos.net
  • Fotolia – Fotolia.com
  • Big Stock – Bigstock.com
  • 123 RF – 123rf.com
  • Istock Photo – Istockphoto.com
  • Dreamstime – Dreamstime.com

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang