Jika kamu tertarik untuk terjun di dunia akuntan publik, maka kamu harus mempelajari terlebih dahulu hal-hal terkait dengannya, mulai dari pengertian, tugas, peran dan jenis-jenisnya.

Kamu bisa mendapatkan informasi selengkapnya di artikel Finansialku satu ini!

 

Pengertian Akuntan Publik

Akuntan publik bertugas untuk mengelola informasi keuangan sebuah perusahaan. Sebegitu pentingnya, sampai-sampai dapat memengaruhi kredibilitas atau citra baik perusahaan dalam memberikan laporan keuangan.

Jika tidak, maka kredibilitas perusahaan itu sendiri yang akan menjadi taruhannya.

Profesi ini sendiri merupakan pemberi jasa pelayanan akuntansi publik. Menjadi akuntan publik, maka kamu wajib memiliki izin resmi sebagai akuntan untuk praktik dalam perusahaan swasta secara independen.

Dari Peraturan Menteri Keuangan, dikatakan bawah tiap anggota akun publik harus masuk ke dalam anggota IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia), yang merupakan lembaga  atau organisasi yang telah diakui oleh pemerintah, sehingga dapat dikatakan sudah resmi.

Beberapa tugasnya mencakup menganalisis laporan keuangan, mengaudit laporan keuangan dan pajak. Sementara itu, gaji akuntan publik pada umumnya berada di angka yang cukup besar, setara dengan tanggung jawab profesinya.

Akuntansi publik memiliki dua jenis bidang jasa, di antaranya adalah:

 

#1 Jasa Atestasi

Adalah layanan jasa yang di dalamnya terdapat pemeriksaan laporan keuangan prospektif, review laporan keuangan, mengedit umum laporan keuangan, dan pemeriksaan laporan informasi keuangan berupa proforma.

 

#2 Jasa Non-Atestasi

Merupakan jasa yang hampir memiliki tugas yang sama dengan jasa akuntansi, hanya saja, jasa non atestasi mengharuskan akuntan publik untuk  langsung terjun ke bagian yang berkaitan dengan manajemen, akuntansi, keuangan, komunikasi, kompilasi, dan perpajakan.

 

Tugas dan Jobdesk Akuntan Publik

Setelah mengetahui pengertian akuntan publik dan bidang jasanya, sekarang saatnya kita ketahui tugas dari profesi satu ini.

Tugas profesi ini selalu berkaitan dengan keuangan, entah memeriksa maupun mengelola data yang dari akuntan sebuah perusahaan.

Secara signifikan, akuntan publik memeriksa kembali apakah terdapat kesalahan dalam laporan keuangan atau tidak, dan memeriksa apakah laporannya sudah sesuai dengan standar aturan keuangan Indonesia.

Selain meneliti ulang mengenai laporan keuangan, akuntan publik juga bertugas untuk membantu akuntan perusahaan dalam membuat sebuah laporan pajak agar tidak terjadi kesalahan seperti tax amnesty maupun SPT tahunan yang tidak valid.

Selain itu, profesi ini juga membantu memeriksa laporan kepemilikan sebuah aset perusahaan agar memaksimalkan dan memastikan terhindar dari penyitaan aset.

Akuntan publik juga harus menyampaikan informasi mengenai laporan keuangan perusahaan kepada publik secara transparan, maupun pada kantor akuntan publik.

Apabila terdapat inflasi, maka tugas profesi ini adalah memberi solusi keuangan pada perusahaan agar dapat membuat keputusan yang tepat.

Selain itu, memberi informasi kepada perusahaan tentang bagaimana cara mengalokasikan sumber-sumber yang terbatas juga merupakan tugas dari profesi ini. Nah, untuk jenjang karirnya juga cukup menjanjikan nih sobat Finansialku.

[Baca Juga: Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Dunia]

 

Jenis-jenis Jasa Akuntan Publik

Selain memiliki tugas yang menetap pada perusahaan, akuntan publik juga punya berbagai jenis jasa lainnya, di antaranya:

 

#1 Jasa Akuntansi atau Pembukuan

Jenis jasa ini berguna untuk membantu perusahaan dalam menyiapkan laporan keuangan perusahaan, agar hasil akhir laporan nanti lebih akurat dan teliti.

 

#2 Jasa Perpajakan

Selain untuk memberikan jasa pelayanan di bidang akuntansi, profesi ini juga dapat membantu membuat laporan perpajakan seperti pajak penghasilan badan (PPh badan), dan karyawan.

 

#3 Jasa Konsultasi Manajemen

Akuntan publik juga dapat memberikan jasa konsultasi manajemen kepada perusahaan lain yang membutuhkan agar laporan keuangan perusahaan tersebut menjadi lebih teratur dan meminimalisir kesalahan.

Seperti perencana keuangan Finanisalku yang memiliki kemampuan untuk memberikan jasa mengatur dan mengevaluasi keuangan pribadi dan bisnis. Selain itu, Finansialku juga memberikan jasa konsutasi keuangan, review asuransi, dana pendidikan, dana pensiun, dan pajak.

 

 

Cara Menjadi Akuntan Publik

Agar memenuhi standar profesional akuntan publik, perlu memperhatikan beberapa persyaratan resmi yang tercantum dalam UU Nomor 5 tahun 2011 pasal 5 ayat 1. Beberapa syaratnya adalah:

  • Harus memiliki sertifikat tanda lulus yang sah dari Institut Akuntan Publik Indonesia.
  • Calon akuntan publik akan wajib menyerahkan bukti kalau kamu sudah menempuh pendidikan profesional berkelanjutan yang selama 2 tahun.
  • Harus memiliki pengalaman di bidang audit umum berupa praktik, dengan waktu yang telah ketua kantor KAP tentukan.

 

Selain itu, seorang akuntan publik juga harus memiliki beberapa surat penting seperti KTP dan NPWP, juga harus berdomisili di wilayah Republik Indonesia.

Selain memiliki sertifikat tanda lulus, kamu juga harus resmi menjadi anggota dari IAPI dan tidak pernah terkena sanksi atau pun pidana

Calon profesi akuntan publik harus mengisi formulir permohonan izin akuntan publik serta tidak dalam masa pengampuan. Selain itu, calon profesi ini harus menyatakan bahwa ia sedang tidak merangkap jabatan sesuai yang tertera pada pasal 46.

[Baca Juga: Info Lengkap Jurusan Akuntansi dan 8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan]

 

Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi sektor publik adalah profesi yang melakukan proses pengumpulan, mengklarifikasi, mencatat, dan membuat laporan keuangan suatu organisasi publik, atau kepada pihak yang memerlukan.

Untuk prospek kerja akuntansi sektor publik ini terbilang cukup menjanjikan, karena banyak perusahaan baru yang membutuhkan tenaga akuntansi sektor publik untuk mengisi jabatan staf akuntan sektor publik, manajemen pengadaan barang dan jasa pemerintah, staf pajak departemen ASP, auditor sektor publik, dan jabatan-jabatan terkait lainnya.

 

Kamu Mau Jadi Akuntan Publik?

Kesimpulannya, akuntan publik merupakan tenaga atau profesi yang menggeluti  bidang keuangan suatu perusahaan atau lembaga yang memerlukan pengelolaan data perusahaan.

Selain itu, akuntan publik harus memiliki kejelian yang tinggi saat melihat data perhitungan. Apabila terdapat kesalahan kecil saja, dapat berakibat fatal. Meski begitu, reward-nya didapat pun setimpal karena gajinya punya nominal yang cukup besar.

Cocok bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia keuangan karena prospek kerja dan jenjang karir pun sangat menjanjikan dengan lapangan pekerjaan yang luas. 

Ternyata keuangan itu sebegitu penting dan krusialnya ya Sobat Finansialku. Kalau perusahaan terbantu dengan adanya akuntan publik, Sobat Finansialku juga bisa terbantu nih dengan adanya aplikasi Finansialku.

Di aplikasi Finansialku, kamu bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran, financial check up, bahkan sampai konsultasi dengan kosnsultan keuangan juga bisa. Biar pengaturan keuangan kamu semakin mudah, yuk langsung instal aja aplikasinya di sini!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Nah Sobat Finansialku, kalau kamu memang mau menjadi akuntan publik, sebaiknya siapkan diri kamu ya. Dan kalau kamu tahu ada teman/kenalan/kamu yang mau jadi akuntan publik juga, yuk jangan ragu bagikan artikel ini untuk mereka. Because sharing is caring.

 

Editor : Ivana Christy Tampubolon

Sumber Referensi:

  • Admin. 05 Juli 2022. Akuntan Publik: Pengertian, Tugas, Jenis, dan Tips Profesional. jurnal.id – https://bit.ly/3ApCGVb

 

Sumber Gambar :

https://bit.ly/3NGduNa