KPR vs KTA Perbandingan Antara Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Tanpa Agunan

Pasti Anda tidak asing dengan istilah KPR atau KTA dalam urusan membeli rumah, tapi apakah sudah tahu perbedaannya apa?

Mari Simak pembahasan berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mau Beli Rumah, Pake KPR atau KTA Ya?

Apa benar saat ini kaum milenial tengah dihadapkan dengan permasalahan sulit memiliki rumah sendiri?

Memiliki rumah sendiri tentunya menjadi keinginan setiap orang, apalagi untuk mereka yang baru berumah tangga. Sedikit cerita, saya baru menikah sekitar 5 bulan yang lalu, dan Alhamdulillah baru saja memiliki rumah.

Apakah saya membelinya secara cash? Tentu saja tidak, tidak semudah itu Ferguso!! Hehehe. Ya, memang betul, harga rumah saat ini sangatlah tinggi, dan akan semakin tinggi jika Anda terus menunda-nunda untuk membeli rumah.

CEO Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, mengatakan bahwa harga properti terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Adapun rata-peningkatan harga properti sebesar 8%-10% setiap tahunnya.

Angka diatas adalah hitungan secara normal, belum terpengaruh faktor lainnya seperti lokasi yang strategis, berada dekat pusat perbelanjaan, dekat dengan jalan Tol, Rumah Sakit, dan fasilitas umum lainnya.

Faktor-faktor ini akan sangat berpengaruh terhadap harga rumah. Itu alasannya saya dan suami memberanikan diri untuk membeli rumah meskipun harus mencicil KPR.

Toh jika dinanti-nanti harga rumah akan semakin tidak masuk akal, harga rumah kami saja per unitnya sudah mencapai Rp500 jutaan dengan tipe 45 dan terletak di pinggiran kota. Kebayang kan jika ukurannya lebih besar dan berada ditengah kota?

KPR vs KTA Perbandingan Antara Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Tanpa Agunan 02 KPR vs KTA 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Keuangan: Keuntungan Take Over KPR Bagi Milenial]

 

Jika Anda saat ini sedang berniat untuk memiliki rumah, saya sangat mendukung keputusan Anda, karena jika tidak dipaksakan akan sulit mendapatkannya.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui berapa harga rumah yang Anda inginkan, berapa kemampuan Anda membayar setiap bulannya.

Jika Anda kebingungan, Anda bisa menggunakan menu rencana keuangan di Aplikasi Finansialku, yang akan membantu Anda merencanakan membeli rumah lebih mudah. Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Karena sebenarnya untuk masalah biaya, Anda tak perlu khawatir sebab saat ini banyak sekali program-program dari pemerintah dan pihak perbankan untuk membantu masyarakat membeli rumah idaman.

Jenis pembiayaan tersebut, seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) atau pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Tapi masalahnya, masih banyak masyarakat yang mungkin belum mengetahui informasi dengan jelas tentang kedua pinjaman ini.

Oleh karena itu, saya ingin sharing beberapa hal tentang perbandingan KPR vs KTA, sistem mana sih yang lebih menguntungkan kita dalam proses kredit perumahan? Mari kita bandingkan!

 

Membeli Rumah Dengan Sistem KPR

Menjadi hal yang wajib bagi Anda untuk mengetahui keuntungan dan kerugian membeli rumah dengan sistem KPR, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, diantaranya:

 

#1 Biaya Yang Dibutuhkan

Jika dilihat dari biaya yang dibutuhkan untuk memiliki rumah, sebenarnya antara KPR dan KTA tidak jauh berbeda. Hanya saja, terdapat perbedaan pada dana awal.

Jika Anda berencana mengajukan KPR, maka Anda membutuhkan dana untuk uang muka (DP/down payment) sekitar 20-30% dari nilai rumah.

KPR vs KTA Perbandingan Antara Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Tanpa Agunan 03 KPR vs KTA 3 - Finansialku

 [Baca Juga: Apakah KPR DP Nol Rupiah Memberikan Keuntungan?]

 

Tapi, saat ini sudah banyak perbankan yang memiliki program KPR dengan DP 0%, walau demikian Anda harus membayarkan uang asuransi, provisi, dan lain-lain, saya menyebutnya dengan istilah “Biaya KPR” yang lumayan besar jumlahnya.

Oh ya, untuk biaya KPR ini setiap orang akan berbeda-beda, tergantung usia, profesi, penghasilan dan berbagai pertimbangan lainnya.

 

#2 Bentuk dan Lokasi Rumah

Program KPR biasanya diberikan pada rumah-rumah yang dibangun dalam tipe cluster dan berlokasi di daerah yang masih belum padat penduduknya.

Sehingga jika Anda ingin mencicil rumah secara KPR, Anda tidak bisa memilih bentuk rumah sesuai dengan keinginan Anda karena desainnya yang memang sudah ditentukan oleh pihak pengembang.

Bahkan, fasilitas yang diberikan pun juga kurang maksimal, seperti akses kendaraan umum, dan biasanya cukup jauh dari pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi.

 

#3 Proses Kepemilikan Rumah

Dalam mengajukan cicilan KPR, dibutuhkan beberapa tahapan. Mulai dari mempersiapkan DP, dilakukan survei rumah oleh pihak bank, proses appraisal, dan akad kredit oleh pihak notaris, developer, dan bank.

Proses tersebut akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding bila membeli rumah dengan cara mengajukan pinjaman KTA.

Dan proses kepemilikan rumah dengan sistem KPR, semua surat-surat kepemilikan rumah baru akan diberikan kepada nasabah setelah cicilan rumah lunas.

 

#4 Tenor Atau Jangka Waktu Cicilan

Jangka waktu KPR yang diambil tentunya akan mempengaruhi besaran cicilan setiap bulannya. Rata-rata jangka waktu cicilan KPR mulai dari 10 tahun, 15 tahun, hingga 20 tahun.

Nah, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial, sehingga nantinya tidak akan memberatkan pengeluaran Anda setiap bulannya.

 

#5 Perbandingan Suku Bunga

Untuk cicilan KPR, terdapat 4 jenis bunga yang dapat dipilih, termasuk jenis suku bunga efektif dan suku bunga flat.

Ada jenis suku bunga anuitas yang mana jumlah angsuran tetap, namun nilai bunga dan pokok angsuran dapat berubah secara periodik.

Terdapat pula suku bunga floating, yang mana jumlah angsuran bulanan tidak tetap dikarenakan mengikuti nilai suku bunga yang ada di pasaran. 

 

Membeli Rumah Dengan Sistem Pinjaman KTA

Apabila ada keinginan memiliki rumah dengan cara mencari dari pinjaman KTA, maka ada hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu:

 

#1 Bentuk dan Lokasi Rumah

Pinjaman KTA merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin membangun rumah sendiri dari nol. Anda dapat menentukan sendiri desain dan bentuk rumah dengan bebas, serta memilih material bangunan yang berkualitas terbaik sehingga rumah lebih awet dan tahan lama.

 

#2 Biaya yang Dibutuhkan

Namun jika Anda ingin membangun rumah sendiri, maka tentu saja dana yang dibutuhkan di awal akan jauh lebih besar.

Sebelum mengajukan pinjaman KTA, Anda harus menghitung rinci terkait keseluruhan biaya pembangunan rumah. Jangan sampai ada hitungan yang terlewatkan, karena nantinya Anda akan bingung sendiri mencari tambahan dana.

 

#3 Proses Pengajuan

Untuk proses pengajuan KTA memang sedikit lebih menguntungkan karena tidak membutuhkan jaminan atau agunan yang harus diberikan kepada pihak bank. Lamanya proses pengajuan, pinjaman KTA membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu.

Tentu itu tergolong lebih cepat jika dibandingkan sistem KPR. Asalkan segala persyaratan atau dokumen yang dibutuhkan sudah terpenuhi, maka pihak bank akan segera menyetujui pinjaman yang Anda ajukan.

 

#4 Perbandingan Suku Bunga

Baik itu pinjaman KTA maupun KPR, suku bunga akan ditentukan dari besarnya jumlah pinjaman yang diajukan serta ketentuan dari masing-masing bank. Ada 2 jenis suku bunga yang biasanya ditetapkan untuk pinjaman KTA.

Pertama, suku bunga efektif, yang dihitung dari nilai pokok utang, bukan dari nilai pokok pinjaman. Keuntungannya tentu saja nilai bunga dapat semakin berkurang seiring pembayaran pokok utang.

Jenis bunga yang kedua adalah suku bunga flat atau datar. Suku bunga ini akan sama setiap bulannya hingga cicilan KTA lunas sesuai jangka waktu yang diambil.

 

#5 Jangka Waktu Cicilan

Sedangkan untuk jangka waktu pinjaman KTA, ini tergolong lebih cepat dibanding dengan jangka waktu pada KPR. Jangka waktu pinjaman KTA rata-rata mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun saja.

 

Apapun Caranya, KPR Vs KTA, Anda Sendiri yang Mengerti Kondisi Keuangan Anda, Jangan Sampai Salah Pilih Ya!

Sebelum memilih sistem kredit untuk membeli rumah idaman Anda, akan lebih baik jika mempelajari sistem kredit tersebut terlebih dahulu agar Anda bisa mendapatkan sistem kredit dengan bunga yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, pilih KPR atau KTA, yang terpenting adalah sesuai dengan kemampuan Anda tentunya.
Jika Anda  memiliki kesulitan dalam merencanakan keuangan, Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an di bawah ini secara GRATIS. Ayo perbaiki kondisi keuanganmu mulai sekarang!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah artikel ini bermanfaat? Silakan kirim kesan-kesan Anda di kolom komentar ya.

Anda juga bisa mengkonsultasikan kondisi keuangan Anda dengan para Perencana Keuangan melalui aplikasi Finansialku. Perencana Keuangan Finansialku siap membantu.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • KPR vs KTA – https://goo.gl/RygiQP
  • KPR vs KTA 2 – https://goo.gl/exQZ8z
  • KPR vs KTA 3 – https://goo.gl/Y23xux
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom,
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom, seorang praktisi humas di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Memiliki background pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia, dengan pengalaman menjadi bagian dari Media Mahasiswa Indonesia dan tertarik mengembangkan kemampuan di bidang penulisan.

Leave A Comment