Anda ingin membangun rumah? Untuk bisa mendapatkan rumah tinggal yang nyaman dan sesuai keinginan Anda, ada kalanya Anda perlu menyewa jasa desain rumah. Lalu, berapa harga jasa desain rumah pada umumnya?

Simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Sewa Jasa Desain Rumah

Sebelum membangun rumah, Anda tentu saja membutuhkan desain rumah sebagai panduan. Membuat desain rumah tentu saja tidak bisa asal-asalan.

Karena nantinya rumah ini akan ditinggali dan juga bisa menjadi instrumen investasi. Rumah yang didesain dengan baik akan lebih nyaman untuk ditinggali dan juga bisa bertahan lebih lama.

Di samping itu, jika desain rumah Anda memiliki kualitas yang baik, bukan mustahil harga jualnya juga akan tinggi. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa desain rumah sebelum membangun rumah Anda.

 

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Desain Rumah

Bagi sebagian orang, menggunakan jasa desain rumah mungkin bukan hal yang penting.

Bahkan mungkin hanya menambah biaya membangun rumah saja karena tentu saja ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyewa jasa arsiteknya.

Studi Kasus Ini Harga Jasa Desain Rumah di Perkotaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu]

 

Akan tetapi, ada beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan mengapa menggunakan jasa desain rumah diperlukan.

 

#1 Hasil Desain yang Estetik

Seorang arsitek tentu saja memiliki pengetahuan tentang desain rumah. Bukan hanya secara fungsi, tapi juga secara estetika.

Dengan menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah, Anda bisa mendapatkan desain rumah yang bukan hanya nyaman, tapi juga memiliki nilai estetika.

 

#2 Pengaturan Tata Ruang yang Baik

Dalam membuat desain rumah, seorang arsitek akan mempertimbangkan berbagai hal. Termasuk sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, rumah Anda akan terasa lebih nyaman dan terang.

Di samping itu, meskipun Anda memiliki luas tanah yang tidak terlalu besar, arsitek dapat membantu Anda menciptakan tata ruang yang lebih luas dan lega untuk rumah Anda.

 

#3 Desain yang Modern

Seiring waktu, desain rumah juga terus mengalami perkembangan. Dengan menggunakan jasa desain arsitek, Anda bisa mendapatkan desain rumah modern yang mewah dengan gaya bangunan yang sesuai dengan selera Anda.

 

Harga Jasa Desain Rumah di Perkotaan

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan jasa desain rumah, pertanyaan yang paling sering muncul adalah “berapa biaya yang harus disiapkan?”.

Sebenarnya, biaya jasa desain rumah ini sangat tergantung dengan paket yang ingin Anda ambil. Biasanya, penyedia jasa desain rumah akan menawarkan beberapa paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget Anda.

Bingung!! Apa Bisa Gaji UMR Beli Rumah Bagaimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengintip 10 Desain Interior Apartemen Minimalis Super Nyaman]

 

Secara umum, berikut ini adalah paket desain dan perkiraan harga jasa desain rumah:

 

#1 Paket Super Lengkap

Paket super lengkap biasanya dibanderol dengan harga jasa sekitar Rp100.000 per m2.

Dalam paket ini, Anda akan mendapatkan desain 3D eksterior dan juga desain interior 3D semua ruangan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan gambar kerja, termasuk gambar arsitek, gambar struktur, dan utilitas.

Pada paket super lengkap ini, biasanya Anda juga akan mendapatkan gambaran desain dalam bentuk video. Umumnya, video akan memiliki durasi sekitar 4-10 menit tergantung luas bangunan yang Anda miliki.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran desain rumah yang lebih jelas sehingga Anda juga lebih mudah untuk menentukan desain furnitur yang akan Anda butuhkan.

 

#2 Paket Lengkap

Paket lengkap memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan paket super lengkap. Umumnya, untuk paket lengkap ini Anda perlu membayar biaya desain sekitar Rp80.000 per m2.

Harga desain ini sudah termasuk desain 3D eksterior, denah tata ruang, dan juga gambar kerja, yaitu gambar arsitek, gambar struktur, dan utilitas.

Paket lengkap ini bisa Anda gunakan untuk pengurusan IMB. Namun seringkali, jasa desain rumah tidak termasuk dengan jasa pengurusan IMB. Sehingga Anda tetap harus mengurusnya sendiri.

Selain itu, gambar kerja yang Anda dapatkan bisa menjadi pegangan untuk tukang atau kontraktor yang Anda sewa.

Dengan adanya gambar kerja, tukang atau kontraktor bisa lebih mudah melakukan pembangunan rumah dari awal hingga akhir.

 

#3 Paket 3D dan Denah

Paket 3D dan Denah memiliki harga yang lebih murah lagi. Untuk biaya desainnya, Anda hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp50.000 per m2.

Tentu saja layanan yang Anda dapatkan akan lebih ekonomis dibandingkan dua paket sebelumnya.

Untuk paket 3D dan denah, biasanya Anda hanya akan mendapatkan denah tata ruang rumah dan desain 3D view dari bangunan rumah Anda.

Namun, jika Anda membutuhkan paket desain untuk pengurusan IMB saja, paket 3D dan denah ini akan cukup untuk memenuhi keperluan Anda tersebut.

 

#4 Paket Desain 3D Interior

Terakhir adalah paket desain 3D interior. Jasa desain ini memberikan Anda desain 3D interior untuk setiap ruangan yang Anda butuhkan. Biasanya, harga yang ditetapkan adalah harga per view, bukan harga per meter persegi.

Untuk paket desain 3D interior ini, pada umumnya penyedia jasa desain menetapkan harga mulai dari Rp1,5 juta untuk setiap view.

Jadi, jika Anda membutuhkan view untuk ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dan dapur, Anda bisa memesan 4 view dengan harga total sekitar Rp6 juta.

Desain 3D interior ini memberikan Anda gambaran yang detail untuk view setiap ruangan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperkirakan hasil akhir dari desain rumah Anda.

Selain itu, karena terhitung sederhana, biasanya pembuatan desain 3D interior juga terbilang cukup cepat dibandingkan dengan jasa desain yang lebih lengkap.

 

Harga Tergantung Penyedia Jasa Desain Rumah

Itulah beberapa perkiraan harga jasa desain rumah di perkotaan. Harga tersebut bisa saja berbeda-beda tergantung dari penyedia jasa desain rumah yang Anda pilih.

Semakin ternama penyedia jasa tersebut, biasanya akan semakin mahal juga biaya jasa desain yang perlu Anda siapkan.

Selain itu, biasanya suatu penyedia jasa desain rumah juga akan menetapkan harga minimal untuk masing-masing paket yang mereka miliki.

Misalnya saja, untuk jasa desain 3D interior, Anda tidak bisa hanya memesan 1 view saja dalam satu pesanan. Jadi, mau tidak mau Anda perlu memesan jumlah view sesuai dengan jumlah minimum pesanan yang sudah ditetapkan.

Begitu pula dengan paket lainnya. Untuk paket desain 3D dan denah hingga paket super lengkap, biasanya pihak penyedia jasa desain telah memiliki harga minimum jasa.

Jika harga minimum yang ditetapkan adalah untuk luas bangunan 200 m2, meskipun luas bangunan Anda kurang dari 200 m2, pihak penyedia jasa desain akan tetap menghitungnya sebagai 200 m2.

Tenang, Anda bisa mendapatkan desain yang Anda inginkan tentunya dengan perencanaan yang matang tentunya dengan perencanaan keuangan yang tepat.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda pernah menggunakan jasa desain rumah sebelumnya? Jika pernah, bagaimana pengalaman Anda saat menggunakan jasa desain tersebut?

Anda bisa membagikan pengalaman Anda tersebut dengan pembaca lainnya dengan menuliskannya di kolom komentar.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda juga ya! Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Harga Jasa Desain Rumah. Jasadesainrumahmurah.com – http://bit.ly/2WnFuKR

 

Sumber Gambar:

  • Desain Rumah 1 – http://bit.ly/2ZdKuUf
  • Desain Rumah 2 – http://bit.ly/2I4xDhs