Di saat kebutuhan sehari-hari semakin meningkat, kredit atau pinjaman menjadi salah satu solusi yang banyak dicari. Namun jenis kredit seperti apakah yang sesuai untuk Anda? Mari kita bandingkan jenis kredit yang dapat Anda pilih termasuk kelebihan dan kekurangannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa uang merupakan salah satu kebutuhan utama di zaman modern ini. Tak jarang Anda membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk kebutuhan mendadak. Salah satu solusi yang dapat Anda gunakan adalah kredit atau pinjaman. Kali ini Finansialku akan membahas dua jenis kredit, yaitu Kredit Multi Guna dan KTA (Kredit Tanpa Agunan) untuk memudahkan Anda dalam memilih kredit yang tepat.

Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Ampuh agar Kredit Usaha Anda Disetujui oleh Bank]

 

Keunggulan Kredit Multi Guna

Kredit multi guna seringkali dinilai negatif apabila dibandingkan dengan KTA dikarenakan adanya aset berharga yang harus dijadikan jaminan pinjaman. Namun, kredit multi guna memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa disamakan dengan KTA:

  1. Limit Pinjaman yang Tinggi. Salah satu keunggulan besar dari kredit multi guna adalah limit pinjaman yang tinggi. Mengapa bisa? Salah satu alasan bank memberikan limit yang besar adalah karena adanya jaminan aset sebagai syarat pinjaman. Dengan demikian, pihak bank telah mengantisipasi kerugian jika nasabah gagal bayar.
  2. Masa Tenor Lebih Panjang. Sejumlah bank memberikan masa tenor yang cukup panjang bagi kredit multi guna, bahkan hingga 10 tahun atau lebih. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kemampuan nasabah mengembalikan pinjaman dalam jumlah yang sangat besar.
  3. Pemakaian yang Fleksibel. Sesuai dengan namanya, kredit multi guna dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Berbeda dengan KTA yang biasanya digunakan untuk tujuan konsumtif, kredit multi guna dapat digunakan untuk beberapa tujuan, sebagai contoh untuk modal usaha. Pihak bank akan memberikan pinjaman apapun tujuan peminjamannya, asalkan ada jaminan yang diperlukan.

Kalau Mau Sukses Pengajuan Kreditnya, Kenali Istilah-Istilah Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kenali Istilah-Istilah Kredit Sebelum Ajukan Kredit]

 

Kelemahan Kredit Multi Guna

Setelah melihat berbagai keunggulannya, tentunya Anda menjadi tertarik untuk mengajukan kredit multi guna. Namun, berikut beberapa kelemahan kredit multi guna yang dapat Anda pertimbangkan sebelum mengambilnya:

  1. Harus Memiliki Jaminan. Apabila Anda tidak memiliki aset berharga untuk dijadikan jaminan pinjaman, maka Anda tidak dapat mengajukan kredit multi guna. Salah satu solusi alternatif adalah mengambil KTA.
  2. Risiko Kehilangan Aset Berharga. Ini dia salah satu masalah utama kredit multi guna. Anda terancam kehilangan aset berharga Anda apabila gagal bayar. Dengan mengajukan kredit multi guna, sebaiknya Anda merencanakan dengan baik tujuan penggunaan pinjaman dan rincian pengembalian setiap bulannya untuk menghindari hilangnya aset berharga Anda.
  3. Proses Pengajuan Lebih Lama. Bank akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menilai apakah aset yang diajukan sesuai nilainya dengan pinjaman yang diberikan. Sebagai contoh, apabila Anda memberikan jaminan yang kurang sesuai dengan jumlah pinjaman Anda, maka pihak bank akan meminta tambahan aset untuk menutupi ketidaksesuaian tersebut.

Para Karyawan, Gaji 3 Juta Ingin Kredit iPhone 6, Bagaimana Caranya

[Baca Juga: Para Karyawan, Gaji 3 Juta Ingin Kredit iPhone 6, Bagaimana Caranya?]

 

Keunggulan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Seperti telah disebutkan sebelumnya, apabila Anda tidak memiliki aset berharga untuk dijadikan jaminan, maka alternatif yang dapat dipilih adalah KTA (Kredit Tanpa Agunan). Apa saja keunggulan dari produk ini? Berikut ulasannya:

  1. Syarat Pengajuan Lebih Mudah. KTA diberikan tanpa ada syarat pengajuan jaminan dari calon debitur ke kreditur. Kelengkapan yang biasanya diminta hanya fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir serta mengisi formulir.
  2. Pencairan Dana Lebih Cepat. Keunggulan lainnya dari KTA adalah dana dapat langsung digunakan untuk kebutuhan yang sangat mendesak. Karena tidak adanya agunan yang perlu dicek oleh pihak bank, maka dana dapat cair dalam waktu singkat.
  3. Bank yang Menawarkan Kredit Tanpa Agunan Sangat Banyak. Anda tidak perlu pusing untuk mencari bank yang menawarkan KTA. Saat ini, hampir seluruh bank menyediakan kredit tanpa agunan. Bahkan beberapa bank gencar memasarkannya mengingat tingginya permintaan akan produk ini.

5-langkah-investasi-reksa-dana-untuk-mahasiswa-2-finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa Mahasiswa Mengajukan KTA?]

 

Kelemahan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

KTA tentunya juga memiliki beberapa kelemahan disamping berbagai kelebihannya. Berikut beberapa kelemahan yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan KTA:

  1. Bunga Relatif Tinggi. Karena tidak ada jaminan yang dibutuhkan dalam pengajuannya, maka pihak bank mengantisipasi kerugiannya dengan meningkatkan bunga pinjaman.
  2. Harus Memiliki Kartu Kredit. Banyak peminjam gagal mengambil KTA karena syarat ini. Pihak bank umumnya memberikan syarat kepemilikan kartu kredit selama 1 tahun atau minimal menjadi pengguna layanan payroll bank tersebut.
  3. Masa Tenor Relatif Pendek. Karena limit pinjaman yang diberikan untuk KTA cenderung kecil (biasanya hanya sampai Rp200 juta), maka masa tenor juga relatif pendek. Karena itu, jumlah cicilan per bulan yang harus dibayar umumnya cukup besar.

apakah-melunasi-utang-kartu-kredit-dengan-kta-bisa-jadi-solusi-2-finansialku

 [Baca Juga: Apakah Melunasi Utang Kartu Kredit dengan KTA Bisa Jadi Solusi?]

 

Pilihlah Kredit yang Tepat bagi Anda

Kredit multi guna dan KTA yang telah dibahas di atas hanya sebagian dari produk pinjaman yang tersedia. Cobalah mempertimbangkan matang-matang keunggulan dan kelemahan dari produk tersebut sebelum Anda mengambil keputusan. Pemilihan jenis produk pinjaman dapat memberikan pengaruh besar dalam perencanaan keuangan Anda.

 

Apakah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan kredit multi guna dan KTA lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 11 May 2015. Kredit Multiguna, Keunggulan dan Kekurangannya. Cermati.com – https://goo.gl/Ud7pqv
  • Rizki Abadi. 8 May 2015. Mengenal KTA, Apa Keunggulan dan Kekurangannya? Cermati.com – https://goo.gl/XNjxlX

 

Sumber Gambar:

  • Capai Impian – https://goo.gl/FWQcZp
  • Pinjaman – https://goo.gl/nKsRFi

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku