Bagaimanakah cara kaya dan hidup sederhana ala Mark Zuckerberg, sang Pendiri Facebook yang merupakan orang termuda dan terkaya di dunia ini? Temukan kata-kata motivasi dari Mark Zuckerberg yang menginspirasi melalui artikel yang akan dipaparkan oleh tim Finansialku berikut ini. Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku
Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Jejaring Sosial Paling Digandrungi

Siapa yang tidak mengenal Facebook dan setiap aplikasinya yang sangat berguna dalam dunia komunikasi masa kini? Setiap kalangan dengan berbagai golongan dan usia telah merasakan bagaimana kegunaan dari Facebook ini.

Semua orang pasti mengenal Facebook, tidak memandang usia mulai dari anak-anak sampai dewasa sudah mengenal Facebook. Saat ini Facebook menjadi jejaring sosial yang paling popular dan digandrungi di seluruh dunia. Disamping sebagai alat untuk membagikan foto-foto, Facebook merupakan alat komunikasi sesama teman.

Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!]

 

Selain itu, yang paling berguna tentu saja adalah Facebook merupakan alat untuk mencari teman, baik teman waktu kecil, teman waktu sekolah, teman waktu kuliah, teman waktu kerja, sanak saudara atau keluarga yang jauh, semuanya dapat kita cari di Facebook. Kegunaan Facebook memang sangat luar biasa, semua teman atau saudara atau keluarga yang tidak pernah ketemu bertahun-tahun, akhirnya bisa ketemu di Facebook.

Profile Pendiri Facebook

Dialah Mark Zuckerberg yang lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York, dimana ayahnya bernama Edward Zuckerberg yang berprofesi sebagai dokter gigi  dan ibunya bernama Karen yang berprofesi sebagai seorang psikiater. Ia dibesarkan di Dobbs Ferry New York bersama tiga orang saudaranya yang bernama Randi, Donna dan Arielle.

Menurut informasi, Mark Zuckerberg saat ini menetapkan dirinya sebagai seorang yang ateis walaupun ia dibesarkan sebagai seorang Yahudi oleh kedua orangtuanya. Berdasarkan catatan pada Bulan Mei 2011 yang lalu, dilaporkan bahwa Mark Zuckerberg telah membeli rumah dengan kamar lima di Palo Alto senilai US$7 juta. Sebagai tambahan, jumlah kekayaan bersihnya pun mencapai US$17,5 miliar.

Kata-kata Motivasi Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Susi Pudjiastusi, Pendiri Susi Air dan Susi Brand]

 

Mark Zuckerberg jatuh cinta pada Priscilla Chan dan memutuskan untuk menikahinya pada tanggal 19 Mei 2012. Upacara pernikahannya dilangsungkan di halaman belakang rumah Mark Zuckerberg. Pernikahan tersebut hanya mengundang orang-orang khusus dengan alasan untuk merayakan kelulusan dari istrinya, Priscilla Chan sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran di University of California, San Fransisco.

Setahun berselang, pada tanggal 1 Desember 2015 yang lalu dikabarkan bahwa anak pertama berjenis kelamin perempuan dari Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan dilahirkan dan diberi nama Maxima Chan Zuckerberg dengan berat 3,4 kg.

 

Awal Mula Kemunculan Facebook

Facebook ini sebenarnya dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas pada kalangan kampus pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Mari kita intip dan kilas balik sejenak tentang proses keberhasilan Mark Zuckerberg saat membuat hasil karyanya, Facebook.

Facebook diluncurkan dari sebuah kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Dalam waktu 2 minggu setelah diluncurkannya Facebook, separuh dari mahasiswa Harvard sudah memiliki akun Facebook. Ternyata, tidak hanya mahasiswa Harvard yang tertarik dengan hasil karya Mark Zuckerberg ini, beberapa kampus di sekitar Universitas Harvard juga meminta untuk dimasukkan ke dalam jejaring sosial Facebook.

Facebook dimulai hanya sebagai “barang Harvard” (Harvard Thing) sampai akhirnya Mark Zuckerberg memutuskan untuk menyebarluaskannya ke sekolah lain, mendaftar dengan bantuan dari teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Di Universitas Harvard, Mark Zuckerberg menemukan sebuah ide cemerlang untuk membuat buku direktori mahasiswa secara online karena universitasnya pada saat itu tidak membagikan facebook (buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka.

Kata-kata Motivasi Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook]

 

Setiap pemilik akun Facebook memiliki ruang untuk memajang fotonya, teman-temannya, network dan melakukan hal lainnya seperti berkirim pesan dan lain sebagainya. Banyaknya aplikasi yang bisa digunakan oleh para anggotanya, membuat Facebook digandrungi banyak orang. Setidaknya 140 aplikasi baru ditambahkan ke Facebook setiap harinya dan 95% pemilik akun Facebook telah menggunakan minimal satu aplikasi.

Hanya dalam waktu sekitar empat bulan, hasil karya brilian dari seorang Mark Zuckerberg ini sudah bisa menjaring 30 kampus. Dan dalam hal jumlah trafik pengakses, Facebook menjadi website paling aktif ke-6 di dunia di samping menjadi website jejaring sosial kedua terbesar versi comScore.

Ketika melihat bahwa Facebook mampu menjadi daya tarik yang kuat untuk menarik minat banyak orang untuk bergabung menjadi anggota, Mark Zuckerberg memutuskan mengikuti jejak pendiri Microsoft – Bill Gates – dimana Mark Zuckerberg memilih keluar dari kampus atau drop out untuk memfokuskan diri pada hasil karyanya itu. Mark Zuckerberg dan rekannya berhasil membuat Facebook jadi situs jaringan pertemanan yang segera melambung namanya. Setidaknya ada 9.373 aplikasi yang terbagi dalam 22 kategori yang dapat dipakai untuk memeriahkan halaman Facebook, mulai dari chat, games, pesan instan, hingga hal-hal yang berhubungan dengan urusan politik dan berbagai hal lainnya.

Kata-kata Motivasi Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mengambil Pelajaran Berharga dari Kisah Beauty and The Beast]

 

Dengan demikian, setiap data yang dibuat dan ditampilkan oleh setiap anggota Facebook akan lebih jelas dibandingkan situs pertemanan lainnya. Hal ini juga yang membuat orang semakin nyaman dengan Facebook untuk mencari teman atau relasi, baik yang sudah dikenal ataupun mencari kenalan baru di berbagai belahan dunia. Anggota akun Facebook terus menerus bertambah dan berkembang pesat sejak kemunculannya pada tahun 2004 silam. Situs itu tercatat sudah dikunjungi sekitar 60 juta orang dan bahkan Mark Zuckerberg berani menargetkan di tahun 2008, angka tersebut akan mencapai 200 juta anggota.

Dengan berbagai keunggulan dan jumlah peminat yang luar biasa, Facebook menjadi ‘barang dagangan’ yang sangat laku. Mark Zuckerberg dinilai dapat melihat peluang dan niat baiknya ternyata mampu digabungkan menjadi sebuah nilai tambah yang luar biasa.
Kisah hidup dan kesuksesan Mark Zuckerberg ini tentu saja dapat memberikan pelajaran berharga bagi kita dimana niat baik ditambah perjuangan dan ketekunan dalam mengerjakan peluang akan melahirkan kesempatan yang dapat mengubah hidup semakin bermakna dan tentu saja berguna bagi banyak orang.

Pengembangan Facebook

Pada Bulan Agustus 2005, Mark Zuckerberg mulai melakukan berbagai pembenahan dengan memulainya dari penggantian domain yang tadinya www.thefacebook.com menjadi facebook.com. Selain itu, jangkauan keanggotaannya pun diperluas menjadi internasional. Jumlah pengguna akun Facebook yang melebihi satu juta membuat Mark Zuckerberg harus menggandeng Accel Partners, sebuah perusahaan ventura, untuk membiayai pengembangan dari Facebook. Saat itu, Accel Partners memberikan dana investasi sebesar US$12,7 juta dimana sebelumnya Peter Thiel, CEO dari PayPal telah menanamkan modalnya sebesar US$500.000 pada Bulan Juni 2004.

Kata-kata Motivasi Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Walaupun jumlah pengguna Facebook meningkat pada tahun 2005 disebutkan Facebook menga­lami kerugian sampai US$3,63 juta. Facebook kemudian mendapatkan suntikan dana sebesar US$25 juta dari Greylock Partners dan Meritech Capi­tal Partners, dimana dana itu digunakan untuk meluncurkan versi mobile-nya.

Setelah berhasil meraup US$12,7 juta, Facebook telah bersiap untuk memindahkan perusahaan ke tingkat lebih tinggi, situs tersebut pun berkembang dari jaringan kampus lalu termasuk sekolah-sekolah menengah atas, dan grup-grup lingkungan kerja, ditambah lagi pada September 2006, setiap orang yang memiliki alamat email dapat bergabung menjadi anggota.

Sekarang, ada lebih dari 110 juta pengguna aktif, dan menurut comScore Media Metrix, yang mencatat aktivitas Web, Facebook tercatat sebagai situs peringkat empat yang paling banyak dikunjungi di dunia. Ternyata ketenaran Facebook tak luput dari sorotan “para raksasa” teknologi yang memperhatikan kesuksesan Mark Zuckerberg.

Pada tahun 2006, Mark membuat dunia terheran dengan menolak tawaran Yahoo untuk membeli Facebook seharga US$1 juta. Setahun kemudian, Bill Gates yang menggawangi Microsoft tak tanggung-tanggung menginvestasikan ke 1,6% saham perusahaan seharga US$240 juta dolar.

Mark Zuckerberg founder Facebook - Orang Kaya di Abad Informasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA]

 

Tidak sampai disitu saja, berbagai tawaran mulai membanjiri Facebook. Li Ka-shing (miliarder asal Hong Kong) disebut-sebut ikut menginvestasikan dananya kepada Facebook sekitar US$60 juta pada Bulan November 2007. Selain itu, ada informasi yang menyebutkan bahwa Perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka seperti, Viacom, Yahoo, Google, dan sebagainya pun ikut menawar untuk membeli Facebook.

Namun, sejauh ini Mark Zuckerberg mengatakan perusahaannya, Facebook tidak akan dijual. Semakin terkenal bisnis Facebook yang ia dirikan membuat Mark Zuckerberg berhasil memiliki kekayaan yang luar biasa.

 

Kekayaan dan Keberhasilan Mark Zuckerberg

Majalah Forbes mengabarkan bahwa kekayaan Mark Zuckerberg telah mencapai US$1,5 miliar atau sekitar Rp13,5 triliun di awal masuknya Facebook ke pasar saham. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila majalah Forbes menobatkannya sebagai The Youngest ‘Selfmade’ Billionaire on the Planet.

Mark Zuckerberg Facebook - Drop Out dan Jadi Kaya - Bagiamana Orang Kaya Menciptakan Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mark Zuckerberg Menjadi Orang Terkaya ke 6 Sejagad]

 

Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders. Usia Mark Zuckerberg baru 30 tahun, tetapi ia mampu menghasilkan US$44 miliar Amerika berkat hasil karyanya, Facebook. Keberhasilan pria pendiri Facebook, salah satu situs jejaring sosial ternama di dunia, ini membuatnya bertengger dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes. Tidak hanya itu, dalam urutan tersebut Mark Zuckerberg juga dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda.

Di tahun 2017, menurut Majalah tersebut, total kekayaan Mark Zuckerberg sebesar US$51,8 miliar atau sekitar Rp663 triliun. Dengan jumlah kekayaan tersebut, maka Mark Zuckerberg masih menobatkan dirinya sebagai anak muda paling kaya di dunia. Tidak hanya itu, kekayaan Mark Zuckerberg dilansir bertambah Rp44 triliun setiap harinya.

 

Kata-kata Motivasi Mark Zuckerberg

Berikut ini 10 kata-kata motivasi dari Marck Zuckerberg yang dapat Anda pahami agar menjadi orang kaya dan sukses.

 

#1 “I think a simple rule of business is, if you do the things that are easier first, then you can actually make a lot of progress.”

Saya pikir aturan bisnis yang sederhana adalah, jika Anda melakukan hal-hal yang lebih mudah terlebih dulu, maka Anda sebenarnya bisa membuat banyak kemajuan.

 

#2 “By giving people the power to share, we’re making the world more transparent.”

Dengan memberi orang kekuatan untuk berbagi, kita membuat dunia lebih transparan.

 

#3 “In a world that is changing really quickly, the only strategy that is guaranteed to fail is not taking risks.”

Di dunia yang berubah sangat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.

 

#4 “The companies that work are the ones that people really care about and have a vision for the world so do something you like.”

Perusahaan yang bekerja adalah perusahaan yang memiliki kepedulian dan visi untuk dunia, oleh sebab itu, lakukanlah sesuatu yang Anda sukai.

 

#5 “I feel that the best companies are started not because the founder wanted a company but because the founder wanted to change the world”

Saya merasa bahwa perusahaan terbaik dimulai bukan karena pendirinya menginginkan sebuah perusahaan tapi karena sang pendiri ingin mengubah dunia.

 

#6 “Building a mission and building a business go hand in hand. The primary thing that excites me is the mission. But we have always had a healthy understanding that we need to do both.”

Membangun misi dan membangun bisnis berjalan beriringan, hal utama yang menggairahkan saya adalah misinya, tapi kita selalu memiliki pemahaman yang sehat bahwa kita perlu melakukan keduanya.

 

#7 “People don’t care about what you say, right? They care about what you build. And if you can make something that makes people’s life better, then that’s something that’s really good.”

Orang tidak peduli dengan apa yang Anda katakan, bukan? Mereka peduli dengan apa yang Anda bangun. Dan jika Anda dapat membuat sesuatu yang membuat hidup orang menjadi lebih baik, maka itu adalah sesuatu yang sangat bagus.

 

#8 “A lot of people are focused on taking over the world or doing the biggest thing and getting the most users. I think part of making a difference and doing something cool is focusing intensely.”

Banyak orang fokus untuk mengambil alih dunia atau melakukan hal terbesar dan mendapatkan sebagian besar pengguna. Saya pikir membuat perbedaan dan melakukan sesuatu yang keren adalah fokus secara intens.

 

#9 “Founding a company is hard. Most of it isn’t smooth. You’ll have to make very hard decisions. You have to fire a few people. Therefore, if you don’t believe in your mission, giving up is easy. The majority of founders give up. But the best founders don’t give up.”

Mendirikan sebuah perusahaan sangat sulit, sebagian besar tidak mulus, Anda harus membuat keputusan yang sangat sulit, Anda harus memecat beberapa orang. Karena itu, jika Anda tidak percaya pada misi Anda, menyerahlah dengan mudah. Mayoritas pendirinya menyerah, tapi pendiri terbaik tidak menyerah.

 

#10 “Really, who you are is defined by the people who you know – not even the people that you know, but the people you spend time with and the people that you love and the people that you work with.”

Sungguh, siapa Anda didefinisikan oleh orang-orang yang Anda kenal, bahkan bukan hanya sekadar orang-orang yang Anda kenal, tetapi orang-orang yang Anda luangkan waktu bersama dan orang-orang yang Anda cintai serta orang-orang yang bekerja dengan Anda.

 

Kisah Sukses Mark Zuckerberg Pendiri Facebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Ada Pelajaran Berharga dari Kisah Wolf Of Wall Street]

 

Tokoh Muda yang Unik dan Kreatif: Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg adalah seorang pemuda dengan caranya yang unik dan kreatif menggunakan kecerdasannya melalui peluang yang ada untuk meraih kesuksesan dengan cara yang berbeda dari generasi pendahulunya. Bukan suatu proses yang instan dan mudah yang telah dijalani oleh Mark Zuckerberg dalam membawa pembaharuan kepada dunia teknologi dan komunikasi.

 

Kami berharap artikel di atas dapat memberi suntikan motivasi dan dorongan positif bagi kemajuan karier dan usaha Anda. Berikan komentar dan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Kevin Daum. 17 Mei 2016. 26 Inspiring Quotes From Facebook Founder Mark Zuckerberg. Inc.com – https://goo.gl/5qffwg
  • Peter Economy. 26 Maret 2016. Mark Zuckerberg: 19 Inspiring Power Quotes for Success. Inc.com – https://goo.gl/hOF5Ha
  • Admin. Mark Zuckerberg: Programmer, Philanthropist and 2013 CEO of the year. Successstory.com – https://goo.gl/W8F9mG
  • Admin. Mark Zuckerberg Biography: Success Story of Facebook Founder and CEO. Astrumpeople.com – https://goo.gl/2Dfwxt

 

Sumber Gambar:

  • Facebook dan Mark Zuckerberg – https://goo.gl/qSRzRQ dan https://goo.gl/SLdbSD
  • Mark Zuckerberg – https://goo.gl/fFvPP4 dan https://goo.gl/XTf1Tr
  • CEO Facebook – https://goo.gl/9Vz5g5

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana