Gaji 3 juta ingin kredit iPhone 6, bagaimana caranya? Semakin hari teknologi semakin berkembang karena itu keinginan untuk mengikuti tren gadget masa kini semakin mendesak. Tetapi perlu langkah cermat untuk mengakali gaji Rp3 juta untuk mengambil kredit iPhone 6.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ingin Gadget Baru tetapi Gaji Terbatas

Anda tentu sudah mengenal produk-produk iPhone 6 yang sudah menjadi tren di Indonesia. Selain canggih, produk ini juga merupakan sebuah ajang unjuk gigi karena memiliki nilai kebanggaan tinggi di mata masyarakat. Walaupun memiliki gaji yang terhitung pas-pasan, masih ada beberapa cara untuk mendapatkan iPhone 6. Kali ini Finansialku akan membahas bagaimana cara mendapatkannya.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli iPhone 6 Anda harus memastikan bahwa kebutuhan-kebutuhan lainnya sudah terpenuhi. Dalam perencanaan keuangan ada beberapa tujuan keuangan yang harus dijadikan prioritas. Misalnya saja dana darurat dan asuransi. Pastikan Anda telah mempersiapkan perlindungan bagi diri Anda terlebih dahulu sebelum memenuhi keinginan membeli iPhone 6.

kenapa-orang-dengan-gaji-besar-belum-tentu-kaya-dan-sebaliknya-finansialku

[Baca Juga: Kenapa Orang dengan Gaji Besar Belum Tentu Kaya? dan Sebaliknya]

 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mendapatkan iPhone 6 dengan gaji Rp3 juta per bulan:

 

#1 Menyicil

Kapanpun Anda sangat membutuhkan suatu barang dengan harga yang cukup mahal namun tidak memiliki uang dalam jumlah besar, Anda dapat menggunakan fasilitas cicilan. Walaupun fasilitas cicilan tidak ditawarkan di semua toko, tetapi iPhone 6 merupakan tipe barang yang umumnya dapat dibeli dengan sistem cicilan. Cobalah manfaatkan fasilitas cicilan yang ada di berbagai toko penjual iPhone 6. Hanya saja bunga cicilan biasanya cukup tinggi, jika memungkinkan carilah bank yang menawarkan cicilan 0%. Promosi tersebut akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Hanya saja sebelum memutuskan untuk mengambil cicilan Anda harus memperhitungkan kemampuan keuangan Anda terlebih dahulu. Pertama-tama perhitungkan berapa pendapatan dan pengeluaran Anda. Buatlah daftar anggaran yang mencakup segala pengeluaran bulanan Anda. Setelah itu perhitungkan berapa dana yang dapat Anda kumpulkan untuk membayar cicilan iPhone 6 yang ingin dibeli.

Cara Melunasi Hutang, Kredit dan Cicilan [Flowchart] - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Melunasi Utang, Kredit dan Cicilan [Flowchart]]

 

Jumlah dana yang dapat dikumpulkan harus lebih besar atau sama dengan cicilan bulanan iPhone 6 tersebut. Jangan lupa, walaupun kartu kredit dapat menawarkan bunga 0%, biasanya tetap ada biaya yang harus dibayarkan di awal. Biaya ini juga harus masuk ke dalam perhitungan. Jangan sampai Anda berasumsi bahwa biaya yang harus dibayar hanya cicilan dan akhirnya Anda membuat budget terlalu pas-pasan.

Jika belum sanggup membayar cicilan, sebaiknya Anda menunda pembelian iPhone 6. Barang yang diinginkan seharusnya akan membuat Anda senang. Tetapi jika Anda memaksakan mengambil cicilan walaupun sudah tahu tidak dapat membayarnya, Anda sama saja menggali lubang utang sendiri dan terjerumus di dalamnya.

Salah Tentukan Lama Cicilan, Mau Untung Malah Jadi Buntung - Perencana Keuangan Indepenen Finansialku

[Baca Juga: Salah Tentukan Lama Cicilan, Mau Untung Malah Jadi Buntung]

 

#2 Berinvestasi

Cara kedua (dan yang lebih disarankan) adalah berinvestasi. Investasi merupakan satu-satunya jalan untuk mencapai kebebasan keuangan. Jika investasi sanggup membawa Anda pada kebebasan keuangan, mengapa tidak bisa digunakan untuk mencapai iPhone 6?

Banyak orang sering menyalahartikan menabung dan berinvestasi sebagai hal yang sama, padahal sebenarnya berbeda. Jika Anda hanya menabung uang di rekening tabungan biasa untuk mendapatkan barang yang diinginkan, uang tersebut tidak akan pernah berkembang. Bunga yang ditawarkan tabungan biasa sangatlah kecil, bahkan lebih kecil daripada angka inflasi. Akibatnya uang Anda justru akan berkurang karena tergerus inflasi. Sementara jika uang tersebut diinvestasikan, Anda bisa mendapatkan keuntungan. Dengan begitu dana yang dikumpulkan pun akan semakin berkurang karena bunga investasi dapat membantu memenuhi kebutuhan. Dengan menggunakan uang hasil berinvestasi, Anda dapat langsung membeli iPhone 6 secara tunai, tidak perlu menggunakan cicilan. Karena itu total harga yang dibayarkan pun pasti lebih murah karena tidak perlu membayar bunga cicilan atau biaya transaksi.

Ini 5 Tips untuk Berinvestasi walaupun Memiliki Anggaran Ketat - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Langkah Jitu Agar Berinvestasi Setiap Bulan]

 

Jika Anda ingin membeli iPhone 6 dalam jangka waktu 1 tahun, sebaiknya carilah produk investasi yang dapat dicairkan dalam jangka pendek. Misalnya saja reksa dana. Anda dapat menjual dan membeli unit reksa dana kapanpun Anda mau dalam hari kerja. Dengan begitu ketika dana sudah terkumpul, Anda dapat segera mencairkan uang yang diinvestasikan.

 

Mana Pilihan yang Terbaik?

Setiap alternatif tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika menggunakan cicilan, Anda bisa mendapatkan barang yang diinginkan pada saat itu juga. Hanya saja jika diakumulasi, harga iPhone 6 akan menjadi lebih mahal karena ditambah bunga dan atau biaya transaksi kartu kredit. Sementara jika Anda berinvestasi untuk mendapatkan iPhone 6 tersebut, Anda tidak perlu membayar bunga cicilan ataupun biaya transaksi. Karena dengan hasil investasi iPhone 6 tersebut dapat dibeli secara tunai. Hanya saja Anda harus sedikit bersabar jika ingin membeli iPhone 6 dengan menggunakan dana hasil investasi.

Bagaimana Cara Bebas Keuangan Dengan Mengandalkan Investasi - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Bebas Keuangan Dengan Mengandalkan Investasi?]

 

Karena itu pilihan yang terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika iPhone 6 merupakan sebuah kebutuhan yang sangat mendesak sebaiknya Anda menggunakan alternatif cicilan. Jangan sampai pekerjaan atau kegiatan terhambat karena belum memiliki dana untuk membelinya. Tetapi jika iPhone 6 bukanlah sebuah prioritas utama, sebaiknya Anda memilih berinvestasi. Dengan begitu Anda tidak ‘rugi’ karena bunga cicilan atau biaya transaksi kartu kredit yang cukup mahal.

 

Menurut Anda, apakah ada cara lain yang dapat ditempuh untuk membeli iPhone 6? Berikan jawaban Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Woman with phone – https://goo.gl/qFFQLD

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang