Bisa dibilang desain ruang tamu adalah representative dari desain rumah secara umum. Karena itu, tidak ada salahnya juga jika Anda memberikan perhatian lebih untuk mendekorasi ruang tamu agar lebih menarik.

Saat bertamu ke rumah seseorang, bagian ruang tamu menjadi ruangan pertama yang akan dilihat oleh tamu. Oleh karena itu desain ruang tamu sangat perlu diperhatikan. Simak ide-ide kreatif berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ide Kreatif Desain Ruang Tamu

Pernahkah Anda datang ke rumah teman atau kerabat dan merasa nyaman dengan ruang tamunya?

Ruang tamu memang menjadi spot menarik yang memberikan kesan pertama kepada setiap tamu yang datang ke rumah. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mendekorasi ruang tamu Anda dengan cara yang kreatif.

Nah, bagi Anda yang bingung mau mendekorasi ruang tamu Anda seperti apa, berikut ini adalah beberapa ide kreatif desain ruang tamu yang bisa Anda jadikan referensi:

 

#1 Ruang Tamu Minimalis

Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Indah Dekorasi Kamar Tidur Di Bawah Ini Bisa irit Anggaranmu, Lho!]

 

Anda yang menyukai desain interior modern, desain ruang tamu minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat sekaligus aman. Bisa dibilang, desain interior ruang tamu minimalis adalah desain interior yang tidak akan pernah salah.

Untuk mendapatkan kesan ruang tamu yang minimalis, Anda bisa meletakkan sebuah sofa, meja, dan juga buffet kecil.

Untuk kesan ruangan yang lebih luas, penempatan cermin besar juga akan membuat ruang tamu jadi terkesan lebih luas.

Anda bisa memilih barang-barang dengan warna dasar yang netral. Tapi pastikan juga Anda tidak meletakkan terlalu banyak furnitur di ruang tamu Anda.

Cara ini tidak pernah gagal membuat ruang tamu Anda jadi terasa lebih modern dan kekinian.

 

#2 Ruang Tamu Industrial dengan Sentuhan Alami

Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu 03 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips dan Trik Sukses Cara Dekorasi Rumah Minimalis]

 

Beberapa waktu ke belakang, ruang tamu dengan kesan industrial kembali diminati oleh banyak orang. Anda yang senang dengan sesuatu yang unik dan klasik bisa menggunakan ide ini untuk desain ruang tamu di rumah.

Apalagi tidak banyak orang yang menggunakan ide desain ruang tamu seperti ini di ruang tamu mereka.

Kunci dari desain ruang tamu industrial adalah membiarkan material mentah terekspos di ruang tamu Anda.

Selain itu, penggunaan ornamen serta elemen industrial biasanya ditemukan di banyak desain interior yang mengambil gaya industrial ini.

Sayangnya, gaya desain ruang tamu industrial ini seringkali malah memberikan kesan yang cenderung kaku dan dingin. Karena itu, desain ini lebih sering digunakan pada bangunan populer dan bangunan komersial.

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan desain ini di ruang tamu Anda. Jika mau, Anda bisa menambahkan penggunaan material berbahan kayu atau natural untuk mendapatkan kesan yang sedikit lebih santai.

 

#3 Ruang Tamu Vintage Terbuka

Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu 04 - Finansialku

[Baca Juga: Biar Lebih Menawan dan Indah, Ini Jenis Bunga Hias yang Bisa Kamu Pakai]

 

Lebih suka dengan suasana yang hangat dan homey? Desain ruang tamu vintage dan terbuka bisa jadi pilihan.

Untuk menciptakan kesan vintage pada ruang tamu, Anda bisa menggunakan furnitur dengan gaya klasik dan tempo dulu di ruang tamu Anda.

Selain itu, penggunaan material alami seperti rotan atau kursi bambu juga bisa membuat kesan vintage ruang tamu Anda semakin kuat.

Jika mau, Anda bisa memilih furnitur dengan warna alami seperti coklat atau warna pastel yang ringan untuk aplikasi di bagian lainnya.

Untuk menciptakan kesan yang nyaman, jendela berukuran besar yang menghadap ke arah matahari bisa menjadikan ruang tamu Anda semakin terasa sempurna.

Jendela ini juga berfungsi sebagai sumber masuknya cahaya alami, sehingga ruang tamu Anda terasa terang dan juga lebih sehat.

 

#4 Ruang Tamu Skandinavian

Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu 05 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Desain Kamar Tidur yang Murah! Dijamin Betah Lama Di Kamar]

 

Ruang tamu dengan gaya skandinavian biasanya didominasi dengan warna-warna monokrom. Selain itu, furnitur yang digunakan juga cenderung minimalis.

Perpaduan warna monokrom dan furnitur minimalis ini menciptakan kesan desain ruang tamu skandinavian yang rapi dan menarik.

Bagi Anda yang menyukai desain interior ruang tamu yang artistik dan modern, gaya ruang tamu skandinavian adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa menambahkan kesan artsy di ruangan tanpa mengurangi rasa dan suasana skandinaviannya sendiri.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#5 Ruang Tamu Natural

Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mengintip 10 Desain Interior Apartemen Minimalis Super Nyaman]

 

Ruang tamu natural adalah desain ruang tamu yang cocok untuk Anda yang menyukai kesan hangat dan segar di rumah. Apalagi, membuat ruang tamu natural bisa dibilang tidak terlalu sulit.

Ruang tamu natural didominasi oleh penggunaan furnitur dengan warna earthy tone. Misalnya coklat, putih tulang, coklat susu, abu-abu, krem, dan lain-lain.

Penggunaan warna earthy tone ini juga bisa Anda terapkan pada bagian finishing dan juga dekorasi pelengkap.

Selain itu, penggunaan barang yang menggunakan material alami seperti bambu, kayu, atau rotan juga akan memperkuat kesan natural pada ruang tamu Anda.

Jika mau, Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hijau indoor di ruang tamu Anda. Dengan begitu, desain ruang tamu Anda akan terasa semakin natural dan fresh.

 

#6 Ruang Tamu Retro

Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu 07 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Desain Rumah Minimalis: 21 Tips Renovasi Rumah Biasa Jadi Minimalis (Gak Pake Mahal!)]

 

Pernah terpikir untuk membuat ruang tamu Anda bergaya retro? Kalau ya, kenapa tidak dicoba saja?

Gaya ruang tamu retro ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa eksentrik. Kamu bisa menggunakan warna-warna khas retro yang kontras, atau melengkapinya dengan dekorasi pop art.

Pada bagian perabot dan furnitur, Anda bisa menggunakan perabot dan furnitur vintage. Gaya furnitur vintage bertemu dengan warna-warna kontras khas retro akan membuat ruang tamu Anda terasa unik dan semakin hidup.

 

#7 Ruang Tamu Rustic

Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu 08 - Finansialku

[Baca Juga: Penampakan Desain Rumah Margot Robbie yang Harganya Bikin Melongo]

 

Desain ruang tamu berikutnya adalah desain ruang tamu rustic. Gaya desain ruang tamu ini cocok untuk Anda yang menyukai kesan natural dan hangat namun tetap ingin memberikan kesan yang berbeda dan unik.

Beberapa waktu belakangan, gaya rustic juga mulai diminati kembali.

Nah, kalau Anda ingin mencoba menciptakan ruang tamu dengan kesan rustic, Anda bisa menggunakan material rustic yang terekspos seperti material kayu atau besi sehingga kesan rustic jadi semakin terlihat.

 

Ruang Tamu Untuk Kenyamanan Tamu Anda

Nah, itulah 7 ide desain ruang tamu kreatif yang bisa Anda terapkan untuk desain ruang tamu Anda di rumah. Dengan dekorasi ruang tamu yang unik, tamu pun juga akan merasa nyaman saat bertamu ke rumah Anda.

Untuk mewujudkan dekorasi ini, tentu saja Anda membutuhkan biaya. Untuk itu, jangan lupa untuk membuat rencana keuangan terlebih dahulu. Sehingga, keinginan untuk mendekorasi ruang tamu tidak mengganggu rencana Anda yang lainnya.

Oh iya, Anda juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana Anda, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Di antara 7 ide desain ruang tamu tersebut, manakah desain favorit Anda? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar ya.

Selain itu, jika Anda memiliki tips untuk dekorasi ruang tamu yang unik dan hemat, Anda bisa membagikan tips Anda dengan pembaca lain dengan menuliskannya di kolom komentar.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada kerabat dan kenalan Anda lainnya jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Selamat berkreasi dengan ruang tamu Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Kania. 22 April 2018. 9 Gaya Interior Ruang Tamu Terfavorit Keluarga. Dekoruma.com – http://bit.ly/2VYXTS8

 

Sumber Gambar:

  • Desain Ruang Tamu 1 – http://bit.ly/2vVmSXM
  • Desain Ruang Tamu 2 – http://bit.ly/2E5RESp
  • Desain Ruang Tamu 3 – http://bit.ly/2HhQ3Lo
  • Desain Ruang Tamu 4 – http://bit.ly/2JeuYnj
  • Desain Ruang Tamu 5 – http://bit.ly/2JmbEEL
  • Desain Ruang Tamu 6 – http://bit.ly/2HerNcM
  • Desain Ruang Tamu 7 – http://bit.ly/2VxFRHn
  • Desain Ruang Tamu 8 – http://bit.ly/2HvVzsL