Bagaimana cara freelancer sewa rumah atau beli rumah?

Bekerja sebagai freelancer memang cukup menyenangkan. Apalagi jika Anda bukan hanya bisa mengatur waktu Anda, tapi juga bisa memiliki pendapatan yang cukup.

Meskipun sering dianggap sebagai pekerjaan yang penghasilannya tidak pasti, seorang freelancer ternyata juga bisa membeli rumah, lho!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Freelancer Sewa Rumah atau Beli Rumah

Hampir setiap orang memiliki pekerjaan impiannya masing-masing. Pekerjaan impian ini berbeda-beda bagi setiap orang.

Ada yang menganggap bahwa bekerja sebagai pegawai negeri adalah pekerjaan impiannya. Sebagian lagi ada pula yang menjadikan guru dan mengajar sebagai pekerjaan impiannya.

Ada pula orang yang tidak menjadikan profesi tertentu sebagai pekerjaan impian, tapi lebih menitikberatkan kepada sesuatu yang bisa ia dapatkan. Gaji yang besar atau kebebasan waktu misalnya.

Tapi untuk bisa mendapatkan gaji besar dan kebebasan waktu dalam satu pekerjaan, sering kali bukanlah hal yang mudah. Dan jika bisa mendapatkan keduanya dalam satu pekerjaan, tentu saja hal itu sangat menyenangkan.

Jika Anda adalah orang yang menjadikan kebebasan waktu sebagai pekerjaan impian Anda, menjadi freelancer mungkin akan jadi pekerjaan yang menyenangkan untuk Anda jalani.

Sayangnya, memilih pekerjaan sebagai freelancer sering kali berarti Anda juga siap dengan risiko pendapatan yang tidak pasti.

Namun jangan salah mengerti, ada juga freelancer yang bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan hidupnya saja.

Freelancer Sewa Rumah atau Beli Rumah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Rencana Menikah? Ini Tips Menabung Ala Freelancer!]

 

Tahukah Anda, dengan pendapatan yang diterima, seorang freelancer bahkan bisa memiliki sebuah rumah. Menarik bukan? Tentu saja!

Pada dasarnya, untuk bisa menyewa bahkan membeli rumah bukan hanya tentang seberapa besar uang yang bisa Anda dapatkan, namun tentang bagaimana Anda dapat mengelola uang Anda.

Nah, jika Anda seorang freelancer, Anda bisa menyimak bagaimana trik agar seorang freelancer bisa sewa rumah atau beli rumah berikut ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#1 Penuhi Kebutuhan Lebih Dulu

Begitu Anda mendapatkan bayaran atas pekerjaan Anda, jangan langsung menghabiskannya untuk membeli berbagai macam barang dan mengalokasikan tabungan dari uang sisa belanja.

Jika Anda terbiasa dengan pola ini, maka wajar saja jika sampai saat ini Anda masih kesulitan menambah saldo tabungan Anda.

Cobalah untuk membiasakan diri memprioritaskan sekian persen dari pendapatan Anda untuk tabungan terlebih dulu.

Setelah itu, alokasikan pula berapa yang Anda perlukan untuk kebutuhan bulanan Anda. Jika ada dana lebih, maka dana tersebut yang bisa dengan lebih leluasa Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya atau Anda tambahkan pada rekening tabungan Anda.

Meningkatkan Hidup Sebagai Freelance 04 Memilih Pekerjaan - Finansialku

[Baca Juga: WASPADA! 5 Kesalahan Freelance yang Dapat Mengancam Keberlanjutan Usaha]

 

Dengan terbiasa memprioritaskan dana tabungan terlebih dulu, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk bisa memiliki modal membeli rumah.

Idealnya, Anda bisa memprioritaskan sekitar 10 persen pendapatan Anda untuk tabungan. Dan jika Anda bisa menyisihkan lebih banyak untuk investasi, maka hal tersebut akan lebih baik lagi.

 

#2 Jangan Terburu-buru

Dalam memilih rumah, Anda tidak bisa melakukannya dengan terburu-buru. Termasuk saat Anda ingin memiliki rumah mewah.

Jangan terburu-buru untuk langsung membeli sebuah rumah mewah di kawasan strategis. Meskipun hal ini cukup menggoda, tapi sebaiknya Anda menahan sejenak keinginan tersebut.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jika berkaca pada miliarder kelas dunia seperti Warren Buffet atau Carlos Slim, maka hal ini adalah hal yang biasa.

Kedua miliarder itu bahkan tinggal selama puluhan tahun di rumah tinggal yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan pendapatan yang mereka miliki.

 

#3 Tidak Ada Salahnya Naik Kendaraan Umum

Jika saat ini Anda masih belum bisa memiliki kendaraan pribadi beserta supir pribadi, hal tersebut bukanlah masalah. Anda masih bisa menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi harian Anda.

Selain murah, dengan menaiki kendaraan umum Anda juga akan melihat banyak situasi yang dapat membangun inspirasi dan kreativitas Anda.

 

#4 Cukur Rambut Sendiri

Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk mencukur rambut? Jika Anda menghabiskan sekitar 50 ribu Rupiah hingga 100 ribu Rupiah untuk sekali potong rambut, Anda bisa mencoba untuk mencukur rambut Anda sendiri.

Bayangkan berapa biaya cukur rambut yang bisa Anda hemat selama satu tahun, jika Anda rutin mencukur rambut Anda setiap bulannya?

Freelancer Sewa Rumah atau Beli Rumah 03 Cukur Rambut - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Freelance yang Mudah Dipraktikkan]

 

Dengan mencukur rambut Anda sendiri, Anda bisa mengalihkan biaya cukur rambut yang Anda gunakan untuk menambah tabungan investasi Anda.

Apalagi saat ini ada banyak pilihan investasi yang bahkan bisa dimulai hanya dengan 100 ribu Rupiah saja.

Tahukah Anda bahwa Investasi Reksa Dana bisa dimulai hanya dengan modal Rp100 ribu saja? Segera miliki Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula dan selamatkan uang Anda dari ganasnya inflasi tahunan yang menggerus nilai dari harta yang Anda miliki.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Jangan Terobsesi Merek atau Brand

Memiliki barang branded atau bermerek memang memberikan kebanggaan tersendiri. Tapi jangan sampai Anda malah jadi terobsesi untuk memiliki barang-barang bermerek.

Ada banyak barang dan pakaian yang tidak terlalu bermerek namun memiliki kualitas yang bagus dan tentu saja dengan harga yang jauh lebih murah.

Pada dasarnya, orang lain tidak terlalu melihat merek apa yang Anda gunakan. Selama Anda memiliki karisma dan karakter yang baik, maka barang apapun yang Anda kenakan juga akan terlihat berkelas.

Jadi, daripada memaksakan diri membeli barang-barang bermerek, akan lebih baik jika dana tersebut Anda simpan dalam bentuk tabungan atau investasi yang lebih menguntungkan.

 

#6 Jangan Tergoda Barang Mewah

Saat Anda membeli sesuatu, pastikan bahwa barang tersebut bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang, atau lebih baik Anda urungkan niat Anda untuk membelinya.

Memiliki barang-barang mewah memang cukup menggoda, tapi Anda juga perlu ingat bahwa barang mewah yang Anda beli hari ini, seiring waktu akan semakin menurun nilainya. Dan tentu saja ini akan menjadi kerugian bagi Anda.

Cek Dulu Biaya Ini Sebelum Anda Membeli Tas Mewah di Luar Negeri 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Praktis dan Jitu Meningkatkan Hidup Sebagai Freelance]

 

Karena itu, jika dirasa tidak benar-benar Anda butuhkan dalam jangka panjang, sebaiknya Anda menahan keinginan untuk membeli barang mewah tersebut.

Menyimpan dana dalam bentuk investasi akan lebih menguntungkan bagi Anda. Dengan demikian, suatu waktu ketika Anda membutuhkan sejumlah dana untuk membeli rumah, Anda tinggal mengambilnya dari tabungan investasi Anda.

 

#7 Ikuti Anggaran yang Sudah Dibuat

Agar seorang freelancer bisa sewa rumah atau beli rumah, Anda harus disiplin terhadap anggaran yang telah Anda buat.

Jangan terlalu banyak membuat toleransi dan membelanjakan uang Anda di luar anggaran yang telah dibuat.

Dengan membuat anggaran dan disiplin dalam penerapannya, Anda akan lebih mudah mengatur keuangan Anda dan juga mengetahui bagaimana Anda menggunakan uang Anda.

Selain itu, adanya anggaran juga membantu Anda agar tidak mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu penting.

 

Membiasakan Diri!

Itulah 7 cara yang bisa diterapkan agar seorang freelancer bisa sewa rumah atau beli rumah.

Memang cara-cara tersebut akan membutuhkan waktu hingga Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah.

Namun, dengan membiasakan tips dan trik tersebut di atas, Anda bukan hanya akan mampu membeli rumah saja, tapi juga akan memiliki kebiasaan finansial yang baik yang akan semakin memudahkan Anda agar bisa sukses secara finansial.

 

Apakah Anda memiliki tips dan trik lain yang bisa diterapkan? Jika ada, silakan menuliskannya di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda.

Jika Anda mengalami masalah dalam perencanaan keuangan pribadi, keluarga ataupun bisnis Anda, Finansialku siap menolong Anda! Terima kasih! 

 

Sumber Referensi:

  • Wahyu Utama. 8 Mei 2018. Cara Berhemat Dengan 9 Tips Dari Para Miliarder, Patut Ditiru! Koinworks.com – https://goo.gl/iZ8yS3

 

Sumber Gambar:

  • Asian People Thinking 01 – https://goo.gl/cReaaY
  • Asian People Buying House 02 – https://goo.gl/9KCUyP
  • Cukur Rambut – https://goo.gl/bJS876