Hati-hati! Cek Hal Paling Penting Ini Dalam Memilih Kredit Multi Guna

Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit multi guna, Anda perlu mengecek beberapa hal penting terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh kredit yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penasaran apa saja hal penting dalam memilih kredit multi guna? Mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kredit Multi Guna (KMG)

Kredit Multi Guna atau biasa disingkat KMG merupakan sebuah jenis pinjaman dari pihak kreditur (pemberi pinjaman) kepada pihak debitur (peminjam) yang mensyaratkan sebuah aset sebagai agunan atau jaminannya.

Karena adanya syarat agunan atau jaminan dalam mengambil KMG, umumnya suku bunganya lebih rendah apabila dibandingkan dengan jenis kredit lainnya, misalnya saja Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Hati-hati! Cek Hal Paling Penting Ini Dalam Memilih Kredit Multi Guna 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Ampuh agar Kredit Usaha Anda Disetujui oleh Bank]

 

Kredit Multi Guna dapat diajukan untuk berbagai kebutuhan debitur, dimana pinjaman dapat dimanfaatkan demi berbagai jenis kebutuhan. Yang penting hanyalah Anda mampu membayar cicilan tepat waktu, agar agunan tidak disita.

Semakin besar nilai agunan yang dijadikan jaminan, maka semakin besar juga jumlah pinjaman yang bisa Anda peroleh.

Umumnya pihak kreditur akan memberikan pinjaman sebesar 80% hingga 90% dari estimasi nilai aset yang dijaminkan.

Kredit multi guna seringkali dinilai negatif apabila dibandingkan dengan KTA dikarenakan adanya aset berharga yang harus dijadikan jaminan pinjaman.

Namun, kredit multi guna memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa disamakan dengan KTA:

 

#1 Limit Pinjaman Tinggi

Salah satu keunggulan besar dari kredit multi guna adalah limit pinjaman yang tinggi. Kenapa bisa begitu? Salah satu alasan bank memberikan limit yang besar adalah karena adanya jaminan aset sebagai syarat pinjaman.

Dengan demikian, risiko bank merugi saat nasabah mengalami gagal bayar lebih kecil dibandingkan KTA.

 

#2 Masa Tenor Lebih Panjang

Sejumlah bank memberikan masa tenor yang cukup panjang bagi kredit multi guna, bahkan hingga 10 tahun atau lebih.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kemampuan nasabah mengembalikan pinjaman dalam jumlah yang sangat besar, mengingat umumnya jumlah pinjaman Kredit Multi Guna lebih besar dari jenis kredit lainnya.

Definisi Kredit Adalah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja?]

 

#3 Pemakaian Lebih Fleksibel

Sesuai dengan namanya, kredit multi guna dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Berbeda dengan KTA yang biasanya digunakan untuk tujuan konsumtif, kredit multi guna dapat digunakan untuk beberapa tujuan.

Sebagai contoh untuk modal usaha.

Pihak bank akan memberikan pinjaman apapun tujuan peminjamannya, asalkan ada jaminan yang diperlukan.

Setelah melihat berbagai keunggulannya, tentunya Anda menjadi tertarik untuk mengajukan kredit multi guna. Namun, berikut beberapa kelemahan kredit multi guna yang dapat Anda pertimbangkan sebelum mengambilnya.

 

#4 Tidak Punya Jaminan, Tidak Bisa Meminjam

Karena agunan atau jaminan menjadi salah satu syarat pengajuan Kredit Multi Guna, apabila Anda tidak memiliki aset berharga untuk dijadikan jaminan pinjaman, maka Anda tidak dapat mengajukan kredit multi guna.

Salah satu solusi alternatif adalah mengambil jenis kredit lainnya yang tidak mensyaratkan agunan, misalnya saja Kredit Tanpa Agunan (KTA).

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Gagal Bayar, Aset Melayang

Ini dia salah satu masalah utama kredit multi guna. Anda terancam kehilangan aset berharga Anda apabila gagal bayar.

Dengan mengajukan kredit multi guna, sebaiknya Anda merencanakan dengan baik tujuan penggunaan pinjaman dan rincian pengembalian setiap bulannya untuk menghindari hilangnya aset berharga Anda.

 

#6 Proses Pengajuan Lebih Lama daripada KTA

Bank akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menilai apakah aset yang diajukan sesuai nilainya dengan pinjaman yang diberikan.

Sebagai contoh, apabila Anda memberikan jaminan yang kurang sesuai dengan jumlah pinjaman Anda, maka pihak bank akan meminta tambahan aset untuk menutupi ketidaksesuaian tersebut.

Oleh karena itulah, proses pengajuan Kredit Multi Guna akan lebih lama daripada KTA.

5 Jenis KTA - Kredit Tanpa Agunan, Salah Satunya KTA Tanpa Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Keunggulan dan Contoh Kredit Multi Guna]

 

Hal Penting yang Perlu Dicek dalam Memilih Kredit Multi Guna

Setelah mengenal Kredit Multi Guna beserta berbagai kelebihan dan kekurangannya, kini Anda siap mengajukan KMG bagi kebutuhan Anda.

Tetapi tahukah Anda bahwa berbahaya jika asal pilih produk KMG?

Buktinya banyak pihak tidak bertanggung jawab yang mencoba mencari keuntungan dengan iklan-iklan ilegal dimana-mana yang menawarkan Kredit Multi Guna tanpa adanya aturan yang jelas.

Anda bisa melihat contoh iklannya di perempatan jalan atau di internet.

Para Pebisnis, Sebelum Ajukan Kredit Tanpa Agunan untuk Modal Usaha Ketahui Plus Minusnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Bingung Mau Menggunakan Pinjaman Online untuk Modal Bisnis? 7 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan]

 

Umumnya, lembaga-lembaga tersebut memberikan penawaran yang menarik, misalnya masa tenor panjang agar menarik para calon debitur.

Tetapi, siapa sangka dibalik seluruh penawaran menarik itu pasti ada celah yang merugikan Anda. Misalnya saja suku bunga yang mencekik.

Agar tidak menjadi korban KMG yang salah, coba deh cek beberapa hal berikut dalam memilih Kredit Multi Guna:

 

#1 Pilihlah Lembaga Keuangan yang Aman dan Terjamin

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, kini banyak lembaga keuangan ilegal yang menyalahgunakan kemampuannya dalam memberi pinjaman. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencari lembaga keuangan yang aman dan terjamin, misalnya dari bank yang sudah beroperasi cukup lama dan memiliki reputasi baik.

Paling tidak, Anda harus mengetahui alamat dan seluruh informasi mengenai lembaga keuangan yang akan dipilih, termasuk seluruh informasi terkait syarat dan ketentuan dari jenis pinjaman yang akan Anda ambil.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Carilah Suku Bunga yang Sesuai Kemampuan Anda

Beberapa lembaga keuangan menetapkan suku bunga yang tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah. Anda bisa menjadi korbannya jika tidak membandingkan beberapa suku bunga dari berbagai lembaga keuangan terlebih dahulu.

Antisipasi kerugian dengan mencari informasi suku bunga sebanyak-banyaknya dan bandingkan dengan kemampuan finansial Anda.

Jangan sampai aset Anda disita begitu saja karena kredit macet akibat suku bunga yang terlalu besar.

 

#3 Baca dan Teliti Setiap Syarat dan Ketentuan

Sebelum Anda menandatangani perjanjian atau kontrak kredit, sebaiknya Anda membaca dengan teliti setiap poinnya. Terutama apabila Anda mengajukan pinjaman pada lembaga non-bank.

Hal ini yang sering dilewatkan banyak orang, sehingga ujung-ujungnya merasa tertipu dan dirugikan. Sayangnya, Anda tidak dapat berbuat banyak karena seluruh syarat tersebut telah Anda sepakati dengan menandatanganinya.

Oleh karena itu, penting untuk membaca seluruh syarat dan ketentuannya sebelum Anda menyetujuinya.

Lakukan Simulasi Kredit Terlebih Dahulu, Sebelum Ajukan Kredit Agar Keuangan Anda Tidak Berantakan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penting Mengenali Kredit Multi Guna, Keunggulan dan Kelemahan Kredit Multi Guna]

 

#4 Jangan Mudah Tergoda Proses Pencairan Cepat

Berbagai lembaga non-bank kerap kali menggunakan alasan ini untuk menggoda calon debitur. Bagaimana tidak? Saat kebutuhan mendesak, proses pencairan cepat merupakan godaan besar bukan?

Tapi pernahkah Anda berpikir, apa gunanya proses pencairan cepat jika nantinya Anda harus menanggung besaran cicilan yang luar biasa tinggi?

Oleh karena itu, tetap perhitungkan suku bunga dan seluruh biaya yang mungkin muncul dengan kemampuan finansial Anda, tidak peduli seberapa mendesaknya kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda sudah menyelamatkan urusan mendesak saat ini dan menyelamatkan masa depan Anda.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

BONUS: Kredit Multi Guna Seperti Apa yang Sebaiknya Dipilih?

Nah, setelah mengetahui beberapa hal penting yang perlu dicek, Anda sudah mengantisipasi salah pilih lembaga keuangan dan penipuan. Tetapi sudah tahukah Anda Kredit Multi Guna Seperti apa sih yang sebaiknya dipilih?

 

#1 Carilah Plafon Kredit yang Tinggi

Beberapa bank menetapkan plafon kredit yang lebih tinggi dibandingkan bank lainnya, dan inilah jenis KMG yang harus Anda pilih.

Mengapa?

Karena dengan plafon tinggi, semakin tinggi juga jumlah pinjaman yang bisa Anda peroleh. Namun, bukan berarti Anda mengambil pinjaman banyak-banyak tanpa adanya pertimbangan lain ya! Tetaplah bijak dalam menentukan jumlah pinjaman yang sebaiknya Anda ambil.

 

#2 Carilah Suku Bunga Rendah

Kalau ciri yang satu ini pastinya sudah umum digunakan dalam memilih sebuah produk kredit. Bunga merupakan salah satu komponen biaya dalam pinjaman yang sangat berpengaruh, mengingat bunga akan terus dibayarkan hingga seluruh pinjaman lunas.

Dengan demikian, jangan terburu-buru dan bandingkan beberapa produk pinjaman dari lembaga keuangan berbeda untuk mencari suku bunga yang tepat bagi Anda.

Definisi Kredit Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

#3 Carilah Masa Tenor yang Panjang

Jika Anda tidak ingin gagal bayar karena besaran cicilan yang tinggi, maka salah satu solusinya adalah dengan memilih KMG dengan masa tenor yang panjang.

Memang betul bunga yang harus dibayar semakin besar, namun tentunya beban cicilan per bulannya akan semakin kecil.

Nah, agar aset Anda tidak disita karena gagal bayar, cobalah cari produk KGM dengan masa tenor panjang ya!

 

#4 Carilah Pencairan Dana yang Cepat

Lho? Bukannya tadi dibilang jangan tergoda dengan proses pencairan dana yang cepat?

Betul, Anda memang sebaiknya mengecek ulang apabila ditawarkan pencairan dana cepat oleh lembaga yang tidak bertanggung jawab. Tetapi apabila Anda memperoleh penawaran pencairan dana cepat dari lembaga keuangan terjamin seperti bank, mengapa tidak?

Selama Anda yakin akan keamanannya, maka sah-sah saja mengambil penawaran yang satu ini.

 

#5 Carilah yang Biaya Penaltinya Kecil

Saat memilih produk KGM, suku bunga dan besaran cicilan memang perlu dipertimbangkan. Tetapi tahukah Anda bahwa banyak biaya lain yang bisa muncul disamping kedua komponen biaya tersebut?

Ya, sebagai contohnya adalah biaya penalti pelunasan dipercepat.

Biaya ini muncul apabila Anda berniat melunasi KGM lebih cepat daripada waktu yang telah disepakati kedua belah pihak sebelumnya.

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Sebaiknya Digunakan Untuk Apa KTA Untuk Bisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Sebaiknya Digunakan Untuk Apa? KTA Untuk Bisnis?]

 

Namun jika Anda memang optimis bisnis Anda akan sukses dan Anda bisa saja melunasi kredit lebih cepat, maka pandai-pandailah dalam mencari pinjaman dengan biaya penalti yang kecil.

Adapun biaya penalti yang umum dikenakan kepada nasabah yang melunasi kredit lebih cepat adalah sebesar 2% hingga 3% dari total pinjaman.

Biaya ini dikenakan sebagai ganti keuntungan yang dapat diperoleh bank apabila Anda melunasinya sesuai waktu yang telah disepakati.

 

#6 Carilah yang Bebas Biaya Tambahan

Selain biaya penalti, masih banyak biaya tambahan yang bisa dikenakan kepada calon debitur lho! Misalnya saja biaya provisi, biaya meterai, dan biaya administrasi.

Saat Anda mengajukan pinjaman, apapun jenis pinjaman dan dimana Anda meminjamnya, tanyakan dahulu dengan jelas seluruh biaya tambahan tersebut.

Dengan demikian, Anda tidak akan kaget nantinya apabila dikenakan biaya-biaya ini.

Namun lebih baik lagi apabila Anda bisa menemukan pinjaman yang bebas biaya tambahan atau dengan biaya tambahan yang murah. Jadi, jangan lupa menanyakan perihal biaya tambahan ini saat memilih KGM ya!

 

#7 Carilah Pinjaman yang Syaratnya Mudah

Seperti telah Anda ketahui, persyaratan dalam meminjam uang tidaklah mudah. Namun, tentunya lebih baik Anda mencari produk pinjaman dengan syarat yang lebih mudah alias tidak ribet.

Dengan demikian, Anda tidak akan kerepotan nantinya karena harus mengurus ini itu.

Mengambil Kredit Multi Guna Tanpa Penyesalan

Pemilihan produk pinjaman dapat memberikan pengaruh besar dalam perencanaan keuangan Anda. Oleh karena itulah, gunakan beberapa tips di atas agar Anda bisa mengambil Kredit Multi Guna tanpa ada penyesalan di kemudian hari.

Ingatlah bahwa kredit merupakan sebuah komitmen dengan jangka waktu yang cukup panjang, bisa 1 tahun, 2 tahun, bahkan hingga 10 tahun.

Anda harus memilih produk KMG yang tepat dan sesuai dengan kemampuan Anda agar tidak kesulitan nantinya.

Jangan sampai niatnya pinjam uang untuk kebaikan malah menyebabkan Anda kehilangan aset berharga!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai hal penting dalam memilih kredit multi guna lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hardian. 27 April 2017. Kesalahan Memilih Kredit Multiguna, Awas Jangan Mau Jadi Korban. Duitpintar.com – https://goo.gl/HW6Yia
  • Rifzan. 14 Agustus 2017. 8 Tips Memilih Kredit Multi Guna Terbaik 2017. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/E95A3P

 

Sumber Gambar:

  • Memilih Kredit Multi Guna – https://goo.gl/8YbzuU
  • Kredit Multi Guna – https://goo.gl/nSyVW8

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-04T20:43:17+00:00 October 31st, 2017|Categories: Kredit Multi Guna, Utang|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download