Mengapa nama Anne Avantie bisa begitu tenar di Tanah Air, terutama di dunia fashion?  Pasti Anda penasaran bukan dengan sosok fenomenal yang satu ini. Yuk ikuti kisah hidup sang desainer dan apa saja kiat-kiatnya hingga sesukses saat ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Anne Avantie, Perancang Busana Kebaya Terbaik

Barangkali, Anda sudah tidak asing lagi dengan sosok yang satu ini. Namanya Sianne Avantie sedangkan asalnya dari Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Ia dikenal sebagai seseorang pengusaha sukses dengan melahirkan karya-karya yang patut diacungi jempol. Meskipun ia hidup di sebuah kampung halaman yang tak sehiruk pikuk Kota Jakarta, Anne Avantie telah sukses menciptakan busana-busana keren yang telah dikenal luas baik lokal maupun internasional.

Meskipun namanya cukup tenar, bukan berarti perancang busana ini banyak tingkah, tetapi justru ia memilih untuk tetap rendah hati dan sederhana.  Misalnya saja dalam hal berpenampilan, wanita luar biasa ini tak sedikitpun menonjolkan kesan glamour pada pakaian yang ia kenakan tidak seperti hasil rancangan busananya yang telah banyak diakui keindahannya. Hal ini juga nampak dalam berbagai kesempatan dimana Anne Avantie hanya memakai atasan polos saja tanpa imbuhan berbagai macam detail sementara bawahannya berupa celana hitam. Selain itu, ia juga lebih memilih untuk tetap mempertahankan rambut aslinya yang dipercantik dengan sanggul serta bunga kamboja yang terselip padanya.

Kisah Sukses Anne Avantie, Pendiri AnneAvantieMall.com 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Dian Pelangi, Pebisnis Hijab Berusia Muda]

 

Berdasarkan penuturannya, ia merintis karier yang telah ia jalan selama kurang lebih 25 tahun itu benar-benar dari nol. Diawali dengan bakat jahit yang diturunkan oleh ibunya, Anne Avantie semakin mematangkannya dengan berlatih menjahit secara otodidak dengan hanya bermodalkan dua buah mesin jahit. Selanjutnya, ia membuka kios jahit sederhana dengan nama “Griya Busana Permatasari” yang juga menyewakan pakaian tari.

Dalam sebuah acara talkshow, ia mengungkapkan bahwa, ia adalah anak ke-22 dari 24 bersaudara. Latar belakangnya semakin kelam dengan pendidikan yang hanya sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Awalnya, ia merasa sedih karena berasal dari keluarga semacam itu, apalagi ia pernah merasa bahwa dirinya mempunyai banyak keterbatasan. Begitupun halnya dalam berumah tangga, dimana ia pernah juga mengalami kegagalan pernikahan.

Namun, ia tak mau terus menerus meratapi nasib. Ia menyadari hanya mengeluh akan malah menambah keterpurukan. Maka dari itu, ia berusaha sekuat tenaga untuk bangkit karena ia yakin bahwa dirinya adalah perempuan luar biasa. Segala keterpurukan yang ia alami segera ia abaikan begitupun dengan segenap kekurangan yang dia miliki. Mengapa ini semua harus dianggap sebagai sebuah keterbatasan? Begitupun halnya dengan pendidikannya yang terbatas, yang tak pernah sedikitpun membuat dirinya terbatas.

Kisah Sukses Anne Avantie, Pendiri AnneAvantieMall.com 3 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Memilih Partner Bisnis! Inilah Solusinya!]

 

Hal inilah yang melatar belakangi tekadnya untuk melahirkan anak-anak yang juga bermasalah seperti ibunya dulu, meskipun ia asalnya dari keluarga yang bermasalah. Ia kemudian berjuang menjadi perempuan yang hebat, yang lebih dari sekedar seorang desainer saja. Yang membuat Anne Avantie semakin yakin ialah keinginannya sendiri untuk dapat berubah dan pada akhirnya ia berhasil mewujudkannya.

Anne Avantie merupakan sosok perempuan biasa yang memiliki banyak kekurangan, tetapi hebatnya ia tidak mau kalah dalam berkompetisi. Setelah sebelumnya ia hanya dikenal di belakang layar dengan hasil-hasil karyanya yang berupa kostum penari dan beraneka busana malam, Anne kemudian mencoba peruntungannya di Jakarta untuk mengenalkan rancangan busananya. Setelah melalui berbagi proses yang cukup berliku, barulah ia bisa dikenal sebagai seorang perancang kebaya terbaik.

Karya-karya kebayanya rupanya tidak hanya menarik minat pecinta fashion lokal, tetapi juga penikmat fashion Internasional. Saat ini, karya-karyanya telah banyak diadaptasi oleh perancang busana lokal lainnya, tetapi Anne Avantie tak mau mempersoalkannya. Alih-alih melaporkannya ke pihak berwajib atas dasar plagiarism, ia justru membiarkannya. Pasalnya, dengan berdamai, ia akan dapat menginspirasi banyak orang. Bahkan Anne menegaskan bahwa tidak perlu adanya klaim kalau ini karyanya, tidak boleh ditiru. Baginya, kalaupun karya-karyanya telah ia patenkan, ia akan kewalahan lapor polisi setiap hari. Pasalnya, dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia pasti ada saja orang yang mencontek karyanya. Oleh karena itu, lebih baik ia tidak mempedulikannya meskipun tak sedikit karyanya dijiplak oleh mereka yang ingin mengeruk keuntungan atas kreasi-kreasi yang telah ia publikasikan. Inilah yang ia sebagai sebuah titik keikhlasan.

Kisah Sukses Anne Avantie, Pendiri AnneAvantieMall.com 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Veronika Linardi Pendiri Qerja.com dan Jobs.id]

 

Keterbatasan merupakan penghalang yang akan merintangi seseorang untuk dapat maju. Namun, seorang Anne Avantie tidak menganggap itu sebagai sesuatu yang harus dihindari. Malahan, ia mampu berdamai dengan segala keterbatasan yang disandangnya dan pada akhirnya ia berhasil membuktikan bahwa segala keterbatasan tersebut bukanlah suatu hambatan. Keterbatasan justru ia anggap sebagai cambuk agar dapat terus maju. Baginya, karir sebagai desainer tidak dapat diukur dari ijasah apa yang dimilikinya. Ijasah tak seharusnya menjadi penghalang kemampuan seseorang yang ingin sukses.

Oleh karena itu, Anne Avantie pernah menjadi tukang jahit, lalu tukang payet meskipun ia tidak memiliki ijazah. Pasalnya, karier seseorang dalam bidang fashion tidak dapat dihalangi hanya dengan selembar kertas. Tak sungkan-sungkan ia mengaku bahwa dirinya memiliki banyak kekurangan, seperti tidak lancar bahasa Inggris serta masih gagap teknologi termasuk di antaranya tidak tahu caranya menggunakan smartphone.

Kisah Sukses Anne Avantie, Pendiri AnneAvantieMall.com 5 - Finansialku

[Baca Juga: Mengubah Visi Menjadi Kekayaan, Begini Caranya!]

 

Uniknya semua keterbatasan yang ia miliki terhadap kemajuan teknologi, justru menjadikan hasil rancangan Anne Avantie menjadi eksklusif dimana sentuhan tangan (handmade) dipertahankan. Tak heran jika jumlah produksinya tidak masal karena belum adanya penggunaan teknologi. Inilah yang membuat hasil rancangannya bernilai tinggi.

 

Menurut Anda, apa yang membuat Anne Avantie sukses? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ayu Iring. 15 Juli 2016. Kisah Sukses Desainer Kebaya Terbaik Anne Aventie. akuibucerdas.com – https://goo.gl/RPWWPP
  • Rokhmah Nurhayati S. 26 April 2014. Mengenal Sosok Sang Designer Kondang, Anne Avantie. Kompasiana.com – https://goo.gl/3PX4Dz

 

Sumber Gambar:

  • Anne Avantie – https://goo.gl/U4dDn4 dan https://goo.gl/IbRKSB
  • Anne Avantie Kebaya – https://goo.gl/w8AtyS dan https://goo.gl/MAh6SV
  • Istana Anne Avantie – https://goo.gl/10qciw

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang