Bagaimana cara bebas keuangan dengan mengandalkan investasi? Apa yang dapat Anda lakukan? Bagi Anda yang akan melakukan investasi, silakan baca dulu artikel ini. Finansialku.com akan menjelaskan lebih lanjut pembahasan topik ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengelola keuangan merupakan salah satu hal yang selalu menjadi sebuah pekerjaan yang tidak mudah, terutama bagi Anda yang belum memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup untuk melakukan hal tersebut. Namun di sisi lain, keuangan adalah hal yang sangat vital dan akan mempengaruhi kualitas kehidupan Anda secara keseluruhan. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk selalu mengupayakan berbagai kebijakan di dalam keuangan Anda sejak awal, sehingga keuangan bisa tetap berjalan dengan lancar.

Hampir semua orang akan mengupayakan berbagai hal di dalam keuangan mereka, agar mereka bisa memiliki kondisi keuangan yang aman, dimana semua kebutuhan dan masa depan dapat terjamin dengan baik dan aman. Apakah Anda juga ingin berada dalam kondisi bebas keuangan?

para-karyawan-baru-apa-manfaatnya-menginvestasikan-gaji-pertama-finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Langkah Jitu Agar Berinvestasi Setiap Bulan]

 

Lakukan Investasi dengan Tepat

Sampai kapan Anda bekerja dan menghasilkan uang? Lalu, sampai berapa banyak uang yang dapat Anda kumpulkan hingga menjelang masa pensiun Anda tiba?

Kedua hal di atas patut menjadi pertanyaan penting di dalam rencana pengelolaan keuangan agar Anda dapat mengevaluasi keuangan dengan pertimbangan yang masuk akal dan terukur. Jika selama hidup Anda hanya bekerja dan bekerja saja, maka besar kemungkinan Anda tidak akan bisa bebas keuangan di masa yang akan datang. Dengan rata-rata penghasilan orang Indonesia, maka besar kemungkinan Anda tidak bisa bebas keuangan dan menjalani masa pensiun Anda dengan nyaman dan tenang. Upayakan langkah lain yang dapat membuat Anda bebas keuangan, salah satunya dengan melakukan investasi sejak dini.

Anda mungkin saja bebas keuangan dengan mengandalkan investasi yang Anda miliki, terutama jika Anda melakukan kegiatan investasi dengan berbagai langkah yang tepat. Hal ini mungkin bukanlah sebuah pemikiran yang aneh dan baru Anda dengar saat ini, mengingat sejak dahulu, kegiatan investasi memang selalu digunakan oleh banyak orang untuk mencapai tujuan keuangan masa depan mereka. Jika tujuan keuangan masa depan dapat dicapai, maka Anda juga akan lebih dekat dengan kondisi bebas keuangan. Investasi bukan hanya akan membuat uang Anda aman, namun hal ini juga akan menjaga nilainya tetap stabil dan baik di masa mendatang.

Ini 5 Tips untuk Berinvestasi walaupun Memiliki Anggaran Ketat - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Tips untuk Berinvestasi walaupun Memiliki Anggaran Ketat]

 

Oleh sebab itu, Anda tetap wajib memiliki pemahaman yang baik terlebih dahulu mengenai kegiatan investasi itu sendiri. Investasi membutuhkan sejumlah dana yang mungkin saja tidak sedikit, sehingga Anda perlu untuk mengamankan dana tersebut dengan berbagai kebijakan yang tepat. Untuk dapat mengamankan investasi Anda, terapkan sejumlah kebijakan yang tepat di dalamnya.

Simak beberapa kebijakan investasi berikut ini yang akan membantu Anda mencapai kondisi bebas keuangan:

 

#1 Investasikan pada Instrumen yang Anda Pahami

Apapun jenis instrumen investasi yang akan Anda pilih di dalam keuangan Anda, pastikan Anda memang benar-benar memahami investasi tersebut secara detail. Investasi bukanlah sebuah barang yang Anda beli dan dengan segera Anda gunakan serta habis terpakai dalam waktu yang relatif cepat. Namun, investasi adalah sesuatu yang akan menjadi masa depan keuangan Anda dan menjadi sumber pendapatan Anda di masa yang akan datang. Jadi, Anda tidak dapat sembarangan memilih dan membelinya tanpa memahami secara keseluruhan. Anda tentu tidak ingin menggantungkan masa depan Anda pada investasi yang tidak Anda kenal, bukan?

Mahasiswa, Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang 2 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Alasan Umur. Lagi Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

#2 Miliki Kemampuan untuk Mengelola dan Mengatasi Risiko Investasi dengan Tepat

Investasi akan memberi Anda sejumlah keuntungan/pendapatan, sekaligus dengan sejumlah risiko yang terkandung di dalamnya. Lalu, apakah Anda siap untuk yang terakhir ini?

Sebagai investor, Anda wajib memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola investasi Anda, termasuk mengatasi berbagai risiko yang akan muncul di kemudian hari atas investasi tersebut. Inilah yang menjadi alasan utama, mengapa sangat penting bagi Anda untuk memahami investasi Anda sejak awal bahkan sebelum Anda memilih Instrumen Investasi tersebut. Ketika Anda berinvestasi pada berbagai instrumen investasi yang Anda pahami, maka Anda juga akan memiliki kemampuan yang baik untuk mengambil berbagai keputusan terkait dengan investasi yang Anda miliki tersebut. Bukan hanya itu saja, Anda juga pasti dapat meminimalisir atau bahkan menghindari berbagai risiko yang mungkin saja muncul setiap saat di dalam investasi Anda.

 

#3 Semakin Cepat Berinvestasi, maka Semakin Cepat Anda Mencetak Keuntungan

Anda mungkin sering bertanya, kapan waktu yang paling tepat untuk melakukan investasi. Pada dasarnya, semakin cepat Anda berinvestasi, maka akan semakin cepat juga keuntungan yang Anda dapatkan atas investasi tersebut. Jika demikian, lalu mengapa Anda selalu menunda?

Ini Daftar Investasi Bodong yang Harus Anda Hindari 5 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Daftar Investasi Bodong yang Harus Anda Hindari]

 

Ketika Anda berinvestasi di usia yang masih sangat muda, maka Anda akan memiliki waktu yang panjang untuk mengelola investasi tersebut dan mendapatkan keuntungan atas investasi Anda. Bukan hanya itu saja, Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, jika Anda menginvestasikan kembali pendapatan investasi Anda tersebut, dan menjadikannya semakin besar seiring dengan berlalunya waktu. Jadi, mulailah investasi anda saat ini juga.

 

#4 Kelola Investasi dengan Tepat, Termasuk Berbagai Kebijakan Pajak di Dalamnya

Selain pemahaman mengenai investasi itu sendiri, Anda juga harus memiliki pemahaman yang baik terkait dengan berbagai aturan serta kebijakan pemerintah di dalam investasi yang Anda miliki. Anda memiliki pendapatan dari investasi, maka Anda juga akan memiliki kewajiban pajak atas hal tersebut. Penting bagi Anda untuk memahami ini sejak awal, agar Anda mampu mengelola investasi Anda dengan maksimal.

daftar-website-dan-platform-yang-harus-anda-coba-untuk-investasi-online-finansialku

[Baca Juga: Daftar Website dan Platform Investasi Online di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi]

 

Terkait dengan pajak, Anda tidak harus menghindari atau bahkan memanipulasinya dengan sedemikian rupa karena hal tersebut adalah tindakan pelanggaran hukum. Namun Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih instrumen investasi yang bebas pajak atau yang menerapkan pajak rendah.

 

#5 Cermati juga Biaya Investasi Anda

Selain pajak, maka sejumlah biaya investasi juga menjadi hal yang wajib Anda pahami dengan baik sejak awal. Jangan sampai Anda melakukan investasi dan mendatangkan sejumlah keuntungan dari sana, namun keuntungan tersebut hanya cukup untuk menutupi biaya pengeloaan investasi itu sendiri. Ini sama saja Anda tidak menghasilkan apa-apa dari investasi tersebut.

Untuk bebas keuangan dengan mengandalkan investasi, maka Anda wajib memiliki kemampuan yang baik untuk mengelola investasi yang Anda miliki. Bukan hanya keuntungan, namun sejumlah risiko dan juga kebijakan lainnya patut Anda pahami dengan baik sejak awal.

 

Setelah membaca ulasan mengenai pemahaman dasar berinvestasi di atas, bagi Anda yang sedang melakukan investasi, silakan membagikan pengalaman Anda dalam berinvestasi pada kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Joshua Kennon. 9 Januari 2017. Setting Investment Goals to Reach Financial Independence. https://goo.gl/3y7I9U

 

Sumber Gambar:

  • Investment – https://goo.gl/WJiQ62

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang