Istilah akselerasi sering kali ditemui dalam kegiatan berbisnis. Akselerasi bisnis, suatu istilah yang merujuk pada organisasi yang dapat membantu dana sebuah perusahaan. 

Namun tentu saja ada proses dan juga proses dalam hal ini. Selengkapnya, Anda bisa simak artikel di bawah ini! 

 

Summary:

  • Peran akselerasi dalam bisnis yaitu bisa mempercepat pengembangan usaha dan meningkatkan peluang untuk menarik investor.
  • Beberapa tantangan yang biasanya dihadapi selama proses akselerasi bisnis antara lain, kurangnya inovasi; kurang jangkauan pasar; SDM yang kurang kuat dan terampil; serta operasional yang kurang efisien.

 

Pengertian Akselerasi

Secara bahasa, akselerasi merupakan percepatan. Secara istilah akselerasi ini merujuk pada proses untuk mempercepat suatu hal. 

Jika dikaitkan dengan bisnis, terdapat istilah akselerasi bisnis yang merujuk pada strategi percepatan untuk mengembangkan produk bisnis. 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat pengembangan produk bisnis, seperti meningkatkan penjualan hingga mengoptimalkan proses bisnis itu sendiri.

Selain itu, akselerasi bisnis juga bisa dicapai lewat pihak ketiga, yaitu akselerator bisnis

Akselerasi bisnis juga bisa merujuk pada suatu organisasi yang memberikan layanan berupa dukungan serta peluang kepada suatu perusahaan untuk mendapatkan dana bagi perusahaan baru.

Tentu saja organisasi yang dimaksud itu bertujuan untuk membantu percepatan bagi para pelaku usaha/perusahaan yang baru. 

Selain itu, akselerator bisnis (pelaku akselerasi bisnis) biasanya akan melakukan registrasi pada beberapa perusahaan dalam suatu program—selama berbulan-bulan—untuk menawarkan kepada perusahaan-perusahaan tersebut panduan, ruang kantor, hingga sumber daya rantai pasokan. 

Di samping itu, akselerator bisnis juga memberikan kesempatan pada perusahaan dalam mengakses modal serta investasi dengan imbalan modal di perusahaan. 

 

Alasan Akselerasi Penting dalam Bisnis

Bagi para pelaku UMKM ataupun para perintis bisnis, akselerasi bisnis sangatlah penting.

Dengan adanya akselerator bisnis, para pelaku UMKM ataupun perintis bisnis bisa mempercepat untuk mendapatkan peluang bagus dalam mengembangkan usaha mereka. 

Selain untuk mengembangkan usaha, khususnya usaha yang baru dirintis, akselerasi bisnis juga dapat meningkatkan peluang bagi mereka untuk menarik perusahaan dengan modal berisiko baik sehingga para perusahaan tadi bisa menanamkan investasinya pada perusahaan rintisan mereka. 

Dengan begitu, akselerasi bisnis ini dapat mempercepat para pelaku usaha/perusahaan rintisan dalam mencapai tujuannya secara maksimal. 

[Baca Juga: Delegasi Adalah Proses Penting, Kenali Aspek-aspeknya!]

 

Proses Akselerasi Bisnis

Berikut ini proses ataupun tahapan dari akselerasi bisnis yang perlu Anda ketahui!

 

#1 Analisis dan Evaluasi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan identifikasi terhadap masalah yang terjadi pada bisnis Anda. Contohnya masalah terkait penjualan produk yang menurun. 

Setelah Anda tahu masalah yang harus diperbaiki, Anda bisa mencari solusi atas permasalahan tersebut. Tentu saja hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan performa bisnis yang Anda miliki. 

 

#2 Tahap Perencanaan

Pada tahap ini, Anda harus merumuskan strategi seperti apa yang bisa membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis Anda secara optimal.

Tentu saja strategi yang akan Anda  terapkan harus spesifik, terukur, dan juga realistis.

Ilustrasi merumuskan strategi bisnis

Ilustrasi merumuskan strategi bisnis. Sumber: Pexels/Fauxels

 

#3 Tahap Implementasi

Kemudian tahap ketiga adalah tahapan di mana Anda menerapkan strategi yang telah Anda rancang sebelumnya.

 

#4 Tahap Monitoring

Pada tahap terakhir ini, Anda akan memantau sekaligus mengevaluasi kinerja dari bisnis yang Anda miliki. Anda bisa melakukan monitoring dengan berbagai hal seperti mengukur tingkat penjualan, kepuasan pelanggan, hingga total keuntungan yang diperoleh. 

Dengan adanya tahapan monitoring ini, Anda bisa melihat apakah ada masalah atau tidak dalam proses bisnis yang Anda jalankan.

 

Tantangan Akselerasi Bisnis 

Adapun beberapa tantangan yang bisa Anda hadapi selama proses akselerasi bisnis berlangsung, di antaranya: 

  • Kurangnya inovasi produk serta layanan yang dimiliki.

Inovasi merupakan hal krusial untuk pengembangan produk bisnis. Anda bisa melakukan gebrakan inovasi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan dan juga tren masyarakat. 

  • Masih kurangnya jangkauan pasar.

Akselerasi bisnis tidak akan tercapai secara optimal jika jangkauan pasar Anda masih kurang. Maka dari itu, Anda bisa memperluas market perusahaan dengan meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan.

Selain itu, Anda juga bisa membuka cabang baru atau mengembangkan produk perusahaan Anda lebih luas lagi. 

  • Sumber daya manusia atau tim yang kurang kuat dan terampil.

Untuk melakukan akselerasi bisnis tentunya Anda harus memiliki tim yang terampil. Anda bisa memberikan pelatihan dan layanan pengembangan kepada sumber daya manusia yang perusahaan Anda miliki untuk mengembangkan tim yang solid.

 

Selain pelatihan untuk tim, Anda sendiri juga perlu meningkatkan skill, salah satunya kemampuan komunikasi. Nah, video berikut ini bisa Anda simak kira-kira apa saja skill yang harus dimiliki seorang pebisnis.

 

 

  • Operasional yang kurang efisien.

Anda bisa meningkatkan efisiensi operasional dengan mengurangi biaya produksi ataupun melakukan optimalisasi proses produksi

[Baca Juga: Bangun Personal Branding di Bisnis Startup dengan 5 Hal Penting Ini]

 

Akselerasi Bisnis Tidak Semudah Itu! 

Melakukan akselerasi bisnis memang tak mudah. Dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang baik, gebrakan inovasi, hingga optimasi operasional menjadi hal yang harus Anda perhatikan. 

Tentunya untuk mendukung proses akselerasi bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda memerlukan modal yang juga tidak sedikit.

Sebagai pebisnis, Anda harus terampil mengatur keuangan pribadi dan bisnis. Jangan sampai keduanya campur aduk karena nantinya Anda akan bingung membuat laporan keuangannya.

Untuk menambah referensi Anda seputar perencanaan keuangan pribadi dan bisnis, Anda bisa baca ebook gratis ini Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis.

Selain itu, jika Anda memiliki kendala dalam mengatur keuangan keduanya, Anda bisa menghubungi Perencana Keuangan Finansialku untuk melakukan konsultasi secara 1 on 1.

Yuk, buat janji temu dan booking tanggal konsultasinya dengan menghubungi via WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 atau klik banner ini sekarang! 

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Itulah pembahasan mengenai akselerasi bisnis! Tentu banyak strategi yang bisa Anda terapkan untuk mencapai tujuan perusahaan Anda secara efektif dan efisien!

Jika Anda memiliki tips dan trik seputar akselerasi bisnis, Anda bisa share opini Anda di kolom komentar! 

 

Editor: Ratna Sri Haryati

Sumber Referensi:

  • Resky Rahim. n.d. Arti, Kebutuhan dan Pengoperasian Akselerator Bisnis. phinisice.id – https://tinyurl.com/3ux6wjz7. 
  • Niko Ramadhani. 20 Juni 2023. Apa Itu Akselerasi dan Bagaimana Cara agar Dapat Terus Berakselerasi?. akseleran.co.id – https://tinyurl.com/2db4pu2b. 
  • Admin. n.d. Akselerasi Bisnis untuk Sobat Bisnis. solusibisnis.co.id – https://tinyurl.com/btyu7r48.

 

Sumber Gambar:

Cover – Pexels/fauxels