Penting Mengenali Kredit Multi Guna, Keunggulan dan Kelemahan Kredit Multi Guna

Sudah tahukah Anda dengan kredit multi guna? Kredit multi guna merupakan sebuah produk perbankan berupa kredit perorangan dengan jaminan sebagai syarat pengajuannya. Berbeda dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang tidak mensyaratkan jaminan sebagai salah satu syaratnya. Lantas mengapa orang terkadang lebih memilih kredit multi guna yang wajib menjaminkan aset berharga? Mari kita mengenal kredit multi guna beserta keunggulan dan kelemahannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kredit Multi Guna vs. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa harga kebutuhan hidup di zaman modern ini semakin mahal saja. Tak jarang Anda membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan mendadak. Salah satu solusi yang dapat Anda gunakan adalah kredit atau pinjaman. Namun jenis kredit seperti apakah yang sesuai bagi Anda? Berdasarkan syarat agunannya, kredit umumnya dibagi dua, yaitu Kredit Multi Guna dan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Penting Mengenali Kredit Multi Guna, Keunggulan dan Kelemahan Kredit Multi Guna 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisnis, Pilih Kredit Multi Guna, KTA, Kartu Kredit, Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja?]

 

Seperti dikutip dari kamus Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kredit Multi Guna merupakan

“Pinjaman dengan jaminan kekayaan peminjam, baik berupa aktiva lancar maupun aktiva tetap, apabila peminjam tidak mampu membayar kembali pinjaman, jaminan tersebut akan dijual oleh pihak pemberi pinjaman.”

 

Sedangkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk yang banyak digemari debitur yang membutuhkan dana cepat karena proses pengajuannya yang cenderung cepat dan tidak membutuhkan prosedur yang merepotkan seperti pengecekan aset yang dijadikan jaminan.

Banyak yang memilih KTA ketimbang kredit multi guna karena tidak adanya syarat jaminan. Namun tahukah Anda bahwa kredit multi guna juga memiliki banyak kelebihan? Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan mengajak Anda mengenal kredit multi guna beserta keunggulan dan kelemahannya.

 

Mengenal Kredit Multi Guna

Secara umum, kredit multi guna merupakan sebuah produk pinjaman yang mewajibkan debitur menjaminkan aset berharga sebagai syarat pinjamannya. Adapun aset berharga yang dijaminkan misalnya rumah atau tanah. Produk pinjaman ini dapat diberikan bagi individual atau kelompok dengan beberapa syarat administratif, seperti Surat Keterangan Pengangkatan dan Surat Keterangan Pangkat (Jabatan), serta melampirkan slip gaji.

Bagaimana Jika Melunasi KTA Sebelum Jatuh Tempo Simak Penjelasannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Collateral atau Agunan Adalah]

 

Beberapa lembaga yang menyediakan produk kredit multi guna misalnya lembaga perbankan dan lembaga multifinance. Kedua lembaga ini menyediakan layanan kredit multi guna dengan prosedur dan penerapan suku bunga yang berbeda. Jumlah pinjaman kredit multi guna juga fleksibel bergantung pada taksiran nilai jaminan, nilainya bisa mencapai miliaran rupiah.

Penasaran dengan jenis-jenis kredit multi guna? Silakan lanjutkan ke poin selanjutnya.

 

Jenis-jenis Kredit Multi Guna

Berdasarkan sifatnya yaitu jumlah pinjaman cenderung besar dan masa tenornya lama, maka kredit multi guna yang umum ditemui antara lain sebagai berikut:

 

#1 Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Jika Anda sudah pernah mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), tentunya Anda tahu bahwa kendaraan bermotor tersebut otomatis dijadikan jaminan dari KKB-nya. Bukan berarti kendaraannya ditahan oleh pihak bank atau leasing, namun hanya BPKB-nya saja kok. Kendaraan dapat Anda gunakan dari awal, namun BPKB baru akan dikembalikan setelah angsuran lunas.

Kendaraan baru akan ditahan oleh pihak terkait apabila Anda gagal bayar. Tetapi jangan cemas, perihal penahanan kendaraan akibat gagal bayar seluruhnya diatur di bawah hukum. Dengan demikian, proses penahanan akan diproses secara hukum.

 

#2 Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

Serupa halnya dengan KKB, pada kredit rumah atau apartemen, rumah atau apartemen tersebut akan dijadikan jaminan dari KPR/KPA itu sendiri. Pada pengajuan KPR, yang ditahan oleh pihak kreditur adalah sertifikat tanah atau rumah yang menjadi tanda kepemilikan tanah atau rumah tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jika jaminan berupa tanah. Tanah merupakan aset berharga yang bernilai tinggi karena umumnya harganya selalu meningkat setiap tahun. Namun, sebagai jaminan kredit multi guna, tanah wajib memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, baik hak milik, hak guna usaha, maupun hak pakai atas tanah negara.
  2. Jika jaminan berupa rumah atau bangunan. Syarat yang dibutuhkan jika jaminan berupa rumah atau bangunan adalah dokumen resmi yang berlaku di bawah hukum seperti surat Izin Mendirikan Bangunan atau IMB serta keterangan pelunasan Pajak Bumi Bangunan atau PBB

 

Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) 1 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

Lagi-lagi akan terjadi penyitaan tanah atau rumah apabila terjadi kredit macet seperti layaknya KKB.

 

#3 Kredit Usaha

Kredit usaha artinya Anda mengajukan sebuah pinjaman untuk dijadikan modal awal sebuah bisnis atau usaha. Lantas apa yang akan dijadikan jaminannya? Nah, untuk kredit usaha, Anda bisa menentukan sendiri apa yang akan dijadikan jaminannya selama tidak melebihi nilai taksir jaminan. Misalkan Anda mengajukan pinjaman sebesar Rp1 miliar, maka rumah yang ditaksir bernilai Rp500 juta jangan dijadikan jaminan.

Langkah selanjutnya adalah pengecekan aset yang dijadikan jaminan oleh kreditur untuk menentukan apakah pinjaman disetujui atau tidak. Jika  pengajuan pinjaman disetujui, maka dana akan dicairkan. Berlaku juga sebaliknya.

Lalu bagaimana akibatnya jika Anda tidak mampu bayar atau terus menunggak? Jika sampai terjadi kredit macet, maka aset yang dijaminkan akan disita. Kemudian akan dilakukan lelang untuk menjual aset tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hasil penjualan aset akan digunakan untuk menutupi kekurangan bayar nasabah terkait.

 

#4 Pegadaian

Pernahkah Anda mendengar atau melihat tagline Pegadaian? “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah” begitulah janji dari Pegadaian. Dengan menggadaikan barang, Pegadaian menawarkan jenis pinjaman berupa uang uang tunai yang dijaminkan dengan barang berharga tertentu.

Pegadaian sendiri merupakan perusahaan BUMN Indonesia di bidang keuangan. Aset yang dijaminkan bervariasi mulai dari sertifikat tanah, emas, perhiasan, hingga kendaraan bermotor.

Pegadaian menawarkan layanan khusus bagi pelaku usaha, yakni sebagai berikut:

 

#1 Kredit Angsuran Fidusia (KREASI)

Pegadaian KREASI merupakan pinjaman yang diberikan khusus kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya menggunakan skema penjaminan fidusia. Produk ini dahulu dikenal sebagai Kredit Kelayakan Usaha Pegadaian dengan beberapa perubahan atau modifikasi. Beberapa keunggulan produk ini antara lain:

  • Jaminan berupa BPKB asli, sehingga kendaraan bermotor tetap di tangan debitur.
  • Pinjaman yang diberikan cukup besar yakni berkisar antara Rp3 juta sampai dengan Rp200 juta, dengan syarat minimal operasional usaha lebih atau sama dengan setahun.

 

#2 Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai (KRASIDA)

Produk KRASIDA hampir serupa dengan KREASI. Tetapi KRASIDA memiliki beberapa keunggulan antara lain:

  • Emas dapat dijadikan jaminan.
  • Limit pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp250 juta, dan tidak terdapat syarat jangka waktu minimal operasional.

 

#3 Amanah

Amanah merupakan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang menganut prinsip dan kaidah syariah. Dapat diakses siapa saja, baik pegawai swasta maupun negeri.

 

#4 Arrum

Layanan pegadaian ARRUM adalah produk pegadaian yang kembali menganut prinsip syariah. Perbedaannya adalah produk ini dibuat khusus untuk pengusaha mikro dan kecil untuk mengembangkan usahanya. mekanismenya hampir sama dengan produk pinjaman KREASI, dengan syarat sebagai berikut:

  • Jaminan haruslah BPKB asli
  • Kendaraan bermotor tidak ditahan sehingga masih bisa digunakan untuk usaha.

 

Keunggulan dan Kelemahan Kredit Multi Guna

Kredit multi guna seringkali dinilai negatif apabila dibandingkan dengan KTA dikarenakan adanya aset berharga yang harus dijadikan jaminan pinjaman. Namun, kredit multi guna memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa disamakan dengan KTA lho. Beberapa keunggulan kredit multi guna dibandingkan KTA adalah sebagai berikut:

 

#1 Limit Pinjaman yang Tinggi

Salah satu keunggulan besar dari kredit multi guna adalah limit pinjaman yang tinggi. Mengapa bisa? Alasan bank bisa memberikan limit yang besar adalah karena adanya jaminan aset sebagai syarat pinjaman. Dengan demikian, pihak bank telah mengantisipasi kerugian jika nasabah gagal bayar.

 

#2 Masa Tenor Lebih Panjang

Sejumlah bank memberikan masa tenor yang cukup panjang bagi kredit multi guna, bahkan hingga 10 tahun atau lebih. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kemampuan nasabah mengembalikan pinjaman dalam jumlah yang sangat besar.

 

#3 Pemakaian yang Fleksibel

Sesuai dengan namanya, kredit multi guna dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Berbeda dengan KTA yang biasanya digunakan untuk tujuan konsumtif, kredit multi guna dapat digunakan untuk beberapa tujuan, sebagai contoh untuk modal usaha. Pihak bank akan memberikan pinjaman apapun tujuan peminjamannya, asalkan ada jaminan yang diperlukan.

Apa Saja Keunggulan dan Contoh Kredit Multi Guna - Perencana Keuangan Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Keunggulan dan Contoh Kredit Multi Guna]

 

Selain beberapa kelebihan, tentunya Anda juga perlu memperhatikan kelemahannya agar tidak salah mengambil keputusan. Untuk membandingkannya dengan KTA, berikut merupakan beberapa kelemahan kredit multi guna:

 

#1 Harus Memiliki Jaminan

Apabila Anda tidak memiliki aset berharga untuk dijadikan jaminan pinjaman, maka Anda tidak dapat mengajukan kredit multi guna. Salah satu solusi alternatif adalah mengambil KTA.

 

#2 Risiko Kehilangan Aset Berharga

Ini dia salah satu masalah utama kredit multi guna. Anda terancam kehilangan aset berharga Anda apabila gagal bayar. Dengan mengajukan kredit multi guna, sebaiknya Anda merencanakan dengan baik tujuan penggunaan pinjaman dan rincian pengembalian setiap bulannya untuk menghindari hilangnya aset berharga Anda.

 

#3 Proses Pengajuan Lebih Lama

Bank akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menilai apakah aset yang diajukan sesuai nilainya dengan pinjaman yang diberikan. Sebagai contoh, apabila Anda memberikan jaminan yang kurang sesuai dengan jumlah pinjaman Anda, maka pihak bank akan meminta tambahan aset untuk menutupi ketidaksesuaian tersebut.

Simulasi Kredit Sebelum Cari Pinjaman Uang, Hitung Dulu Berapa Angsurannya - 2 Finansialku

[Baca Juga: Kenali Istilah-Istilah Kredit Sebelum Ajukan Kredit]

 

Cobalah mempertimbangkan matang-matang keunggulan dan kelemahan dari produk tersebut sebelum Anda mengambil keputusan. Pemilihan jenis produk pinjaman dapat memberikan pengaruh besar dalam perencanaan keuangan Anda.

 

Apakah Kredit Multi Guna Lebih Menguntungkan daripada KTA?

Sebenarnya tidak bisa dikatakan kredit multi guna lebih menguntungkan atau lebih merugikan dibandingkan dengan KTA. Namun Anda bisa memilih jenis kredit sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalkan Anda membutuhkan dana besar dan kebetulan ada aset yang bisa dijaminkan, Anda bisa pilih kredit multi guna. Jika Anda hanya butuh dana kecil, contohnya 50 juta rupiah, tentunya tidak sepadan jika Anda menjaminkan rumah seharga 2 miliar bukan?

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai Kredit Multi Guna termasuk kelebihan dan kekurangannya yang lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cermati. 17 September 2015. Kredit Multiguna: Keunggulan dan Jenis-Jenisnya. Cermati.com – https://goo.gl/ATcu9k
  • Rizki Abadi. 11 Mei 2015. Kredit Multiguna, Keunggulan dan Kekurangannya. Cermati.com – https://goo.gl/nRu333
  • Jonathan. 8 Juni 2016. Apa itu Kredit Multiguna. Koinworks.com – https://goo.gl/HsUjRf
  • Pegadaian. Wikipedia.org – https://goo.gl/EuYbdr

 

Sumber Gambar:

  • Worker – https://goo.gl/DtiHzM
  • Lady Sitting – https://goo.gl/bM9NGn

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-07-28T10:34:10+00:00 July 27th, 2017|Categories: Kredit Multi Guna, Utang|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download