Pinjaman uang tanpa jaminan, sebaiknya digunakan untuk apa? Apakah KTA (Kredit Tanpa Agunan) bisa untuk bisnis? Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan sebuah produk perbankan berupa kredit perorangan tanpa dibutuhkan jaminan sebagai syarat pengajuannya. Karena kemudahan dan prosedurnya yang cepat, KTA seringkali menjadi solusi untuk kebutuhan konsumtif. Lalu untuk apa sebaiknya KTA dimanfaatkan? Mari kita lihat kegunaan dari pinjaman uang tanpa jaminan. Apakah KTA sebaiknya digunakan untuk bisnis?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Manfaat Umum Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk yang banyak digemari debitor yang membutuhkan dana cepat karena proses pengajuannya yang cenderung cepat dan tidak membutuhkan prosedur yang merepotkan, seperti pengecekan aset yang dijadikan jaminan. Bank akan mempertimbangkan kemampuan debitor untuk melunasi utang dari riwayat kreditnya sebagai penentu, apakah kredit Anda akan disetujui atau tidak. Karena salah satu faktor kemudahan prosedurnya, maka KTA pada umumnya dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif seperti modal nikah dan untuk membeli kebutuhan perabot rumah pasca pernikahan.

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Sebaiknya Digunakan Untuk Apa KTA Untuk Bisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Tanpa Agunan Tawarkan 5 Keuntungan Ini Pada Nasabah]

 

Lalu untuk apa sebaiknya KTA dimanfaatkan? Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan tentang apa saja kegunaan pinjaman uang tanpa jaminan dan untuk apa saja sebaiknya pinjaman itu digunakan. Apakah KTA sebaiknya digunakan untuk kepentingan bisnis atau mungkin untuk kebutuhan lainnya?

 

#1 Biaya Renovasi Rumah

Bagi Anda pengantin baru atau mungkin keluarga yang sedang mempersiapkan rumah yang lebih nyaman bagi keluarga, mungkin merenovasi rumah dapat dipertimbangkan daripada merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli rumah baru. Namun nyatanya merenovasi rumah juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Terlebih lagi biasanya kontraktor meminta down payment (DP) untuk membeli kebutuhan awal dalam merenovasi rumah. Kebutuhan dana ini biasanya menjadi salah satu manfaat pinjaman tanpa agunan. Anda dapat memanfaatkan KTA untuk kebutuhan dana yang mendesak seperti ini.

 

#2 Modal Pernikahan

Dengan biaya kebutuhan hidup yang kini semakin tinggi, semakin sedikit pasangan yang mampu menyimpan sebagian penghasilannya untuk mempersiapkan modal pernikahan. Selain itu, biaya pernikahan kini semakin besar hingga mencapai ratusan juta rupiah. Jika memang Anda mampu untuk mengatasi cicilannya setelah menikah, maka KTA dapat dijadikan sebuah alternatif solusi dalam modal pernikahan.

 

#3 Biaya Pendidikan Sendiri atau Buah Hati

Orangtua tentunya selalu berkata agar kita mengejar pendidikan setinggi-tingginya untuk meraih kesuksesan di hari tua. Namun, tidak semua orangtua mampu untuk membiayai pendidikan buah hatinya. Dengan demikian, banyak calon mahasiswa atau calon mahasiswa pasca sarjana yang mencari solusi dalam membiayai pendidikannya. Tanpa adanya aset yang dapat dijadikan jaminan, KTA seringkali menjadi solusinya. Namun hal ini juga yang terkadang menyebabkan mahasiswa harus bekerja paruh waktu untuk membayar cicilan kredit yang menumpuk. Karena sibuk melunasi kreditnya sendiri, terkadang setelah menikah, mahasiswa tersebut tidak memiliki kesempatan untuk menyediakan biaya pendidikan bagi sang buah hati dan ujungnya kembali mengajukan KTA bagi biaya pendidikan anaknya.

Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) 1 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

#4 Biaya Pengobatan

Di samping berbagai bantuan pemerintah dalam biaya pengobatan seperti BPJS Kesehatan, terkadang biaya pengobatan tidak terduga besarnya, sehingga mengharuskan seseorang mengajukan pinjaman dana cepat untuk mengatasinya. Masih sangat banyak masyarakat yang mengandalkan pinjaman tanpa jaminan sebagai solusi biaya pengobatan. Namun perlu diingat bahwa Anda harus memiliki kemampuan untuk melunasi cicilannya kelak, sebelum mengajukan pinjaman ini. Jangan sampai KTA yang awalnya ditujukan sebagai solusi malah berbalik menyerang Anda.

 

#5 Pelunasan atau Penutupan Kartu Kredit

Apakah Anda sedang terlilit utang kartu kredit yang tidak kunjung habis? Walaupun kartu kredit dapat sangat bermanfaat dan memudahkan berbagai transaksi sehari-hari, namun jika tidak digunakan dengan bijak, kartu kredit dapat menjadi awal bencana finansial. Mengapa demikian? Proses kredit yang sangat mudah dengan limit kartu kredit yang tinggi sering membuat Anda terbuai dan terkadang membelanjakan lebih dari kemampuan Anda. Hal ini mengakibatkan tumpukan utang dengan bunga yang tinggi semakin menumpuk setiap bulan sehingga tidak terkendali. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya sebelum Anda jatuh ke lubang yang sangat dalam?

Kiat Sukses Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sukses Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA)]

 

Pinjaman tanpa jaminan menjadi salah satu alternatif solusinya. Namun apakah KTA tidak akan memperburuk keadaan? Mungkin saja. Untuk mengatasinya, bandingkan terlebih dahulu suku bunga keduanya, jangan sampai Anda hanya mengulur-ulur waktu dalam melunasi utang namun utang semakin menumpuk. Pertimbangkan juga biaya-biaya yang mungkin muncul dalam pengajuan KTA, jangan biarkan KTA malah menambah tumpukan utang Anda.

 

#6 Modal Usaha atau Bisnis

Salah satu kendala para pebisnis dalam mengembangkan ide brilliant-nya adalah biaya. Dibutuhkan biaya yang sangat besar dalam membangun sebuah bisnis dan pebisnis kerap kali memanfaatkan KTA sebagai solusinya. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih KTA sebagai modal bisnis Anda, antara lain:

  1. Membandingkan suku bunga KTA dengan profit margin. Jika persentase profit margin lebih besar dari jumlah cicilan, maka KTA aman digunakan. Namun, jika terjadi sebaliknya maka sebaiknya hindari menggunakan KTA sebagai solusi modal usaha.
  2. Melakukan studi kelayakan utang. Sebelum mengajukan KTA, perhitungkan terlebih dahulu berapa banyak penghasilan yang harus Anda peroleh untuk dapat melunasi cicilan setiap bulannya. Pertimbangkan juga periode pelunasan KTA sebelum Anda mengajukannya.
  3. Menghitung besarannya, apakah mencukupi atau tidak. Beberapa produk KTA mewajibkan Anda untuk membayar biaya-biaya tertentu seperti biaya provisi di muka. Anda perlu menghitung besarnya uang yang Anda peroleh setelah menguranginya dengan seluruh biaya-biaya lain yang kerap muncul.
  4. Memperhitungkan faktor risiko bisnis. Sebuah bisnis memiliki peluang untuk berhasil dan juga peluang untuk gagal. Sebelum memulai usaha dengan bermodalkan kredit tanpa agunan, pertimbangkan apa yang terjadi apabila bisnis Anda tidak berhasil dan bagaimana solusinya. Mampukah Anda mengatasinya?

 

apakah-bisa-mahasiwa-mengajukan-kta-kredit-tanpa-agunan-2-finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa, Mahasiwa Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

#7 Biaya Melengkapi Perabotan Rumah

Kendala lainnya bagi pasangan baru adalah modal untuk mengisi rumah dengan segala kebutuhan dan perabotannya. Memiliki rumah bukanlah akhir, namun Anda juga harus mempertimbangkan biaya perabotannya. Seperti biasa, biaya perabotan rumah juga cukup besar dan biasanya seluruh tabungan sudah terkuras untuk biaya pernikahan. Dengan demikian, KTA lagi-lagi menjadi solusinya. Namun, apakah penggunaan KTA untuk kebutuhan yang tidak mendesak sepadan dengan banyaknya utang yang harus Anda bayarkan? Sebaiknya Anda mempertimbangkannya matang-matang sebelum melakukannya.

 

#8 Dana Darurat

Dana darurat sangatlah penting sebagai langkah antisipasi untuk hal-hal yang tidak terduga. Namun jika penghasilan sudah pas-pasan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, apakah mungkin KTA dijadikan solusinya? Tentunya bisa, KTA yang prosedurnya cepat dan mudah dapat membantu Anda dalam situasi mendesak seperti saat rumah Anda rusak akibat banjir atau saat ada kerabat yang sakit keras dan membutuhkan biaya pengobatan.

Mau Kredit HP Tanpa Kartu Kredit, Apakah Bisa Bagaimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Kredit HP Tanpa Kartu Kredit, Apakah Bisa? Bagaimana Caranya?]

 

Sebenarnya Anda dapat menggunakan solusi lain dalam menyediakan dana darurat, yaitu mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Jika memungkinkan, persiapan dana darurat akan sangat menguntungkan Anda, dimana Anda sudah memiliki dana darurat yang semakin berkembang jika Anda menginvestasikannya dengan baik. Selain itu, Anda tidak akan terjebak dalam utang dengan bunga tinggi jika mampu “menyediakan payung sebelum hujan”.

 

#9 Biaya Liburan

Biaya wisata ke luar negeri biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Lalu, jika Anda sangat membutuhkan rehat dari pekerjaan, bagaimana mencari biaya untuk anggaran berlibur? Seperti poin sebelumnya, KTA dapat digunakan sebagai solusinya. Namun, kembali lagi perlu Anda pertimbangkan apakah utang yang menumpuk kelak sepadan dengan refreshing sejenak dari pekerjaan? Daripada melakukannya, mungkin Anda lebih baik mencari solusi berlibur lainnya yang lebih terjangkau. Liburan yang berkesan tidak melulu diukur dari banyaknya biaya yang dikeluarkan bukan?

 

Apakah KTA Tepat untuk Solusi Modal Bisnis?

Karena kemudahannya, sebenarnya Kredit Tanpa Agunan (KTA) dapat digunakan untuk segala kebutuhan, bahkan untuk modal bisnis. Namun sebelum mengajukan KTA, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu untung ruginya dan seluruh konsekuensinya. Karena KTA tidak selalu bermanfaat, dan dapat menjadi bencana jika digunakan dengan sembarangan.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai manfaat pinjaman uang tanpa jaminan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP. Apakah Melunasi Utang Kartu Kredit dengan KTA Bisa Jadi Solusi? Finansialku.com – https://goo.gl/3wkx0H
  • Admin. Serius, Pakai KTA untuk Modal Bisnis. Finansialku.com – https://goo.gl/rI4IZk
  • Rizki Abadi. 15 May 2015. 5 Manfaat KTA yang Membuatnya Banyak Digunakan Orang. Cermati.com – https://goo.gl/ptxuaU

 

Sumber Gambar:

  • Pengajuan KTA – https://goo.gl/7eR9jC
  • KTA – https://goo.gl/wfYeUw

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana