Siapakah pebisnis sukses yang memulai bisnis dari garasi? Apakah pebisnis yang memulai dari rumah kos, garasi atau rumah bisa menjadi pebisnis sukses.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi

Berikut ini daftar-daftar pebisnis sukses yang memulai bisnis dari garasi:

 

Steve Jobs dan Wozniack – Apple

Entrepreneur pertama yang memulai bisnsi dari garasi adalah Steve Jobs dan Wozniack. Siapa yang tidak mengenal produk Apple: iMac, iPad, iPhone dan lainnya. Percayakah Anda, bahwa sang pendiri: Steve Jobs dan Wozniack mulai membuat produk pertama dari garasi. Ya sekali lagi, mereka mulai dari garasi. Pada awalnya bisnis Apple dijalankan oleh tiga orang sahabat, yaitu Steve Jobs, Wozniack dan Ronald Wayne pada tahun 1976. Mereka memulai membuat prototype produk personal komputer (pc) dari sebuah garasi di daerah Cupertino, California. Siapa yang bakal menyangka, perusahaan yang dimulai tiga sekawan tersebut, saat ini memiliki karyawan lebih dari 40.000 orang.

7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi - Steve Jobs dan Wozniack - Apple - Finansialku 

[Baca Juga: Internet Telah Merubah Cara Berbisnis Seseorang]

 

Bill Gates dan Paul Allen – Microsoft

Bill Gates and Paul Allen pada tahun 1975 mendirikan Microsoft. Mereka memulai dengan sumber daya yang sangat terbatas dan mereka memulai bisnis dari garasi. Microsoft pertama kali dibuat sebagai perusahaan pengembang aplikasi (software developer). Singkat cerita, mereka bekerja sama dengan IBM, mengembangkan sistem operasi (operating system) dengan modal sebesar $80,000. Beberapa tahun kemudian, mereka dapat mengembangkan sistem operasi yang luar biasa hebat, bernama Windows.  Bisnis Microsoft yang berawal dari garasi, menjadi salah satu bisnis dengan keuntungan besar di dunia.

 7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi - Bill Gates dan Paul Allen – Microsoft - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Bill Gates Pendiri Microsoft]

 

Larry Page dan Sergey Brin – Google

Siapa yang tidak mengenal mesin pencari Google? Larry Page dan Sergey Brin memulai menjalankan bisnisnya pada 1998. Mereka memulai bisnis darigarasi, yang terletak di Menlo Park, California. Selama 5 bulan awal, 3 orang staff Google, bekerja di dalam garasi. Mereka berusaha memperbaiki algoritma untuk mengindeks sebuah website. Tahun depannya, perusahaan tersebut menjadi semakin besar dan berpindah ke Googleplex. Pada saat ulang tahun ke 8, Google membeli garasi tersebut dan menjadikan bukti sejarah berdirinya Google.

7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi - Larry Page dan Sergey Brin – Google - Finansialku

 [Baca Juga: Kisah Sukses Larry Page Pendiri Google]

 

Bill Hewlett dan Dave Packard – Hewlett Packard (HP)

Bill Hewlett dan Dave Packard, memulai bisnis pada tahun 1939. Mereka memproduksi barang-barang elektronik di sebuah garasi. Tepatnya, garasi tersebut terletak di Palo Alto, California. Kedua sahabat ini memulai bisnisnya dengan modal sebesar $538. Saat ini perusahaan HP menjadi salah satu perusahaan besar di bidang teknologi, printer dan komputer. Sama seperti Google, perusahaan HP menjadikan garasi tersebut sebagai bukti sejarah.

7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi - Bill Hewlett dan Dave Packard – Hewlett Packard  - Finansialku

 [Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula]

 

Jeff Bezos – Amazon

Nama Jeff Bezos mungkin tidak cukup familiar di Indonesia. Nama tersebut adalah nama yang populer di Amerika, karena bisnis startupnya bernama Amazon.com. Jeff memulai mendirikan Amazon.com (toko buku online terbesar di dunia) pada tahun 1994. Garasi yang digunakan Jeff Bezos terletak tidak jauh dari garasi yang dimiliki oleh HP. Dengan semangat kepemimpinan yang hebat, Amazon.com tumbuh dengan sangat cepat dan menjadi salah satu perusahaan teknologi dengan pendapatan yang tinggi.

7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi - Jeff Bezos – Amazon - Finansialku

 [Baca Juga: Kisah Sukses Jeff Bezos Pendiri Amazon.com]

 

Walt Disney – Disney

Nama Walt Disney, adalah nama legendaris di kalangan anak-anak. Banyak karakter Disney yang mengisi masa kecil kita. Studio pertama Walt Disney adalah garasi mobil di Hollywood dengan ukuran yang sangat kecil. Di tempat tersebut, Walt Disney mulai mengerjakan berbagai macam animasi. Disney menjadi salah satu perusahaan yang tumbuh dengan cepat.  Sekarang Anda dapat melihat kesuksesan Disney, mulai dari film animasi, produk mainan anak bahkan tempat wisata.

7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi - Walt Disney – Disney - Finansialku

 [Baca Quote: Nasehat dari Walt Disney untuk Calon Entrepreneur]

 

William S. Harley – Harley Davidson

Anda pasti tahukan, motor gede merk Harley Davidson? Bisnis moge ini pertama kali dibuat oleh William S. Harley pad atahun 1901. Harley mulai memproduksi bagian-bagian motor tersebut di salah satu garasi. Harley Davidson memulai memproduksi mesin untuk sepeda. Kebayang kan, teknologi yang ada di tahun 1901? Tentu saja, Harley Davidson memerlukan waktu yang cukup panjang untuk membuat sebuah sepeda motor. Pada tahun 1903, Harley Davidson merilis sepeda motor pertamanya.  Singkat cerita, perusahaan Harley Davidson tumbuh dengan sangat pesat, karena dukungan komunitas yang kuat.

7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi - William S. Harley – Harley Davidson - Finansialku

 [Baca Juga: Jangan Jadi Entrepreneur yang Manja]

 

Memulai Bisnis dari Garasi bukan Kesalahan Anda, Mengakhiri Bisnis di Garasi adalah Kesalahan Anda

Dalam berbisnis, seorang entrepreneur harus memiliki visi yang besar dan jauh ke depan. Seperti Steve Jobs dan Wozniack, yang memiliki visi besar dan memulainya dari hal paling kecil. Jangan pernah merasa minder, jika saat ini Anda memulai bisnis dari garasi, rumah atau kamar kos. Keep moving forward and get your dreams!

 

Bisnis rumahan apa yang ingin Anda jalankan dalam waktu dekat ini?

 

Sumber Gambar:

  • Steve Jobs dan Wozniack – Apple  – http://goo.gl/wYyTle
  • Bill Gates dan Paul Allen – Microsoft – http://goo.gl/2XgHp7
  • Larry Page dan Sergey Brin – Google – http://goo.gl/tycjtz
  • Bill Hewlett dan Dave Packard – Hewlett Packard (HP) – http://goo.gl/ClLwVe
  • Jeff Bezos – Amazon – https://goo.gl/7Ysw5y
  • Walt Disney – Disney – http://goo.gl/zx44lb
  • William S. Harley – Harley Davidson – https://goo.gl/lORojc

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku