11 Fitur yang Ditawarkan oleh Kredit Tanpa Agunan yang Perlu Anda Ketahui

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk pinjaman yang cukup populer dalam penyediaan pinjaman dana cepat. Namun hampir semua bank menyediakan fasilitas kredit ini. Lalu produk KTA seperti apakah yang sesuai bagi kebutuhan Anda? Sebelum ajukan pinjaman tanpa agunan, mari kita perhatikan 11 fitur yang ditawarkan Kredit Tanpa Agunan yang perlu Anda ketahui.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membandingkan Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Jika berbicara mengenai produk pinjaman atau kredit dari bank, mayoritas dari Anda pasti langsung mempertimbangkan masa tenor dan suku bunganya untuk menghitung kemampuan Anda untuk melunasinya. Namun pernahkah Anda mempertimbangkan fitur-fitur lainnya yang mungkin saja berbeda pada setiap bank?

Di samping biaya-biaya yang mungkin muncul, Anda dapat membandingkan beberapa produk KTA terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Hal ini akan sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi Anda sebagai seorang nasabah lho. Sebagai contoh, Finansialku akan menjabarkan fitur apa saja yang ditawarkan oleh Kredit Tanpa Agunan yang perlu Anda ketahui berikut perbandingannya pada 3 bank besar.

11 Fitur yang Ditawarkan oleh Kredit Tanpa Agunan yang Perlu Anda Ketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Tanpa Agunan Tawarkan 5 Keuntungan Ini Pada Nasabah]

 

#1 Jumlah Pinjaman Minimum dan Maksimum (Plafon Pinjaman)

Karena risiko pihak bank dalam pinjaman tanpa agunan cenderung besar mengingat tidak adanya jaminan atau agunan yang menjadi pegangan bank dalam memberikan kredit, maka plafon pinjaman yang diberikan umumnya tidak terlalu besar. Hal ini dilakukan untuk meminimasi kerugian yang mungkin dapat terjadi. Seperti contoh perbandingan KTA di atas, BNI memberikan rentang pinjaman yang paling besar, yakni:

  • Jumlah pinjaman minimum: Rp5.000.000
  • Jumlah pinjaman maksimum:
    • Rp50.000.000 (jika tidak payroll via BNI)
    • Rp100.000.000 (jika payroll via BNI)

 

#2 Cicilan per Bulan

Fitur kedua yang biasanya menjadi pertimbangan utama dalam mengajukan KTA adalah besarnya angsuran atau cicilan per bulannya. Besarnya cicilan tiap bulan ditentukan oleh besarnya pokok utang dan bunga yang dikenakan pada bulan tersebut. Cicilan per bulan bisa berubah-ubah besarnya bergantung pada tingkat bunga yang sedang berlaku saat itu.

Dalam contoh perbandingan, Anda dapat melihat bahwa dengan jumlah pinjaman sebesar Rp10.000.000 dan masa tenor 12 bulan, cicilan per bulan BNI merupakan yang terendah yaitu sebesar Rp920.833 per bulan.

Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

#3 Suku Bunga per Tahun

Besaran bunga yang dikenakan berbeda-beda pada setiap bank dengan kisaran 10% hingga 23% per tahun. Jenis suku bunga yang dikenakan pada KTA adalah suku bunga tetap (fixed) sehingga nilainya akan selalu tetap pada setiap periode. Biaya bunga akan diperhitungkan sesuai jumlah pinjaman yang disetujui sebelum dipotong oleh biaya provisi. Pada kasus diatas, suku bunga yang berlaku adalah sebagai berikut:

BankSuku Bunga
BNI  10,50%
Standard Chartered
  • 19,08%  (pinjaman ≤ Rp50 juta)
  • 15,48% (pinjaman ≤ Rp125 juta)
  • 11,76% (pinjaman > Rp125 juta)
  • 20,28% (khusus wiraswasta dan profesional)
DBS  17,88% (khusus wilayah Bandung dan Surabaya)

 

#4 Lama Pinjaman (Masa Tenor)

Lamanya pinjaman diberikan atau sering disebut juga dengan masa tenor menjadi suatu penentu kemampuan peminjam untuk membayar angsuran setiap bulannya. Namun jangan takut, kini banyak bank yang menawarkan masa tenor cukup panjang sehingga angsuran KTA tidak akan seberat yang Anda bayangkan.

Beberapa bank yang menawarkan fitur khusus itu antara lain, ANZ MoneyLine, Standard Chartered KTA Reguler, Bank Bukopin Kredit Serba Guna, BII KTA Payroll, dan lainnya. Melalui contoh yang sama, masa tenor maksimum yang ditawarkan ketiga bank di atas:

  • BNI: 60 bulan
  • Standard Chartered: 60 bulan
  • DBS: 30 bulan

 

#5 Lama Proses Pengajuan

Pengajuan KTA biasanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dana cepat karena kebutuhan yang sangat mendesak, seperti sanak saudara yang membutuhkan pengobatan. Dengan demikian, salah satu fitur yang ditawarkan oleh beberapa bank adalah proses pencairan yang cepat di bawah 5 hari, bahkan 3 hari.

Produk yang menawarkan fitur ini adalah ANZ MoneyLine, Permata KTA Speed, Standard Chartered KTA Reguler, dan lainnya. Pada contoh, lama proses pengajuan tercepat adalah Bank Standard Chartered yaitu 3 hingga 5 hari kerja.

 

#6 Minimal Pendapatan per Bulan

Persetujuan plafon pinjaman yang akan disetujui dari pihak bank memiliki tolak ukur tersendiri. Bank akan mempertimbangkan kemampuan Anda untuk membayar angsuran per bulan dengan melakukan beberapa pengecekan, salah satunya adalah mengecek pendapatan per bulan Anda. Setiap bank memiliki standarisasi berbeda dalam penentuan jumlah pinjaman berdasarkan pendapatan per bulan. Rata-rata bank menerapkan syarat minimal gaji Rp3 juta hingga Rp10 juta per bulannya. Pada contoh kasus di atas, ketiga bank menentukan minimal pendapatan per bulan yang berbeda-beda yaitu:

  • BNI: Rp3.000.000
  • Standard Chartered: Rp8.000.000
  • DBS: Rp6.000.000

 

#7 Biaya Administrasi

Biaya provisi atau biaya administrasi biasanya akan dibebankan pula kepada peminjam jika Anda mengajukan KTA. Biasanya akan dibebankan di awal proses pengajuan pinjaman. Namun jika Anda mengurungkan niat untuk mengajukan KTA karena biaya ini, jangan khawatir, kini beberapa produk KTA sudah menawarkan jasa pinjaman bebas biaya administrasi, antara lain ANZ MoneyLine, Citi Ready Credit, dan Bank Bukopin Kredit Serba Guna.

Dalam contoh perbandingan KTA 3 bank di atas, berikut merupakan biaya provisi yang diberlakukan:

BankBiaya Administrasi
BNI  Rp1.000.000
Standard Chartered
  • Provisi: 3,5% dari jumlah pinjaman (tahun ke-1)
  • Rp150.000 per tahun (tahun ke-2 hingga ke-5)
  • 20,28% (khusus wiraswasta dan professional)
DBS  Rp399.000

 

#8 Biaya Pelunasan Dipercepat

Pada produk pinjaman tanpa agunan, ada juga ketentuan berupa biaya penalti jika Anda membayar lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Biaya tersebut merupakan biaya pelunasan dipercepat yang besarnya berkisar antara 5 hingga 6% dari sisa pinjaman Anda. Biaya ini merupakan konsekuensi dari pelanggaran perjanjian masa tenor yang telah disepakati kedua belah pihak (pihak debitur dan pihak bank) pada awal perjanjian. Namun, kini sudah ada beberapa produk KTA yang membebaskan biaya pelunasan dipercepat sehingga Anda dapat melunasinya kapanpun.

Beberapa produk tersebut antara lain BNI Fleksi, KTA ANZ MoneyLine, Bank Bukopin Kredit Serba Guna, dan lainnya. Pada contoh KTA, biaya pelunasan dipercepat yang berlaku adalah:

BankBiaya Pelunasan Dipercepat
BNI
  • 0,5% (≤ 1 tahun)
  • Gratis (> 1 tahun)
Standard Chartered
  • 6% + 200.000 rupiah (≤ 24 bulan)
  • 6% (> 24 bulan)
DBS   8%

 

#9 Denda Keterlambatan

Selain tidak boleh membayar lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan, Anda juga tidak diperkenankan untuk membayar terlambat. Terdapat biaya yang dikenakan kepada nasabah jika terlambat membayar angsuran. Seperti biaya keterlambatan pada produk pinjaman lainnya, biaya ini biasanya cukup besar dan akan sangat merugikan nasabah.

Biaya keterlambatan pembayaran biasanya ditetapkan dalam persentase. Pada contoh KTA 3 bank, biaya keterlambatannya adalah sebagai berikut:

  • BNI: 2,5% dari total angsuran tertunggak
  • Standard Chartered: 6% atau Rp225.000 dipilih yang terbesar
  • DBS: Rp250.000 per keterlambatan

 

#10 Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain merupakan biaya yang belum tercakup dalam biaya yang disebutkan pada awal perjanjian dan dapat bervariasi komponennya. Biaya yang biasa muncul adalah biaya tahunan, biaya pembatalan, dan sebagainya. Dalam contoh kasus di atas, biaya lain-lain yang muncul adalah:

BankBiaya Lain-lain
BNIBiaya provisi 1% dari maksimal kredit eenmalig
Standard CharteredBiaya tahunan Rp150.000 (tahun ke-2 s/d ke-5)
DBS
  • Biaya transfer pencairan pinjaman Rp30.000
  • Biaya pembatalan 8% dari sisa pinjaman
  • Biaya tahunan 1,75% (tahun ke-1)
  • Biaya tahunan Rp65.000 (tahun ke-2 dst)

 

#11 Persyaratan yang Dibutuhkan

Karena dibutuhkan secara mendesak, mayoritas peminjam akan mencari bank yang persyaratannya sedikit dan cenderung mudah untuk disiapkan. Beberapa contoh persyaratan umum yang disyaratkan oleh pihak bank antara lain:

NoDokumen/Jenis PekerjaanKaryawanWirausahaProfesional
1Fotokopi KTP/KITAS
2Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)x
3Fotokopi Kartu Kredit
4Fotokopi Rekening Tabungan (3 bulan terakhir)xx
5Fotokopi Surat Izin Profesixx
6NPWP
7Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDPxx

 

Namun, dalam contoh kasus di atas, beberapa persyaratan yang diberikan oleh ketiga bank tersebut adalah:

NoSyaratBNIStandard CharteredDBS
1KewarganegaraanWNIWNIWNI, WNA dan penduduk tetap
2Batasan Umur21-5521-6021-55
3PekerjaanKaryawan, wirausahawan, profesional
4KTP
5Slip Gaji
6Fotokopi NPWP/SPT PPhxx
7Kartu Kredit (limit > Rp6 juta; masa kepemilikan > 12 bulan)x

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Pilih Produk KTA dengan Fitur yang Sesuai Kebutuhan Anda

Meskipun Kredit Tanpa Agunan (KTA) dapat dipertimbangkan sebagai solusi dalam kebutuhan dana cepat, dan Anda membutuhkan pencairan dana secepat kilat, namun sebaiknya Anda membandingkan terlebih dahulu beberapa fitur yang tersedia dan juga membandingkan benefit dan kerugian dari setiap fitur tersebut agar dapat menguntungkan Anda.

apakah-bisa-mahasiwa-mengajukan-kta-kredit-tanpa-agunan-2-finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa, Mahasiwa Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

Sebagai contoh, prioritaskanlah kebutuhan Anda dari yang terpenting sehingga Anda dapat membandingkan fitur-fitur KTA dengan mudah. Proses membandingkan produk KTA ini memang akan memakan sedikit waktu, namun justru dapat membantu Anda dan memungkinkan proses pencairan lebih cepat. Hanya dengan melihat lama pencairan dari setiap bank dan biaya-biaya yang muncul dalam KTA, Anda tentunya sudah dapat menentukan pilihan yang terbaik bagi Anda bukan?

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai fitur yang ditawarkan oleh Kredit Tanpa Agunan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 18 May 2015. Kredit Tanpa Agunan: Layak Dipertimbangkan, 5 Fitur Khusus yang Ditawarkan KTA. Cermati.com – https://goo.gl/eItmu6
  • Reny Widya Astari. 2 Mei 2016. Berapakah Taksiran Maksimum Pinjaman KTA? Kreditgogo.com – https://goo.gl/PMRb5x
  • Admin. KTA Apa yang Anda Cari? Cermati.com – https://goo.gl/NVe0o4
  • Rizki Abadi. 6 Juli 2015. Sedang Cari Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Perhatikan Plus Minusnya. Cermati.com – https://goo.gl/agRxjg

 

Sumber Gambar:

  • Asian Family – https://goo.gl/DL9wd6 dan https://goo.gl/eZaGn1

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-06-20T10:56:19+00:00 June 15th, 2017|Categories: Kredit Tanpa Agunan, Utang|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download