Kredit Tanpa Agunan Tawarkan 5 Keuntungan Ini Pada Nasabah

KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah salah satu produk bank yang cukup populer di masyarakat. Apa saja keuntungan-keuntungan KTA dibandingkan dengan kredit lainnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal Kredit Tanpa Agunan

Di Indonesia banyak sekali produk-produk pendanaan (kredit) yang ditawarkan oleh bank dan lembaga pembiayaan mikro (leasing). Fungsinyapun juga beragam, ada kredit untuk membeli rumah, kredit untuk membeli kendaraan, kredit untuk transaksi harian (kartu kredit), kredit usaha dan juga kredit tanpa agunan. Beragam jenis kredit tersebut, hadir karena semakin kompleksnya kebutuhan masyarakat Indonesia.

KTA Tawarkan 5 Keuntungan Ini Pada Nasabah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Mengajukan, KTA, Kenali Terlebih Dahulu Produknya]

 

Pastinya ada perbedaan fungsi, cara dan keuntungan antara kredit yang satu dengan kredit yang lain. Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli rumah kredit KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) tampaknya lebih cocok. Apa saja keuntungan mengambil kredit tanpa agunan (KTA) ? 

 

#1. Tidak Butuh Lama, Bisa 5 Hari Cair

Layanan kredit tanpa agunan adalah solusi untuk Anda yang butuh dana tunai untuk kebutuhan-kebutuhan mendesak. Contoh kebutuhan-kebutuhan mendesak: ada keluarga yang sakit keras, perbaikan atap karena badai, perbaikan kendaraan karena banjir dan ain sebagainya. Biasanya bank mengurus kredit dalam waktu kurang dari 5 hari, bahkan ada bank yang dapat mengurusnya dalam waktu 1 hari. 

 

#2. Syarat Pengajuan Mudah dan Biaya Ringan

Proses pengajuan untuk kredit tanpa agunan boleh dibilang cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke bank (konvensional), membandingkan produk KTA (digital), mengisi formulir dan memenuhi syarat serta ketentuan. Ada beberapa bank yang menggratiskan biaya administrasi, tetapi ada juga beberapa bank yang mengenakan biaya. Jika diperhatikan bank-bank yang memberikan bunga KTA rendah, biasanya mengenakan biaya provisi (atau biaya admin di awal).

[Baca Juga: 3 Jenis KTA di Indonesia, Mana yang Anda Pilih?]

 

#3. Waktu Pelunasan Pinjaman Bisa Lebih Lama

Beberapa bank juga memberikan kemudahan dengan tenor atau periode pelunasan yang lebih panjang. Anda dapat melunasi KTA dalam waktu 5 tahun (60 bulan). Dengan tenor atau waktu pelunasan pinjaman yang lebih lama, diharapkan dapat mempermudah cicilan.

 

#4. Memungkinkan untuk Pelunasan Dipercepat

Kredit Tanpa Agunan (KTA) memiliki fitur untuk melakukan pelunasan yang dipercepat. Hati-hati sebelumnya, karena ada beberapa produk KTA yang mengenakan biaya jika Anda melakukan pelunasan dipercepat. Sebelum Anda mempercepat pelunasan, sebaiknya bandingkan antara biaya pelunasan dipercepat dengan biaya tanpa pelunasan dipercepat.

[Baca Juga: Apa Salah Saya Kenapa Pengajuan KTA Saya Selalu Ditolak?]

 

#5. Plafon Pinjaman Bisa Mencapai Rp 200 Juta

Saat ini plafon pinjaman KTA bisa mencapai Rp 200 juta, bahkan ada juga bank yang memberikan pinjaman hingga Rp 500 juta. Tentu saja semakin tinggi plafon pinjaman, tentu saja semakin tinggi syaratnya.

 

Sebaiknya KTA Digunakan untuk Apa?

Menurut Anda KTA sebaiknya digunakan untuk apa saja? Dilihat dari karakteristik produknya, KTA lebih cocok digolongkan sebagai kredit konsumtif. Biasanya orang-orang memanfaatkan KTA untuk mengenapi kekurangan biaya. Contoh orang tua kekurangan dana Rp 10 juta – Rp 20 juta untuk uang kuliah, nah mereka dapat menggunakan KTA.

 

Idealnya pengeluaran-pengeluaran besar (seperti membeli rumah, kendaraan, dana pendidikan anak, kpr, menikah dan perjalanan ibadah) dipersiapkan dan direncanakan jauh-jauh hari. Perencanaan yang tepat memungkinkan Anda dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut tanpa harus berutang.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Cicilan KTA?]

 

Terkadang ada juga musibah dan dana darurat (emergency fund) kita tidak mencukupi. Misal tiba-tiba ada badai besar dan merusak atap rumah kita. Dana darurat yang sudah kita persiapkan, ternyata tidak mencukupi untuk mengganti atap. KTA menjadi salah satu solusinya untuk kondisi-kondisi tersebut.

 

Bagaimana KTA untuk bisnis? Ada orang yang setuju KTA untuk modal bisnis, tetapi ada juga yang menentang. Menurut Kami, jika Anda mau menggunakan KTA sebagai modal bisnis, sebaiknya Anda perhitungkan risiko terburuknya. Contoh apa yang terjadi jika bisnis baru Anda belum ramai dan tidak bisa menutup bunga KTA? Dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Pertimbangan Menggunakan KTA untuk Modal Bisnis]

 

Andalah yang Menentukan

Produk-produk KTA tentu saja memiliki keuntungan dan kerugiannya. Pastikan sebelum Anda mengajukan KTA, Anda sudah mempelajari produknya, aturan mainnya, ketahui denda dan biaya-biaya yang harus Anda bayarkan. Selain itu Anda perlu bijak dalam memanfaatkan kredit tanpa agunan. Terakhir Anda perlu disiplin tinggi serta ingat cicilan maksimum seseorang adalah 30% dari pendapatan.

 

Apakah Anda pernah berniat mengajukan kredit tanpa agunan? Mengapa Anda ingin mengajukan kredit tanpa agunan?

 

Loan – http://goo.gl/Fo2rlY

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download