Sudah tahu alasan menggunakan Kredit Multi Guna? Yuk, simak artikel berikut agar pengetahuan Anda lebih banyak mengenai kredit multi guna.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal Kredit Multi Guna

Sebelum kita membahas mengenai alasan menggunakan kredit multi guna, alangkah lebih baik kalau kita mengetahui dengan lebih jelas tentang kredit multi guna ini.

Kredit multi guna merupakan salah satu produk perbankan yang menawarkan pinjaman kepada masyarakat atau nasabah, yang membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan usahanya.

Tentu saja untuk mendapat fasilitas dari bank ini, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu perlu ada agunan yang menjadi jaminan atas kredit tersebut. Jenis aset yang bisa dijadikan sebagai agunan cukup beragam, mulai dari tanah, rumah, mobil, motor, bahkan hingga emas dan aset lainnya.

Perlu diingat bahwa semakin besar nilai aset yang diagunkan maka akan semakin besar juga limit kredit yang bisa Anda ajukan.

Demikian juga pada kasus sebaliknya, semakin rendah nilai aset, maka semakin rendah juga limit pinjaman yang bisa Anda ajukan.

5 Alasan Menggunakan Kredit Multi Guna yang PENTING Diketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: FAQ Kredit Multiguna]

 

Alasan Menggunakan Kredit Multi Guna

Meski memerlukan agunan, kredit multi guna memiliki beberapa kelebihan yang membuat banyak masyarakat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan usaha mereka.

Alasan-alasan ini kami rangkum untuk Anda dalam sebuah video yang diunggah di kanal youtube resmi Finansialku. Berikut videonya untuk Anda:

Dari video di atas, kami jelaskan lebih mendalam soal alasan menggunakan kredit multi guna yang perlu Anda ketahui sebelum memilih produk pembiayaan dari perbankan. Ini dia:

 

#1 Anda Tidak Perlu Menjual Aset Untuk Mendapat Tambahan Modal

Tidak jarang seseorang menjual beberapa aset berharga miliknya saat sedang membutuhkan tambahan biaya, baik itu untuk usaha atau pun untuk kebutuhan mendesak lainnya.

Tentu setelah menjualnya, akan lebih sulit bagi Anda untuk mendapat kembali aset tersebut, dan juga pastinya akan lebih mahal dari harga yang sebelumnya Anda tetapkan.

Sedangkan dengan kredit multi guna, aset yang Anda miliki cukup diagunkan saja dan Anda akan mendapat pinjaman. Dengan demikian, Anda masih memiliki kesempatan yang lebih besar untuk tetap memiliki aset tersebut

Sistem ini mirip dengan pegadaian di mana aset yang telah digadaikan bisa kita tebus kembali, dengan melunasi pinjaman.

5 Alasan Menggunakan Kredit Multi Guna yang PENTING Diketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: “Mending Bayar Tagihan Kartu Kredit Daripada Utang Lain”, Bijak?]

 

#2 Bisa Diajukan untuk Berbagai Jenis Pembiayaan

Hal yang satu ini bisa disebut sebagai kelebihan kredit multi guna yang tidak kita dapat dari jenis produk pembiayaan lainnya.

Biasanya, sebuah produk peminjaman hanya berlaku untuk keperluan pembiayaan tertentu saja.

Misalnya, Anda menggunakan produk kredit modal usaha, maka kredit tersebut tidak dapat digunakan untuk keperluan konsumsi, dan demikian pula sebaliknya.

Namun dengan kredit multi guna, Anda bisa lebih leluasa dalam menggunakannya, sebab berlaku untuk semua jenis pembiayaan.

Persyaratannya hanyalah nilai dari aset yang Anda agunkan! Jadi selama nilai aset tersebut sesuai dengan jumlah pinjaman, maka dana yang diberikan bisa Anda gunakan untuk apapun jenis pembiayaan yang Anda kehendaki.

 

#3 Batas Pinjaman yang Tinggi

Salah satu yang menjadi permasalahan saat mengajukan pinjaman adalah batas nilai yang ditetapkan terkadang belum memenuhi nilai yang seharusnya dibutuhkan.

Namun hal ini kemungkinan besar tidak akan Anda alami jika menggunakan kredit multi guna. Pasalnya, kredit multi guna memiliki batasan yang sangat tinggi, yaitu mulai dari Rp2 juta hingga Rp5 miliar.

Nilai dari pinjaman yang bisa Anda dapatkan dari kredit multi guna akan disesuaikan dengan nilai aset yang Anda jadikan sebagai agunan. Jadi jika nilai aset tersebut bisa memiliki nilai di atas Rp1 miliar, maka Anda akan diijinkan untuk mengajukan pinjaman senilai Rp1 miliar.

Tetapi apabila nilai dari aset hanya Rp500 juta, maka sudah pasti Anda tidak akan diijinkan untuk mengajukan pinjaman hingga Rp1 miliar.

5 Alasan Menggunakan Kredit Multi Guna yang PENTING Diketahui 03 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati! Cek Hal Paling Penting Ini Dalam Memilih Kredit Multi Guna]

 

#4 Jangka Waktu yang Panjang

Saat meminjam dana dari bank tentu saja hal yang sangat perlu untuk diperhitungkan adalah masalah pembayarannya, salah satunya ialah jangka waktu yang bisa kita miliki untuk membayar.

Tentu saja semakin singkat waktu yang diberikan maka akan semakin besar pula angsuran bulanannya. Biasanya jangka waktu yang ditetapkan pada kredit tanpa agunan hanya 3-5 tahun.

Tapi untuk produk kredit multi guna anda bisa memilih tenor hingga 25 tahun, sehingga Anda akan semakin lebih mudah dalam melakukan pembayaran.

5 Alasan Menggunakan Kredit Multi Guna yang PENTING Diketahui 04 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Memilih Kredit Multi Guna yang Paling Menguntungkan]

 

#5 Suku Bunga yang Rendah

Suku bunga yang tinggi kerap menjadi permasalahan saat hendak melakukan peminjaman. Namun untuk kredit multi guna, nilai dari suku bunganya cenderung lebih rendah dari jenis produk pembiayaan lainnya.

Dengan begitu, Anda akan lebih dimudahkan dalam melakukan pembayaran dan tidak terlilit dengan jumlah bunga yang tinggi.

 

Pertimbangkan dengan Baik!

Sekarang Anda telah mengetahui tentang kredit multi guna beserta keunggulannya yang menjadi alasan banyak orang memilih produk tersebut.

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk menggunakan produk perbankan ini. Dan tidak ada salahnya untuk menonton video di bawah ini agar Anda mengetahui cara terbebas dari jeratan utang.

 

Nah, menurut Anda apakah produk ini cocok dengan kebutuhan Anda? Anda bisa membagikan pengalaman Anda di kolom komentar. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada Sobat Finansialku lainnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 02 Januari 2018. Kredit Multiguna: Alasan Utama Kita untuk Menggunakannya. Pricebook.co.id – https://bit.ly/2Q3RPnm
  • Rizki Abadi. 09 Maret 2015. Mengapa Harus Menggunakan Kredit Multiguna? Ini Jawabannya. Kreditgogo.com – https://bit.ly/39DMJ8W
  • Jonathan. Keunggulan Kredit Multiguna Sebagai Bahan Pertimbangan. Koinworks.com – https://bit.ly/2TW7sOF

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Multi Guna 1 – https://bit.ly/2WGbldt
  • Kredit Multi Guna 2 – https://bit.ly/3ahRpl7
  • Kredit Multi Guna 3 – https://bit.ly/2UiVVua
  • Kredit Multi Guna 4 – https://bit.ly/3akx4vz