Bagaimana sih desain interior apartemen minimalis yang nyaman?

Simak dulu yuk inovasi desain apartemen kekinian yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengapa Memilih Apartemen?

Setiap orang yang tinggal di kota-kota besar cenderung mempunyai mobilisasi yang tinggi sehingga segala cara dilakukan untuk menempuh satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu yang cepat.

Salah satu jalan keluarnya adalah memilih hunian di tempat strategis dan mempunyai akses ke jalan-jalan utama. Namun selalu saja ada kendala yang dihadapi.

Kendala tersebut adalah lahan perumahan yang harganya semakin meningkat setiap tahunnya, khususnya perumahan di daerah strategis.

Harga yang ditawarkan tentu saja menyentuh angka yang fantastis dan tidak semua orang mampu membelinya. Oleh karena itu banyak pengusaha properti yang memanfaatkan peluang ini dengan membangun apartemen.

 

10 Desain Interior Apartemen Minimalis

Apartemen adalah tempat tinggal yang berada di salah satu lantai pada bangunan yang bertingkat. Pada bangunan bertingkat tersebut terdiri dari banyak ruang atau unit.

Apartemen yang telah dibuat oleh pengembang atau pengusaha properti kemudian disewakan atau dijual dengan sejumlah syarat tertentu. Berikut adalah contoh desain interior apartemen minimalis super nyaman.

 

#1 Interior Apartemen Studio Berkonsep Monokrom

Hunian jenis apartemen studio banyak dipilih oleh kaum urban karena menawarkan kepraktisan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Apartemen studio memiliki harga yang cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan apartemen jenis lainnya.

Kebanyakan orang yang tinggal di apartemen tidak memiliki waktu yang banyak untuk merawat tempat tinggal mereka, karena itulah memilih lokasi apartemen yang dekat dengan kantor akan menjadi pilihan yang tepat.

10 Desain Interior Apartemen 02 Desain Apartemen 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Freelancer Sewa Rumah atau Beli Rumah? Ini Tips dan Triknya!]

 

Apartemen jenis ini cocok bagi pelajar atau karyawan yang bertujuan mencari kepraktisan dengan harga yang bersahabat.

Karena itulah banyak apartemen tipe studio dibangun dekat kawasan kantor atau perguruan tinggi.

Apartemen studio sangat cocok dibuat dengan konsep monokrom karena warnanya tidak monoton. Pilihlah warna hitam atau putih dengan motif yang menarik.

 

#2 Interior Apartemen Studio Multifungsi

Apartemen tipe memang banyak digemari oleh orang-orang. Apartemen studio biasanya berukuran kecil karena hanya terdiri dari 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Ruangan kamar tidur biasanya bersifat multifungsi karena dapat dibagi menjadi beberapa area seperti ruang tamu dan dapur. Luas lahan apartemen ini berkisar antara 20-35 meter persegi.

10 Desain Interior Apartemen 03 Desain Apartemen 3 - Finansialku

[Baca Juga: Baru Nikah? Ini Tips Hemat Mengisi Rumah untuk Pengantin Baru]

 

#3 Interior Apartemen 2 Kamar Serba Putih

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa apartemen memiliki luas yang tidak begitu besar. Oleh karena itu sang pemilik harus pintar dalam menata dan mendesain ruangannya agar dapat nyaman ditinggali dan tidak terkesan sempit.

Konsep yang cocok untuk hunian luas terbatas adalah gaya minimalis. Anda dapat memilih cat warna putih serta perlengkapan pastel pada interior dining room dan yang lainnya.

10 Desain Interior Apartemen 04 Desain Apartemen 4 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rumah Mewah Milik Pemain Basket NBA yang Harganya Bikin Tercengang]

 

#4 Desain Interior Apartemen dengan Furniture Hemat Tempat

Furniture adalah seperangkat perabotan yang selalu hadir di ruangan untuk menunjang aktivitas setiap orang yang berada di dalamnya.

Karena itu, pemilihan furniture juga dapat berpengaruh terhadap kesan sebuah ruangan. Misalnya ruangan yang tidak terlalu luas disarankan menghindari jenis furniture berukuran besar.

10 Desain Interior Apartemen 05 Desain Apartemen 5 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat dan Murah Membangun Rumah Idaman]

 

#5 Desain Interior Apartemen dengan Rak Gantung Elegan

Selain memilih furniture yang sesuai, Anda juga dapat mengakali ruangan yang sempit dengan menggunakan furniture yang hemat tempat seperti rak gantung.

Dengan furniture jenis ini Anda dapat menaruh buku atau pernak-pernik lainnya tanpa khawatir akan memakan tempat yang banyak.

10 Desain Interior Apartemen 06 Desain Apartemen 6 - Finansialku

[Baca Juga: Tapera, Program Tabungan Rumah Menjadi Angin Segar Bagi Masyarakat Indonesia]

 

#6 Menyempurnakan Desain Interior dengan Mini Bar

Alternatif lainnya adalah memilih furniture yang multifungsi.

Contohnya adalah tempat tidur yang bawahnya terdapat laci untuk menaruh barang-barang atau coffee table yang dapat dimanfaatkan sebagai kotak untuk menaruh buku dan majalah.

 

Anda juga bisa menambahkan mini bar di dapur Anda. Selain mempercantik ruangan, mini bar juga dapat sekaligus digunakan sebagai meja makan.

Dengan menggunakan furniture yang memiliki fungsi ganda, maka Anda tidak perlu membeli dua furniture dan sekaligus dapat berhemat.

10 Desain Interior Apartemen 07 Desain Apartemen 7 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Lakukan 44 Cara Menghemat Uang Untuk Beli Rumah Baru]

 

#7 Interior Futuristik dengan Warna Cerah

Dalam mendesain suatu ruangan apartemen, pemilihan warna untuk dinding, lantai dan perabotan merupakan hal yang penting dan tidak dapat diabaikan.

Hal ini karena pemilihan warna akan menentukan suasana dan mempengaruhi mood setiap orang yang berada di dalamnya. Dengan demikian warna memainkan peran dalam mempengaruhi sisi psikologis pemilik.

Disarankan agar menggunakan warna yang cerah untuk dinding ruangan apartemen tipe studio karena dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas jika dibandingkan dengan warna-warna gelap.

Warna-warna yang biasa dipilih adalah putih atau krem, selain itu Anda juga dapat memilih warna-warna pastel untuk ruangan agar terkesan hangat.

Namun tidak ada salahnya menambahkan aksen warna cerah yang kontras pada satu sudut ruangan sebagai center of attention agar ruangan apartemen studio tidak terkesan membosankan.

10 Desain Interior Apartemen 08 Desain Apartemen 8 - Finansialku

[Baca Juga: Wujudkan Kepemilikan Rumah Minimalis Sederhana dengan Aplikasi Finansialku]

 

Misalnya Anda dapat memilih sofa berwarna merah terang di ruang tamu sebagai penarik perhatian.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat bermain dengan warna pada desain suatu ruangan adalah tidak menggunakan banyak warna dalam satu ruangan. Cukup gunakan tiga sampai empat warna.

Di samping itu diusahakan antara satu warna dengan yang lainnya dapat terlihat cocok dan tidak terlihat bertabrakan satu sama lain.

 

#8 Interior Apartemen dengan Elemen Dekoratif

Untuk menghilangkan kesan sepi dan kosong pada apartemen gaya minimalis maka penambahan benda-benda untuk menambah aksen dekoratif sangat disarankan.

Pemilihan elemen dekoratif dapat mempercantik ruangan namun tidak membuat apartemen terkesan semakin sempit.

Beberapa contoh dekorasi yang dapat Anda terapkan di apartemen diantaranya adalah cermin. Seperti telah diketahui banyak orang bahwa keberadaan cermin di suatu ruangan dapat memberikan kesan yang luas.

Di samping itu dengan adanya cermin, sebuah ruangan akan menjadi lebih terang karena cahaya akan terpantul lewat cermin.

Elemen dekorasi lainnya adalah lilin wangi atau scented candle.

Sekarang, lilin jenis ini semakin banyak peminatnya karena selain berfungsi sebagai penerang, lilin ini juga dapat memberikan efek nyaman dan relaksasi bagi orang yang berada di sekitarnya.

Anda dapat menaruh lilin wangi dengan model yang cantik di beberapa sudut ruangan.

10 Desain Interior Apartemen 09 Desain Apartemen 9 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati Barang Bawaan Anda Saat Renovasi Rumah]

 

#9 Interior Apartemen dengan Pencahayaan Unik

Pencahayaan di dalam suatu ruangan dapat diperoleh dari dua sumber yaitu cahaya matahari dan lampu.

Apabila tidak banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan maka Anda dapat memilih lampu yang tepat untuk menambah penerangan. Hal ini juga akan memberikan rasa nyaman dan efek yang luas pada ruangan apartemen.

Saat akan memasang lampu, sebaiknya Anda menentukan posisi lampu agar dapat mendukung pencahayaan dengan maksimal.

10 Desain Interior Apartemen 10 Desain Apartemen 10 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana DP Rumah atau Pesta Pernikahan Mewah? [Polling]]

 

Pilihlah lampu yang sepadan dengan ukuran ruangan sehingga orang-orang di dalamnya dapat melihat dengan baik tanpa merasa silau.

Namun jika Anda adalah orang yang senang dengan hal-hal unik, maka Anda bisa juga mencoba untuk menggunakan lampu dengan warna yang tidak biasa seperti biru atau ungu pada satu sudut ruangan asalkan tidak mengganggu fungsi penglihatan dan aktivitas sehari-hari di ruangan tersebut.

 

#10 Interior Apartemen Vintage Atau Shabby

Selera setiap orang dalam mendesain suatu ruangan berbeda-beda. Oleh karena itu banyak pilihan desain yang dapat Anda pilih agar sesuai dengan keinginan dan tetap memiliki nilai estetika.

Beberapa contoh desain yang banyak diminati saat ini adalah gaya vintage, shabby chic hingga klasik.

10 Desain Interior Apartemen 11 Desain Apartemen 11 - Finansialku

[Baca Juga: Era Rumah Murah: RUSUN, RUSUNAMI, RUSUNAWA dan Rumah DP 1% dari Pak Jokowi]

 

Apabila Anda suka dengan tema nostalgia, maka konsep vintage sangat cocok untuk Anda. Warna yang biasa digunakan pada tema ini adalah warna earthy tone.

Walaupun gaya vintage identik dengan hal-hal yang terkesan “jadul” tetapi tema ini dapat dikombinasikan dengan furniture yang modern agar tetap cantik dan menawan.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Pastikan Konsultasi Pada Desainer

Dari uraian di atas Anda sudah mengetahui beberapa hal yang menjadi tips untuk mendesain apartemen gaya minimalis.

Namun jika Anda masih bingung untuk menentukan desain apartemen, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari jasa desainer interior.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda sudah menyiapkan anggaran keuangan untuk menggunakan jasa desainer interior tersebut.

 

Dengan perencanaan yang baik dan matang, maka Anda dapat memiliki apartemen dengan desain impian Anda.

Tuliskan tanggapan Anda dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Devi Yulia. 4 Desember 2018. 10 Desain Interior Apartemen Studio Minimalis. Rukamen.com- https://goo.gl/fiHEq3

 

Sumber Gambar:

  • Desain Apartemen 1 – https://goo.gl/aYDEKG
  • Desain Apartemen 2 – https://goo.gl/kmHnQe