Bagaimana kisah sukses Daniel Mananta, pendiri DAMN I Love Indonesia? Kali ini Finansialku akan membahas perjalanan hidup dari seorang Daniel Mananta yang sukses dalam mendirikan usahanya sendiri. Berikut ini artikelnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!

Daniel Mananta adalah salah seorang selebriti yang berprofesi sebagai pembawa acara. Daniel memulai karirnya sebagai VJ MTV pada tahun 2003 dan pernah sukses membawakan acara Indonesian Idol dari tahun 2006 sampai 2014 menggantikan Irgi Ahmad Fahrezi.

Saat ini, nama lelaki yang lahir di Jakarta tahun 1981 silam itu berhasil masuk ke dalam jajaran pembawa acara papan atas di Indonesia. Bahkan pada tahun 2013, Daniel berhasil menyabet penghargaan sebagai Presenter Talent Show Terbaik versi Panasonic Gobel Award.

Selain sukses menjalani karirnya sebagai pembawa acara multi talenta, Daniel juga sukses menjadi entrepreneur muda yang berhasil membangun sebuah brand unik dan orisinil. Lelaki ini merupakan pendiri sekaligus pemilik brand DAMN! yang terkenal dengan slogannya yaitu “Damn! I Love Indonesia.”

Produk DAMN milik Daniel Mananta merupakan sebuah perusahaan pembuat kaos, jaket, dan pakaian anak muda dengan tagline uniknya “Damn! I Love Indonesia.”

Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Susi Pudjiastusi, Pendiri Susi Air dan Susi Brand]

 

Makna Di Balik Brand DAMN I Love Indonesia

Nama DAMN sendiri ternyata berasal dari singkatan nama pendirinya yaitu Daniel Mananta. Karena Daniel sangat cinta pada Indonesia dengan budaya dan etnik-etniknya maka kemudian Daniel menambahkan “I Love Indonesia” pada produk kaosnya tersebut.

Tagline dan brand tersebut ternyata tidak hanya unik tetapi juga memiliki makna dan filosofi yang dalam. Daniel Mananta memiliki cita-cita agar anak muda Indonesia mampu mencintai dan bangga dengan budaya negaranya sendiri. Daniel juga ingin konsumen-konsumen asing bisa ikut mencintai budaya Indonesia.

 

Kisah Lahirnya DAMN I Love Indonesia

Sebelum DAMN didirikan, Daniel Mananta memang dikenal memiliki bakat bisnis dari kedua orang tuanya. Sejak duduk di bangku SMA, lelaki tampan ini pernah menjalani berbagai bisnis, mulai dari bisnis MLM (Multi Level Marketing) sampai pernah membuka sebuah toko baju berkonsep Jepang  di WTC mangga Dua.

Semua bisnisnya ini dimodali dengan tabungan yang disimpan selama bekerja sambilan di warung ayam bakar. Meskipun memiliki bakat bisnis yang mumpuni, bukan berarti Daniel selalu sukses dan berhasil. Bisnis toko baju ala Jepang miliknya sempat lesu dan tidak menghasilkan keuntungan. Tetapi bukan Daniel Mananta namanya jika mudah menyerah. Tanpa pikir panjang Daniel lalu mengubah konsep tokonya sehingga berkaitan dengan dunia musik kemudian lahirlah DAMN Black Label.

Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Setelah menyelesaikan studinya di luar negeri kembali mencoba bisnis baju berkonsep Jepang dengan membuka toko di WTC Mangga Dua. Karena dinilai tidak berhasil, Daniel mengubah konsep bisnisnya dengan dunia musik hingga kemudian lahirlah DAMN Black Label.

DAMN Black Label merupakan toko yang membuat dan menjual produk baju dan kaos berwarnanya hitam dengan gambar segala hal tentang dunia musik, seperti Rolling Stones dan The Beatles. Dari bisnis ini Daniel mendapatkan respon yang baik sehingga tokonya berkembang dan memiliki 8 cabang.

Melihat peluang cukup besar, Daniel mulai memikirkan idealisme yang selama ini ingin diwujudkan, yaitu sebuah concept store yang sangat kental dengan nuansa Indonesia. Tanggal 25 Oktober 2008, dibukalah toko tersebut di FX Plaza lantai 6 dengan nama DAMN I Love Indonesia.

 

Koleksi Produk DAMN I Love Indonesia

Pada tahun-tahun awal berdirinya, DAMN hanya memproduksi 150 kaos yang dijual di sebuah lapak kecil di toko milik teman Daniel Mananta. Strategi bisnis Daniel adalah dengan menyasar pasar anak muda yang potensial melalui tagline “DAMN! I Love Indonesia.”

Selain anak-anak muda, Daniel juga mempromosikan produknya lewat teman-teman selebritis. Dia juga selalu mengenakan kaos-kaos milikinya sendiri setiap tampil di acara on air atau off air.

Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA]

 

Setelah berjuang selama kurang lebih tiga tahun, Daniel akhirnya berhasil mengangkat produk DAMN! menjadi salah satu produk favorit anak muda Indonesia. Usahanya pun berkembang pesat hingga memiliki beberapa store selain store utamanya di FX Plaza. Kini selain kaos, DAMN! juga memproduksi berbagai produk kekinian seperti jaket, topi, dan celana dengan desain dan tagline khas milik perusahaan ini.

 

Perkembangan DAMN!

Perambahan produk berupa topi dan celana merupakan salah satu strategi Daniel untuk mengembangkan concept store-nya. Cara ini juga dinilai ampuh dalam memperluas pangsa pasar lain yang lebih potensial dan menguntungkan.  

Menurut Daniel Mananta, kunci kesuksesan bidan usaha fashion terletak pada keunikan dan identitas sebuah produk. Bagi DAMN! identitas itu terletak pada tagline-nya yang unik dan desain kaosnya yang sederhana tetapi mampu membuat orang tertarik untuk membeli produk-produk perusahaan tersebut. 

Jika sebuah produk fashion mampu memiliki orisinalitas dan keunikan pada produknya, bukan tidak mungkin produk tersebut bisa menjadi pionir atau bahkan tolak ukur munculnya produk-produk lain yang serupa. Seperti yang terjadi pada DAMN!

Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Anne Avantie, Pendiri AnneAvantieMall.com]

 

Saat ini tagline “DAMN I Love Indonesia” milik DAMN! telah menjadi tren di kalangan anak muda. Apalagi produk “DAMN I Love Indonesia” pernah dipakai oleh Adam Levine, vokalis band Maroon 5 asal Amerika Serikat saat konser di Jakarta, 4 Oktober 2012 silam. Tentu saja hal ini akan menambah tingkat kebanggaan DAMN! sebagai sebuah produk kaos.

Meskipun bisa dikatakan telah sukses dalam dunia fashion, namun Daniel masih berharap bisnisnya ini dapat berkolaborasi dengan brand fashion lokal, seperti Dagadu, Joger, Dadung, dan lain-lainnya. Karena dari awal tujuan DAMN! dibangun adalah untuk mendukung komunitas seni termasuk para produsen kaos Indonesia agar budaya dan tradisi negeri ini memiliki tempat di hati para anak mudanya dan anak-anak muda mancanegara.

 

Pelajaran berharga apa yang Anda peroleh dari kisah sukses Daniel Mananta dalam membangun bisnisnya? Berikan pendapat dan jawaban Anda pada kolom yang disediakan di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vessy Frizona. 15 Agustus 2016. Kisah Sukses Daniel Mananta Usung Patriotisme Modern hingga Mancanegara. Okezone.com – https://goo.gl/0ndcgZ
  • Damn I Love Indonesia ~ Kesuksesan Brand Fashion Populer Dengan Jargon Cinta Tanah Air. Maxmanroe.com – https://goo.gl/NgRYpO

 

Sumber Gambar:

  • Daniel Mananta DAMN – https://goo.gl/zUVYJ5 dan https://goo.gl/DzBRBp
  • Daniel Mananta – https://goo.gl/FkKsLz
  • DAMN I Love Indonesia – https://goo.gl/wDNEh7
  • Adam Levine – https://goo.gl/fHgB3s

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang