Bagaimana kiat sukses mengajukan pinjaman tanpa jaminan? Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau sering disebut sebagai unsecured loans merupakan pinjaman perorangan tanpa adanya jaminan. Pinjaman ini menjadi salah satu produk perbankan popular untuk kebutuhan dana cepat yang mendesak. Lalu bagaimana agar pengajuan Anda dapat disetujui dengan cepat oleh pihak bank? Mari kita lihat apa saja kiat sukses mengajukan pinjaman tanpa jaminan (KTA).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengajuan KTA Mudah dan Cepat

Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman tanpa jaminan merupakan salah satu produk yang banyak digemari debitor yang membutuhkan dana cepat, namun banyak debitor yang mengeluh bahwa pengajuannya sulit diterima oleh pihak bank.

Benarkah pengajuan KTA itu mudah dan cepat? Bagaimana caranya agar pengajuan Anda disetujui dengan cepat oleh pihak bank? Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan apa saja kiat sukses mengajukan pinjaman tanpa jaminan (KTA).

Kiat Sukses Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Tanpa Agunan Tawarkan 5 Keuntungan Ini Pada Nasabah]

 

#1 Penggunaan Kartu Kredit secara Bijak

Saat ini, kartu kredit menjadi salah satu syarat pengajuan KTA yang harus dipenuhi pada mayoritas bank. Lalu apa sajakah kriteria penggunaan kartu kredit yang dapat menunjang pengajuan KTA?

Biasanya yang menjadi faktor utama adalah credit score Anda, dimana Anda diharapkan memiliki credit score yang baik dengan cara menggunakan kartu kredit secara bijak dan tepat. Credit score tidak dapat berubah secara instan, namun harus dibangun dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi memperoleh credit score yang baik adalah:

  1. Penggunaan kartu kredit tidak melebih 80% dari limit yang dimiliki.
  2. Rutin membayar tagihan kartu kredit tepat waktu.
  3. Membayar kartu kredit sesuai tagihan.

 

#2 Catatan Rekening yang Baik

Catatan rekening bank juga menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh pihak bank untuk menyetujui pengajuan kredit Anda. Bagi Anda para karyawan, sebaiknya memperhatikan slip gaji dan rekening koran Anda.

Mengapa demikian? Biasanya penghasilan Anda akan dijadikan tolak ukur oleh pihak bank untuk menentukan kemampuan finansial Anda. Pihak bank umumnya akan mengecek keuangan Anda dalam kurun waktu tertentu (biasanya 3 sampai 6 bulan) dan apabila pemasukan plus, maka biasanya pihak bank mempertimbangkan untuk menyetujui pinjaman Anda.

Namun jika pemasukan minus, yang berarti Anda tidak sanggup menabung, maka akan sulit bagi pengajuan KTA Anda disetujui.

Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) 1 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

#3 Kredit tidak Macet

Pihak bank dapat mengecek status utang Anda dengan menggunakan BI checking, sehingga usahakan agar Anda tidak memiliki utang atau kredit yang macet.

Riwayat pembayaran utang merupakan faktor yang penting dalam proses penerimaan KTA, dimana pihak bank akan menilai kemampuan Anda melunasi utang, sehingga hindari telat membayar tagihan kartu kredit, dan lunasi utang lainnya sebelum Anda mengajukan KTA.

 

#4 Jangan Memalsukan Data

Untuk memulai sebuah proses kredit, kejujuran merupakan salah satu faktor yang harus Anda utamakan. Lengkapi formulir pengajuan KTA dengan lengkap dan berikan informasi yang jujur dan terpercaya. Pihak bank biasanya selalu melakukan pengecekan ulang terhadap seluruh informasi yang Anda berikan, sehingga data palsu hanya akan mempersulit diterimanya pengajuan kredit Anda.

Mau Kredit HP Tanpa Kartu Kredit, Apakah Bisa Bagaimana Caranya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Kredit HP Tanpa Kartu Kredit, Apakah Bisa? Bagaimana Caranya?]

 

#5 Proporsi Cicilan vs Penghasilan

Umumnya terdapat proporsi cicilan vs penghasilan yang diperbolehkan oleh pihak bank, dimana biasanya nilainya adalah sebesar 30% dari total penghasilan Anda.

Mengapa terdapat ketentuan seperti itu? Karena tidak adanya jaminan dalam KTA, maka pihak bank perlu memastikan kemampuan finansial Anda terlebih dahulu dan memastikan bahwa Anda mampu membayar cicilan kredit sambil tetap hidup dengan layak.

Oleh karena itu, lakukanlah perhitungan pemasukan Anda terlebih dahulu dan estimasikanlah jumlah cicilan yang dapat memenuhi syarat tersebut. Sebagai contoh, jika penghasilan Anda adalah sebesar Rp10.000.000 per bulan, maka batas kredit yang dapat Anda ajukan tidak lebih dari 30% dari Rp10.000.000, yaitu Rp3.000.000.

 

#6 Tidak Sulit Dihubungi

Mungkin Anda bingung mengapa sulit dihubungi dapat menjadi salah satu faktor yang mempersulit persetujuan KTA Anda. Namun, nyatanya pihak bank menginginkan nomor kontak yang benar dan mudah dihubungi untuk memverifikasi data-data Anda. Oleh karena itu, pastikan nomor telepon atau handphone yang Anda berikan bersifat aktif dan mudah dihubungi.

apakah-bisa-mahasiwa-mengajukan-kta-kredit-tanpa-agunan-1-fiannsialku

[Baca Juga: Apakah Bisa, Mahasiwa Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

Peroleh Persetujuan KTA dengan Mudah dan Cepat

Jika Anda benar-benar serius untuk mengajukan KTA dan membutuhkan dana yang cepat, gunakanlah beberapa tips di atas sebelum dan saat Anda mengajukan KTA. Dengan mengikuti prosedur yang ada dengan baik dan benar dan mengenal faktor yang menjadi pertimbangan persetujuan KTA, pengajuan KTA Anda juga akan lebih mudah disetujui.

Jangan lupa untuk melengkapi seluruh kebutuhan administratif dan menjaga credit score Anda agar selalu baik, sehingga pengajuan kredit Anda akan senantiasa lebih mudah disetujui.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai kiat sukses mengajukan pinjaman tanpa jaminan (KTA) lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ratna Wahyuningsih.10 Agustus 2016. Kiat Sukses Mengajukan KTA, Lakukan Ini Agar Aplikasi Anda Cepat Disetujui. Cermati.com – https://goo.gl/HtzZPs

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Tanpa Agunan – https://goo.gl/271FNJ
  • Uang – https://goo.gl/GngKT6

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana